Friday, March 10, 2023

Tips Mengoptimalkan Kegiatan Belajar Anak di Rumah

Hai Mom, kita semua menyadari bahwa pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan anak-anak kita. Itulah sebabnya sebagai orang tua, kita memiliki peran sebagai fasilitator yang membantu anak-anak belajar di rumah. Jadi, tugas mendidik anak tidak hanya diemban oleh guru-guru di sekolah. 

 

Belajar bersama IndiHome


Apalagi menemani anak belajar itu banyak sekali manfaatnya bagi perkembangan anak lho, seperti dapat memaksimalkan potensi, meningkatkan kecerdasan anak, juga membangun bonding yang kuat antara anak dan orang tua.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya mengoptimalkan kegiatan belajar anak di rumah? Yuk, baca dan simak uraian selengkapnya di artikel saya ini ya.

Tips Mengoptimalkan Kegiatan Belajar Anak di Rumah

1. Mengenali Gaya Belajar Anak untuk Memaksimalkan Potensinya

Menemani anak belajar di rumah akan membantu anak memiliki kemampuan akademik yang lebih baik. Untuk itu, kenali gaya belajar anak. Sebab, setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, sehingga cara mereka memahami pelajaran juga akan berbeda.  mengetahui gaya belajar mereka akan membantu kita dalam mendampingi mereka belajar secara efektif.

Secara umum, ada beberapa gaya belajar pada anak, yaitu:

  • Visual: anak visual akan lebih mudah belajar dengan cara melihat gambar, grafik, atau animasi. Maka menggunakan media belajar interaktif, seperti presentasi visual, video, dan gambar, akan jauh lebih efektif.
  • Auditori: anak dengan gaya belajar auditori lebih mudah memahami pelajaran dengan mendengarkan suara, musik, lagu, dan sebagainya. Untuk membantu anak mengingat materi belajar dengan baik, coba minta anak membaca dengan bersuara, membantunya belajar dalam bentuk diskusi, menggunakan rekaman suara, dan sebagainya.
  • Kinestetik: anak kinestetik cenderung belajar sambil melakukan aktivitas fisik. Maka ketika mereka membaca buku pelajaran, bisa dengan meminta mereka mempraktikkan apa yang dibaca dengan gerakan, melakukan eksperimen, dan sebagainya.
  • Taktis / logis: anak yang logis akan belajar dengan cara mengetahui masalahnya dulu, kemudian melakukan analisis secara logis untuk menyelesaikan masalah. Nah, kita bisa membantu anak belajar dengan berdiskusi, analisis kasus, mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pemecahan masalah, dan sebagainya.


2. Jadwal Belajar Harus Rutin

Buat jadwal belajar harian. Dalam jadwal belajar anak, kita perlu menyisipkan kegiatan yang menyenangkan sebagai istirahat. Karena secara umum, anak-anak hanya memiliki rentang fokus sampai 20 menit saja. Jadi, tidak masalah jika dalam sehari ada dua atau tiga kali kegiatan belajar di rumah.

Baca Juga: Daftar Langganan Internet Cepat dari Smartphone

3. Berikan Perhatian Terhadap Perkembangannya

Sebagai orang tua, kita tentu saja perlu memberi perhatian dan perawatan yang diperlukan untuk membantu anak-anak belajar secara efektif. Kita juga dapat memperhatikan potensi yang dimiliki anak, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, dan membantu mereka mengembangkannya.

4. Utamakan Diskusi dan Komunikasi

Agar anak lebih cepat memahami materi yang sedang ia pelajari, coba ajak berdiskusi dan berkomunikasi. Selain itu, kita juga bisa meminta anak untuk aktif bertanya kalau ada yang tidak ia pahami. Dengan mendorong anak aktif bertanya, kita juga dapat memberikan solusi, khususnya untuk bagian pelajaran yang tidak ia pahami.

5. Memanfaatkan Internet untuk Mendapatkan Materi Belajar yang Edukatif dan Informatif

Kita bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi dan referensi. Internet merupakan sumber informasi yang lengkap lho, tinggal bagaimana kita gunakan untuk membantu anak belajar.

Misalnya anak ternyata membutuhkan tambahan kelas belajar yang efektif, maka kita bisa mencari platform belajar online yang biasanya sudah memiliki program belajar khusus anak berdasarkan usia mereka.

Seperti referensi di situs Pricebook, kita bisa memilih Ruangguru, Khan Academy, Rumah Belajar, sekolah.mu, Zenius, dan sebagainya. Platform belajar online tersebut biasanya sudah punya materi edukasi dan program lainnya, seperti video pembelajaran yang lebih interaktif dan bisa menarik perhatian anak, soal-soal latihan, serta ada pula kuis, ulangan, dan simulasi ujian.

Materi Edukatif dari IndiHome yang Bisa Bantu Optimalkan Kegiatan di Belajar Anak di Rumah

Saat ini, IndiHome dari Telkom Indonesia, sudah melengkapi layanan dan fitur-fitur pendukung bagi para pelanggannya. Untuk mengatur akses internet pada perangkat yang digunakan anak, baik smartphone maupun laptop, kita bisa menggunakan aplikasi myIndiHome.

Baca Juga: Komunikasi Lancar dengan Internet Cepat 

Sementara kalau ingin mengakses berbagai materi edukasi juga sudah tersedia, seperti IndiHome Edukasi (berbagai materi pelajaran yang bisa membantu anak menguasai materi dengan mudah).

Lalu ada IndiHome Study (layanan untuk mengakses kelas online, virtual library yang punya banyak sekali referensi untuk menambah pengetahuan anak, dan Online Exam yang dapat membantu anak-anak dalam belajar di rumah dengan lebih efektif).

Terakhir, media edukasi dan hiburan anak tersedia IndiHome Kids (berisi video pembelajaran, lagu anak, dan permainan edukasi).

Kita bisa mengakses semua materi belajar untuk anak tersebut jika menjadi pelanggan IndiHome dan menggunakan paket bundling sesuai kebutuhan.


1 comment:

  1. Wah makin banyak aja nih aplikasi IndiHome untuk menemani anak belajar. Makin yakin pilih IndiHome buat kebutuhan keluarga

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...