Thursday, February 24, 2022

Kursus Menjadi HR Profesional di Skill Academy

Profesi HR atau Human Resources adalah salah satu profesi yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Lingkup kerja HR berhubungan dengan pengelolaan karyawan atau tenaga kerja. Perusahaan mana yang bisa hidup tanpa karyawan? Tentu setiap perusahaan membutuhkan karyawan. Akan tetapi, perusahaan juga tidak bisa sembarang memilih karyawan. Ada proses seleksi yang dibutuhkan untuk memilih karyawan yang dapat bertanggung jawab pada pekerjaannya dan ikut membantu kesuksesan perusahaan. 

kursus hr profesional

 

Itulah tugas utama bidang HR, yaitu memilih karyawan yang sesuai dengan visi misi perusahaan. Untuk memilih karyawan tersebut, dilakukan proses rekrutmen oleh HR dengan melakukan serangkaian tes yang dapat menguji kualitas karyawan tersebut. Agar HR dapat memilih karyawan yang tepat, maka orang-orang yang bergabung di bidang HR juga harus memiliki kemampuan dan keterampilan HR. 

Baca Juga: Laptop dan Printer di Solusi Arya Prima

Selain itu, HR juga memiliki peran menyusun peraturan-peraturan yang harus dijalankan oleh para karyawan, memperhatikan kesejahteraan karyawan, dan mengakomodir pelatihan-pelatihan karyawan untuk meningkatkan kemampuan kerja. Dengan kata lain, seorang HR harus bisa mengatur dan mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga penting sekali menjadi HR yang profesional. Bagaimana caranya? 

Memiliki Karakteristik HR 

Seorang HR profesional sudah tentu harus memiliki karakteristik sebagai seorang HR yang harus berhubungan dengan semua karyawan, yaitu mudah dekat dengan karyawan, ramah, dan terbuka, sehingga karyawan tidak segan mengutarakan isi hatinya yang berkaitan dengan pekerjaan.  

Memiliki Banyak Koneksi 

Seorang HR harus pandai bergaul, sehingga koneksinya pun luas. Koneksi ini penting untuk dapat menjaring calon karyawan berkualitas.

Memiliki Kemampuan Berkomunikasi 

Hal ini sudah tentu mutlak dimiliki seorang HR, karena harus berhubungan dengan banyak karyawan. 

Mampu Berkolaborasi 

HR juga harus mampu berkolaborasi dengan karyawan-karyawan di departemen lain, terutama berkaitan dengan kebutuhan akan tenaga kerja baru. Tentunya karyawan barunya nanti harus sesuai dengan kebutuhan departemen tersebut. 

Agar bisa menjadi HR Profesional, Anda bisa mengikuti kursus menjadi HR Profesional.  Kelas Prakerja di Skill Academy by Ruangguru menyediakan kelas Menyusun Strategi  Manajemen Talenta dan Teknik Wawancara bagi Asisten Sumber Daya (HR) dengan instruktur seorang HR Profesional yang suah tidak diragukan lagi. 

Kelas ini bertujuan untuk mempersiapkan juru tata usaha atau praktisi HR yang profesional. Para peserta akan mempelajari cara mempertahankan dan mengembangkan para karyawan yang terbaik dengan mempersiapkan hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah wawanccara pekerjaan. 

Untuk bisa mengikuti kelas ini, syaratnya hanyalah lulusan SMA dan sederajat, serta memiliki ketertarikan menjadi juru tata usaha personalia atau praktisi HR. Nantinya Anda akan mendapatka materi pembelajaran melalui video, peragaan, studi kasus, dan membaca hand out. Ada sesi tanya jawab juga dengan intruktur Alvin Tanthio seorang HR Profesional. 

Baca Juga: Peluncuran ICE, Platform Kreator dari IDN Media

Sesi tanya jawab berlangsung setiap hari Jumat pada pukul 16:00-17:00 WIB dan setiap  minggunya akan ada video baru yang diberikan untuk pembelajaran. Materi yang diberikan berkenaan dengan tiga aspek: pengetahuan, keterampilan, dan tingkah laku. 

Selain itu, peserta juga mendapatkan bonus materi yaitu cara membuat CV, menulis surat lamaran, menyusun profil Linkedin, dan menghadapi wawanccara kerja. Jadi, sangat bermanfaat nih untuk Anda yang ingin bekerja sebagai HR atau menjadi praktisi HR. 

Biaya kursusnya Rp 700.000. Konten kelas yang bisa diakses setelah membayar biayanya berupa 34 video, 13 dokumen, ujian Pre Exam, ujian Exam, dan sertifikat. Anda bisa langsung mengakses kursus ini di website Skill Academy. Ingin mengetahui kelas-kelas lainnya yang diadakan di Skill Academy? Pantau media sosial Skill Academy untuk mengetahui kelas-kelas apa saja yang dipromosikan setiap harinya.

skill academy

Baca Juga: Tips Jadi Ibu Rumah Tangga Sukses dan Bahagia


 

1 comment:

  1. Biasanya nih saat lamar pekerjaan pasti yang dihadapi duluan adalah HR, melakukan interview juga HR. Hmm bisa dibayangkan semenakutkan apa HR bagi pelamar pekerjaan, tapi keren sih kalau bisa jdi HR. :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...