Wednesday, August 30, 2017

Bebas Melangkah Sesuai Syariah di Acara FWD Fashion Rocks




Di dalam bisnis apa pun, inovasi harus dilakukan terus-menerus. Ada banyak kisah kegagalan bisnis akibat kurang atau tidak melakukan inovasi walaupun produknya sudah terkenal di masyarakat. Produk tersebut akan kalah oleh produk baru yang melakukan inovasi menarik dan mampu menjangkau minat konsumen.



Inovasi dilakukan agar produk selalu relevan untuk masyarakat, karena zaman terus berubah. Saat ini kita memasuki era digital teknologi di mana manusia di seluruh dunia dapat terhubung dengan waktu singkat melalui alat teknologi gadget, termasuk di dalamnya smartphone. Memesan makanan, alat transportasi, transaksi perbankan, bahkan membeli produk asuransi pun bisa melalui internet.

Di Indonesia, per Maret 2017 berdasarkan catatan Internet World Stats, terdapat pengguna internet sebanyak 132 juta jiwa dari total penduduk Indonesia 263 juta jiwa. Indonesia berada di urutan kelima pengguna internet terbesar di dunia, setelah Cina, India, Amerika Serikat, dan Brazil. Jadi, sudah semestinya para pelaku bisnis juga memanfaatkan internet untuk  memasarkan produk-produknya.

Adanya inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman setidaknya akan memberikan 3 keuntungan: produk menjadi semakin terkenal, menjangkau lebih banyak konsumen, dan meraup lebih banyak keuntungan.


3 Keuntungan Berinovasi


Selain perkembangan tekonologi digital, di Indonesia juga terjadi perkembangan yang pesat terhadap produk syariah. Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam mengalami peningkatan dalam pemahaman agama, sehingga memilih membelanjakan uangnya untuk produk-produk yang sesuai syariat Islam, termasuk di antaranya produk perbankan dan asuransi.

Apa Itu Asuransi Syariah?
Dalam produk perbankan dan asuransi, agama Islam melarang adanya riba atau bunga. Hal inilah yang mendorong dikeluarkannya produk perbankan syariah, dan belakangan juga muncul produk asuransi syariah. Apa itu asuransi syariah? Menurut Dewan Syariah Nasional dan Majelis Ulama Indonesia, Asuransi Syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru' yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.

Di sini, para peserta akan mendonasikan sebagian atau seluruh preminya untuk membayar klaim atas musibah yang dialami sebagian peserta lainnya. Jadi, sistemnya adalah sharing of risk (saling menanggung risiko). Berbeda dengan asuransi konvensional yang menggunakan sistem transfer of risk (memindahkan risiko) dari peserta ke perusahaan asuransi.

Perusahaan Asuransi Syariah bertugas mengelola dan menginvestasikan dana dari para peserta. Tabarru' itu sendiri artinya sumbangan, derma, atau hibah (hadiah). Para peserta asuransi syariah adalah pemilik dari semua dana tersebut, dan perusahaan asuransi hanya mengelolanya saja sehingga jelas di sini posisi peserta asuransi sebagai pemilik dana. Perusahaan asuransi dilarang menggunakan dana tersebut di luar kuasa dari peserta, artinya dana asuransi syariah tidak akan digunakan untuk investasi yang tidak sesuai syariah.

Konsep asuransi syariah ini menghilangkan Gharar (unsur ketidakjelasan) dan Maysir (untung-untungan) yang dilarang dalam hukum Islam, karena posisi peserta asuransi lebih dominan daripada pemilik perusahaan asuransi dan memperoleh pembagian keuntungan dari dana tabarru' yang terkumpul. Dalil Asuransi Syariah ada di Al Quran dan Hadist, meskipun tidak dijelaskan secara lugas. Intinya, kita diperintahkan untuk saling tolong menolong (Al Quran surat Al Maidah ayat 5) dan mempersiapkan masa depan. Dalil tersebut memang maknanya luas, tetapi pada dasarnya transaksi perdagangan apa pun itu bentuknya diperbolehkan selama tidak ada dalil yang melarang (mengharamkannya).

Inovasi Produk Asuransi Syariah
Menurut Survey Literasi Keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan per September 2015, baru sekitar 18% masyarakat yang memahami produk asuransi, dan hanya 12% yang sudah memanfaatkan produk asuransi. Tingkat penetrasi asuransi konvesional baru sekitar 2,5% dan asuransi syariah 0,08%. Hal ini diakibatkan oleh rendahnya akses dan distribusi produk asuransi, karena model pemasarannya masih konvensional, yaitu melalui kantor cabang dan kantor pusat. Sedangkan di daerah-daerah, masih sedikit tersedia kantor cabang asuransi.

Dengan semakin tingginya tingkat pemahaman agama dan mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam, mestinya asuransi syariah juga dapat menjangkau pasar yang luas. Produk-produk asuransi syariah memiliki banyak keunggulan. Itulah sebabnya, perlu ada inovasi untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat dalam memilih asuransi syariah, selain diperkenalkan melalui edukasi dan sosialisasi.

Salah satu inovasi untuk memudahkan akses dan distribusi  produk asuransi adalah melalui teknologi digital. Bila dulu agen asuransi harus mendatangi calon nasabahnya atau calon nasabah harus mendatangi kantor perusahaan asuransi untuk membeli produk asuransi, kini dengan teknologi digital, hal itu bisa diminimalisir. Misalnya, nasabah cukup mengisi formulir di website perusahaan asuransi tersebut.

Digitalisasi tersebut akan lebih memudahkan dan menjangkau nasabah lebih banyak lagi, meskipun di tempat tinggal nasabah tersebut belum ada kantor cabang perusahaan asuransi yang diinginkan. Semua transaksi bisa dilakukan secara daring. Begitu juga bila ingin membeli produk asuransi syariah. Nah, bagaimana dengan inovasi untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap asuransi syariah?

FWD Fashion Rocks 
FWD Life Indonesia baru saja melakukan inovasi menarik yang memadukan konser musik, fashion show, dan pengenalan asuransi syariah Bebas Ikhtiar, melalui acara FWD Fashion Rocks. Beruntung, tanggal 25 Agustus 2017, saya mendapatkan undangan spesial untuk menghadiri acara tersebut. Sebuah pagelaran fashion karya desainer ternama, Barli Asmara dan konser musik dari penyanyi terkenal, Andien Aisyah, Stars and Rabbit, White Shoes and The Couples Company, Angel Percussion, diadakan di pelataran Sarinah Thamrin jam 7 malam sampai selesai. 

Poster Acara FWD Fashion Rocks


Kebetulan, passion saya (selain menulis) juga di fashion dan profesi desainer pernah menjadi cita-cita saya. Sekarang ini dimulai dengan menulis tentang fashion dulu. Sebagai seorang muslim, semua tingkah laku dan perbuatan kita diatur oleh hukum Islam atau syariah. Termasuk saat memilih asuransi dan fashion. Acara FWD Fashion Rocks ini mempertemukan pengenalan produk asuransi syariah Bebas Ikhtiar dari FWD Life Indonesia dan fashion show yang menampilkan busana sesuai syariah.


Saya hadir di acara FWD Fashion Rocks
Acara ini sukses menyedot perhatian masyarakat dengan padatnya pengunjung di lokasi acara. Meskipun diadakan pada malam Sabtu, yang berarti jam orang pulang kantor di hari Jumat, tidak memupuskan antusiasme pengunjung. Mereka meluangkan waktu pulang kantor untuk menyaksikan pertunjukan yang menarik ini. Bagi pengunjung yang memiliki undangan, dapat duduk di kursi yang disediakan. Sedangkan yang tidak memiliki undangan, juga bisa melihat pagelaran show  dan pertunjukan musiknya dari luar karena acara diadakan di tempat terbuka.

Mengapa disebut FWD Fashion Rocks? Sebab, acara ini adalah kolaborasi FWD Life Indonesia, pagelaran fashion Barli Asmara, dan event tahunan yang diadakan oleh radio Hard Rock FM. Dengan tema "Bebaskan Langkah, Sesuai Syariah" acara ini seolah ingin menunjukkan bahwa berasuransi dan berfashion pun bisa tetap sesuai syariah. Selain menampilkan karya Barli Asmara, juga diiringi musik dari Andien, Stars and Rabbit, dan The White Shoes and The Couples Company, serta koreografi dari Edwan Handoko dan stylist Ajeng Svastari.

Untuk fashion itu sendiri, saat ini umat Islam di Indonesia sudah banyak yang mengenakan fashion muslim, selain menunjukkan ketaatan juga bagian dari adat ketimuran yang santun. Fashion muslim disebut juga Modest Wear (Busana Santun) dengan ciri khas menutup aurat dan tidak menonjolkan lekukan tubuh. Barli Asmara adalah salah satu disainer ternama di Indonesia yang telah melahirkan banyak karya fashion, salah satunya busana Modest Wear dan memulai debutnya sejak tahun 2002 dengan beragam koleksi busana: Barli Asmara Couture (handmade), BARLI by Barli Asmara dan Barli Asmara Uniform (ready to wear), B by Barli Asmara (modest wear), Aaliah Asmara (made by order di Brunei Darussalam), dan B Homme (busana pria).

Desainer  peraih banyak penghargaan seperti Desainer Fashion Terbaik Majalah DEWI, AMICA Young Talent Designer Award, ELLE Designer of The Year, dan lain-lain ini menampilkan 3 tema fashionnya di acara FWD Fashion Rocks, yaitu Heritage Jambi (Gentala), Turkish, dan Monokrom. Ketiga tema itu ditampilkan secara bergantian. Tema Heritage Jambi menampilkan busana-busana yang menggunakan kain batik khas Jambi. Tema Turkish menggunakan pola Arabesque Turki (busana Arab khas Turki) yang longgar, panjang, dan didominasi warna putih. Sedangkan tema Monokrom memakai warna hitam putih dan didisain minimalis sehingga cocok untuk Anda yang berjiwa muda.

Jika ada pertanyaan mengapa semua modelnya tidak mengenakan jilbab atau penutup kepala, maka jawabannya adalah karena busana-busana yang dipamerkan itu tidak hanya ditujukan untuk muslimah. Yang penting adalah konsep busananya yang mengusung tema Modest Wear, atau busana santun dan sesuai adat ketimuran. Sama halnya dengan asuransi syariah Bebas Ikhtiar dari FWD Life Indonesia yang tidak hanya ditujukan untuk umat Islam, tetapi juga nonmuslim yang menginginkan asuransi alternatif dengan keuntungan berbeda dibandingkan asuransi konvensional.

Heritage Jambi. Foto: FWD Life Indonesia

Turkish. Foto: FWD Life
Turkish. Foto: FWD Life 
Monokrom. Foto: FWD Life Indonesia

Bagi para nasabah yang membuka produk asuransi Bebas Ikhtiar di acara ini juga akan mendapatkan scarf eksklusif Barli Asmara dan berdonasi Rp 200.000 ke Dompet Dhuafa. Disediakan photobooth untuk mencoba berfoto dengan menggunakan scarf eksklusif itu. Saya juga ikut berfoto dan mengirimkan fotonya ke Instagram. Saat memegang scarfnya, saya sudah tertarik ingin memiliki. Sebagai penggemar fashion, tentunya berbeda kualitas fashion rancangan seorang desainer yang dibuat terbatas dengan produk konfeksi biasa yang diproduksi massal dan dijual murah.

Berfoto di Photobooth dan mendapatkan scarf eksklusif

Alhamdulilllah, foto saya berhasil memenangkan lomba foto di Instagram dan scarfnya sedang dalam perjalanan ke rumah. Jadi tidak sabar ingin mengenakannya. Hard Rock FM sebagai salah satu stasiun radio ternama di Indonesia ternyata telah mengadakan event Fashion Rock sejak tahun 2010. Tahun ini berkolaborasi dengan FWD Life Indonesia dan pagelaran fashion Barli Asmara  yang terinspirasi dari produk asuransi jiwa syariah Bebas Ikhtiar. 

Pagelaran pertama menampilkan para penyiar radio Hard Rocks FM membawakan scarf eksklusif Barli Asmara dengan dominan warna oranye seperti warna utama FWD Life Indonesia. Scarf Printed yang diproduksi terbatas itu sukses membuat mata saya berbinar-binar karena warna cerahnya, sangat cocok dipakai oleh semua gender, baik sebagai penutup kepala maupun hanya sebagai syal dan hiasan.

Scarf Eksklusif Barli Asmara, foto: FWD Life Indonesia

Diiringi musik Andien, Stars and Rabbit, dan The White Shoes and The Couples Company, koleksi Barli Asmara lainnya pun ditampilkan, dari busana dengan bahan batik Jambi, hingga kaftan yang didesain sesuai syariah, santun, dan cocok dengan adat ketimuran. Ini memang acara yang memperkenalkan produk asuransi secara fun, sesuai dengan penjelasan Bapak Rudi Kamdani, Wakil Direktur Utama FWD Life dalam press conference di sore harinya, 

"Kami bangga dan bersyukur acara FWD Fashion Rocks dapat dilaksanakan dan menjadi bukti akan komitmen perusahaan untuk selalu berinovasi dalam mengenalkan asuransi dengan cara yang fun dan dekat dengan gaya hidup masyarakat saat ini."

Konferensi Pers. Foto: Rach Alida 

Yup, walaupun untuk bisa masuk ke acara ini harus punya undangan, tetapi kita juga bisa menyaksikannya di luar karena acara diadakan di tempat terbuka. Jadi, acara ini sukses menghibur para undangan juga penonton umum yang datang menjejali lokasi acara di malam Sabtu. Bapak Rudi juga mengatakan, "Kami sangat bersyukur hari ini, FWD Life dapat memperkenalkan produk asuransi BEBAS IKHTIAR. Kami percaya produk ini bisa menjadi pilihan baru yang menarik untuk masyarakat karena tidak hanya asuransi dan investasi jangka panjang, dengan BEBAS IKHTIAR, nasabah diberi kemudahan untuk beramal kepada sesama, seperti berzakat, infak, hibah, dan wakaf tunai."

Selain itu, FWD Life juga ingin memberikan kontribusi lebih pada industri asuransi jiwa syariah melalui layanan dan produk inovatif dengan dukungan teknologi digital. Inovasi digital ini dapat meningkatkan penetrasi asuransi di mana nasabah merasakan pengalaman berbeda yaitu sales paperless platform dari para agen asuransi FWD Life. Dari mulai pembelian asuransi jiwa syariah sampai polis terbit dilakukan secara digital, sehingga lebih mudah, nyaman, dan transparan.

Sedangkan, Chief of Product Proposition & Sharia PT FWD Life Indonesia, Ade Bungsu, menjelaskan BEBAS IKHTIAR dengan 3 kelebihan utamanya: memberikan manfaat asuransi, memaksimalkan dana investasi dengan bonus loyalitas dan pembagian surplus underwriting, serta menyediakan fitur donasi secara sistematis untuk  membantu sesama sesuai prinsip  syariah. Dana itu akan disalurkan melalui Dompet Dhuafa (mengelola dan menyalurkan donasi dalam bentuk zakat, infak, dan wakaf tunai) dan Yayasan Badan Wakaf Indonesia (mengelola dan menyalurkan wakaf tunai dan menghibahkan sebagian manfaat meninggal).

Jadi, dengan asuransi jiwa syariah Bebas Ikhtiar ini, nasabah bisa mempersiapkan keuangan di masa depan sekaligus tabungan di akhirat melalui amal zakat, infak, dan wakaf.  Bahkan, di acara ini pun diadakan lelang busana Barli Asmara dan terkumpul Rp 25 juta disalurkan ke Dompet Dhuafa dan Rp 25 juta untuk Yayasan Badan Wakaf Indonesia. Wow, acara yang tak sekadar hiburan dan pengenalan asuransi tetapi juga ada sisi sosialnya dengan donasi. Semoga tahun depan bisa diadakan lagi.

Pemberian donasi. Foto: FWD Life 

Bebas Melangkah dengan Syariah bersama Asuransi Syariah Bebas Ikhtiar
Setiap orang pasti memiliki passion terhadap bidang tertentu dan ingin mewujudkannya. Seperti saya yang punya passion  sebagai desainer seperti Barli Asmara. Jika passion itu telah diwujudkan dalam bentuk usaha seperti Barli Asmara dengan butiknya, maka asuransi dibutuhkan untuk menjaga agar usaha itu tetap berjalan walaupun ke depannya ada aral yang melintang. Dunia usaha tidak selalu mulus, pastinya akan ada hambatan yang menimbulkan kerugian-kerugian ataupun meninggalnya si pemilik usaha yang meninggalkan anak dan istri.

Produk asuransi konvensional bagi sebagian umat Islam menimbulkan kegalauan karena dianggap tidak sesuai syariah. Kini sudah ada asuransi jiwa syariah, dengan prinsip syariah. Dalam asuransi jiwa syariah, digunakan prinsip berbagi risiko. Ada nilai gotong royong di antara semua pengguna asuransi dengan mengumpulkan dana hibah yang akan dipakai untuk membayar klaim bila salah seorang anggota terkena risiko.

Produk asuransi jiwa syariah kini telah menjadi pilihan alternatif bagi umat Islam yang ingin mendapatkan ketenangan, apalagi jika bentuknya unit linked di mana selain ada perlindungan terhadap risiko, juga sekaligus berinvestasi. Asuransi Jiwa Syariah ini juga bisa menjadi pilihan non muslim yang menginginkan produk asuransi dengan cara berbeda dari biasanya. 

FWD Life Indonesia telah memiliki produk asuransi jiwa syariah, dengan nama Bebas Ikhtiar. Diluncurkan sejak tanggal 25 November 2016, produk asuransi ini merupakan unit link syariah komprehensif pertama yang memungkinkan semua orang dari latar belakang agama mana pun, dapat mempersiapkan asuransi dan investasi jangka panjang, sekaligus berdonasi dengan mudah. Tentunya menggunakan prinsip yang nyaman dan transparan sesuai syariah.

"Dari sisi investasi, dengan produk Bebas Ikhtiar, nasabah berkesempatan untuk mengembangkan hasil investasi secara optimal di mana 100% kontribusi akam ditempatkan pada pilihan investasi sejak tahun kedua. Nasabah juga menikmati total bonus loyalitas sampai dengan 160% dari kontribusi mulai tahun ketujuh. Produk ini juga menyediakan dua Dana Investasi, sehingga memberikan manfaat optimum. Selain manfaat proteksi, Bebas Ikhtiar memberikan perlindungan maksimal sampai usia 100 tahun, serta tambahan manfaat jika nasabah meninggal akibat kecelakaan," papar Ade.

Jika tertarik dengan asuransi jiwa syariah Bebas Ikhtiar, kita juga bisa langsung memiliki agen asuransinya dengan menggunakan fitur Click to Meet. FWD Life Indonesia telah mengoptimalkan inovasi digital dalam memasarkan produk-produknya, sehingga proses pembelian asuransi jiwa syariah sampai polis terbit dilakukan secara digital agar lebih mudah, praktis, dan nyaman.
Cara Membeli Asuransi Syariah Bebas Ikhtiar FWD Life Indonesia


Setidaknya ada 3 kelebihan dari asuransi jiwa syariah Bebas Ikhtiar ini, yaitu: manfaat asuransi (perlindungan dari risiko), memaksimalkan dana investasi dengan bonus loyalitas sampai 25% dan bagi hasil atau surplus underwriting, dan fitur donasi secara sistematis. Donasi dipercayakan kepada 2 lembaga, yaitu Dompet Dhuafa (donasi dalam bentuk zakat, infak, dan wakaf tunai) dan Yayasan Badan Wakaf Indonesia (donasi dalam bentuk wakaf tunai dan hibah sebagian manfaat meninggal). Donasi ini akan menjadi tabungan di akhirat. 

Tidak tanggung-tanggung, asuransi Bebas Ikhtiar memberikan perlindungan sampai usia 100 tahun dan ada pula tambahan manfaat jika nasabah meninggal karena kecelakaan. Manfaatnya tentu untuk keluarga yang ditinggalkan, karena itulah tujuan asuransi jiwa: memberikan perlindungan untuk keluarga yang ditinggalkan, seperti anak-anak yang masih bersekolah atau istri yang tidak bekerja.
6 Keunggulan Asuransi Syariah Bebas Ikhtiar

Bulan Januari 2017 lalu, untuk 200 pembelian produk Bebas Ikhtiar yang pertama, nasabah mendapatkan scarf eksklusif rancangan desainer ternama, Barli Asmara sekaligus berdonasi sebesar Rp 200.000. Scarf yang didesain khusus untuk FWD Life Indonesia ini juga dipamerkan di acara FWD Fashion Rocks 2017. Perpaduan asuransi dan fashion itu memberikan 3 manfaat untuk nasabah, yaitu asuransi jiwa dan investasi optimal, berbagi donasi, dan fashionable.

Informasi lebih lanjut mengenai asuransi jiwa syariah Bebas Ikhtiar, bisa didapatkan di: 
www.fwd.co.id
Instagram: @fwdlife_id
Twitter: @FWDLife_ID
Facebook: FWD Life Indonesia



15 comments:

  1. Mba Leyla beruntung nih bisa dapat scraf dari Barli Asmara. Cakep, saya suka warnanya orange tapi ga ngejreng.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu di akhir acara ternyata lelang bajunya didonasikan. Keren.

    ReplyDelete
  3. Asikk Alhamdulilah kita dapet Scarf nya ya mbak hehhehe

    ReplyDelete
  4. Wah baru tahu kalau mba Leyla dulu pengen jadi designer. Skarang mungkin sama-sama di bidang desain ya mba. Tapi kali ini desain kata-kata. Hhehe. Suka sekali dengan konsep FWD LIfe yang memberikan kesempatan orang untuk berdonasi

    ReplyDelete
  5. Keren banget scraf nya. :D Wah, beruntung sekali Mbak Leyla

    ReplyDelete
  6. Acara yang keren banget, ya, Mbak? :)

    ReplyDelete
  7. Scarftnya cantik ya, apalagi kolabirasi ini keren banget deh.

    ReplyDelete
  8. Wuih baru tau daku kalau selain menulis juga pernah bercita-cita jadi desainer ya ^^
    Btw congrat ya dapet scraft ekslusifnya Barli Asmara, duh mupeng euy...warnanya itu loh cerah banget cakep bikin makin glowing deh ntr pas dipakai :)

    Sukses dan meriah banget ya acara Fashion Rock ini!

    ReplyDelete
  9. Kolaborasi yg sangat keren, dan saya menjadi tahu bahwa FWD Life ini memang sangat maju pesat ya....

    ReplyDelete
  10. Membeli asuransi sekaligus bisa beramal...Kerennnn!!!.

    ReplyDelete
  11. Asyiiiknyaa, yang dapet scraft Barli. Selamat yaaa, acaranya emang keren :)

    ReplyDelete
  12. Aaaah mba, aku mau juga dong scarfnya. Btw apa kalau daftar sekarang masih bisa bonus scarf ya?

    ReplyDelete
  13. Pengen ih scarf nya, cowo juga pas loh pakai ini, hehehe...

    ReplyDelete
  14. pengin punya scarfnya ;)

    yg silky gitu lagi kekinian

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...