Thursday, July 27, 2023

Pentingnya Servis Motor secara Rutin

Motor menjadi kendaraan paling praktis dan cepat untuk bepergian. Apalagi kalau tinggal di perkotaan yang padat penduduk. Setiap hari lalu lintas selalu padat dan macet. Agar bisa tepat waktu ke sekolah dan kantor, banyak orang memilih menggunakan motor. Begitu juga dengan saya. Untuk mengantar anak ke sekolah dan aktivitas lainnya, saya menggunakan motor matic kesayangan yang sudah lebih dari 10 tahun ini menemani. 

Pentingnya Servis Motor secara Rutin

 

Dipikir-pikir sudah lama juga ya motor matic itu menemani aktivitas saya. Padahal, motor itu juga saya beli bekas. Rahasia agar motor tetap awet, tentu saja harus rutin diservis. Untungnya tempat servis motor itu dekat dari rumah saya. Servis motor dilakukan minimal 1-2 bulan sekali. Jangan sampai motor mogok di tengah jalan gara-gara tak pernah diservis. 

Saat servis motor, bagian apa sajakah yang wajib dicek? Nah, berikut ini beberapa bagian motor yang harus dicek di bengkel servis motor: 

Bagian-bagian Motor yang Wajib Dicek

1. Oli Mesin dan Oli Gardan 

Rutin ganti oli itu penting sekali lho. Ada dua jenis oli yaitu oli mesin dan oli gardan.  Kalau oli mesin itu fungsinya untuk melumaskan, melindungi, dan mendinginkan mesin. Oli mesin harus diganti apabila sudah tercapai jarak tempuhnya, biasanya itu pada 2500 km. Kalau kita mau ganti oli mesin, maka kita harus membayar biaya beli oli dan jasa ganti oli. 

Nah, beberapa tahun terakhir ini ada pabrikan atau retailer yang merekomendasikan ganti oli setelah 5000 km. Jadi lebih panjang ya jarak tempuhnya. Itu karena olinya sudah menggunakan teknologi ester. Ini adalah base oli tertinggi yang ada di kelas oli. 

Selanjutnya adalah oli gardan, wajib rutin diganti bila kita menggunakan motor matic. Kebetulan motor saya juga motor matic. Oli gardan ini fungsinya untuk melunasi gear pada CVT. Oli gardan ini diganti setelah dua kali mengganti oli mesin. Gunakanlah oli mesin motor yang terbaik yah. 

 

Oli Mesin Motor


2. Busi 

Busi juga harus dicek ya, karena ini bisa membuat motor tidak menyala jika businya tidak berfungsi. Busi itu gunanya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api agar motor menyala. Hayo siapa yang tiba-tiba motornya tidak menyala? Jangan-jangan businya harus diganti.  

3. Kampas Rem 

Rem ini penting banget lho untuk keselamatan kita saat naik motor. Jangan sampai remnya tidak pakem, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan di jalan. Kampas rem ini harus dicek juga saat servis, agar kita tahu bahwa remnya masih pakem atau sudah tidak pakem. 

4.  Aki 

Aki harus dicek agar tegangannya tetap berada pada kondisi ideal antara 12,3-12,6 volt saat mesin mati dan 13,7-14,2 volt saat mesin nyala. Aki harus diganti apabila tegangannya sudah tidak ideal.

5. Ban 

Kondisi ban juga harus dicek. Jangan sampai ban motor sudah gundul dan kita tidak tahu karena bisa menyebabkan pecah ban atau kecelakaan di jalan. Tekanan pada ban akan dicek oleh montir untuk memastikan  kondisi bannya masih baik. 

6. Fiter Udara 

Filter udara ini gunanya untuk menyaring udara yang masuk ke pembakaran, sehingga mencegah masuknya kotoran yang dapat menyumbat sistem injeksi dan karburator. 

7. Servis Motor Tune Up Rutin 

Pemeriksaan keseluruhan atau servis motor tune up ini dilakukan dengan memeriksa semua komponen baik itu kondisi lampu, tegangan rantai, klakson, dan sebagainya. Kadang-kadang tune up ini juga disertai dengan ganti oli mesin, oli gardan, dan ganti sparepart. Montir akan menanyakannya dulu kepada kita sebelum melakukan penggantian tersebut. 

Planet Ban, Rekomendasi Bengkel Servis Motor Terbaik 

Agar motor kita diservis dengan baik, perlu sekali memilih bengkel servis motor yang terpercaya. Planet Ban adalah bengkel servis motor terbaik yang saya rekomendasikan. Bengkelnya tersebar di mana-mana. Di dekat rumah saya juga ada. Servis motor di Planet Ban bisa mendapatkan servis motor dengan rasa mesin baru atau sistem servis terpadu. Jadi servis motornya ini bisa meningkatkan performa dan ketahanan motor. Servisnya dilakukan dengan cepat dan biayanya juga lebih hemat. 

Pemeriksaan dilakukan pada bagian vital yang tersembunyi. Manfaatnya servis motor di Planet Ban adalah menggunakan oli dan cairan khusus yang berteknologi tinggi, ganti oli hanya setelah jarak tempuh 5000 km, motor jadi lebih tahan lama, nyaman, dan enteng, serta bisa ikut menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi dan polusi dari motor. 

Servis Motor di Planet Ban dan di Tempat Lain, Apa Bedanya? 

Lalu, apa perbedaan servis motor di Planet Ban dan di tempat lain? Servis di Planet Ban itu detil banget, sampai-sampai semua kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang ada di mesin motor pun akan dibersihkan dengan baik. Bagian part mesin pun dibersihkan sampai terasa seperti baru, membuat motor kita itu tarikannya jadi lebih enteng, hemat BBM, dan emisinya pun turun sampai 70%. 

Biaya servisnya terjangkau banget  lho, Rp 20.000 untuk servis motor injeksi, Rp 19.500 untuk servis CVT dan rantai, Rp 20.000 untuk service throttle body. Makanya jangan malas-malas untuk servis motor ya. Jangan sampai motor mogok di jalan gara-gara jarang kita servis. Bahaya juga untuk keselamatan kalau kita tidak rajin servis motor.






25 comments:

  1. Murce banget nih servis di planet ban dan juga pasti pelayanan sangat ramah... Ah jadi pengen coba suka nih servis di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biaya servisnya terjangkau banget nih Mbak.

      Delete
  2. Punya kendaraan roda dua memang bukan hanya untuk digunakan dalam mobilitas keseharian, tapi paling penting ya dirawat kesehatannya ya Mba. Pernah nih punya pengalaman terlewat ganti oli lama berujung harus service besar. Senangnya keberadaan Planet Ban itu ada dimana-mana banget, jadinya nggak terlupa lagi sama jadwal service pun tempat perawatan si mesin kendaraan nggak perlu jauh-jauh dari rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, harus rutin diservice ya supaya sehat. Untungnya Planet Ban memang ada di mana-mana, jadi gampang deh kalau mau service.

      Delete
  3. wah keren nih ada oli yang bisa diganti setiap 5000 km jadinya kita nggak harus sering-sering ke bengkel buat ganti oli ya, mbak

    ReplyDelete
  4. Enaknya naik motor ke mana mana tuh anti macet. Makanya kudu di chayank chayank motornyaaaa

    ReplyDelete
  5. Aq yg paĺing gampang lupa tu ganti oli mbk.. Pdhl kalau telat jadi fatal... Skrg kapok, krn motor udah turun mesin... 😭😭

    ReplyDelete
  6. Ya ampun, baru tahu ternyata kalau servis motor itu banyak juga ya yang mesti dicek. Kirain cuma ganti oli aja. Begini deh kalau kebiasaan servis motor seringnya orang lain yang nyervisin! Hehehe...

    ReplyDelete
  7. Samaan, Mbak. Aku juga punya motor matic yang udah usia senja. Tapi sampe sekarang masih bisa dipake. Emang supaya awet tuh motor harus rutin service.

    ReplyDelete
  8. Kerasa banget kalau service rutin kasih banyak manfaat, makanya jangan sampe skip.. nuhun info lengkapnya tteb

    ReplyDelete
  9. Saya pernah mengalami pengalaman yang tidak mengenakan terkait lupa servis. Sejak saat itu, sering ingat untuk servis bulanan atau dua bulan sekali. Selain bisa membuat mesin awet, biaya yang dikeluarkan juga nggak banyak ya.

    ReplyDelete
  10. Saya dan keluarga kemanapun pakai sepeda motor, emang punyanya itu. Hehehe. Bener banget kalau rutin dicek dan ganti oli, kendaraan tuh terasa lebih ringan. Dan pastinya juga buat keamanan kita juga sebagai pengendara ya

    ReplyDelete
  11. Seandainya ada Planet Ban di Makassar yaa...sayang belum melebarkan sayap ke kota ini. Biayanya murah dan janjinya motor jd rasa baru. Pengin membuktikan..

    ReplyDelete
  12. Murah banget biaya servis di planeta ban, hasilnya juga memuaskan, motor lama berasa baru terus karena rajin diservis

    ReplyDelete
  13. Kalo motor hbs di servis itu rasanya legaaaaaa banget,kayak motor baru ya wkwkwk.. Baru tau kalo Planet Ban bisa servis motor juga

    ReplyDelete
  14. aku tuh dari pertama pegang kendaraan udah didoktrin sm papa bahwa kendaraaan tuh hrs benar2 dirawat salah satunya ya rutin service biar awet dan pastinya buat keamanan kenyamanan kita juga sih

    ReplyDelete
  15. Berbagi pengalaman juga, pernah service di Planet Ban emang detail dan nyaranin berbagai hal, enak sih teknisi nya, beberapa kali kejadian tak terduga, bengkel terdekatnya itu Planet Ban.

    ReplyDelete
  16. Abis baca artikelnya mb leyla aku langsung inget belm service motor wah trnyata di Planet Ban lengkap bngt ya servicenya dan terjamin kwalitasnya

    ReplyDelete
  17. Bener banget deh motor tuh bener-bener wajib di maintenance ya dari oli sampe ke mesin nya

    ReplyDelete
  18. Servis di Planet Ban selain menenangkan karena pemeriksaannya menggunakan peralatan canggih dan ditangani oleh ahlinya, harga service-nya pun terjangkau. Jadi bener-bener rekomendasi bengkel motor terbaik.

    ReplyDelete
  19. Aku udah langganan servis di Planet Ban sejak 2 tahun yang lalu, emang terjangkau banget harganya dan mesin jd terasa baru

    ReplyDelete
  20. Penting banget memang yah servis secara berkala gini bikin motor jadi awet

    ReplyDelete
  21. Saya kita Planet Ban hanya jual ban, ternyata selengkap itu yah. Keren

    ReplyDelete
  22. gak hanya digunakan saja, harus tahu bagian-bagian penting motor yang harus dirawat juga dong ya biar performanya selalu bagus, perjalanan juga jadi lancar kan ya kalau kondisi motor sehat.

    ReplyDelete
  23. Ngomongin servis motor jadi ingt beberapa hari lalu lihat meme dengan Pov perempuan ketika motor tidak dan ternyata karena jarang servis, kalo dari Pov perempuan selama masih bisa jalan berarti ga ada masalah wkwk

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...