Wednesday, February 3, 2021

Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Anak

Bagaimana pengalaman mama-mama menghadapi sistem pembelajaran via daring yang sudah berlangsung hampir satu tahun ini? Pasti banyak suka dukanya ya, Ma. Selama anak-anak belajar dan bermain di rumah, salah satu hal yang paling terasa adalah menyiapkan cemilan. Anak-anak tidak hanya membutuhkan makan besar, tetapi juga cemilan yang dimakan di sela-sela makan besar. 

 

Paddle Pop
Cemilan Es Krim Paddle Pop

Belajar dan bermain tanpa disertai dengan cemilan, pasti akan hampa. Tidak hanya orangtua, anak-anak pun suka ngemil.  Anak-anak saya juga begitu. Di sela-sela belajar dan bermain, pasti akan membuka kulkas untuk mencari cemilan. Alhasil, kulkas harus diisi dengan stok cemilan supaya tidak bolak-balik ke minimarket untuk membeli cemilan.

Cemilan itu mendukung asupan gizi yang seimbang untuk anak, sehingga tidak dapat dipisahkan dari kombinasi makanan anak sehari-hari. Eit, ternyata memilih cemilan yang baik untuk anak itu juga penting. Di pasaran tersedia aneka cemilan untuk anak yang tidak semuanya baik. Mama harus selektif memilih cemilan. Jangan hanya karena anak-anak menyukainya, tetapi juga harus mendukung kesehatan anak.

Jumlah cemilan yang dimakan oleh anak dalam satu hari itu juga jangan sampai kekurangan atau kelebihan. Harus sesuai dengan kebutuhan anak. Makanya mama-mama selain perlu memahami kriteria cemilan yang baik untuk anak, juga harus mengetahui jadwal makan cemilan yang tepat.  Anak-anak pun jadi memiliki kebiasan pola makan yang baik sejak dini, sehingga nantinya mampu menerapkan pola makan yang sehat. 

Salah satu cemilan yang disukai anak-anak adalah es krim. Siapa sih yang tidak suka es krim? Saya juga suka banget. Anak-anak saya pun suka es krim. Kalau berbelanja cemilan di minimarket, harus beli es krim dong dan pilihan anak-anak adalah es krim Paddle Pop. Ternyata es krim Paddle Pop itu memenuhi aturan sebagai cemilan yang baik lho.

Bagaimana cara memilih cemilan yang baik untuk anak? Saya mengikuti virtual activity bersama Paddle Pop dalam rangka Hari Gizi Nasional 2021, sekaligus untuk memperkenalkan logo Cemilan Baik Untukmu. Logo ini adalah wujud dari komitmen Paddle Pop yang ingin menerapkan standar dalam memilih cemilan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan gizi yang seimbang untuk anak. Sehingga nantinya dapat mempermudah orangtua, kakek, nenek, atau pengasuh anak yang ingin memberikan cemilan untuk anak.

logo cemilan baik untukmu
Maskot Lion dan logo Cemilan Baik Untukmu

Narasumber talkshownya sebagai berikut: Memoria Dwi Prasita (Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia), Dra. Rita Endang, Apt, M.Kes (Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan), dr. Attila Dewanti,Sp.A(K) (Pediatrician), dan Sophie Navita (Mom Influencer).  

Hernie Raharja, Foods and Refreshment Director Unilever Indonesia menyebutkan bahwa es krim Paddle Pop yang sudah 28 tahun ada di Indonesia meluncurkan logo Cemilan Baik Untukmu sebagai pemberi jaminan kandungan es krim Paddle Pop itu baik untuk anak. Tujuannya untuk membantu mengubah pola makan yang lebih sehat, dengan konsisten melakukan inovasi agar dapat menghasilkan es krim yang bertanggungjawab untuk anak.

narasumber Paddle Pop
Narasumber Virtual Talk Paddle Pop

Dra Rita Endang menganjurkan agar para orangtua memeriksa kembali cemilan yang diberikan kepada anak-anaknya. Jangan abai membaca label informasi pada kemasan cemilan. Paddle Pop telah diberikan izin untuk mencantumkan logo Cemilan Baik Untukmu agar dapat membantu orangtua dalam memilih cemilan yang baik untuk anak.

Memilih cemilan sama pentingnya dengan memilih makanan pokok. Dari hasil studi SMERU terungkap bahwa sekitar 97,7% anak Indonesia mengonsumsi lebih banyak cemilan daripada sayur dan buah-buahan. Cemilan tersebut dalam bentuk snack yang mengandung gula berlebih, lemak jenuh, dan kalori berlebih sehingga dapat menyebabkan anak-anak terkena obesitas dan diabetes. 

Para orangtua kesulitan memilih cemilan yang baik untuk anak, karena keterbatasan alternatif cemilan. Sulit memadukan antara cemilan sehat yang baik untuk anak dengan cemilan yang disukai anak-anak. Anak-anak cenderung menyukai cemilan yang manis, berlemak, dan berkalori tinggi sehingga kelak akan mempengaruhi pola makannya di masa depan. 

Nah, selama masa pandemi ini ternyata ada dampak positifnya bagi peningkatan kesehatan. Setiap keluarga berusaha memilih asupan makanan yang sehat  agar imunitas tubuh meningkat. Sebab, cemilan yang tidak sehat akan menurunkan kekebalan tubuh anak. Orangtua juga memiliki otoritas penuh untuk memilih cemilan yang baik untuk anak, karena di rumah saja. 

Dr. Attila Dewanti menegaskan perlunya kesadaran para orangtua dalam memilih cemilan, karena akibatnya bisa panjang untuk masa depan anak. Pemilihan cemilan yang salah akan menyebabkan anak terkena obesitas dan penurunan kekebalan tubuh. Sekitar 15-25% penyakit pada anak, diperkirakan diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi anak-anak termasuk di dalamnya adalah cemilan.

Dr. Attila juga memberikan informasi bermanfaat tentang kriteria memilih cemilan yang baik untuk anak disertai jadwal makan cemilan yang tepat, sehingga dapat menumbuhkan pola makan yang baik sebagai transisi menuju ke pola makan sehat. Penting banget nih untuk selalu memperhatikan Angka Kecukupan Gizi pada kemasan cemilan yang kita beli. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih cemilan adalah: 

  • Konsumsi gula per hari tidak lebih dari 50 gram 
  • Kandungan lemak jenuh dalam makanan per hari tidak lebih dari 10% total energi
  • Untuk cemilan anak usia 7-9 tahun, kalorinya tidak boleh lebih dari 330 kalori per hari.
  • Pilihlah cemilan yang mengandung susu, karena memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu tumbuh kembang anak. 
  • Pilih juga cemilan yang mengandung serat tinggi, misalnya ada buah-buahannya. Sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan buah pada anak-anak yang tidak suka makan buah. 
  • Perhatikan pada kemasan cemilan harus sudah ada label BPOM dan tidak mengandung Bahan Tambahan Pangan yang berbahaya. 

Orangtua perlu menumbuhkan kebiasaan Smart Snacking yaitu dengan memilihkan cemilan yang baik untuk anak dan memberikan jadwal memakan cemilan. Jadi, cemilan tidak dikonsumsi kapan saja, melainkan ada jadwal makan cemilan. Jadwal memberikan cemilan pada anak yaitu di antara makan pagi dan siang dan makan siang dan malam. Sebaiknya cemilan tidak lebih dari 330 kalori sehari, agar makanan pokoknya tetap masuk. Berikan cemilan 2 kali sehari ya, Ma, dengan jumlah kalori yang tidak lebih adri 330 kalori. 

Memoria Dwi Prasita menjelaskan bahwa semua es krim Paddle Pop dibuat khusus dengan membatasi jumlah kalori, gula, dan lemak jenuh  yang tidak berlebihan. Ini sesuai dengan aturan dari Kemenkes. Sehingga es krim Paddle Pop dapat menjadi cemilan baik untuk anak. Berkenaan dengan Hari Gizi Nasional 2021, Paddle Pop juga meluncurkan logo Cemilan Baik Untukmu  dan kampanye #CemilanBaikUntukmu supaya memotivasi para orangtua agar dapat memilih cemilan baik untuk anak-anak. Harapan Paddle Pop dengan adanya logo ini, para orangtua lebih terbantu memilih cemilan yag baik untuk anaknya dan jaminan memilih Paddle Pop berarti memilih cemilan yang baik untuk anaknya dan akan berkontribusi untuk tumbuh kembang anak.

Es Krim Paddle Pop hanya mengandung kurang dari 110 kalori, gula kurang dari 12 gram, dan lemak jenuh kurang dari 3 gram. Mengandung susu dan buah, rasanya pun disukai oleh anak-anak. Komposisi dalam es krim Paddle Pop sudah mengacu pada standar Kemenkes dan WHO, disetujui oleh BPOM, dan memiliki sertifikat halal.

Juga ada serangkaian edukasi mengenai nutrisi makanan sehat untuk para orangtua dan pengasuh anak, agar dapat memilih cemilan yang baik. Logo Cemilan Baik Untukmu melengkapi tujuan brand Paddle Pop. Tumbuh kembang anak yang optimal tidak hanya didukung secara fisik, tapi juga mental. Jadi selain edukasi cemilan baik, Paddle Pop juga mengajak ortu mengoptimalkan momen bermain bersama anak. 



Paddle Pop Main Yuk
Bermain bersama Paddle Pop


Pada November 2020 sudah diluncurkan brand purpose #PaddlePopMainYuk yang bertujuan untuk mendukung tumbuh kembang anak dengan memilih cemilan yang baik sebagai teman bermain dan belajar anak  agar dapat menambah kreativitas dan keceriaan anak saat bermain.

Orangtua adalah pembuat keputusan utama dalam menentukan cemilan baik untuk anak. Jangan lupa untuk selalu mengecek kandungan cemilan pada anak. Cemilan yang baik adalah cemilan yang kandungan kalorinya sesuai dengan yang dianjurkan, mengandung vitamin dan mineral, dan tidak mengandung kalori, gula, dan lemak jenuh yang berlebihan. Pemilihan cemilan ini sangat penting dan perlu diperhatikan oleh para orangtua.

KOL MOM Sophie Navita memberikan pengalamannya saat memilihkan cemilan yang baik untuk anak. Pesan untuk para ortu dari Sophie Navita, jangan bosan setiap hari mendampingi anak-anak dan caretaker (pengasuh anak) di sekitar mereka betapa pentingnya membaca kandungan yang ada di kemasan dan angka kecukupan gizi sesuai usia anak. Jangan berlebihan memberikan cemilan untuk anak. 

Virtual Activity Paddle Pop
Mengikuti Virtual Activity Paddle Pop

 

Sebelum memberikan es krim pada anak, lihat dulu apakah anak punya alergi. Misal alergi dingin atau susu. Paddle Pop tidak lebih dari 110 kalori, jadi sehari bisa sampai 3x dibolehkan. Sophie Navita harus mencontohkan sikap konsisten dalam memberikan cemilan baik untuk anak dan harus meningkatkan kecermatan memilih cemilan. Sebab, anak-anak adalah peniru yang baik. Kalau orangtuanya sembarang memakan cemilan, anak-anak pun akan mengikuti. 

Nah, mama-mama jangan lupa ya mulai sekarang harus memilihkan cemilan sehat untuk anak-anaknya. Cemilan anak yang baik akan mendukung tumbuh kembangnya secara optimal dan membuat proses belajar dan bermain anak menjadi lebih menyenangkan.

Bersama Es Krim Paddle Pop



24 comments:

  1. Seru amat nih mbak Leyla and kids ngemil es krim Paddle Pop :) Apalagi pas PJJ gini ya anak2 pasti butuh sesuatu untuk dinikmati ga cuma enak aja tapi bernutrisi tinggi. Tante ikutan donk main ular tangg dan isi TTS-nyaaaa? hihihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ikutan, tantee... Sambil ngemil paddle pop ya

      Delete
  2. Nah semakin peduli deh sekarang untuk memilih cemilan yang baik. Jangan sampai mereka jadi obesitas atau ada gangguan kesehatan lainnya karena kebanyakan mengkonsumsi cemilan yang kurang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya serem sekarang udah banyak anak-anak yang kena obesitas

      Delete
  3. Ya ampun paddle pop ini eskrim favorit aku jaman masih kecil dulu, legend banget karena harganya yang murah meriah tapi lezat bngt, kangen banget, cuma dia nih satu2nya es krim yang ditunggu2 klo ada mamang yang lewat pake gerobak merah waakakaka...

    ReplyDelete
  4. Terkadang kita cuma liat ada bpom, halal mui. Padahal kita juga harus perhatikan komposisi di kemasannya ya. Tapi kalau dah ada logo yg mewakili kita utk memilih cemilan baik, itu sangat membantu bangeet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, penting itu memperhatikan komposisi dalam kemasan. Harus lihat kandungan gula, lemak, dan kalorinya,

      Delete
  5. Harus selektif memang memilih cemilan yang baik untuk anak ya mbak, aku biasanya bikin sendiri cuma kadang suka beli juga, kaya ice cream paddle pop ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren banget mom bisa bikin sendiri, kalo ga sempet bikin beli paddle pop aja ya

      Delete
  6. tenang aku tuh jadinya mau kasih es ke si kecil. karena baca ini jadi tau deh cemilannya lebih sehta. thankyou mba

    ReplyDelete
  7. paddle pop cemilan yang bukan sembarang cemilan yaaaa.. tapi emang paddle pop tuh es krim yang enak.. rasa buahnya terasa banget.. makan siang-siang bikin seger.. mantepnya lagi kandungan nutrisinya banyakkk

    ReplyDelete
  8. Aku awalnya nggak ngeh loh klau teryata Paddle Pop tuh udah 28 tahun. Ini kan tandanya emang rasanya enak, sehat pula ya

    ReplyDelete
  9. Bocahku suka nih es krim Paddle Pop. Aku suka kasih tapi paling banyak sekali dalam seminggu. Selalu jadi momen asyik makan es krim bareng bocah ya

    ReplyDelete
  10. Seneng deh ada padle pop camilan sehat untuk keluarga, udah terdaftar BPOM, bergizi, dan enak..

    Gak salah deh selama ini pilih padle pop buat anak2

    ReplyDelete
  11. Iya semua org suka es krim, apalagi anak2 soalnya cemilan ini rasanya manis. Tapi untuk Paddle Pop gak perlu khawatir lagi ya krn kandungan gula dan kalorinya sudah menyesuaikan sehingga gak khawatir anak2 mengalami obesitas.

    ReplyDelete
  12. Cemilan sehat dari walls dah gitu varianya rasanya banyak dan enak2 lagu

    ReplyDelete
  13. Asik es krim kesukaan Rio ternyata cemilan baik yaa hehehe. Suka deh ada logo dan juga penjelasan komposisi seperti ini.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...