Wednesday, February 9, 2022

Hati-hati Modus Penipuan, Ini Cara Daftar Mbanking dengan Aman

cara daftar mbanking
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-orang-orang-gadis-internet-6266501/

Mudahnya cara daftar mbanking membuat banyak nasabah mulai menggunakannya. Namun, di tengah kemudahan pendaftaran hingga penggunaan, terdapat modus penipuan yang mengintai penggunanya.


Salah satu modus penipuan yang sering terjadi adalah penipuan dengan mengaku-ngaku sebagai pihak bank. Cara penipuan yang dilakukan juga beragam, tentu saja tujuannya untuk mengelabui nasabah sehingga memperoleh data perbankan mereka.

Bahkan, ada pula penipu yang terang-terangan menyuruh nasabahnya melakukan transfer sejumlah dana dengan menggunakan aplikasi banking. Selain itu seringkali mereka juga menggunakan nomor palsu yang disamarkan sehingga seperti nomor resmi dari perusahaan.

Baca Juga: Menginap di Hotel Angker Marbella (1) 

Ketika telepon diangkat, mereka akan memperkenalkan diri sebagai customer care, di sinilah modus penipuan ini dimulai.

Berbagai Modus Penipuan Melalui Mobile Banking

modus penipuan mbanking

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-wanita-kantor-panggilan-7652172/

Ada berbagai macam modus penipuan yang sering dilakukan untuk membobol rekening nasabah, salah satunya melalui mbanking. Berikut berbagai macam modus penipuan yang harus kamu ketahui, seperti:

1. Menipu melalui cara daftar mbanking

Sebenarnya, setiap bank sekarang ini sudah memiliki laman website resmi yang memudahkan kita untuk melakukan pendaftaran mbanking. Namun, selain laman resmi tersebut, terdapat laman-laman palsu yang sengaja dibuat para hacker.

Biasanya, mereka membagikan laman di media sosial. Aksi kejahatan ini memiliki nama phishing. Phishing biasanya bukan hanya dilakukan oleh satu orang, melainkan dilakukan oleh sejumlah kelompok tertentu.

Proses ini dilakukan dengan mencuri berbagai data penting seperti data pribadi, data identitas diri, data seperti nomor rekening, password, username hingga kode OTP. Modusnya sangat beragam, seringnya dengan membuat website palsu cara daftar mbanking yang terlihat seperti asli.

2. Penipuan melalui telepon
 

Selain penipuan melalui laman palsu saat cara daftar mbanking, penipuan lainnya juga dilakukan dengan menggunakan sambungan telepon. Dalam modus penipuan ini, penipu akan mengaku-ngaku sebagai petugas bank serta meminta berbagai macam data.

Baca Juga: Audio Book dan Novel Suami Dingin 

Terkadang, mereka sudah mengantongi sedikit data korban dan memberitahu data-data tersebut, sehingga korban akan percaya dan mengira jika telepon tersebut benar-benar dari petugas bank.

3. Menghubungi melalui media sosial
 

Bila sebelumnya penipuan dilakukan dengan melalui telepon, saat ini media sosial serta aplikasi chatting juga menjadi media bagi pelaku untuk menjalankan aksi jahat. Salah satu contoh tindak kejahatan ini ialah ketika melakukan cara daftar mbanking di smartphone.

Biasanya penipu akan menjaring korban melalui pemberian komentar di akun media sosial asli bank. Modusnya, ketika korban selesai menuliskan komentar dan terposting, korban akan mendapatkan pesan dari akun bank yang memiliki nama serta profil yang sama dengan akun bank yang terverifikasi.

Korban tentu saja menyangka jika akun tersebut merupakan akun asli bank, kemudian pelaku akan mengirimkan link, yang secara otomatis terhubung dengan akun chat. Melalui pesan obrolan ini, pelaku akan menanyakan keluhan korban, dan memberikan tautan. 

Bila korban mengisi seluruh data pribadinya dalam tautan tersebut, korban akan terjebak dalam tindak penipuan yang berujung pada terkurasnya saldo tabungan. Oleh sebab itu meskipun cara daftar mbanking mudah, kamu harus tetap waspada dengan modus penipuan seperti ini.

Baca Juga: Tips Menggunakan Jasa Keamanan Satpam 

Rekomendasi Aplikasi Banking Tepercaya Saat ini

Ada begitu banyak aplikasi mobile banking yang ditawarkan oleh berbagai macam bank. Salah satu aplikasi unggulan yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah PermataMobile X. PermataMobile X merupakan sebuah aplikasi mobile banking yang dimiliki PermataBank.

PermataMobile X mempunyai ratusan fitur yang akan memenuhi semua kebutuhan perbankan nasabah serta memudahkanmu melakukan transaksi. Ada berbagai macam kelebihan yang dimiliki, antara lain:

1. Canggih

PermataMobile X memiliki berbagai macam fitur perbankan sehingga bisa memudahkan transaksi nasabah. Bahkan, bila dijumlahkan PermataMobile X memiliki ratusan fitur perbankan.

2. Aman

Sebagai nasabah, keamanan pasti menjadi hal yang harus diperhatikan. PermataMobile X memiliki fitur login dengan menggunakan sidik jari serta Face ID sehingga seluruh transaksi yang kamu lakukan akan terjamin aman, asalkan kamu tidak memberitahu password PIN mu kepada siapa pun. 

3. Praktis

Mulai dari cara daftar mbanking, membuka rekening, melakukan pengecekan mutasi hingga transfer, semua bisa dilakukan dengan menggunakan satu aplikasi. Tentu merupakan hal yang sangat praktis bukan.

Sebagai sebuah aplikasi banking unggulan, ada berbagai macam hal yang bisa kamu lakukan menggunakan PermataMobile X, antara lain:

  • Pengecekan mutasi hingga 12 bulan terakhir
  • Melakukan pembayaran berbagai macam tagihan seperti telepon, listrik, internet, air dan yang lainnya
  • Melakukan pengisian pulsa, token listrik, e-wallet hingga voucher game dengan mudah
  • Membuat rekening tabungan, pengajuan KTA, kartu kredit serta melakukan cara daftar mbanking secara online 
  • Melakukan transaksi pembelian, penjualan hingga switching reksa dana kapan saja dan di mana saja
  • Melakukan pembayaran menggunakan QR Pay di merchant, sehingga kamu tidak perlu melakukan pengisian e-wallet. 
  • Melakukan penarikan tunai di Indomaret menggunakan fitur Mobile Cash. Cara penarikan tunai bisa dengan masuk ke menu lainnya dan pilih Mobile Cash. Kamu bisa memilih Indomaret kemudian memasukkan nomor handphone yang dimiliki, nantinya kamu akan menerima token. Berikan token ini pada kasir Indomaret dan tarik tunai dapat dilakukan. 
  • Mengirimkan WhatsApp Gift. WhatsApp Gift merupakan transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan ke nomor WhatsApp. Ada banyak macam pilihan kartu ucapan menarik, dengan cara ini, kamu tidak perlu tahu nomor rekening yang akan dituju, hanya perlu nomor WhatsAppnya saja. 
  • Mengajukan kenaikan sementara limit kartu kredit

Dengan berbagai keunggulan serta cara daftar mbanking yang mudah, yakin tidak ingin menggunakan PermataMobile X? Instal aplikasi PermataMobile X sekarang juga.



1 comment:

  1. Hemm, bener banget banyak sekali penipuan yang beredar sekarang jadi kita harus hati-hati. Walaupun semakin canggih teknologi semakin mempermudah kita tetap saja kita harus hati-hati agar gak tertipu.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...