Sunday, July 2, 2023

Kupas Kehidupan Influencer Kelas Atas dalam Drakor Celebrity

Drama Korea ini memang selalu mengikuti perkembangan zaman. Tak hanya membuat cerita monoton bertema selingkuh, poligami, balas dendam, tapi juga mengangkat profesi-profesi terbaru di era digital. Salah satunya profesi influencer, yang berkaitan dengan kehidupan saya. Meskipun saya hanya nano influencer (influencer kelas bawah), saya tetap related dengan drakor berjudul Celebrity ini. 

Drama Korea Celebrity


Setelah menonton The Good Bad Mother, sebenarnya saya sudah menamatkan drakor lain yang juga seru tapi saya lebih tertarik untuk mengulas drakor Celebrity ini duluan. Itu karena profesinya yang berkaitan dengan dunia saya, meskipun saya di level paling bawah. 

Influencer atau pemengaruh (dalam bahasa Indonesia) sekarang ini memang menjadi profesi yang nggak bisa diremehkan. Bahkan artis-artis pun banyak yang beralih ke dunia influencer. Yang tadinya hanya menjadi bintang iklan di televisi dan radio, kemudian merambah ke media sosial. Tak perlu jadi artis dulu untuk menjadi influencer. 

Tingkatan influencer bahkan ada 3: nano, mikro, dan makro berdasarkan jumlah followernya. Ibu rumah tangga biasa saja pun bisa menjadi influencer, seperti saya yang ada di urutan nano. Memang nggak berkembang ya, karena untuk bisa naik ke makro itu seringkali mesti punya skandal mirip artis-artis dan bikin konten yang siap dihujat. Nah, saya mah cari aman sajalah karena bagi saya profesi ini hanya sampingan. Saya harus menjaga nama baik dan pekerjaan suami, jadi menghindari membuat konten negatif dan viral. 

Sebenarnya kalau mau bikin konten viral itu bisa kok, asal siap jadi omongan seluruh negeri. Keluarkan saja pendapat kontradiktif yang bikin panas penonton media sosial. Contohnya, pro childfree. Sekalian hujat ibu-ibu banyak anak dan anak-anak itu bikin repot. Langsung viral kan. Saya pun punya pendapat-pendapat panas semacam itu, tapi saya tahan saja. Khawatir dibully seantero negeri, bisa membahayakan pekerjaan suami. 

Tokoh influencer yang dibahas di drakor Celebrity ini levelnya Makro Influencer yang benar-benar terkenal dan berpengaruh ya, bukan yang beli follower, like, dan komen. Di Indonesia juga ada banyak nih contohnya seperti Rachel Vennya, Tasyi Attasyia,  Tasya Farasya, Gitasav, Awkarin, dll. Nama-nama yang saya sebut itu yang saya ingat karena namanya sering trending akibat kasus viral. Kalau sekarang yang lagi ramai itu Hanum Mega. Padahal saya nggak kenal lho sampai namanya trending di twitter gara-gara membuka perselingkuhan suaminya. 

Sinopsis Drama Korea Celebrity 


Seo A-ri awalnya nggak kepikiran mau jadi influencer. Dia itu punya modal untuk jadi influencer karena dulunya anak orang kaya tapi kemudian bangkrut dan jatuh miskin. Jadi secara fisik sudah terawat dan secara otak juga cerdas. Akibat berubah miskin, dia harus keluar dari kampus mahalnya dan menjadi sales kosmetik. Sampai kemudian dia menawarkan kosmetiknya ke pembantu-pembantu rumah tangga yang bekerja di rumah seorang pengusaha wanita terkenal. 

Tiba-tiba si majikan (Shi Hyeon)  ini pulang, Seo Ari bersembunyi di dalam lemarinya dan mendengarkan percakapan Shi Hyeon tentang influencer. Seo Ari memperhatikan semua barang mewah milik Shi Hyeon itu, mulai dari baju, tas, dan perhiasan mahal. Kemudian Seo Ari secara nggak sengaja juga ketemu dengan teman SMA-nya yang udah lama berpisah, Oh Min Hye. Jujur ini nama-namanya agak lebih susah diingat daripada drakor-drakor lain hehehe, kecuali nama Seo Ari. 

Oh Min Hye itu dulunya miskin dan selalu menempel ke Seo Ari, eh kemudian jadi hidup glamor dan mewah. Seo Ari penasaran. Apalagi setelah tahu profesinya sebagai influencer instagram. Ari pun mengunduh instagram untuk tahu apa itu influencer. Oh Min Hye pun mengira Ari masih jadi anak orang kaya, sehingga dikenalkanlah dengan teman-teman influencernya. 

Tadinya Ari cuma penasaran dengan kehidupan influencer. Akibat suatu insiden, dia pun bertekad ingin jadi influencer juga. Ternyata dunia makro influencer itu tak sebagus kelihatannya. Harus punya barang branded yang cuma dipakai sekali, karena satu foto hanya untuk satu baju. Harus mendekati artis dan influencer terkenal supaya ikut terkenal. Bahkan sampai terjebak ke pesta narkoba karena nggak tahu mau menghabiskan uang untuk apa lagi. Jadi pesta narkoba itu tujuannya untuk menghabiskan uang. 

Selain itu influencer yang dibahas di sini juga harus punya bisnis dan rata-rata bisnis fashion. Jadi mereka juga punya butik dan brand sendiri. Nggak jauh beda sih dengan makro influencer di Indonesia juga ada yang punya bisnis fashion, skincare, sampai makanan. Kalau orang udah terkenal memang lebih mudah kan ya mencari pembeli. 

Namun, jalan Seo Ari juga nggak mudah. Dia diremehkan dan dijegal karena dianggap nggak pantas jadi influencer kelas atas. Bahkan dia pun dibunuh. Misteri dalam drama ini adalah setelah kematian Seo Ari, eh tiba-tiba muncul video live streamingnya yang berarti Seo Ari masih hidup? 

Review Drama Korea Celebrity


Drakor ini cukup seru untuk diikuti meskipun mata saya agak silau melihat gaya hidup mewah mereka. Ya memang influencer Indonesia juga banyak yang begitu. Memamerkan kemewahan di media sosial. Tujuannya untuk naik kelas. 

Drama Korea ini bisa ditonton langsung sampai tamat. Jadi nggak perlu nunggu tiap minggu untuk episode barunya. Para pemeran pendukungnya itu belum pernah saya kenal sebelumnya, tapi kalau pemeran utamanya cukup terkenal. Hanya saja menurut saya, pemeran Seo Ari ini kurang glamor untuk menjadi selebriti, karena wajahnya itu tipikal wajah sederhana. Setelah didandani pun ya masih sederhana saja, nggak ada perubahan yang drastis. 

Lalu, untuk pemeran Shi Hyeon ini wajahnya terlalu datar dan naif sebagai pengusaha wanita terkenal. Semacam terlalu baik saja, too good to be true. Walaupun mungkin ingin menampilkan sosok protagonis, tapi setidaknya ada sisi ambisiusnyalah kan dia pengusaha kaya ya.

Pemain Drakor Celebrity


Sewaktu bajunya yang dipinjam Seo Ari itu kecipratan wine dan nodanya nggak hilang saja, Shi Hyeon nggak marah sama sekali. Memang sih itu baju dari mantan pacarnya, tapi setidaknya ada sedikit kemarahanlah karena dipinjam tanpa izin oleh Seo Ari dan kecipratan anggur pula.  

Dari segi kasus yang diangkat ini masih standar, yaitu narkoba. Di mana ada skandal narkoba di antara selebriti ini. Memang ya dunia selebriti ini sering banget terjadi skandal narkoba. Jadi walaupun kasusnya monoton, ya itu memang yang biasa terjadi di dunia nyata. Sepertinya akan lebih seru kalau dramanya seperti kisah Rachel Vennya dan Tasyi Attasya hehehe. 

Jadi, buat saya, kasusnya ini nggak bikin wow alias biasa saja. Lain dengan drama korea Queen Maker yang membuat saya terpukau dengan intrik di dunia politik yang mungkin sudah biasa terjadi di dunia politik tapi nggak terasa monoton. 

Apa yang saya pelajari dari drama Korea Celebrity ini hanyalah cara mendapatkan banyak follower dan membangun bisnis serta merk sendiri agar semakin naik kelas. Saya juga paham mengapa nano influencer itu terkadang hanya mendapatkan pinjaman produk untuk diendorse karena menurut agensinya ya levelnya belum sampai untuk dapat produk gratis wkwk. Biasanya itu produknya mahal dan mewah. 

Untuk menambah pengetahuan tentang dunia influencer kelas atas, tonton saja drama ini di Netflix. 






3 comments:

  1. sebagai konsumen media, penting untuk tetap kritis dan bijak dalam mengikuti berita dan cerita yang beredar. Memahami konteks dan menyadari peran media dalam membentuk persepsi kita dapat membantu kita melihat gambaran yang lebih komprehensif dan memahami dampak dari berbagai masalah yang muncul dalam dunia selebriti maupun di masyarakat pada umumnya.

    ReplyDelete
  2. Kalau sudah selesein Delightfully Deceitful, mau coba lihat ini. Terimakasih reviewnya.

    ReplyDelete
  3. Penasaraaan.😄. Aku tadinya mikir ini acara semacam talk show gitu mba, ternyata beneran Drakor yaa. Trus mikir kisah nyata atau ga.

    Iya sih, wajah pemeran utamanya memang terlalu lembut, jadi glamornya kurang kena 😄. Aku sering juga nonton drakornya dia, dan biasa memang jadi orang baik2.

    GPP deh kalo alurnya biasa , ga wow, kayaknya masih oke buat penyegar kalo abis nonton yg tema thriller

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...