Tuesday, October 11, 2022

Traveling bersama Teman Hidup Traveloka ke Raja Ampat

 

Traveling bersama Traveloka Hotel

 

"Yah, kalau mau traveling di dalam negeri, Ayah mau ke mana?" tanya saya kepada suami tersayang. 

"Raja Ampat," jawab suami saya. 

Impian saya ketika anak-anak sudah bisa ditinggal di rumah tanpa orangtua adalah traveling berdua dengan suami saja ke destinasi impian. Sebab, setelah menikah, kami belum sempat berbulan madu ke tempat yang jauh. Bulan madunya hanya ke rumah mertua di Garut. Tidak lama kemudian, saya hamil dua tahun berturut-turut dan sibuk mengurus anak-anak. 

Dalam waktu 5 tahun, saya punya 3 anak. Tidak mungkin meninggalkan mereka untuk traveling. Kalaupun mau traveling, harus satu paket bersama anak-anak. Itupun tidak jauh, karena kelelahan membawa 3 anak. Mereka pun suka rewel di jalan kalau kecapaian. Sekarang ini anak-anak mulai besar dan tidak lama lagi saya dan suami bisa traveling berdua saja, membayar utang bulan madu yang belum terlaksana.

Rupanya destinasi impian saya dan suami itu sama, yaitu Raja Ampat di Papua Barat. Kalau bisa traveling ke tempat yang jauh, kenapa tidak? Apa sih alasannya sehingga Raja Ampat menjadi destinasi impian kami?  

Alasan Traveling ke Raja Ampat

Surga Bawah Laut 

Raja Ampat memiliki surga bawah laut yang indah, sebagaimana yang saya baca dan tonton di media. Saya ingin sekali merasakan menyelam ke bawah laut bersama suami dan menyaksikan keindahan dunia di bawah laut itu. Airnya yang bersih dan belum terkontaminasi, tidak seperti di pantai Jawa yang sudah dipenuhi sampah, membuat saya tak segan-segan berenang. Ada banyak biota laut yang barangkali belum pernah saya lihat secara langsung, sehingga bisa menambah wawasan saya. Banyak terumbu karang aneka warna yang cantik dan memanjakan mata. Selain itu, tentu saja menyelam ke bawah laut bersama pasangan halal bisa jadi kegiatan romantis yang berbeda dari biasanya. 

Berenang bersama Ubur-ubur 

Ingatkah film Finding Nemo di mana ada adegan berenang bersama  ubur-ubur? Dikisahkan di film itu, ubur-uburnya memiliki sengatan yang membuat pingsan. Tapi tidak dengan ubur-ubur di Danau Lenmakana di Pulau Misool, Raja Ampat. Ada banyak ubur-ubur yang tidak menyengat, sehingga kita bisa berenang bersama mereka tanpa khawatir disengat. Katanya sih danau itu sudah lama terisolasi, sehingga bebas dari predator. Kita pun bisa berenang dengan aman. Duh, jadi nggak sabar merasakan berenang bersama ubur-ubur yang tidak menyengat.  

Berfoto di Bukit Pianemo

Foto-foto indah saat traveling ke Raja Ampat salah satunya dengan latar gugusan Pulau Karst yang terkenal itu lho. Ternyata untuk bisa berfoto seperti itu, harus dari atas bukit Pianemo. Kita akan menaiki 320 anak tangga untuk sampai ke atas, lalu berfoto dengan latar belakang gugusan Pulau Karst. Indah banget kan gugusan pulau itu dari atas. Siapkan saja amunisi tenaganya supaya kuat menempuh perjalanan. 

Alasan Traveling ke Raja Ampat

 

Melihat Burung Cendrawasih di Alam Bebas

Burung Cendrawasih berasal dari Papua, karena itulah kita bisa melihat populasinya secara bebas di daerah asalnya itu. Lain halnya kalau di Pulau Jawa, kita hanya bisa melihat burung Cendrawasih di dalam sangkar kebun binatang. Di Desa Sawingrai ada pertunjukan burung Cendrawasih menari lho yang disebut Red Bird Paradise. Burung Cendrawasih di desa ini masih sangat dijaga, sehingga masih lengkap spesiesnya. Kita bisa menyaksikan burung Cendrawasih menari pada saat akan kawin dan melihat sayap-sayapnya burung jantan yang indah itu membentang di depan mata. 

Menyaksikan Keindahan Aneka Bunga Anggrek 

Selain menjadi surga bawah laut, Raja Ampat juga menjadi surga bunga anggrek lho. Kalau sudah menonton drama Korea Little Women dengan anggrek birunya, pasti tahu kan bunga anggrek itu memang cantik. Ada lebih dari 130 spesies anggrek yang ada di Raja Ampat. Wow, penasaran kan apa saja bunga anggreknya? Apakah anggrek biru juga ada? Ups, mesti datang dulu nih ke Raja Ampat. 

Teman Hidup Traveloka

Pastinya masih banyak alasan traveling ke Raja Ampat. Saya akan beritahu nanti kalau sudah berhasil ke sana ya. Makanya mohon doanya supaya terwujud nih traveling bersama teman hidup Traveloka ke Raja Ampat. Tak hanya untuk membayar utang bulan  madu bersama suami, tetapi juga menambah pengalaman hidup dengan melihat tempat lain yang suasananya berbeda dengan tempat yang saya diami sekarang.

Kalau masih di Pulau Jawa, pasti tidak banyak bedanya. Makanya saya pilih ke Raja Ampat. Dari segi budaya, bahasa, pemandangan alam, dan makanannya jauh berbeda. Untuk urusan akomodasi dan transportasi, saya serahkan ke Traveloka dong. Mau booking hotel murah di Raja Ampat, ya tinggal buka saja halaman Hotel & Holiday Stays di Traveloka. Ada tiga hotel nih yang memberikan pemandangan dan fasilitas menarik. 

Hamueco Raja Ampat Dive Resort

Ini hotelnya berada di atas Pantai Saleo, Raja Ampat. Meskipun bangunannya terbuat dari kayu, tapi fasilitasnya tetap lengkap. Ranjangnya berkelambu untuk menjauhkan kita dari nyamuk. Ada AC-nya supaya nggak panas. Ada wifi dan restoran juga. Jadi jangan dipikir kita akan terisolasi dari dunia luar ya, karena masih bisa mengakses internet. Untuk cari makan pun nggak susah, sudah ada restorannya. Jarak dari bandar udara Marinda Raja Ampat juga dekat. 

Hamueco Raja Ampat

 

Biaya menginapnya mulai dari Rp 1 juta semalam. Disediakan juga peralatan menyelam kalau mau menyelam. Dari hotel itu pun, kita bisa ke Desa Saporkren untuk melihat situs bersejarah. Sedangkan untuk ke Bukit Painemo jaraknya sekitar 13 km. Wah, puas banget nih travelingnya serasa menyatu dengan alam.

Waiwo Dive Resort 

Ini juga tarif per malamnya mulai Rp 1 jutaan, jadi nggak mahal-mahal amat  ya. Lokasinya lebih dekat lagi dari bandar udara Marinda dan Bukit Painemo. Bangunannya lebih modern, karena dari tembok. Kamarnya itu luas banget. Ranjangnya juga berkelambu. Sepertinya memang ranjang di hotel di Raja Ampat harus pakai kelambu ya, karena di Papua banyak nyamuk malaria. Kita tetap bisa melihat pemandangan laut dari depan hotel ini. 

Waiwo Dive Resort


Meridian Adventure Marina Club & Resort Waisai

Hotel yang ini tarifnya sedikit lebih tinggi yaitu di atas Rp 2 juta tapi fasilitasnya lengkap banget. Di hotel ini ada AC, restoran, kolam renang, parkir, wifi, ATM, minimarket, supermarket, dan banyak lagi. Lokasi hotelnya sangat strategis dan dekat dengan fasilitas publik. Hotelnya juga berada di pinggir pantai, jadi kita bisa langsung main ke pantainya dan naik speedboat. 

Meridian Hotel

 

Whoaa... jadi nggak sabar nih traveling bersama teman hidup Traveloka ke Raja Ampat. Tentunya nggak cuma ke Raja Ampat ya. Kalau ada rezeki, saya ingin traveling ke semua destinasi impian di Indonesia maupun luar negeri. Rencana terdekat ya di Indonesia saja dulu, karena alam Indonesia sangat indah dan banyak tempat yang belum saya jelajahi. Apalagi kalau jalannya bersama teman hidup Traveloka yang selalu memudahkan kita untuk mencari akomodasi dan transportasi. 

Nah, gimana dengan kamu? Punya destinasi impian di dalam negeri juga yang ingin sekali kamu kunjungi? Yuk, '#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi' dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini ya   https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan.


 

30 comments:

  1. Asyik banget kalo jalan-jalan ke Raja Ampat. Menyaksikan keindahan panorama di sana secara langsung. Urusan perjalanan, serahkan saja pada Traveloka, mulai dari tiket pesawat hingga akomodasi penginapan. Percaya deh dengan Traveloka. Bisa bikin urusan traveling jadi lebih mudah dan lancar.

    ReplyDelete
  2. Asyik banget kalo jalan-jalan ke Raja Ampat. Menyaksikan keindahan panorama di sana secara langsung. Urusan perjalanan, serahkan saja pada Traveloka, mulai dari tiket pesawat hingga akomodasi penginapan. Percaya deh dengan Traveloka. Bisa bikin urusan traveling jadi lebih mudah dan lancar.

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah ke Raja Ampat, selama ini hanya melihat di youtube atau membaca ulasan teman-teman saat menikmati liburan di sana. Daerah nan elok dengan berjuta pemandangan yang menawan. Suatu saat kalau dapat rezeki dan bisa main ke sana boleh nih coba booking penginapan via Traveloka.

    ReplyDelete
  4. Aamiin semoga disegerakan ya Mbak Leyla untuk honeymoon ke Raja Ampat. Apalagi tempatnya asri banget dan memanjakan mata, bisa refreshing sekaligus berduaan di sana.

    Penasaran ama atraksi pertunjukan burung menari, pasti seru banget.

    Resortnya juga bagus dan harga sewanya cukup terjangkau. Beneran cocok dijadikan tempat bulan madu.

    ReplyDelete
  5. Aku tuh mulai kepoin Raja ampat karena fotonya pak jokowi yg viral itu loh, lagi sarungan, cakep banget Raja ampat. Di sana tuh nggak cuma hotel ya, tapi udah resort karena punya banyak fasilitas

    ReplyDelete
  6. Proud to be Indonesian ya mba, kita mempunyai banyak keindahan alam yang membuat orang lain tertarik untuk mengunjungi negara kita. Traveloka membantu menghubungkan kita dengan Papua, dengan tawaran tiket yang banyak promonya, kebetulan saya salah satu pengguna setia Traveloka

    ReplyDelete
  7. Raja Ampat destinasih impian hampir semua orang sepertinya ya karena alamnya sangat indah

    ReplyDelete
  8. Raja Ampat juga menjadi impian destinasi wisata yang ingin saya kunjungi kak. Meski pernah tinggal di Jayapura selama 8 tahun namun saya belum pernah ke Raja Ampat. Banyaknya spot menarik serta keindalan alam yang dimilikinya membuat berkunjung ke Raja Ampat ini menjadi tunuan berwisata yang sangat didambakan sebagian besar orang.

    ReplyDelete
  9. Raja Ampat emang destinasi yg kereen kamipun pengen kesana tapi menunggu tiket nyungsep dulu deh...

    Wishlist bangett...

    ReplyDelete
  10. Saya juga penasaran banget mba sama Raja Ampat. Kebetulan saya tuh punya tetangga asli Papua, dekat Raja Ampat. Aduh kalau dengar ceritanya bikin ngiler liburan ke sana.

    ReplyDelete
  11. Raja Ampat juga jadi wishlist aku, soal keindahan alamnya memang juara banget. Bawah lautnya keren banget
    Apalagi sekarang udah cukup banyak bermunculan penginapan disana
    Aku juga pake Traveloka untuk booking hotel mbak, apalagi kalau pas ada promo bisa jadi lebih murah

    ReplyDelete
  12. huwaaa, Raja Ampat tuh emang menarik banget buat dikunjungi yaaa, apalagi sekarang akses dan biayanya bisa lebih mudah dan terjangkau dibandingkan dulu dulu. Di Raja Ampat bisa lihat anggrek biru little women ga yaaa, ahahhahha. Traveloka emang apps paling praktis sih ya buat rencanain liburan

    ReplyDelete
  13. Raja Ampat ini memang salah satu destinasi pilihan, daku aja juga kepengen wisata ke sana karena pemandangannya itu keren dan alami

    ReplyDelete
  14. Raja Ampat ini surga di bumi cendrawasih ya mbak
    Pesona alamnya indah banget
    Akan makin indah jika menikmatinya bersama teman hidup

    ReplyDelete
  15. Impian banget nih, apalagi buat pasangan baru ya hihi.. pasangan yang lama aja mupeng :D semoga bisa disegerakan healing kesana hihi

    ReplyDelete
  16. Kalau mau jalan ke daerah jauh dan belum mengenal banyak lokasi serta kondisi emang lebih baik menyerahkan kepada ahlinya saja, ya. Seperti Traveloka yang sudah banyak testimoni bagusnya

    ReplyDelete
  17. Raja Ampat ini sepertinya destinasi impian jutaan orang deh. Termasuk saya tentunya. Keindahan yang selama ini hanya bisa dinikmati lewat foto, video, artikel, rasanya ingin sekali mengunjunginya secara langsung
    Kalau nanti ke sana, ajak-ajak ya mbak. Beli tiket ya, tentu saja di Traveloka

    ReplyDelete
  18. Asiknya Mbak... Dengan adanya aplikasi ini memang memudahkan untuk bepergian kemana saja...

    ReplyDelete
  19. Jadi pengen ke Raja Ampat juga, apalagi ada Traveloka yang bisa diajakin kemana-mana secara mudah

    ReplyDelete
  20. Wah Mbak kami juga sebenarnya mendambakan ke Raja Ampat kalau liburan di tahun-tahun mendatang. Semoga saja kesampaian. Kalau kami yang tinggal di Batam memang lebih mahal ke Raja Ampat dibanding ke luar negeri yang cuma nyebrang ke Singapura 35 menit doang. Huhu. PR banget.

    ReplyDelete
  21. Banyak banget ya spesies anggrek di Raja Ampat, tapi yang paling ikonik memang foto berlatar gugusan pulau Karst. Cakep banget itu. Traveloka ngebantu banget ya mba buat nyari akomodasi sesuai budget.

    ReplyDelete
  22. Wah Raja Ampat... ini destinasi idaman sekali. Bahkan anakku sampai bermimpi kerja di sana lho. Katanya biar bisa menikmati Raja Ampat sepuasnya. hahaha. Semoga impian Kak Leyla Hana terwujud untuk ke Raja Ampat ya

    ReplyDelete
  23. Saya pun punya impian bisa liburan sama keluarga ke Raja Ampat. Tempatnya memang bagus banget

    ReplyDelete
  24. Indonesia itu tempat wisatanya keren-keren, termasuk Raja Ampat ini..
    Semoga, suatu saat bisa ke Raja Ampat, ntar booking hotelnya di Traveloka dong yaa ☺

    ReplyDelete
  25. Sudah beberapa kali diajak Om ke Raja Ampat karena kebetulan memang tinggal di sekitaran sana
    Hanya saja butuh bantuan Traveloka mewujudkannya karena budget-nya enggak main main

    ReplyDelete
  26. Waw waw waw siapa sih yang gak kepengen liburan ke raja ampat, pasti semua pada mupeng, kalau aku pengen berenang sama ubur ubur

    ReplyDelete
  27. Saya juga mau ke Raja Ampat. Wisata alam di Indonesia emang keren-keren. Apalagi kalau traveling bareng teman hidup. Dijamin dunia serasa milik berdua tapi plan tripnya tetap sih pake traveloka.

    ReplyDelete
  28. Banyak banget ya Mbak keindahan yang ada di Raja Ampat yang saya jika dilewatkan. Jujurly saya pun juga ingin banget bisa berkunjung ke Raja Ampat, apalagi jika bisa pergi bareng Teman Hidup 😁

    ReplyDelete
  29. Ke raja ampat ni emang impian semua orang kayaknya. Surganya Indonesia deh.
    Dengan traveloka traveling jadi lebih mudah ya

    ReplyDelete
  30. Waaah sama mbaaa, impianku juga raja Ampat kalo Indonesia. Sampe skr blm kesampaian. Tiketnya lumayan mahal 😅, lebih mahal drpd ke LN kadang.

    Tapi kalo semisal dapet promo yg good deal dari traveloka, mau bangetttt kesana. Aku memang ga suka yg berbau pantai, tapi suami suka. Aku nya mah mau puas2in wiskul khas Papua Trutama seafoodnya di sana enak2 banget. Soalnya dulu papa kerja di oil company di Papua dan sering bawain kepiting besaaaar banget tiap ke Jakarta. Jadi pengen coba sendiri.

    Trvlk andalanku juga tiap traveling. Udah sering bgt dpt tiket promo ntah itu LN atau domestik. Dan malah pernah dpt nginep di hotel Jepang gratis Krn redeem poinnya 😄. Lumayan jadinya..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...