Wednesday, February 1, 2023

Cara Memilih Probiotik untuk Anak

 

Probiotik

Memiliki anak yang sehat dan pintar adalah impian kita semua kan, Mom. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, kita harus fokus pada 1000 hari pertama kehidupannya. Kapan sih 1000 hari pertama kehidupannya itu? Yaitu dari anak masih dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Dampaknya sangat besar untuk pertumbuhan anak di masa depan, secara fisik dan kognitif. Faktanya, 70% kesehatan anak di masa depan itu ditentukan oleh 1000 hari pertamanya dan 80% pertumbuhan otak anak juga terjadi di 1000 hari pertama.


Sistem pencernaan yang sehat itu sangat mendukung untuk tumbuh kembang anak. Masalahnya, anak-anak usia 0-2 tahun itu, pencernaannya masih sangat rentan. Mereka mudah diare bila terkena kuman dan bakteri yang jahat. Kalau anak-anak sering sakit diare, sudah tentu mereka akan mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Diare akan mempersulit penyerapan makanan yang bergizi. Tidak hanya terkena diare, bayi juga bisa mengalami sembelit atau susah buang air besar. Perutnya pun jadi kembung dan tidak enak.

Mama sudah tahu belum kalau di dalam usus anak itu ada banyak mikroorganisme yang baik dan jahat? Bakteri yang baik akan mendukung sistem pencernaan yang sehat, sedangkan bakteri yang jahat itu sebaliknya. Aneka macam penyakit dan infeksi pada pencernaan itu disebabkan oleh bakteri yang jahat. Nah, bakteri yang jahat itu bisa masuk dari makanan atau peralatan makan yang terkontaminasi. Misalnya, botol susu yang kurang bersih atau makanan yang tidak higienis.

Lalu, bagaimana caranya supaya bakteri baik bisa melawan bakteri jahat tersebut? Kita harus memperbanyak jumlah bakteri baiknya. Salah satu bakteri baik yang paling berpengaruh di dalam usus anak, yaitu Lactobacillus. Untuk memperbanyak jumlah bakteri baik, maka kita harus memberikan makanan dan suplemen yang mengandung probiotik.

Cara Memilih Probiotik untuk Anak

Apa itu probiotik? Barangkali mama-mama masih belum paham dengan istilah-istilah semacam ini. Yup, probiotik itu adalah bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah memadai sehingga dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna (sumber: WHO, 2022).

Selain probiotik, kita mungkin pernah mendengar yang namanya prebiotik. Apa sih bedanya probiotik dan prebiotik? Nah, kalau prebiotik itu adalah makanan probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan sehingga mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif terhadap bakteri penghuni kolon. Pada umumnya prebiotik ini adalah karbohidrat.

Menurut BPOM, probiotik itu adalah suplemen makanan. Bukan obat ya Mom. Ternyata ada beberapa syarat probiotik yang baik menurut WHO yang menjadi cara memilih probiotik untuk anak, yaitu:

  • Sumbernya berasal dari manusia
  • Probiotik itu dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna
  • Bisa tahan juga terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Dapat menghasilkan zat antimikroba
  • Bisa melawan bakteri jahat
  • Sudah didokumentasikan oleh penelitian klinis yang baik.

Probiotik-Anak

Probiotik diberikan sejak 1000 hari pertama kehidupan si kecil ya Mom. Suplemen makanan yang mengandung probiotik itu jumlahnya harus sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh WHO. Jadi, suplemen makanan yang mengandung probiotik ini bisa diberikan kepada ibu hamil dan bayi dari usia 0-2 tahun.

Ibu hamil yang memiliki mikrobiota dalam ususnya yang sehat adalah hadiah perlindungan untuk janin yang dikandungnya. Sayangnya, tidak semua ibu hamil memiliki mikrobiota yang sehat. Makanya ibu hamil juga perlu mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung probiotik. Kemudian ibu yang melahirkan secara normal melalui vagina akan mentransfer bakteri baiknya kepada bayi yang dilahirkannya. Sedangkan ibu yang melahirkan secara ceasar itu bayinya akan memiliki ketidakseimbangan pada kandungan bakteri baik dan buruknya yang bertahan hingga 7 tahun di mana bakteri baiknya lebih sedikit.

INTERLAC DROPS, Suplemen Probiotik Anak

Apa sih produk suplemen makanan yang mengandung probiotik dengan jumlah yang sesuai standar WHO? INTERLAC DROPS adalah suplemen probiotik untuk bayi dari usia 0-3 tahun nih Mom, yang jumlahnya sudah sesuai standar WHO. Diproduksi oleh BioGaia, perusahaan dari Swedia yang sudah dikenal nih sebagai World Leader of Probiotics.

INTERLAC Drops mengandung Probiotik Lactobacillus Reuteri DSM 17938, yaitu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan teruji klinis untuk segala usia. Jadi, aman untuk ibu hamil dan bayi ya. Manfaat INTERLAC Drops adalah untuk menjaga kesehatan saluran dari diare, sembelit, dan regurgitasi, sebagai terapi dan pencegahan dari kolik infantil, dapat meningkatkan sistem imun pada anak, dan mengurangi efek samping dari penggunaan antibiotik.

INTERLAC Drops ini rasanya netral dan tidak mengandung lactosa, sehingga aman untuk bayi yang intoleransi lactosa. Cara pemberiannya cukup diteteskan ke sendok sebanyak 5 tetes 1 kali sehari. Sebelumnya, dikocok dulu ya botolnya, lalu diteteskan dengan kemiringan 45 derajat ke sendok, baru kemudian disuapkan ke mulut bayi.

Setelah itu, simpan kembali botolnya di dalam kulkas tapi bukan di freezer ya. Manfaatnya lebih efektif bila digunakan maksimal 3 bulan dari sejak dibuka.  INTERLAC Drops ini teruji klinis dan sudah BPOM  ya Mom, jadi aman sekali diberikan kepada bayi.

Waspada INTERLAC Drops Palsu

Teruji Klinis

Namun, hati-hati ya Mom karena kabarnya sekarang ini banyak beredar INTERLAC Drops palsu. Jangan sampai kita memberikan produk palsu kepada si kecil. Gimana sih caranya supaya bisa mendapatkan INTERLAC Drops asli? Gampang banget Mom, pastikan belinya di Interbat Official Store di e-commerce langganan kita. Atau kalau mau beli di toko offline, beli di Baby Shop, Watsons, Viva Health, Guardian, dan apotek-apotek yang terpercaya. Kalau saya belinya di sini Mom: https://linktr.ee/interlacprobiotics.


20 comments:

  1. Untuk mendukung tumbuh kembang anak memabg penting adanya suplemen, tetapi baru dengar probiotik yang merupakan bakteri baik untuk anak. Bermanfaat banget suplemen ini, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Cara memilihnya pun perlu dipahami dengan baik ya, serta jangan sampai membeli yang bukan asli bila mencari Interlac. Nice info ini mbak

    ReplyDelete
  3. 1000 hari pertama ini ternyata masa2 yg penting bgt ya. Aku kira selama ini cukup dikasih asupan makanan sehat aja. Agak takut kasih yg aneh2 sama bayi. Tp ternyata ada probiotik khusus untuk bayi ✨

    ReplyDelete
  4. Kudu dicari tau benar ya..apa penyebab dari kondisi anak bayi di 1000 HPKnya. Mengapa sering sakit terutama di bagian pencernaannya sehingga ketelitian dalam memberikan Interlac Drops pun sesuai sasaran.

    ReplyDelete
  5. Prebiotik memang sangat penting bagi kesehatan tubuh anak dan erlu bener dipilih yang tepat. Apalagi bisa memberikan efek bagus bagi peningkatan imun tubuh anak dan bagus juga untuk kinerja pencernaan anak

    ReplyDelete
  6. Probiotik memang sangat penting untuk 1000 hari pertama buat anak. Dan pastinya bakal mendukung tumbuh kembang anak juga. Untung banget ya ada interlac, jadi nggak perlu khawatir lagi untuk urusan probiotik

    ReplyDelete
  7. Ya ampuuun, ngerinya ... Ternyata ada Interlac palsu 😥
    Terima kasih infonya. Jadi lebih bisa berhati-hati nih.

    ReplyDelete
  8. Probiotik penting banget untuk menjaga daya tahan tubuh dan tumbuh kembang anak yaa
    Jadi bisa berikan anal interlac drops sebagai suplemen probiotik yang baik untul anak usia dini

    ReplyDelete
  9. Ternyata probiotik itu penting banget ya mbak Leyla untuk kesehatan baby. Terus ga boleh sembarangan juga milihnya karena kudu milih merek yg berkualitas.

    Praktis juga bisa beli Interlac di e-commerce jadi gak usah keluar rumah.

    ReplyDelete
  10. Jaman sekarang apa aja.mudah di palsukan ya mam, jadi ngeeri membayangkan kalau dpt obat atau vitamin palsu dikonsumsi si kecil

    ReplyDelete
  11. penting banget nih jaga imun anak apalagi di musim yang sering pancaroba ini, auto pakai interlac drop juga untuk anak-anak ku.

    ReplyDelete
  12. Interlac adalah probiotik terbaik untuk anak anak
    Sangat membantu menjaga daya tahan tubuh anak

    ReplyDelete
  13. ternyata manfaat probiotik tu banya banget ya, mbak. Saya jujur aja, baru tahu sekerang-sekarang ini, setelah dari kemarin banyak artikel yang membahas probiotik ini. Tapi nger ya kalau beli interlac, yang palsu hampir mirip sekali dengan yang asli. harus hati-hati, karena ini akan diberikan kepada bayi terutama di 1000 hari pertamanya

    ReplyDelete
  14. Wah jadi tahu bagaimana memilih probiotik. Aplagi saya yang masih awam dan belum oaham dengan probiotik, dengan ulasan ini jadi tahu. Tahu juga ada produk Interlac yang sudah terpercaya.

    ReplyDelete
  15. Pertama kali ngeliat Interlac ini saya kira adalah obat bagi anak yang sakit. Tidak taunya probiotik yg dijadikan suplemen bagi anak

    ReplyDelete
  16. Anakku pun suka banget pas kukasih Interlac pertama kali. Dlu sempet khawatir, apa yaa yang cocok buat anak seusia 1 tahunan gitu. alhamdulillah nemu Interlac ini

    ReplyDelete
  17. Interlac drop ini sudah lama aku tahu. Dulu anakku juga harus rutin diberi Interlac karena memang dia ada gangguan pencernaan akibat operasi berulang di bagian usus-nya. Bener-bener terbantu banget waktu itu

    ReplyDelete
  18. Membeli probiotik ini tentu harus sudah tahu kandungan di dalamnya dan produknya yang memiliki khasiat terbaik yha,Mbak. Penting sih memang yang aman dikonsumsi apalagi untuk tahan terhadap asam lambung.

    ReplyDelete
  19. Wah bahaya juga ya kalau banyak dipalsukan. Memang lebih baik beli interlac di toko resminya.

    ReplyDelete
  20. Beruntung karena selalu sedia produk ini sejak anak pertama
    Pernah ikut juga pamerannya di mall Surabaya
    Alhamdulillah anak-anak jauh dari sakit-sakitan

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...