Sunday, April 8, 2018

Lakukan 4 Kebiasaan Sehat Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit



Kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita yang akan menjadi pusat perhatian orang saat pertama kali bertemu dengan kita. Sebagai wanita, sudah tentu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit itu penting. Pasti kita galau kalau ada suatu kondisi yang membuat kulit kita terlihat tidak sedap dipandang, seperti warna kulit tidak merata, bekas jerawat, flek hitam, selulit, dan bekas luka. 


Beberapa minggu lalu, saya jatuh dari motor. Alhamdulillah tak ada luka yang parah, hanya tergores di beberapa area. Walaupun begitu, saya khawatir bekas lukanya tidak hilang karena terlihat seperti bercak panu. Adakah produk kecantikan yang dapat menghilangkan bekas luka dan beberapa permasalahan kulit lainnya seperti yang saya sebutkan tadi? 

Jawabannya ada pada acara Blogger Gathering Bio-Oil dan CChannel yang saya hadiri tanggal 25 Maret 208 di Hotel Aston Bogor dengan tema "Healthy Habits for Healthy Skin." Saya bersemangat mengikuti acara yang dimulai dengan senam Pound Fit.

Udara Bogor yang sejuk pada pukul 6 pagi membuat saya bersemangat. Dipandu oleh Tari, seorang intruktur, kami dibekali matras dan pemukul drum karena senam ini mengikuti gerakan seorang pemukul drum. 

Sebelum Senam Pound Fit

Apa hubungannya senam dan kecantikan? Ada dong hubungannya. Yang pasti, selama hampir satu jam kami melakukan senam yang cukup menguras keringat dan tenaga itu. Tari menceritakan manfaat melakukan olahraga secara rutin yaitu untuk melancarkan peredaran darah sehingga kulit lebih kencang, segar, dan kenyal.

Instruktur Senam

Olahraga akan membuat kulit kita tidak cepat keriput atau menunda penuaan dini. Cobalah rutin berolahraga 3 kali seminggu. Jadi, selain dapat menjaga berat badan, olahraga juga dapat membuat kulit kita lebih sehat dan cantik lho. 

Segar setelah Senam Pound Fit

Setelah para blogger beristirahat sejenak dan berganti pakaian, kami mengikuti sesi talkshow bersama Bio-Oil di  dalam ruangan yang sudah dihiasi nuansa oranye. Ibu Uma dari PT Radiant Sentral Nutrindo, pemegang lisensi PT Bio-Oil di Indonesia memberikan sekilas kata sambutannya mengenai kampanye "Your Healthy Skin Habits" yang dilakukan oleh Bio-Oil untuk memotivasi para wanita agar melakukan kebiasaan-kebiasaan baik untuk kulit. Harapannya, informasi itu bisa disampaikan kepada masyarakat oleh para blogger yang hadir pada acara ini. 

Kemudian, Tyna Kana Mirdad seorang Sosial Media Influencer yang juga menantu Lidya Kandau dan Jamal Mirdad ini, membagikan pengalamannya menjaga kulit agar senantiasa sehat dan cantik. Tyna yang sehari-hari adalah ibu rumah tangga tapi suka melakukan pekerjaan sampingan sebagai Social Media Influencer dan sering mengendorse produk kecantikan ini, sudah tentu harus selalu menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya. Menurut Tyna, perawatan kulit dari dalam itu penting tapi dari luar juga penting. 

Tyna Kana Mirdad

Tyna lebih suka melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah karena anak-anaknya masih kecil jadi belum leluasa menghabiskan waktu berjam-jam di salon. Setiap bangun pagi, dia langsung cuci muka, mandi, dan mengoleskan lotion plus sunblock ke seluruh tubuh. Masalah kulit yang dialaminya adalah warna kulit tidak merata terutama setelah berjemur di pantai. Kakak iparnya, Nana Mirdad, tinggal di Bali dan Tyna sering ke Bali. Jadi, Tyna suka berjemur di pantai. Ternyata warna kulit yang tidak merata itu bisa diselesaikan oleh Bio-Oil. 

Tyna mengenal Bio-Oil sejak hamil anak pertama. Tadinya dia tidak tahu kalau Bio-Oil juga bisa menyamarkan warna kulit yang tidak merata. Dia memakai Bio-Oil untuk mencegah selulit. Ternyata Bio-Oil banyak manfaatnya. Bahkan bisa digunakan untuk menghapus make up. Huwaaa... asik juga ya. Satu minyak untuk berbagai masalah kulit. Lebih lengkap lagi, paparan dari Ibu Nurhayatini, Product Manager PT. Radian Sentral Nutrindo yang menjelaskan berbagai masalah kulit yang membuat kita tidak percaya diri. 

Ibu Tini 

Beberapa masalah kulit itu, adalah: 

SCARS
Adalah bekas luka yang tak bisa hilang 100%. Hanya bisa disamarkan. 

STRETCHMARK
Selulit berupa garis-garis putih di beberapa area kulit yang tak hanya mengenai wanita hamil tapi  juga orang-orang dengan perubahan berat badan yang drastis (gemuk ke kurus). 

WARNA KULIT TAK MERATA
Terjadi akibat ada beberapa bagian kulit yang terkena sinar matahari terus menerus seperti saat berjemur. Bisa juga karena pemakaian skincare yang tidak cocok. 

KULIT KERING
Akibat AC dan cuaca kering yang ekstrim. Kulit yang kering mengakibatkan kerutan, bahkan iritasi kemerahan. 

PENUAAN DINI
Sinar matahari membuat kulit berkurang kelembapannya sehingga terjadi penuaan dini. 

Beberapa solusi masalah kulit yang disarankan oleh Ibu Tini, adalah: 
  1. Kenali jenis kulitmu dan gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit kita. Kulit yang kusam mengindikasikan organ bagian dalam yang tidak sehat. Jenis kulit ada 5, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. 
  2. Rawatlah kulit dari dalam dan luar.
Nah, ini dia 4 kebiasaan sehat untuk menjaga kesehatan kulit. Disimak baik-baik dan dipraktekkan yaa... Saya juga sudah mulai mempraktekkannya lho.

Bersihkan Wajah 2 kali Sehari
Membersihkan wajah ini wajib dan harus banget. Jangan sampai tidak. Walaupun sudah capek luar biasa karena pulang beraktivitas seharian, tetap harus membersihkan wajah sebelum tidur. 

Hindari Sinar Matahari Langsung
Paparan sinar matahari tak hanya membuat kulit jadi lebih gelap tapi juga menyebabkan flek hitam dan penuaan dini. Sinar matahari yang bagus hanya pada jam 6-9 pagi. Setelah itu, kita harus menggunakan krim yang mengandung SPF dan penutup tubuh (payung, topi, dll). 

Beri Asupan Nutrisi untuk Kulit
Vitamin dan mineral yang ada pada sayur dan buah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi, kita harus rutin makan sayur dan buah yang juga mengandung antioksidan. 

Lakukan Perawatan Kulit 
Perawatan kulit dari luar dapat menjaga kulit tetap sehat dan mengobati kulit yang bermasalah. Salah satunya dengan menggunakan Bio-Oil yang memiliki banyak fungsi. Gunakan Bio-Oil pada kulit yang bermasalah dan rasakan khasiatnya setelah 3 bulan. Efeknya memang tidak instan, karena produk kecantikan yang efeknya instan itu justru berbahaya. 

BIO-OIL, produk spesialis perawatan kulit yang dapat membantu memperbaiki scars, strecthmarks, dan menutrisi tubuh dari rambut sampai kaki. Serius? Iyaaa.... `Produk ini diformulasikan oleh kimiawan Jerman, Dieter Beier pada tahun 1987 dan diproduksi di Union Swiss, Afrika Selatan. Telah mendapatkan 349 penghargaan Internasioanl dan peringkat pertama di 24 negara sebagai produk spesialis perawatan untuk scars dan stretchmarks. Sejak tahun 2002 telah terjual di 86 negara. Keamanannya sudah sesuai dengan Peraturan Parlemen Eropa dan Dewan Produk Kosmetik. Bahkan dapat digunakan oleh wanita hamil.

Bio-Oil


Apa sajakah kandungan Bio-Oil? 

Sesuai namanya, Bio-Oil adalah gabungan dari minyak yang dipercaya khasiatnya untuk kecantikan, yaitu: 

Purcelin Oil
Fungsinya untuk mengurangi kepekatan minyak, sehingga minyak teasa ringansaat diaplikasikan ke kulit dn mudah menyerap. Berfungsi juga seabgai emolien yang membuat kulit jadi halus, lebut, dan kenyal. 

Calendula Oil
Fungsinya untuk meregenerasi sel kulit dan digunakan untuk merawat kulit sensitif, rusak, atau terbakar sinar matahari. Juga dapat mengurangi peradangan , iritasi, infeksi, dan ruam ringan. 

Rosemary Oil
Membantu menjaga dan menenangkan kulit, juga untuk antiseptik ringan.

Chamomile Oil 
Anti peradangan dan membantu menenangkan kulit. Bermanfaat juga untuk kulit sensitif. 

Lavender Oil
Dapat menyejukkan kulit, melembutkan, menenangkan, juga sebagai antiseptik ringan.

Vitamin E
Antioksidan untuk melindungi dari efek radikal bebas. Kulit juga jadi halus, lembut, dan kenyal.

Vitamin A
Untuk membentuk kolagen kulit, meremajakan kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Bio-Oil 25 ml

Cara menggunakannya: teteskan Bio-Oil di atas punggung tangan secukupnya, lalu oleskan pada kulit yang bermasalah.

Teteskan di Punggung Tangan


Bio-Oil juga dapat digunakan sebagai pelembab lho. Walaupun ini bentuknya minyak, tapi cepat meresap ke dalam kulit dan tidak berminyak. Wanginya juga enak banget. Setiap blogger diajak mencoba Bio-Oil, termasuk saya. Dan memang Bio-Oil ini enak banget dipakainya. 

Saat ini tersedia ukuran 60 ml, 125 ml, 200 ml, dan 25 ml (untuk bepergian). Harganya mulai dari Rp 50.000 per botol. Mahal? Eit, tapi Bio-Oil ini hemat pemakaiannya karena bentuknya minyak jadi cukup diteteskan sedikit saja. 

Kegunaan untuk tubuh: 

Rambut: Menjadi serum rambut yang dioleskan setelah keramas, terutama pada rambut bercabang. 

Wajah: Gunakan sebagai pelembab wajah dan bibir. Juga bisa untuk membersihkan make up. 

Siku: Gunakan di bagian siku untuk melembabkan kulit yang kering.

Tumit: Dapat memperbaiki tumit yang pecah-pecah. 

Di rumah, saya mencoba mengaplikasikan Bio-Oil ke bekas luka akibat jatuh dari motor itu. Sebelumnya, luka  tersebut sudah harus kering ya. Jadi tidak boleh diaplikasikan pada luka yang terbuka. Selain wanginya yang harum, juga tidak lengket di kulit. Serasa tidak pakai minyak. Semoga bekas luka saya ini cepat hilang.

Oleskan ke Bekas Luka

Cepat Menyerap 

Yuk, segera lakukan kebiasaan sehat untuk kulit sehat!







10 comments:

  1. Ternyata banyak manfaat bio oil ya, mba. Ini bisa dipakai untuk semua jenis kulit ya?

    ReplyDelete
  2. 1 produk manfaatnya bisa untuk semua ya mba hebat banget

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen coba untuk kulitku yang gara-gara keseringan jalan-jalan :D

    ReplyDelete
  4. seru yah acara nya ... ada senam pound fit jg, aku blm pernah cobaa. Btw, Bio Oil yg 25ml ringkas banget buat di bawa jalan2

    ReplyDelete
  5. Oo sekarang ada yg kemasan mungil yak.. . Serius aku baru tau nih...

    ReplyDelete
  6. Olahraga dlm hal ini senam cukup mempengaruhi kesehatan kulit sehingga berimbas pada dampak efek kecantikan. Dgn acara seperti ini kian membuka wawasan betapa pentingnya merawat kecantikan

    ReplyDelete
  7. Boleh di coba ni mba secara sy pernah jatoh dan ada bbrp luka di wajah jadi ga rata setelh sembuh, terimakasih infonya

    ReplyDelete
  8. Kalo dijadiin pelembab, bio oil ini nanti langsung bisa meresap ke kulit ya mba, mksdnya jd ga berminyak banget kan? Soalnya ga enak kalo berminyak.tapi aku pengen coba sih bio oil, banyak yg bilang katanya bagus buat kulit wajah.

    ReplyDelete
  9. Biooil ini enaaak banget aromanya. Buat pijit juga asyik..gak bau minyak pijit

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...