Tuesday, October 19, 2021

Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Setelah menjadi Ibu, kita harus banyak menggali ilmu parenting nih karena merawat anak tidak sama dengan merawat kucing. Anak-anak harus kita rawat dengan optimal agar masa depannya cemerlang. Itulah kenapa hari Kamis tanggal 14 Oktober 2021 kemarin, saya mengikuti webinar bersama Abbot dengan tema "Dukung Pertumbuhan Nyata Anak Indonesia." 

 

Webinar PediaSure
 

Banyak materi berbobot mengenai pentingnya nutrisi untuk masa depan anak yang saya dapatkan dari tiga orang narasumber, yaitu:Dr. Jose Rudolfo Dimaano selaku Medical Director for Abbot Nutrition Business in Pacific Asia Area, dr. Cut Nurul Afifah Sp.AK (dokter spesialis anak, konsultasi nutrisi, dan penyakit metabolik), Sherina Munaf (Artis dan Brand Ambassador PediaSure), dan Duma Riris Silalahi (Puteri Indonesia Lingkungan Hidup tahun 2007).

Dokter Cut memberikan materi tentang nutrisi seimbang untuk si kecil. Saat ini banyak penelitian yang membuktikan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan. Di dua tahun pertama kehidupan anak ada perkembangan otak yang sangat pesat. Pertumbuhan itu berkaitan dengan genetik. Berdasarkan penelitian, lelaki tertinggi ada di Belanda dan perempuan terpendek ada di Guatemala. Ternyata itu adalah tren yang bisa berubah berkaitan dengan pemenuhan nutrisinya.

Contohnya di Korea Selatan yang sekarang mengalami kenaikan tinggi badan. Rupanya hal ini dipengaruhi oleh asupan nutrisi anak, kebahagiaan anak, hormon pertumbuhan, dan genetik. Kalau di dua tahun kehidupan anak, bukan faktor genetik yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, melainkan nutrisinya. Nutrisi adalah modal penting tumbuh kembang anak, yaitu untuk perkembangan otak, tinggi badan, tulang, dan metabolisme tubuh anak. 

Jika anak kekurangan nutrisi di dua taun pertama, meskipun genetiknya bagus, pertumbuhannya tidak akan bagus. Anak pun akan mudah terkena penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan kanker. Dampak malnutrisi pada otak yang sedang berkembang yaitu serabut saraf pada otaknya akan terbatas. Nutrisi yang baik akan mendukung stimulasi anak. Walaupun sudah mengalami stunting, kondisi itu masih bisa diperbaiki selama anak masih di bawah usia 2 tahun. 

Early Child Development adalah investasi yang paling baik. Sangat penting memperhatikan asupan nutrisi dan pertumbuhan anak di usia emas. Malnutrisi pada anak yaitu nutrisi yang buruk dan  menyebabkan growth faltering, stunting, dan obesitas Dari data penelitian riset kesehatan dasar anak Indonesia, masalah tubuh kembang anak Indonesia adalah tubuh yang pendek. Perawakan pendek adalh tinggi badannya kurang dari 2 SDD. Sedangkan perawakan pendek karena kurang nutrisi disebut stunting. 

Selama pandemi ini, 7 juta anak di dunia terancam stunting. Di Indonesia, angka stunting sempat turun di tahun 2019, namun diperkirakan naik lagi pada tahun 2020 akibat andemi. Stunting tidak terjadi tiba-tiba tapi diawali dengan growth faltering yaitu penambahan berat badan yang tak seharusnya. Paling banyak terjadi di dua tahun kehidupan. Biaanya terjadi pada kelompok sosial menengah ke bawah. 

Bukan berarti elompok sosisal menengah ka atas terbebas dari stunting. Orangtua buisa memberikan nutrisi yang baik, tapi anaknya susah makan. Itu juga bisa menyebabkan stunting Stunting harus diegah dengan kecukupan nutrisi. Apa sajakah?  

  1. Inisiasi Menyusu Dini dalam waktu 1 jam setelah lahir
  2. ASI Eksklusif selama 6 bulan
  3. Pemberian MP-ASI yang adekuat dan aman
  4. Lanjutkan pemberian ASI sampai usia 2 tahun. 

Apa saja nutrisi seimbang pada bayi? Pada usia 6 bulan, bayi membutuhkan tambahan energi 30%, protein 20%, zat besi 95%, zinc 70%, dan vitamin A 20%. Risikonya memberikan makanan tanpa nutrisi yang lengkap akan mengalami gangguan pertumbuhan dan anemia defisiensi. Apa saja yang harus terkandung dalam makanan? Karbohidrat, protein hewani, lemak, sayur dan buah, dan susu. 

Susu adalah sumber protein yang paling baik untuk menumbuhkan tinggi badan. Asupan protein Indonesia di antara negara Asia Tenggara masih sangat rendah. WHO merekomendasikan protein harus diberikan setiap hari yaitu daging, unggas, ikan, dan telur. 

Kenapa protein hewani? Karena protein hewani adalah protein yang lengkap. Protein yang paling mudah dicerna adalah susu, telur, dan daging ayam. Anak-anak di Afrika yang banyak memakan daging dan susu ternyata lebih tinggi dan langsing dibandingkan anak yang banyak memakan karbohidrat. 

Konsumsi telur 1 butir setiap hari dapat menurunkan stunting pada anak sebanyak 47%. Selain itu perlu makronutrien berupa lemak. Justru otak dibentuk oleh komponen lemak. Ada saya sumbernya? Minyak kelapa/ santan, alpukat, ikan laut. Tidak ada satu nutris yang sangat super, semua disesuaikan dengan kondisi anak.

Selama pandemi, harus lengkapi kebutuhan makro dan mikronutrien untuk anak. Jangan lupa pantau terus pertumbuhan anak dengan timbang, ukur, dan plot ke kurva pertumbuhan.  

Webinar

 

Tahun ini bertepatan dengan 25 tahun kehadiran PediaSure di Indonesia. Sherina Munaf menjadi brand ambassador PediaSure. Waktu kecil, Sherina suka meminum PediaSure. Manfaatnya mendukung aktivitasnya sehari-hari karena memaksimalkan daya tangkapnya sehingga dia bisa melakukan hobi dan pekerjaannya di masa depan dengan baik. 

Sedangkan Duma Riris Silalahi yang telah menjadi ibu dari dua anak, sangat memperhatikan tumbuh kembang anak dengan memberikan asupan nutrisi yang baik dan rajin mengukur tinggi badan anak dan menimbang berat badannya. Dua anaknya mendapatkan tambahan nutrisi dari PediaSure, karena menyukai rasanya. 

Acara webinar ini juga diisi dengan peluncuran PediaSure formula baru yang mengandung Arginin dan Vitamin K2. Disampaikan oleh Dr Jose bahwa Arginin adalah asam amino penting untuk pertumbuhan tinggi badan anak. Dapat membantu tulang tumbuh lebih panjang.  Vitamin K2 membantu menyalurkan dan mengikat kalsium ke tulang sehingga memicu pertumbuhan tulang yang kuat. 

PediaSure

Selain itu, PediaSure juga meluncurkan Growth Pedia untuk memantau pertumbuhan anak secara online disertai saran nutrisi online untuk membantu orangtua memaksimalkan pertumbuhan anak. 

Informasi lebih lengkap bisa dilihat di media sosial PediaSure: 

IG: @pediasureindonesia

FB: PediasureIndonesia

Website: www.pediasure.co.id


24 comments:

  1. Bener banget, Mbak, merawat anak harus ekstra sabar dan teliti terlebih untuk mengoptimalkan tumbuh kembang pasti kita harus mencari cara untuk membantunya. Salah satunya dengan memberikan nutrisi seperti susu ini, pediasure memang mantap.

    ReplyDelete
  2. Selama ini aku juga taunya kalau tinggi badan nurun dari genetik org tuanya. Salah rupanya ya 😊

    ReplyDelete
  3. baru tau loh kalau inisiasi dini itu berpengaruh sama tumbuh kembang anak, saya pikir cuma buat mancing dia mau ASI aja. Soalnya kalau cuma buat mancing ASI aja, tanpa inisiasi dini toh banyak anak yang bisa menyusu.

    ReplyDelete
  4. Ternyata 1000 hari pertama anak memang sangat penting ya. Tidak hanya gizi untuk pertumbuhan otak, tapi juga pertumbuhan berat badan dan tinggi badan. Jadi memang modal penting anak untuk masa depan, tergantung nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Bagus banget ini pengetahuannya terutama bagi yang mau promil, supaya sejak awal nutrisi anak terpenuhi dengan baik.

    ReplyDelete
  5. Serem ya efek stunting tuh, tapi itu bisa dicegah saat memasuki MPASI dengan konsumsoi 1 telur setiap hari ya? Harus disounding nih kan telur terjangku banget

    ReplyDelete
  6. Jadi inget nih waktu si kakak Nayla susah makan, walau pertumbuhan tinggi badannya normal tapi keliatan kurus banget. Sempet khawatir dan aku kasih PediaSure buat menambah asupan nutrisinya biar tumbuhnya juga optimal disamping aku berikan jg makanan seperti biasa.

    ReplyDelete
  7. Soal berat badan dan tumbuh kembang anak ini emang tricky banget sih. Salah sedikit, nggak bisa diulang apalagi klo udah sampe stunting. Makanya sebagai ibu kita harus banyak2 gali informasi.

    ReplyDelete
  8. 1000hpk ini penting banget ya, karna bakal pengaruh saat dia besar. Btw, Anakku pernah konsumsi Pediasure nih, cocok, kebantu pas BB nya stuck

    ReplyDelete
  9. Kalo udah tahu kiatnya, maka para ortu bisa banget berupaya memberikan yg terbaik, demi tumbuh kembang buah hati secara optimal.
    Moga2 generasi Indonesia makin tinggi, sehat, kuaattt!

    ReplyDelete
  10. kereenn webinarnya mbaaa..
    ngonongin pediasure.. anakku dulu juga sempet disaranin dokter utk minum pediasure 1 jam setelah makan. untuk nambah nutrisi + naikin BB nya juga

    ReplyDelete
  11. waahh bisa bikin tinggi juga dong ya.
    Keren banget sih Pediasure, anak saya yang pertama juga pernah minum susu ini.
    Memang ya, biar anak tumbuh dengan baik tuh, butuh diperhatikan sejak dalam kandungan ya :)

    ReplyDelete
  12. sedih kalau anak kita berat badannya ga nambah2 seiring penambahan umurnya...

    ReplyDelete
  13. sebagai seorang ibu sudah seharusnya ya kita peduli pada persoalan stunting ini. Karena masa depan bangsa ada di tangan anak2 kita kelak.

    ReplyDelete
  14. 1000 hari pertama seorang amak manusia memang sangatlah penting ya.. Kesehatan jasmani dan rohaninya kelak ditentukan asupan yang diperolahnya di masa ini. Trmksh sharing infonya mba..

    ReplyDelete
  15. Nutrisi pada anak penting sekali lho buat tumbuh kembangnya. Stunting hal yg ditakutkan oleh para orang tua. semoga hal ini dapat dicegah ya.

    ReplyDelete
  16. Pemberian nutrisi pada anak itu sangat penting ya, mbak. Sejak punya bayi lagi aku banyak belajar banget. Apa lagi sekarang MPASI mengharuskan adanya 4 bintang untuk mencukupi nutrisi ya.

    ReplyDelete
  17. Semangat terus buat para ibu. Ga pernah menyerah demi pertumbuhan optimal anak-anaknya

    ReplyDelete
  18. Nah iya, kak Leyla..
    Aku baca-baca bahwa tinggi badan ini bukan dari genetik. Kan sebagai orangtua, aku jadi semangat bahwa dengan perbaikan nutrisi, bisa memperbaiki tumbuh kembang anak-anakku.

    ReplyDelete
  19. Memang yang namanya nutrisi nih perlu dipikirkan banget ya khususnya buat anak2 yang usianya masih bayi-2 tahunan ya yang merupakan masa emas. Wah Pediasure ada formula baru ya yang makin memenuhi kebutuhan nutrisi anak khususnya yang BB dan TB masih di bawah standar.

    ReplyDelete
  20. Keadaan anak malnutrisi pastinya jadi lebih banyak ya di masa pandemi ini. Dan ini gak bisa dibiarkan. Sebab bisa menjadi hal yang permanen untuk tumbuh kembangnya di kemudian hari. Harus deh orang tua melakukan intervensi nutrisi ke anak-anak malnutrisi ini. Salah satunya dengan memberikan PediaSure Formula Baru ini. Semoga deh, dengan adanya produk begini, jumlah angka anak malnutrisi akan semakin berkurang.

    ReplyDelete
  21. Serem kalau baca efek stunting ya, tapi itu telur 1 hari sekali bisa mencegah stunting jika dikonsumsi saat masa MPASI. Berarti ini bisa buat solusi yang ekonomi minim ya tapi anak harus tetap sehat. Semoga sehat semua anak Indonesia untuk masa depan bangsa ini

    ReplyDelete
  22. Waah, udah 25 tahun aja nih Pediasure, udah terpercaya banget brandnya apalagi ambasador Sherina Munafsemoga makin menedukasi pentingnya mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan formula barunya, anak2 sehat karena ercukupi nutrisinya.

    ReplyDelete
  23. Naah aku juga takjub tuh Ama Jepang dan Korsel yg kenaikan tinggi badannya lumayan kliatan banget dibanding dulu. Jepang dulunya terkenal pendek , tapi liat skr, tinggi2, pastinya Krn nutrisi makanan yg bagus.

    Akupun berusaha anak2 juga mendapatkan nutrisi yg bagus. Supaya bdn mereka bisa tinggi ga kayak maminya yg kecil ini hahahaha. Jujur aku memang ga suka susu mba. Eneg cium baunya. Makanya badanku paling kecil dibanding adek2ku yg tinggi.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...