Tuesday, July 4, 2023

Belajar Berhitung dengan Money Games Mortgage Calculator

Siapa yang suka ikut menghitung total belanja di tukang sayur? Saya. Saya tidak pernah percaya sepenuhnya pada hitungan tukang sayur. Apalagi kalau mereka tidak menggunakan kalkulator. Saya pernah mengalami kejadian tukang sayur itu salah hitung. Saat itu istrinya yang menghitung. Biasanya suaminya. Hitungannya kelebihan Rp 10.000. Lumayan kan? Saya minta hitung ulang, karena jumlahnya berbeda dengan hitungan saya. Ternyata benar dia salah hitung. Katanya dia masih belajar berhitung. 

Mortgage Calculator

 

Pelajaran berhitung memang tidak mudah, apalagi kalau kita masih berhitung menggunakan jari. Jarinya hanya ada sepuluh, sedangkan hitungannya lebih dari sepuluh. Otak saya juga lemah dalam pelajaran berhitung. Saya pernah salah saat mengajari anak saya dalam pelajaran berhitung. Justru jawaban anak saya yang benar. Memang kemampuan otak setiap manusia itu berbeda-beda dalam mempelajari sesuatu. Anak saya yang sulung dan bungsu itu jago berhitung, tetapi anak yang tengah malah sebaliknya. 

Cara Mengajari Anak Berhitung

Namun, bukan berarti kita berhenti belajar. Kalau kita telaten mempelajarinya, insya Allah kita bisa pandai berhitung. Anak-anak pun harus diajari berhitung sejak dini. Berikut cara mengajarkan berhitung kepada anak-anak: 

Mengajak ke Supermarket 

Saya sering mengajak anak-anak berbelanja di supermarket, lalu menyuruh mereka menghitung total harga barang yang dibeli sebelum dibawa ke kasir. Termasuk juga kalau harga barang tersebut ada diskonnya. Saya minta mereka menghitung harga setelah diskon. 

Menghitung Jumlah Makanan dan Barang

Anak saya ada tiga dan semuanya diberikan makanan dan barang dalam jumlah yang sama. Misalnya, saya membeli 3 roti, maka semuanya mendapatkan 1 roti. Walaupun usianya berbeda, mereka mendapatkan pembagian yang sama. Jadi, mereka juga terbiasa menghitung jumlah makanan dan barang yang ada, lalu membaginya sama rata.  

Berhitung dengan Jari 

Latihan berhitung dengan menggunakan jari dilakukan saat anak-anak masih kecil. Saat kumpul bersama, lakukan latihan berhitung ini dengan hitungan sederhana. Nantinya mereka akan terbiasa berhitung juga. Bahkan hitungan yang jumlahnya lebih banyak pun juga masih bisa menggunakan jari. 

Latihan Soal Berhitung 

Membeli buku soal-soal hitungan lalu mengerjakannya bersama anak-anak, juga bisa dilakukan agar anak semakin pandai berhitung. Soal-soal hitungan ini ada yang dalam bentuk angka, ada yang dalam bentuk cerita.

Bermain Games Berhitung

Main games ternyata bisa membantu belajar berhitung. Salah satunya adalah  permainan Money Games dari Mortgage Calculator. Pelajaran berhitung memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, ya contohnya saat belanja sayur itu. Kalau sudah terbiasa berhitung sepertinya hanya membayangkan saja sudah bisa tahu jumlahnya. Apa saja permainan dalam Money Games ini? 

Belajar Berhitung dengan Money Games Mortgage Calculator

Money Games dari Mortgage Calculator ini diakses melalui website, jadi tidak perlu mengunduh aplikasi. Kita bisa memainkannya secara gratis, tetapi harus ada koneksi internet ya.

Cashier Simulator 

Di permainan ini kita akan bermain sebagai kasir supermarket. Kita akan menghitung total belanja. Setelah konsumen memberikan uangnya, kita juga harus memberikan uang kembalinya. Ini benar-benar mengajak kita berhitung. Pada awalnya kita berhitung menggunakan kalkulator, tetapi kemudian kita harus memilih lembaran uang kembaliannya yang sesuai dengan jumlah hitungan kalkulator. Saya sampai harus bermain berkali-kali supaya hitungannya benar. Seru lho untuk mengasah otak. Permainan ini ada 160 tingkatan dan akan mendapatkan bintang setelah kita menyelesaikannya. 

 

Cashies Simulator Money Games

Cashback 

Dalam permainan Cashback ini ada tiga tingkatan permainan yaitu mudah, sedang, dan sulit. Pertanyaannya dalam bentuk cerita dan kita hanya memberikan uang sesuai yang disebutkan itu. Kesulitannya dalam jumlah uangnya. Kalau level mudah, itu hanya satu pecahan. Level sedang dan sulit itu ada tiga pecahan. Jadi kita harus menghitung pecahannya itu dengan memilih angka yang sudah disediakan. Untuk level sedang dan sulit ini memang benar-benar mengajak kita berpikir untuk memilih uang pecahan yang sesuai dengan menghitungnya.

Cashback Money Games

Treze Coins 

Nah, yang ini permainan Money Games Mortgage Calculator yang paling mudah dan bisa dimainkan anak-anak kecil yang baru belajar berhitung nih. Permainannya sederhana sekali. Hanya memasukkan koin sesuai dengan jumlah yang ditentukan, lalu nanti akan keluar bola jika hitungannya benar. Kalau sering memainkkannya, anak-anak pun jadi pandai berhitung sederhana. 

Treze Coins Money Games

 

Selain permainan-permainan di atas, masih ada lagi Money Games dari Mortgage Calculator yang bisa kita membantu belajar berhitung secara menyenangkan. Di antaranya ada  Grocery Cashier, Iddle Money Tree, dan Supermarket Number. Saya juga ketagihan main ini bersama anak saya. Malah dia yang lebih menguasai permainan ini.

Apalagi di masa liburan sekolah ini ya, kita tidak perlu risau lagi saat anak-anak bermain games karena ada games yang mendidik seperti Money Games dari Mortgage Calculator. Setelah liburan sekolah, otak anak-anak tidak kosong karena masih terus diasah dengan belajar berhitung melalui Money Games ini. Buat mama-mama juga tidak khawatir lagi hitungan belanjaan tidak sesuai karena kita bisa ikut menghitungnya juga.

 


 

 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...