Sunday, March 26, 2023

Mau Jadi Entrepreneur? Yuk Pelajari Caranya di Jurusan Creativepreneurship

Menjadi seorang wirausaha adalah idaman dari banyak orang. Saya pun percaya bahwa kamu yang membaca tulisan ini adalah salah satunya. Sebagai seorang pengusaha, saya pun pernah merasakan betapa sulitnya mempertahankan sebuah bisnis. Pada dasarnya wirausaha tak hanya soal mendirikan sebuah usaha, namun bagaimana cara mengelolanya untuk tetap bisa bertahan dalam keadaan apa pun. Untuk itulah diperlukan ilmu yang luas dan selaras dengan perkembangan jaman. Dan jurusan creativepreneurship saya pikir adalah salah satu solusinya. 


Binus Bandung


Memilih jurusan memang bukan hal yang mudah. Namun bagi kamu yang ingin menjadi seorang wirausaha yang kreatif yang mampu terus bertahan di tengah persaingan yang sangat ketat seperti sekarang, saya rekomendasikan untuk memilih jurusan creativepreneurship di Binus Bandung. 

Sekilas tentang Jurusan Creativepreneurship

Mungkin kamu pernah mendengar sekilas tentang creativepreneur. Ya, sebutan tersebut berasal dari dua kata yang artinya pelaku usaha kreatif. Artinya seorang pengusaha disini harus memiliki ide serta kreativitas yang tinggi serta memiliki dukungan inovasi baru untuk mendukung penjualan dengan hasil yang nyata. Nah belakangan, pekerjaan ini cukup banyak diminati oleh millennial. 


Binus University


Peningkatan animo kaum millennial terhadap creativepreneur bisa terlihat dari banyaknya pengusaha dalam bidang ini. Selain itu jurusan creativepreneurship juga kian banyak peminat yang artinya era creativepreneur telah dimulai. Untuk itu pastikan memilih jurusan yang tepat agar bisnis atau usahamu kelak bisa bertahan meski memiliki saingan yang sangat banyak. 

Lantas mengapa harus kuliah di jurusan creativepreneurship? Karena lulusan dari jurusan akan dibekali dengan kemampuan seperti kemampuan membangun perusahaan, kemampuan memimpin tim, kemampuan berkomunikasi, kemampuan untuk mengimplementasikan teori terapan dalam berbagai bidang bisnis, serta kemampuan untuk mengintegrasikan TIK untuk pengembangan bisnis. 

Lalu apa gelar akademik dari lulusan jurusan creativepreneurship? Hal ini cukup sering ditanyakan. Perlu diketahui jika lulusan dari jurusan ini memiliki gelar Sarjana Bisnis ( .SBn) karena memang dalam perkuliahan Kamu akan banyak belajar segala hal tentang bisnis. 


Alasan untuk Kuliah di Jurusan Creativepreneurship

Jurusan creativepreneurship, sangat cocok untuk kamu yang berkeinginan atau bercita-cita menjadi seorang techpreneur, sociopreneur, cyberpreneur, atau seorang business analyst. Nah, apa alasannya? 

Ya, jika ada yang bertanya kenapa harus jurusan creativepreneurship, maka saya akan berikan alasan-alasan yang menjadikan jurusan ini memang layak untuk dipilih. 

1. Memiliki bekal ilmu pengetahuan yang cukup dalam bidang bisnis dan manajemen

Jurusan creativepreneurship memiliki visi misi yang jelas dimana dalam masa-masa perkuliahan kamu akan belajar banyak hal. Mulai dari bagaimana cara membangun perusahaan, bagaimana cara untuk mengintegrasikan TIK dalam upaya pengembangan bisnis, bagaimana cara untuk mengimplementasikan teori terapan dalam berbagai bidang manajemen bisnis, bagaimana cara untuk bersikap profesional dalam bisnis, bagaimana acra untuk memimpin tim, bagaimana cara untuk menyesuaikan diri dengan hukum bisnis serta cara untuk menciptakan lapangan kerja.  

2. Berkesempatan mengikuti program kewirausahaan

Bagi yang memilih jurusan creativepreneurship, maka kamu berkesempatan mengikuti program kewirausahaan seperti Wirausaha Mandiri Muda atau WMM dan Program Mahasiswa Wirausaha atau PMW. Menariknya, biasanya pemenang dari program tersebut berkesempatan untuk mendapatkan modal usaha atau insentif. 

3. Dilatih untuk mengembangkan soft skill

Seorang lulusan dari jurusan creativepreneurship akan dilatih dan diharapkan mampu menguasai beberapa soft skill kewirausahaan dibawah ini:

Inovatif. Mahasiswa dilatih untuk meningkatkan skill inovatifnya dengan cara mendorong mereka untuk selalu berfikir kreatif. Misalnya membantu mereka untuk bermimpi atau berimajinasi atau berpikir tentang produk yang dibutuhkan banyak orang. 

  • Hybrid skill. Ini adalah sebuah kemampuan yang memadukan dua kompetensi yakni sosial dan teknis. Artinya dalam berwirausaha, seorang pengusaha harus bisa multitalent. Mereka harus memiliki kemampuan pemasaran, public relation, hingga kemampuan IT dasar. 
  • Tech Savvy. Ingat, seorang wirausaha dalam era teknologi seperti sekarang juga harus mampu mengoperasikan teknologi khususnya dalam pengembangan bisnisnya. Tujuannya untuk meningkatkan engaging  customers, product showcase, serta komunikasi. 
  • Memiliki jiwa kompetensi. Seorang wirausaha harus memiliki jiwa kompetensi. Dengan persaingan yang kian ketat tentu saja suka atau tidak kamu harus berlatih bagaimana cara untuk memenangkan kompetensi dengan cara yang baik. 
  • Risk talking. Seorang pebisnis ada waktunya untuk menghadapi masalah dalam bisnisnya. Untuk bisa mengatasinya seorang wirausaha harus memiliki skill ini. Jadi permasalahan sebesar apapun bisa lekas terselesaikan. 

Di atas merupakan 3 alasan utama kenapa saya merekomendasikan jurusan creativepreneurship sebagai pilihan terbaik untuk kamu yang ingin menjadi seorang entrepreneurship. 


Jurusan Creativepreneurship


Ingat, kian tahun maka kian ketat pula persaingan antar pebisnis. Untuk itu diperlukan keilmuan yang cukup untuk berdiri dan tetap bertahan. Jurusan creativepreneurship yang ada di Binus Bandung akan menjadi solusi terbaik bagimu. Dengan bekal ilmu yang cukup tentu bukan hal yang sulit untuk mendirikan sebuah bisnis dan mempertahankannya bukan?

12 comments:

  1. Luar biasa kampus di Bandung dengan jurusannya, memang di era sekarang dibutuhkan pengetahuan creativepreneurship. Jarang ada jurusan ini, keren apalagi kampusnya mewah dan megah. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Mantap banget nih Binus Bandung ada jurusan creativepreneurship-nya :D Cocok buat mahasiswa yang bercita-cita menjadi pebisnis agar lekas berkembang dan maju serta mampu mempertahankannya. Program kewirausahaan penting sekali diikuti. Semua ilmu perkuliahan diserap dan dipraktikkan langsung supaya usaha yang dimnati bisa dimulai pelan tapi pasti. TFS mbak Leyla :)

    ReplyDelete
  3. Memang persaingan bisnis sekarang makin ketat ya,gak cukup sekolah biasa saja, butuh ilmu yang lebih agar tetap bisa bersaing di era saat ini

    ReplyDelete
  4. Eh kok pas banget yah lagi nyari2 info tentang kampus buat si kaka dan nemu artikel ini.. makasih infonya yaaa...

    ReplyDelete
  5. Lagi mencoba mengarahkan anak keduaku untuk menggeluti bidang entrepreneur ini, secara anaknya udah keliatan suka wirausaha jual gambar dan jiwanya kompetitif

    ReplyDelete
  6. Babam udh mulai ikutan komunitas nih kayaknya emang menjanjikan yah klo mentalnya siap

    ReplyDelete
  7. Wah menarik ya creativepreneur dipelajari secara mendalam di jenjang pendidikan tinggi. Mas Zinan juga belajar creativepreneur sejak masuk homeschooling dari kelas 1 dan emang banyak banget sih manfaatnya. Semoga jebolan jurusan ini bisa meningkatkan perekonomian Indonesia ya.

    ReplyDelete
  8. Salfok ama tampilan kampusnya deh, cakeps bener yaa, huahua.
    Bener deh, sekarang makin banyak yang butuh ilmu creativepreneurship kayak gini ya. Semoga aja ke depannya makin banyak juga pengusaha2 yang "lahir" dari jurusan ini 😍

    ReplyDelete
  9. Zaman sekarang banyak jurusan baru karena keilmuan juga makin berkembang ya. Jurusan ini kyknya sesuai namanya yaa mencetak orang kreatif jadi pengusaha. Aku penasaran sekarang angkatan ke berapa utk jurusan ini? Penasaran sama lulusannya juga.

    ReplyDelete
  10. Keren banget ada jurusan creativepreneurship.. Sekarang memang banyak dibutuhkan ya untuk anak-anak yang mau gerak wirausaha. Modal gak hanya uang, tapi juga pengetahuan yg mesti dipelajari..

    ReplyDelete
  11. Wah.. Baru tau ada jurusan creativepreneurship. Makasih ya Bu, tulisannya membantu menambah informasi

    ReplyDelete
  12. Jurusan kuliah zaman now makin beragam dan mengikuti perkembangan zaman juga. Jadi calon pelajar bisa langsung masuk jurusan yang sesuai. Jurusan creativepreneur tepat sih muncul saat ini.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...