Monday, March 8, 2021

Review Perbandingan Skill Academy dan Pijarmahir.id

Mencari pekerjaan saat ini semakin sulit, bukan saja lapangan pekerjaan yang terbatas tetapi juga pandemi yang membuat ekonomi semakin terpuruk. Jadi, sudah tentu kita harus memiliki kompetensi lain atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. 

Kursus online terbaik


Pendidikan akademis di sekolah dan kampus tidak cukup menjadi bekal mendapatkan atau menciptakan pekerjaan. Banyak ilmu yang tidak diajarkan di sekolah dan kampus. Itu kenapa kita perlu mencarinya di tempat kursus yang mengajarkan keahlian sesuai kebutuhan kita.

Pemerintah juga memberikan sokongan dana bagi para pencari kerja yaitu melalui kartu prakerja. Caranya dengan mendaftar dulu di website, lalu tunggu sampai lolos seleksi. Jika sudah lolos seleksi, maka para pencari kerja akan mendapatkan uang tunai dan biaya untuk mendaftar kursus online sesuai keinginan. 

Untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, kita harus melihat bisnis apa yang sedang tren dan akan bertahan lama. Membuat warung kopi atau bahasa kerennya, kafe, semakin menguntungkan di tengah perubahan gaya hidup kawula muda. 

Kalau dulu warung kopi hanya sebagai tempat mengobrol, sekarang bisa jadi tempat menjalin koneksi dan bertemu klien. Harga per gelas kopinya pun menyesuaikan tempatnya yang nyaman, cantik, dan bergengsi. 

Namun, sudah tentu peracik kopi di kafe berbeda dengan warung kopi pinggiran. Di kafe disebutnya Barista. Untuk menjadi barista ternyata ada ilmunya lho, agar menghasilkan racikan kopi yang enak dan sesuai cita rasa aslinya. Nah, belajar menjadi barista ini bisa melalui kursus online menggunakan kartu prakerja. 

Ada banyak pilihan kursus online. Saya akan membandingkan dua di antaranya yaitu Skill Academy dan Pijarmahir.id. Saya menemukan kursus online menjadi barista ada di Skill Academy dan Pijarmahir.id. Mari kita lihat perbandinganya: 

Harga 
Untuk harga, ada perbedaan hingga 50% di mana biaya kursus belajar bikin kopi di Skill Academy lebih murah daripada di Pijarmahir.id. Jika melihat harga aslinya, di Skill Academy dikenai biaya Rp 825.000 tetapi kemudian didiskon hingga hanya Rp 250.000. Sedangkan di Pijarmahir.id dikenai harga Rp 500.000 tanpa diskon.

Biaya Kursus



Fasilitas Belajar 
Apa saja yang didapatkan di kursus online ini? Di Skill Academy, diberikan video pembelajaran, dokumen pembelajaran, soal dan penugasan, dan sertifikat. Ada bonus materi membuat CV, menulis surat lamaran, menyusun profil Linkedin, dan menghadapi interview yang berguna jika ingin bekerja di kafe orang lain. 

Sedangkan di Pijarmahir.id juga diberikan video pembelajaran, dokumen pembelajaran, soal dan penugasan, serta sertifikat penyesaian, tetapi tidak ada bonus materi lainnya seperti di Skill Academy.

Video Pembelajaran 
Dalam kursus online diberikan banyak fasilitas pembelajaran salah satunya video materi. Di Skill Academy untuk kursus meracik kopi itu disediakan 20 video pembelajaran. Ada teaser video juga dari pemateri yang tentunya seorang barista profesional dan sudah bergelut di bisnis kafe. Sedangkan di Pijarmahir.id disediakan 7 video pembelajaran dan tidak ada teaser video. Pematerinya juga seorang coach barista. 

Layanan Bantuan 
Jika ingin menanyakan lebih lanjut mengenai kursus online ini, kita bisa menghubungi customer service atau layanan bantuan yang tersedia. Di Skill Academy diberikan nomor telepon yang bisa dihubungi dengan jam kerja dari pukul 10:00 - 17:00 WIB. Sedangkan di Pijarmahir.id hanya diberikan kontak email. 

Skill Academy Kursus Online Terbaik


Nah, itu dia perbandingan dari dua tempat kursus online pelatihan kartu prakerja yang bisa kita pilih. Tidak hanya belajar menjadi barista ya. Masih banyak lagi materi kursus yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

Dari hasil review perbandingan Skill Academy dan Pijarmahir.id, saya sendiri memilih kelas pelatihan prakerja di Skill Academy sebagai kursus online terbaik karena harganya jauh lebih murah tetapi fasilitas yang diberikan lebih lengkap. Selain itu juga ada layanan bantuan yang lebih mudah dan cepat responnya. 


1 comment:

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...