Friday, March 19, 2021

5 Cara Berlari untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Sistem imun berperan penting bagi tubuh, beberapa di antaranya menjaga tubuh dari patogen seperti penyakit menular, berfungsi sebagai homeostatis, serta melakukan proses pengawasan pada sel yang abnormal dan lain sebagainya.

Ada banyak cara yang beragam yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan berlari.


Cara Berlari



Olahraga lari dengan sepatu lari yang tepat dianggap sebagai salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh. Namun berlari tidak boleh asal sembarangan, karena olahraga ini memiliki cara khusus supaya mampu dalam membuat tubuh tetap segar dan tentunya menjaga sistem imunitas.

Agar tidak penasaran, artikel ini akan membahas 5 cara berlari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, beberapa di antaranya adalah:

1. Lakukan Olahraga Lari dengan Intensitas Medium

Cara pertama berlari supaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara medium atau sedang. Dilansir dari Canadian Running, berlari dengan intensitas yang sedang ternyata mampu dalam mendorong sistem imun alami di dalam tubuh, hingga mampu menghasilkan sel pelindung ke seluruh tubuh secara cepat. Hasilnya sel pelindung ini bisa membasmi bakteri dan virus yang dianggap mengancam tubuh.

Selain meningkatkan sel pelindung dalam tubuh, berlari dengan intensitas sedang juga dapat membuat kenaikan suhu tubuh saat berlari. Hasilnya bakteri tidak berkembang cepat dan Anda terhindar dari penyakit yang mengganggu kesehatan.

2. Hindari Merokok Saat Akan Berlari

Merokok tidak hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga dapat dapat berpengaruh dalam sistem imun. Nikotin yang ada di dalam rokok ternyata mampu menghasilkan hormon kortisol sehingga membuat orang menjadi rentan terkena infeksi.

Di samping itu, sel darah putih adalah jenis sel darah yang sangat bekerja keras dalam memerangi dampak merokok di dalam tubuh. Tips termudah agar dapat meningkatkan sistem imun saat berlari dengan benar adalah berhenti merokok secara bertahap.

Bila Anda tidak sanggup untuk berhenti merokok, Anda dapat berhenti menghisap tembakau Anda saat akan berlari. Dengan begitu Anda dapat bisa berlari dan dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dengan baik.

3. Tidak Melakukan Olahraga Berlari Secara Berlebihan

Adalah tidak baik bila kita melakukan suatu hal secara berlebihan, berlaku juga dengan berlari. Untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh, hendaknya jangan melakukan olahraga lari dengan berlebihan. Hal ini dapat menekan sistem imun yang normal di dalam tubuh.

Berlari secara berlebihan juga membuka kesempatan atau peluang bagi Anda akan tertularnya infeksi secara secara eksponensial. Dengan berlari secara berlebihan, akan lebih mudah dalam menurunkan sistem imun tubuh dibanding orang-orang yang berlari dengan intensitas sedang.

4. Pilih Jadwal Lari yang Anda Inginkan

Berlari ternyata mampu membuat kekebalan atau sistem imun menjadi lebih terjaga. Anda bisa memilih jadwal lari baik itu pagi atau sore, namun waktu yang disarankan untuk memperkuat sistem imun adalah di pagi hari.

Bila Anda lari di pagi hari, maka manfaat yang Anda dapatkan tidak hanya memperkuat kekebalan tubuh, tetapi juga memperkuat kinerja jantung dan menyehatkan sistem pernafasan.

5. Selingi Dengan Olahraga yang Memperkuat Otot

Hal terakhir adalah dengan menyelingi olahraga yang membantu memperkuat otot. Tujuan dari latihan ini adalah agar Anda tidak cedera sehingga latihan ini mampu untuk memperkuat imun di dalam tubuh.

Hal yang bisa dilakukan dalam melatih kekuatan otot bisa bermacam-macam, seperti push up, sit up, dumbbell di gym atau melakukan plank.

Penutup

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara berlari supaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan sistem imun atau yang disebut juga kekebalan tubuh dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa hal yang harus dilakukan adalah dengan makan makanan dengan diet yang seimbang, minumlah minuman yang memiliki kadar karbohidrat di dalamnya supaya Anda bisa menurunkan hormon stress pada dalam sistem kekebalan tubuh, lakukan cuci tangan secara rutin sehabis beraktivitas, khususnya saat Anda sedang flu, dan pastikan tidur yang cukup di setiap harinya.

Dengan demikian kekebalan tubuh Anda menjadi meningkat dan Anda siap menjalani hari dengan baik.

Demikian artikel tentang 5 cara berlari dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda, semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan Anda.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...