Monday, June 7, 2021

Bermain Wisata Virtual Seaventure bersama Paddle Pop

Pandemi belum berlalu. Kita masih dibayangi ketakutan akan virus covid 19. Selain kegiatan sekolah masih dilakukan di rumah,  anak-anak saya pun hanya bermain di sekitar rumah. Saat libur lebaran kemarin banyak orang yang pergi ke tempat wisata, kami tetap bertahan di rumah saja.

playkit

 

Bosan? Hm, sudah pasti. Kadang-kadang anak-anak mengajak pergi ke tempat wisata karena area bermain di sana sangat luas dan wahana permainannya pun banyak. Demi keamanan dan kesehatan mereka, saya mengusahakan permainan di rumah saja.

Misalnya, saya membeli kolam renang plastik yang besar agar mereka bisa berenang meskipun hanya "nyemplung" dan nggak bisa berenang sebebas di kolam renang umum. Setidaknya bisa mengobati sedikit kerinduan akan berenang dan puas bermain air.

Saat pandemi, suami juga membelikan sepeda baru sehingga mereka bisa bermain sepeda bersama-sama. Bermain sepeda hanya di sekitar rumah dan tidak berkerumun dengan banyak orang. Lagipula, lingkungan di sekitar rumah kami juga relatif sepi. 

Saat saya mengikuti webinar bersama Kumpulan Emak Blogger dan Paddle Pop pada tanggal 28 Mei 2021 dalam rangka menyambut World Play Day, saya mendapatkan masukan lebih mengenai pentingnya bermain untuk anak-anak. Biarpun hanya melalui zoom, para emak yang mengikuti webinar ini mengenakan kostum seolah sedang berada di dekat laut nih saking antusiasnya ingin menemani anak-anak wisata virtual Seaventure bersama Paddle Pop. 

Sebelum "menyelam" bersama-sama, kami merakit play kit dari Paddle Pop dulu yang isinya kacamata selam dan tabung oksigennya. Tentu saja semuanya menggunakan bahan-bahan DIY. Kacamata selamnya dari kertas tebal dan tabung oksigennya dari botol plastik kosong. Ternyata mudah lho membuatnya. Kalau mau ikut membuatnya, berikut bahan-bahannya: 

DIY Paddle Pop

 

Kacamata Selam

Kalau ini tinggal digunting saja mengikuti pola kacamatanya. Lalu rekatkan kedua gambarnya. Kemudian gambar kacamata dan gambar snorkellnya direkatkan.

Tabung Oksigen

Dua botol ukuran 1 liter 

Dua kain flanel warna hitam potong seukuran kubus.

Lem UHU 

Tali putih panjang

Pillox warna abu-abu

Selotip hitam 

Cara Membuat DIY Paddle Pop


Cara membuatnya: 

Semprot botol dengan pillox, wajib ditemani orangtua ya. Tunggu hingga kering. Lalu, tempelkan selotip hitam hingga tiga putaran pada kedua botol. Rekatkan masing-masing selotip di kedua botol itu dengan lem UHU sampai botolnya menyatu. Rekatkan kain flanel di belakang botol, kemudian rekatkan tali pada kedua sisinya. Diamkan hingga kering. Setelah menempel semua, baru deh bisa dipakai sebagai tabung oksigen mainan. 

alat selam paddle pop

Setelah membuat DIY kacamata selam dan tabung oksigen, kami pun diajak wisata virtual bersama Paddle Pop di www.paddlepopmainyuk.com. Tinggal masukkan saja kode unik yang didapat setelah membeli 4 es krim Paddle Pop rasa apa saja. Foto dan kirim struk pembeliannya melalui whatsapp ke nomor 0858-1223-1223. Nanti kita akan mendapatkan kode uniknya dan dimasukkan ke website sebagai tiket masuk. Kode unik ini berlaku untuk tiga kali akses. 

Tahapan bermain wisata virtual seaventure bersama Paddle Pop: 

  • Buka website www.paddlepopmainyuk.com dan masukkan kode uniknya

kode unik

  •  Tonton video wisata virtual seaventure bersama Paddle Pop
wisata virtual

  • Ikuti kuis berhadiah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
kuis berhadiah

  • Ikuti kompetisi foto saat sedang menonton wisata virtual bersama Paddle Pop
kompetisi foto

  • Main Yuk bersama percobaan-percobaan sederhana Paddle Pop

playdate

Selain wisata virtual bawah laut dan berkenalan dengan ikan-ikan di lautan, kita juga bisa mengikuti keseruan lainnya seperti menjawab kuis, ikut kompetisi foto berhadiah kolam renang dan playkit Paddle Pop, membuat percobaan sederhana, dan lain-lain. Wuih seru juga ya, nggak habis-habis deh ide bermain di rumah bersama anak-anak. Makanya buruan beli Paddle Pop sekarang dan ikutan wisata virtualnya bersama anak-anak.

Setelah main bersama, saatnya saya mengikuti webinar World Play Day. Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia memaparkan kondisi pandemi di rumah saja membuat anak dan orangtua mudah bosan dan bingung mau melakukan aktivitas apa di rumah. World Play Day 2021, adalah hari bermain sedunia karena bermain sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Paddle Pop mewujudkan playful ini dalam es krim Paddle Pop yang berwarna warni dan merangsang imajinasi anak. Misalnya, Paddle Pop Rainbow yang seolah mengajak anak bermain dengan pelangi. 

narasumber Paddle Pop

 

Es krim Paddle Pop bisa menemani anak-anak bermain, karena kandungan gula dan lemaknya tidak berlebihan.  Jumlah kalorinya hanya 50-100 kkal saja. Kandungan susunya juga banyak, untuk mendukung pertumbuhan anak. Bisa dijadikan snack harian sebagai selingan makan besar. Anak-anak pasti senang sekali bermain sambil ngemil es krim Paddle Pop.

Vera Itabiliana, SPsi, Psikolog Anak dan Remaja menyebutkan bahwa bermain memang banyak manfaatnya sebagai wellbeing anak. Anak itu memang kerjaannya main. Tanpa disuruh main, pasti sudah main sendiri. Peran bermain bagaimana memanfaatkannya supaya dampaknya optimal. Anak itu gampang dan paham belajar kalau hatinya senang. Supaya senang, belajarnya lewat bermain. 

Berapa lama waktu untuk bermain? Tidak bisa dibatasi. Masukkan unsur bermain ke kegiatan apa pun. Yang dibatasi adalah jenis permainannya. Berikan permainan yang bervariasi. Tips asyik bermain: 

  1. Berikan permainan variatif, jangan permainan yang itu-itu saja supaya anak tidak mudah bosan. Permainan juga dimasukkan unsur edukasinya, jadi anak bisa bermain sambil belajar. 
  2. Eksplor manfaat positif gadget jika sulit mengurangi pemakaiannya. Sekarang kan kita lebih banyak di rumah. Anak-anak pasti banyak terpapar gadget dan sulit dihindari karena orangtuanya juga memegang gadget terus. Itu juga saya alami. So, tidak mengapa anak bermain gadget asalkan digunakan untuk hal positif.  
  3. Ikut terlibat bermain bersama anak dan bantu memilih konten positif. Tidak sekadar menjadikan gadget sebagai pengganti orangtua. Kita harus mengawasi terus konten-konten yang diasup oleh anak kita. 

Diana Rikasari menceritakan pengalamannya di awal pandemi. Saat itu Diana dan keluarga yang tinggal di Inggris, sudah benar-benar lockdown.  Diana  langsung mengubah rumahnya menjadi arena bermain anak-anak. Tidak apa-apa berantakan, asalkan anak-anak tidak kehilangan hak bermain akibat tidak bisa berangkat ke sekolah dan bermain di luar. 

Diana mengungkapkan manfaat besar yang diperolehnya karena sering bermain. Imajinasinya pun bertambah, sehingga ia menjadi orang yang kreatif. Terbukti sekarang kreativitasnya membuatnya menjadi disainer terkenal. Jadi, jangan batasi hak anak untuk bermain ya, Mak. Ajak anak untuk bermain sebanyak-banyaknya.

Salah satunya wisata virtual seaventure bersama Paddle Pop ini. Promonya cuma sampai 30 Juni 2021 lho! 

wisata virtual paddle pop

 




35 comments:

  1. anak pasti happy diajak bikin beginian ya mbak, udahnya bisa liburan virtual tipis2 lagi heheee

    ReplyDelete
  2. wah tampaknya memang seru nih ya eksplore lautan bersama ananda, apalagi dengan bersama membuat hasta karya yang bisa digunakan saat eksplor. asyiiik.. mau ajak si kecil juga ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru sekali dan kegiatannya sangat bermanfaat

      Delete
  3. Tips asyik bermainnya emang kece banget ini Mak. Bisa ditiru buat buibu yang mulai jenuh atau udah kehabisan ide mengisi kegiatan di rumah.
    Seperti main bareng Paddle Pop ini, apalagi menjelajahi bawah laut, meski acara virtual bisa membuat anak happy, apalagi kek Salim ituu bikin peralatannya sendirii, ada sensasi luar biasa yaaak.
    Saliiiih, ate ikuut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bene, bisa bikin DIY sendiri di rumah yaa

      Delete
  4. Bunda pernah punya pengalaman ketika mengajar sebagai volunteer utk anak2 yg fatherless. Kenyataan anak2 suka sekali bermain ketimbang serius bljr. Lalu keduanya bunda gabungkan bljr sambil bermain dan bernyanyi. Memang agak berisik ya karena tertawa nyanyi dan gelak tawa bercampur jd satu. Tp mereka have fun. So bìarkan selama bundanya ikut didalamnya.ý Believe it or not keesokan harinya mereka lbh relax dan serius bljr, 4 baris syair lagu dilalap dngn cepat. Kalau dulu sdh ada Paddle Pop so pasti mereka bunda ajak ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah senangnya pasti anak-anak itu diajarin Bunda Yati ya.

      Delete
  5. Di rumah terus udah setahun lebih memang bikin bosen banget yah, jangankan anak yang biasanya bermain di rumah kita aja ikutan jenuh juga. Kreatif banget nih wisata virtual seaventure barengan Paddle Pop, anak2 pastinya seneng walo di rumah aja yaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,anak-anakku malah seneng banget di rumah aja hehehe

      Delete
  6. Seruu bikin kacamata selam dan tabung oksigen sendiri, udah siap nih buat diving ya. Diving virtual dulu entar kalau corona sudah hilang baru deh diving beneran :)
    Asyiknya berwisata virtual sambil ngemil es krim paddle pop. Anak-anakku juga suka es krim paddle pop, terutama yang rainbow itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa seru bangeet.. andai bisa diving beneran yaa

      Delete
  7. Senang pastinya bisa menikmati dunia bawah laut secara menyenangkan seperti ini. Aku udah nyoba ama anak mba. Pilihan terbaik deh. Dan aku mau ikutan lagi

    ReplyDelete
  8. seru banget sih ini wisata bawah laut dari rumah. bikin anak-anak betah walau di rumah aja ya mbaa..

    ReplyDelete
  9. Aku jarang makan es krim sih, jadi aku baru tau kalau Jumlah kalorinya paddle pop cuman 50-100 kkal. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita jarang, yang sering mah anak-anak wkwkw

      Delete
  10. wahh ngga cuma ikut berwisata virtual aja tapi juga ada kegiatan art and craft bareng si kecil ya mba, makin seru deh, komplit!

    ReplyDelete
  11. Seru nih anakku juga ikutan tuh seaventure Paddle Pop, seru sih bikin kreasi peralatan divingnya, mengasah dan melatih kreativitas anak

    ReplyDelete
  12. Bosa juga, ya, di rumah terus. Tetapi, mau jalan-jalan juga masih pandemi. Jadi harus cari kegiatan yang bikin anak-anak tetap senang di rumah. Wisata virtual Seaventure ini asik juga.

    ReplyDelete
  13. Seru amat siiih ada DIY kacamata selam sama tabung gas ala2nya segala. Kumau ikutan Seaventure juga!! Besok kudu beli 4 paddle pop nih. Makasih info2nya ya Mbak :)))

    ReplyDelete
  14. seneng banget bisa bermain wisata virtual bareng paddle pop main yuk seaventure. Aska juga seneng main bebikinan gamesnya ^^

    ReplyDelete
  15. Di rumah aja emang mati gaya ya buat anak2 jd kudu menemukan aktivitas menarik. Salah satunya bisa main2 Seaventure ini. Walau begitu tetep wajib didampingi supaya bisa kasi batasan waktu jg ya utk anak main gadgetnya.

    ReplyDelete
  16. wah wisata laut jadi makin nyata ya meskipun dengan cara virtual, apalagi ditambah dengan alat alat diving yang seperti beneran. seneng banget salim yaa.

    ReplyDelete
  17. seru banget euyyy seaventure bareng Paddle Pop
    Beneran bikin hepi
    no bete bete club walo di rumah aja yak.

    ReplyDelete
  18. Seru ya wisata virtual bawah lautnya bareng program Paddle Pop Main yuk. Nunggu program lainnya nih. Cara ikutannya juga gampang ya tinggal beli Paddle Pop untuk dapetin kode uniinya

    ReplyDelete
  19. Serunyaaaa! Kalau aktivitas yg gini biasanya anak2 seneng banget yaa.. bikin2 trus ada yg bisa dijadiin role model. Abis gitu makan es krim yummm

    ReplyDelete
  20. Seru banget ya Paddle Pop Main Yuk ini. Anak-anakku sampe nonton berkali-kali. Excited dengan mermaid show dan kuis interaktifnya. Semoga nanti ada lagi ya dengan cerita yang baru. Menghibur dan nambah wawasan sih ya.

    ReplyDelete
  21. Emang seru banget mak Seaventure ini akaku juga suka hihi jadi beberapa kali beli ice creamnya biar dapet kode lagi.

    ReplyDelete
  22. Ada ga Mbak link printables-nya buat bikik googles ini?
    Kok saya jadi pengen buatin anak anak
    Tadinya cuma buat sendiri hehehe

    ReplyDelete
  23. waah seruunyaaa wisata virtual dan sekaligus beraktivitas bareng paddle pop, masih ada waktu smpi 30 Juni ya, cuzzzz aaahhh..

    ReplyDelete
  24. Wah, bagian bebikinan DIY ini seru banget sih yaa..
    Aktivitas semakin seru karena melibatkan kerjasama orangtua dan anak. Paddle Pop Seaventure memang TOP.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...