Monday, January 16, 2023

Program Tukar Botol Blackmores untuk Kelestarian Lingkungan

Salah satu penyebab perubahan iklim adalah banyaknya sampah plastik yang sulit terurai. Tumpukan sampah-sampah itu selain dapat menyebabkan lingkungan yang kotor dan banjir, juga menghasilkan gas rumah kaca dalam bentuk metana dan karbondioksida. Akibatnya akan mempercepat pemanasan global yang berbahaya bagi generasi di masa depan. 

 

Blackmores Peduli

Saat ini banyak produk yang dikemas dalam bentuk plastik dan botol plastik. Termasuk produk vitamin. Kalau sudah habis isinya, mau dikemanakan botolnya? Masih sedikit orang yang bisa mendaur ulang kemasan tersebut menjadi barang yang berguna lagi misalnya tempat pensil, tas, dompet, dan sebagainya. Sebagian besar dari kita hanya mengandalkan tukang sampah untuk mengangkut sampah-sampah plastik tersebut. 

Banyak pula oknum masyarakat yang asal membuang sampah di pinggir jalan yang sepi. Berhubung saya tinggal di kabupaten yang masih terdapat lahan kosong di mana-mana, saya sering sekali melihat ada area tanah kosong yang menjadi tempat pembuangan sampah secara sembarang. Larangan membuang sampah tidak dihiraukan. Meskipun sudah diancam dengan undang-undang, tetap saja mereka membuang sampah sembarangan. 

Lebih parah lagi jika membuang sampah tersebut ke sungai yang kemudian akan dibawa ke laut. Sampah-sampah itu akan mencemari laut dan membahayakan makhluk hidup yang ada di laut. Air laut menjadi tercemar dan menyebabkan kematian ikan-ikan yang ada di laut. Akibatnya manusia bisa jadi akan kesulitan mendapat bahan makanan berupa ikan dan hewan laut lainnya. 

Kita tahu bahwa konsumsi ikan itu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Waktu saya hamil dulu, saya diberikan minyak ikan oleh bidan sebagai salah satu suplemen ibu hamil. Katanya minyak ikan itu sangat bagus untuk perkembangan otak janin. Ternyata tidak hanya bermanfaat untuk perkembangan otak, minyak ikan juga bisa menjaga kesehatan tubuh orang dewasa. 

Blackmores Odourless Fish Oil

Contohnya adalah produk Blackmores Odourless Fish Oil, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada sendi akibat penyakit arthritis, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, serta menjaga fungsi mata dan otak. Produk ini terutama sangat penting dikonsumsi oleh kita semua yang kekurangan omega-3 yang berasal dari ikan laut berlemak seperti ikan tuna dan salmon. Setiap hari kita harus mengonsumsi 100 gram ikan berlemak itu.

Blackmores Fish Oil

 

Saya sendiri paling malas makan ikan terutama ikan laut, karena sangat amis. Entah kapan terakhir kali saya makan ikan salmon dan tuna saking jarangnya. Nah itu kenapa kita perlu minum suplemen tambahan Blackmores Odourless Fish Oil ini yang akan mencukupi kebutuhan konsumsi Omega-3 di dalam tubuh kita. Suplemen ini dilengkapi dengan ekstrak lemon dan vanila sehingga tidak akan berbau amis dan berasa seperti ikan. 

Untuk menghasilkan produk Blackmores Odourless Fish Oil, dipilih dari sumber minyak ikan terbaik dan berkualitas. Itulah kenapa PT Kalbe Blackmores Nutrition berkomitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan laut dari sampah-sampah plastik karena itu berhubungan pada kualitas sumber minyak ikan yang akan dihasilkan. 

Program Blackmores Peduli "Tukar Botol"

Sejak tanggal 1 September sampai akhir tahun 2022 diadakan program Blackmores Peduli Lingkungan Tukar Botol dan berhasil mengumpulkan 3.738 botol bekas vitamin untuk dikelola atau didaur ulang oleh eRecycle. Ternyata sampah plastik yang didaur ulang dan dikelola itu bisa menghasilkan keuntungan lagi lho. Dari sekitar 48 ton sampah plastik  menghasilkan keuntungan Rp 16.379.472 per bulan. Nah, makanya daripada sampah tersebut hanya dibuang, lebih baik didaur ulang.

Blackmores Tukar Botol

 

Dickson Susanto selaku Country Head Kalbe Blackmores Nutrition menyebutkan bahwa Blackmores percaya pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan laut agar tercipta ekosistem laut yang bersih demi kesehatan kita semua. Sejalan dengan  target pemerintah untuk menurunkan sampah laut sebesar 70% pada tahun 2025, Blackmores mengadakan program Blackmores Peduli "Tukar Botol". Tujuannya  untuk membantu masyarakat dalam mengelola sampah botol plastiknya. 

Semoga langkah Blackmores ini dapat diikuti oleh pihak-pihak lain agar turut serta menjaga kelestarian lingkungan. Produk Blackmores Odourless Fish Oil bukan hanya diproduksi dengan menggunakan minyak ikan terbaik, tetapi juga pengemasan yang modern dan memperhatikan pengelolaan sampah produknya. Langkah yang sangat baik dari Blackmores ya. 

Kita juga bisa ikut berpartisipasi sebagai konsumen Blackmores untuk mengikuti program Tukar Botol ini. Daripada botolnya dibuang, lebih baik ditukarkan.


 

13 comments:

  1. Mba sedikit ralat, di dalam foto paling atas tertulis 3738 , tapi Mba nulisnya 3783 botol bekas vitamin. CMIIW. keren banget sih langkah yang dilakukan oleh Blackmores ini. Selain bisnis, tapi juga tetap membantu menjaga lingkungan hidup. Nice post 👍

    ReplyDelete
  2. Baru dengar tentang blackmores ini, kalau program mengembalikan untuk menjaga lingkungan ini banyak yang menerapkannya. Bagus juga kalau blackmores mengikuti gerakan itu, mantep. Baru tahu kalau ini bermanfaat untuk kesehatan. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  3. Bagus banget ya. Ada program tukar botol gitu. Jadi mengurangi sampah plastik. Dan akhirnya mengurangi bahaya polusi di laut.

    ReplyDelete
  4. keren langkahnya blackmores semoga aja bisa diikuti dengan varian lain karena ada nih varian untuk busui yang pasti banyak digunakan juga dan sayang kan kebuang gitu aja botolnya

    ReplyDelete
  5. Menarik nih. Seneng banget makin ke sini makin banyak perusahaan yg peduli lingkungan
    Btw, blackmores buka tempat buang sampah sendiri atau gmn ya?

    ReplyDelete
  6. Blackmores konsisten yaa buat program tukar botol demi jaga lingkungan. Belakangan sering dapet rekomendasi minum blackmores jg buat promil, menarik jg buat coba konsumsi

    ReplyDelete
  7. Menarik dan inspiratif program dari Blackmores ini ya mbak
    Penukaran botol yang bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  8. Blackmores ini ya, selain produknya berkualitas banget. Program yg diluncurkan juga bagus. Adanya program tukar botol ini, bisa mengurangi sampah botol yg sudah beredar.

    ReplyDelete
  9. keren gebrakannya Blackmores, mengajarkan kita untuk hidup yg ramah lingkungan dengan program tukar botol.
    Keren~

    ReplyDelete
  10. Keren banget nih kegiatan blackmores peduli. Semoga ke depannya juga tetap masih ada kegiatan-kegiatan peduli lingkungan seperti ini lagi, agar lingkungan kita tetap lestari dan bebas dari pencemaran.

    ReplyDelete
  11. Kadangkala kepikiran kalau yang rumahnya deket sama kali dan gak punya MCK yang memadai, pastinya bikin kamar mandi open gitu..
    Semoga sampah organik dan anorganik bisa dikelola dengan baik dan bijak oleh masing-masing pribadi. Dan kini, dukung sekali program Tukar Botol Blackmores yang selalu hadir di tengah maraknya sampah botol di sekitar kita.

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah suka banget sama campaign kayak gini, jadinya apa yang udah kita keluarkan lebih bijak diolah lagii apalagi bisa dituker ginii, asyik buat kita asyik buat bumi juga ya kak

    ReplyDelete
  13. Fix! Kegiatan kekgini patut dicontoh sama produk sejenis atau pun produk lainnya yg pakai kemasan botol sih. Salute!!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...