Saturday, July 27, 2013

My Sweet Moment With My Sisters


Foto terbaru bersama Echa dan Tria
Empat anak perempuan di dalam satu rumah? Rasanya kayak apa, coba? Seingat saya dulu, kami berempat memang sering berantem. Kalau berantem, ributnya kayak kucing yang juga sedang berantem di depan rumah. Jangan dikira anak perempuan itu pendiam dan kalem. Mungkin saja sih, tapi  bukan kami. Saking ributnya, ibu saya yang benar-benar pendiam, bisa mengeluarkan bentakan juga kalau kami lagi berantem.

Adik saya yang nomor dua, namanya Irma. Sekarang sudah nikah dan ikut suaminya. Dia ini lumayan damai, jarang berantem. Tapi bukan berarti gak pernah berantem.  Dua adik saya yang lain, Tria dan Echa, masih tinggal di rumah orang tua kami. Tria sudah kerja, tapi  belum nikah. Echa baru masuk SMA. Tria ini agak nyolot, jadi agak susah dinasihati. Kalau diceramahi tujuh menit, dia akan balas berceramah setengah jam. Si Echa masih ABG alay, anak yang lahir karena kebobolan. Saking ibu saya sudah umur 42 tahun  pas hamil dia. Kalau kakak-kakak lagi ngobrol, dia senyum-senyum aja. Entah nyambung, entah berpikir apa di mana ke mana. Maklum, hape gak pernah lepas dari tangannya. Twitternya sahut-sahutnya terus. 

Sewaktu kecil, kami selalu dibelikan baju  yang sama oleh Mama. Ups, bukan beli ding, tapi bikin. Mama kan buka usaha jahitan juga di rumah. Kata Mama, baju kami harus sama, kalo enggak nanti berantem Setelah SMA, kami mulai jarang dibikinin baju lagi karena orderan jahitan Mama selalu membludak menjelang lebaran. Anak-anak terpaksa ngalah. Anak tukang jahit, tapi bajunya malah beli. Rasanya aneh memakai baju jahitan orang lain, gak sama pula. Kami sudah terbiasa pakai baju sama. Lama-lama ya terbiasa. Rupanya dari baju itu kami mulai bisa dicirikan. Saya yang paling gak bisa milih baju bagus. Selalu milih yang paling jelek. Irma, biarpun kelihatannya sederhana, ternyata malah paling bagus pilihannya. Kalau milih baju, paling lama sendiri karena susah milih yang pas menurut dia. 

Menjelang lebaran gini, kami bakal ke Plaza atau Mall bareng-bareng nyari baju. Buka puasa di restoran fast food. Saya gak perlu punya sahabat cewek lagi, karena adik-adik saya itulah sahabat saya yang paling setia. Ya, mereka gak mungkin mengkhianati saya karena tinggal serumah dan sedarah. Mereka juga sabar dengerin curhat saya, meski sesekali ada berantemnya. Sebagai kakak pertama, saya memang sering mencampuri urusan mereka. Misalnya saja waktu Tria mulai pacaran, sementara kakak-kakaknya gak ada yang pacaran. Saya sampai mengsms pacarnya supaya baik-baik aja pacarannya, jangan sampai kelewat batas. Kalo melarang pacaran sih gak mempan. Tria kan lebih garang dari saya.  

Jadi, di antara semua momen manis yang pernah saya alami, berkumpul dengan adik-adik saya adalah salah satunya. Saya dan Irma sudah menikah dan ikut suami, otomatis kami sudah jarang berkumpul lagi. Yang paling jarang pulang adalah saya. Paling-paling dua bulan sekali. Saya kangeeeen deh ngobrol-ngobrol dengan adik-adik saya. Curhat segala hal, walaupun beda usia, tetap nyambung. Plus shopping bareng. Terakhir ketemu, sebelum ramadan 2013, di acara 40 hari meninggalnya keponakan saya, dari adik sepupu. Itupun cuma bertiga, gak sama Irma. 

Saking asyiknya ngobrol-ngobrol, sering sampai tengah malam. Apa aja diomongin, nyambung gak nyambung. Kadang masih sempet berantem juga. Itu bedanya dengan sodara cowok. Suami saya juga punya dua adik cowok, tapi kalo ketemu gak sampe ngobrol sedalam-dalamnya. Misalnya aja waktu adik suami mau nikah, saya tanyain soal calonnya, suami gak tau.  Katanya, ngapain nanyain soal begitu? Lah? Kan adik sendiri, masa gak tau? Aneh. Kalo saya, udah pasti ditanyain semuanya. 

Belakangan ini, suami gak mau diajakin nginap di rumah ortu saya. Jadi kalau datang ya cuma sampe sore. Hiks, jadi saya gak bisa ngobrol-ngobrol sama adik-adik sampai tengah malam lagi. Apalagi Irma juga sedang hamil dan sudah mulai jarang pulang ke rumah ortu. Saya sudah jarang ketemu Irma. Lebaran besok pun jatah pulang kampung ke Garut, rumah mertua. Jadi, saya gak bisa kumpul-kumpul bareng adik-adik. Gak seperti tahun lalu. Gak bisa bikin kue dan masak makanan lebaran bareng-bareng. Cuma bisa berharap tahun depan bisa ketemu lagi dengan lebaran dan kumpul bersama adik-adik saya. Kalau sudah jauh begini  baru terasa ya betapa memiliki saudara itu menyenangkan. 

Lebaran tahun 2012, bisa kumpul semua 


4 comments:

  1. Kumpul sama keluarga itu sesuatu yang mewah menurut saya Mbak :)

    ReplyDelete
  2. Enak ya bisa akur kaya gitu ama sodara...

    ReplyDelete
  3. semoga bisa terus kumpul sama saudara2nya ya Mba..

    Makasih sudah share ceritanya..
    OK. Tercatat sebagai peserta^^

    ReplyDelete
  4. hihihi, seru emang ya mbak, ngerumpi sama sodara sendiri..
    btw saya juga bersaudara cewek semua. kalo mbak hana 4 bersaudara, saya 5.
    ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...