Thursday, June 3, 2021

5 Makanan Khas Sumatera Barat yang Super Lezat dan Unik!

Siapa yang tidak mengenal kelezatan rendang, makanan khas Sumatera Barat yang sudah dikenal hingga ke mancanegara? Tidak harus pergi ke tanah Minang, Anda bisa menikmati rendang dengan datang ke restoran padang yang banyak tersebar di seluruh pelosok nusantara. Nikmatnya rendang memang tidak bisa dipungkiri lagi dan cocok untuk sajian dalam acara spesial.


makanan khas sumatera barat


Namun sebenarnya masakan khas minang yang enak bukan hanya rendang saja. Masih banyak makanan lainnya yang tidak kalah lezatnya dari rendang dan sayang kalau tidak dicicipi. Lalu, apa saja makanan tersebut?

5 Makanan Khas Sumatera Barat 

Jangan hanya berhenti di rendang saja karena masih banyak makanan khas tanah minang yang patut diapresiasi. Penasaran? Simak daftarnya berikut ini yuk! 

1. Gulai Gajebo

Masakan bersantan khas minang bernama gulai gajebo menyajikan kelezatan tiada tara. Bahkan disebutkan gulai gajebo merupakan salah satu surga kuliner dari Sumatera Barat. Bahannya dibuat dari daging sandung lamur yang cita rasanya kenyal dan diambil dari bagian punuk dari sapi. 

Keunikan gulai ini adalah adanya level pada rasanya yaitu “sangat gurih” jika potongan dagingnya semuanya lemak. Level kedua adalah “gurih” kalau lemaknya lebih banyak dari dagingnya. Ketiga adalah “cukup gurih” jika dagingnya lebih banyak daripada lemak.

2. Ketupat Sayur Khas Padang

Makanan ketupat sayur memang ada di beberapa daerah namun berbeda dengan yang berasal dari Padang ini. Ketupat sayur khas Padang menggunakan kerupuk berwarna merah sebagai pelengkapnya. Sedangkan bahan utamanya selain ketupat ada telur, ayam, sayur nangka atau kacang. Makanan ini pas sebagai menu sarapan karena gizinya cukup lengkap.

3. Sate Lokan

Bukan hanya sate padang saja yang rasanya enak, ada lagi sate jenis lain yang wajib dicicipi. Namanya sate lokan. Sate ini menggunakan bahan kerang hijau sebagai pengganti daging. Sate lokan dikenal sebagai sajian enak khas daerah pesisir di wilayah Sumatera Barat. 

Sebelum ditusuk dan dibakar kerang direbus lebih dulu kemudian ditambahkan bumbu rempah-rempah. Sate lokan disajikan bersama dengan kuah kental, ketupat dan taburan bawang merah goreng. Anda bisa menemukan sate lokan di daerah-daerah seperti Pariaman, Pasaman, Padang dan Pesisir Selatan.

4. Asem Padeh

Sajian yang bahannya sama dengan rendang yaitu daging sapi namun bercitarasa berbeda bisa didapatkan dari asem padeh. Pada awalnya asem padeh merupakan masakan dari Sumatera Barat yang dibuat dari daging sapi tapi saat ini sudah banyak yang menjual dengan bahan daging ayam ataupun ikan.

Asem padeh merupakan makanan yang memiliki rasa perpaduan asam dan pedas menyegarkan. Bumbu asem padeh terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai merah, asam kandis, jahe, tomat dan lain-lain. Warnanya kecoklatan yang tidak jauh berbeda dengan rendang. Asem padeh bisa didapati pada acara-acara adat misalnya pernikahan.

5. Soto Padang

Soto merupakan masakan yang ada di hampir seluruh wilayah nusantara termasuk Padang. Kalau biasanya soto dari daerah lain dagingnya direbus saja tidak begitu dengan soto padang ini. Daging yang disajikan dalam soto padang digoreng kering lebih dulu sebelum dipotong dengan ukuran kecil-kecil mirip dendeng.

Penyajian soto selain daging ada bihun dan perkedel kentang yang dipadukan bersama kuah kaldu yang gurih. Tidak ketinggalan bumbu rempah dalam kaldu yang terdiri dari kapulaga, cengkeh, daun jeruk dan bunga lawang.

Ternyata masih banyak makanan khas Sumatera Barat selain rendang yang cukup menggoda selera ya! Semua cita rasa masakan tersebut, juga bisa Anda buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan terbaik. Salah satunya adalah menggunakan kelapa santan dari SASA. Dibuat dari kelapa murni berkualitas, Anda akan mendapatkan santan praktis yang tetap berkualitas, kental, dan beraroma kuat. Jadi, jangan lupa pakai santan dari SASA ya!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...