Saturday, January 19, 2019

Mulai Resolusi Sehat 2019 bersama Sun Life Resolution Run


sun life resolution run indonesia

Sun Life Resolution Run Indonesia 2019. Siapa nih yang resolusi 2019-nya ingin hidup lebih sehat? Pasti banyak yang tunjuk jari, karena memiliki keberhasilan dan kesuksesan dalam hal apa pun tak ada gunanya kalau tubuh kita tidak sehat. Kesehatan adalah harta yang paling berharga dalam hidup kita.

Sayangnya, resolusi sehat itu ternyata banyak yang hanya di awang-awang. Kita ingin hidup sehat tapi tidak mengubah pola hidup kita agar mendapatkan tubuh yang sehat. Kelebihan berat badan, obesitas, dan diabetes pun mengancam. Penyakit diabetes menduduki urutan 3, penyebab kematian di Indonesia. Wow. 

Pola hidup sehat tak hanya dalam hal memilih asupan makanan, tapi juga memperbanyak gerak. Berolahraga secara teratur menjadi salah satu cara untuk hidup sehat. Agar lebih termotivasi berolahraga, paling enak memang jika dilakukan bersama-sama. Misalnya, mengikuti kompetisi lari

Nah, karena itulah PT Sun Life Financial Indonesia mengadakan kompetisi lari "Sun Life Resolution Run Indonesia" tanggal 20 Januari 2019 di ICE BSD. Dalam jumpa pressnya tanggal 17 Januari 2019 lalu, saya mengutip berbagai pendapat dari para narasumber mengenai alasan diadakannya kompetisi lari ini. 

Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, dalam sambutannya menyebutkan bahwa dalam data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 terdapat kenaikan angka prevalensi kelebihan berat badan pada usia produktif di Indonesia. Pada tahun 2013, hanya 11,3% tapi di tahun 2018 jumlahnya meningkat menjadi 13,6% di tahun 2018.

sun life resolution run indonesia
Elin Waty, Presdir Sun Life Indonesia 

Jumlah penderita obesitas pun meningkat dari semula 14,8% menjadi 21,8%. Itu artinya, resolusi hidup sehat yang selalu diucapkan di awal tahun, ternyata menguap begitu saja atau tidak terealisir. Duh, jadi nampol ke muka saya nih hehe.... Ya, saya akui memang setiap tahun membuat resolusi ingin diet dan hidup sehat tapi berat badan malah bertambah terus. 

Hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index juga menyebutkan, bahwa para profesional muda di Asia saat ini menjalani kehidupan yang sangat buruk dan berdampak pada kesehatan yaitu terlalu banyak bekerja, terlalu banyak makan makanan yang tidak sehat, dan kewalahan menjalani hidup. 

Selain itu, kita juga kurang gerak. Terlalu banyak bekerja di belakang meja, jadi kurang memakai aktivitas fisik. Jumlah masyarakat Indonesia yang kurang gerak di tahun 2013 yaitu 26,1% meningkat jadi 33,5% di tahun 2018. Itulah kenapa Sun Life mengadakan Sun Life Resolution Run Indonesia di awal tahun 2019 ini sebagai langkah pertama memulai resolusi hidup sehat agar nantinya tidak hanya di awang-awang.

Usai sambutan dari Elin Waty, dihadirkan pula narasumber talkshow yang akan memaparkan pentingnya berolahraga dan mengapa Sun Life Indonesia memilih olahraga lari untuk dikompetisikan. Shierly Ge, Chief Marketing Sun Life Financial Indonesia mengungkapkan bahwa event Sun Life Resolution Run ini diadakan di 5 negara Asia yaitu Indonesia, Filipina, Hongkong, Malaysia, dan Vietnam.

Kalau di Indonesia ini adalah untuk pertama kalinya. Semoga tahun-tahun berikutnya juga diadakan kompetisi lari ini ya. Ada 3 kategori lomba yang bisa dipilih sesuai kemampuan kita yaitu  5K, 10K, Family Run 1,5K. Tak hanya menghadirkan peserta dari masyarakat umum lho tapi juga ada 2 public figure yang lekat dengan olahraga lari yaitu Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono. Wah seru ya Sun Life Resolution Run Indonesia ini.

Ibnu Jamil sendiri menjadi MC dalam acara Press Conference ini. Sedangkan Kelly Tandiono menjadi salah satu narasumber yang berbagi rahasia mengikuti kompetisi lari. Sebelumnya, Dr. Grace Joselini, dokter yang juga menjadi Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Asian Games 2018, mengungkapkan bahwa olahraga secara teratur membantu mengurangi berbagai risiko penyakit, meningkatkan kesehatan, dan meningkatkan kualitas hidup.

Olahraga lari adalah pilihan olahraga yang mudah dan murah, juga memiliki intensitas tinggi untuk membakar kalori. Sehingga dampaknya lebih besar untuk mencegah obesitas dan diabates. Penyakit diabetea adalah pembunuh ketiga di Indonesia yang tak dapat disembuhkan. Diabetes hanya bisa dicegah. Kalau sudah terkena, penderita akan bergantung pada obat seumur hidup.

sun life resolution run
Ibnu Jamil, Shierly Ge, Dr. Grace, Kelly Tandiono

Dari hasil riset, kompetisi lari memang paling digemari karena sekitar 60% responden memilih kompetisi lari dibandingkan jenis olahraga lain. Di Indonesia, sudah digelar lebih dari 340 kompetisi lari selama tahun 2018. Beberapa tips yang perlu dilakukan oleh peserta kompetisi lari sebelum mengikuti kompetisi, menurut Dr. Grace adalah sebagai berikut:

  • Sesuaikan dengan kemampuan tubuh dalam memilih jarak lari apakah 5K atau 10K. Bagi pemula, coba jarak yang lebih pendek dulu. 
  • Jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan agar tubuh tidak cedera. 
  • Asupan cairan harus bagus, banyak minum air putih agar tidak terkena dehidrasi. 
  • Gunakan sepatu lari yang nyaman, yaitu sepatu khusus lari
  • Gunakan pakaian lari yang nyaman, jangan pakai jaket yang panas. 
  • Gunakan sunblock atau krim penangkap sinar UC agar kulit tidak rusak terkena cahaya matahari. 
Sedangkan, Kelly Tandiono seorang influencer yang menggemari olahraga lari memaparkan bahwa rutin berolahraga dapat menjaga stamina tubuh sehingga tetap produktif bekerja dan tidak mudah sakit. Sebelum mengikuti kompetisi lari, Kelly mempersiapkan hal-hal berikut: 
  • Tidur yang cukup.
  • Minum air yang banyak. 
  • Perhatikan asupan gizi, terutama karbohidrat. 
  • Tambah asupan vitamin dan omega 3. 
Untuk Sun Life Resolution Run Indonesia 2019 ini, pendaftarannya di www.resolutionrunindonesia.com dan sudah ditutup karena sudah tercapai 1500 peserta. Uang pendaftaran mereka didonasikan ke RSCM untuk edukasi bahaya penyakit diabetes juga membantu pasien diabetes. 

Bagaimana dengan kamu? Siap untuk hidup lebih baik dengan berolahraga secara teratur? Mari gelorakan semangat Live Healthier Lives

sun life resolution run indonesia





75 comments:

  1. lari itu murah dan sehat, tapi kenapa masih banyak yang tidak melakukannya? termasuk saya sih hehe, udah cape di rumah. tapi tiap hari jalan belanja ke tukang sayur kok. nah ini suami, harus dimotivasi sama anak perempuannya malah kalau mau lari pagi pas weekend. wah ini lomba larinya dudah lewat ya, padahal bisa sekeluarga

    ReplyDelete
  2. Tiap tahun juga resolusinya mau sehat mbak tapi praktekknya hihihi aku suka-suka. Tapi mulai sekarang udah mulai disiplin lagi yuk. Kurang gerak banyak makan jadilah penyakit ya, duh ngeri banget. Pingin ah kapan2 ikutan Fumily Run atau !,5 Run dululah paling gak :-D.btw Ibun Jamil kok beda ya skr tampilannya.

    ReplyDelete
  3. Wah pesertanya banyak ya 1500 peserta, berarti uang donasi pun banyak terkumpul ya Mba Alhamdulillah. Ini acara yang bagus banget deh, dapat sehatnya, dapet pahalanya :)

    ReplyDelete
  4. Wow... Saya termasuk penyumbang kenaikan angka kelebihan berat badan pada usia produktif di Indonesia nih. Bukannya gerak jalan yang dibanyakin, malah gerak makan 😂

    Tapi ya mulai banyak keluhan juga. Abis ini tobat ah, mudah2an bisa konsisten olahraga. Serem juga kalau numpuk penyakit

    ReplyDelete
  5. Aku juga pengen mulai hidup sehat nih mbak, terutama ngurangin minuman yang manis-manis. Mager banget emang sih mulai olahraga, apalagi masa menyusui gini, selalu jadi alasan untuk makan teruuus hahahaha

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya masing-masing kita sadar ya kalau gaya hidup yang nggak sehat bakal berakibat munculnya banyak macam penyakit. Kayak saya nih, jujur jarang banget olahraga, padahal kalau mau diniatkan olahraga seharusnya bisa banget, misal lari yang paling mudah dan murah.

    Mudah-mudahan acara sun life resolition run bisa digelar lebih sering dikira lain pula ya mbak

    ReplyDelete
  7. Bapakku penderita diabetes mbak..sekarang meski kondisinya sehat dan stabil tapi tergantung pada suntikan insulin, maka aku mesti peduli dengan kesehatan nih..
    Salut dengan acara seperti ini, berlari sekalian berdonasi! Keren Sun Life dan seluruh peserta Sun Life Resolution Run 2019!

    ReplyDelete
  8. 2019 ingin selalu sehat, dimulai dengan olahraga rutin, aduh ini yang agak susah, soale saya termasuk moody..hihii.

    Sun Life Resolution 2019 menjadi semangat nih untuk hidup sehat dan bisa ikut berdonasi juga.

    ReplyDelete
  9. Wah program sehat nya langsung dipraktekin ya mbak sekaligus campaign gaya hidup sehat, zaman now memang banyak jajanan hits padahal tinggi kadar gula dan kalori keren nih Sun Life Resolusi 2019 nya

    ReplyDelete
  10. Ga sabar rasanya menanti anak gedean dikiy.
    Biar mamaknya bisa olahraga lari, dan nyaman tanpa perlu ditangisin atau digelendotin bayi padahal masih keringatan wkwkwk.

    Btw keren banget deh Sunlife ini, gak kenal lelah mengedukasi tentang kesehatan pada masyarakat :)

    ReplyDelete
  11. seru banget ya itu Mbak, lari bareng 1500 peserta gitu.
    duuh saya juga pengen sebenarnya olahraga lari begini, tapi sekarang bisanya baru lari dari kenyataan, *oupsss.

    ReplyDelete
  12. Iya, lari itu mudah dan mudah banget. Bahkan, di sekeliling rumah pun bisa. Tinggal niatnya aja. Kadang, memang lebih semangat kalau lari bareng.

    ReplyDelete
  13. Bagaimana tak kurang gerak, kalau apa2 pakai ojol, hihi. Pengen makan, yg beli ojol. Pengen kirim barang, yg berangkat ojol. Pengen keluar rumah yg antar juga ojol. Ah harus ubah kebiasaan mulai dr diri sendiri nih

    ReplyDelete
  14. Bagus ya acara yg diadakannya. Jadi memberikan langkah nyata untuk kesehatan dg acara mengadakan olahraga lari bersama.


    Dan wow, peminatnya banyak juga ya.. Pendaftaran udah ditutup karena sudah 1500 peserta. Dan yang lebih menarik lagi, uang pendaftaran diserahkan ke RSCM untuk membantu mengobati pasien diabetes. Mantep banget..

    ReplyDelete
  15. Olahraga lari memang semakin banyak peminatnya. Mungkin karena siapapun bisa melakukannya. Tetapi, memang setuju dengan pendapat narasumber. Harus ada persiapan, jangan anggap remeh

    ReplyDelete
  16. Sekarang makin banyak event lomba lari diadakan karena makin banyak komunitas lari yang bermuncul. Termasuk di Makassar juga gitu.

    ReplyDelete
  17. Masih mengawang-awang kalo disuruh lari mendingan kabuuuur

    ReplyDelete
  18. Menjaga kesehatan demi masa depan memang tidak mudah di lakukan.

    Sun life resolution run 2019 mengajak kita untuk semangat menjalani dan menjaga untuk tetap konsisten dalam kesehatan dan semangat hidup

    ReplyDelete
  19. wah kalau aku lari sudah agk kuat tapi jalan sehat yang rutin aku lakukan

    ReplyDelete
  20. Aku pikir dulu tu ya mba kerjaan IRT yang wara wiri kaya gosokan baju itu udah cukup sama dengan olahrga... Ternyata no big no, ga sama. Jadi memang mesti dijadwalkan berbeda untuk olahrga.dan yang paling murah yaa... Lari ya, aku biasanya olga sekalian jalan plus lari sambil nemenin anak bungsu eksplor lingkungan, ngos2an mayan 1 jam.

    Btw, diabetes emang penyakit paling horor menurutku mba, udah punya 1 penyakit eh dia ajak2 yang lain, kaya jantung, ginjal, syaraf buat sakit juga. Gara2 kepikiran diabetes aku sekarang miniiim banget gula, setengah kilo 2 bulan baru habis sekeluarga

    ReplyDelete
  21. Suka sama acara kayak beginian. Dan uniknya, sudah kayak jadi tren yang juga disuka banyak masyarakat ya Mbak. Moga acara kayak beginian yang diadakan Sun Life ini juga jadi motivator gaya hidup sehat di masyarakat.

    ReplyDelete
  22. Changing lifestyle and eating healthy food will definitely help us boost our health

    ReplyDelete
  23. Banyak banget ya yang gak sadar kalau gaya hidup yang kurang baik itu akan berpengaruh pada kesehatan. Sama nih sama aku! Haha. Harus mulai diimbangi dengan olahraga rutin dan makan minum yang benar.

    ReplyDelete
  24. Sukses besar nih kyknya lomba larinya. Kmrn liat bbrp org yang kukenal bekerja dan tinggal di kawasan BSD juga ikutan lomba ini. Rata2 ikutan 5 K. Moga next bisa ikutan.

    ReplyDelete
  25. Wahaha saya jadi kesindir. Sejak lulus kuliah jadi dikit gerak. boro-boro olah raga, yoga ringan yang direncanakan setiap pagi aja sering kelewat. Saya masih suka aneh sih sama orang yang nggak suka olah raga. Jelas-jelas gitu dia bilang ke saya, benci olah raga karena bikin capek dan berkeringat. Saat itu, saya ingin sekali memaki dia wkwk >,<

    ReplyDelete
  26. walah salah satu kelemahan aku, lari.. kalua lari dari kenyataan mah udah sering haha
    tapi semoga aja di tahun 2019 ini bias lebih sehat :D

    ReplyDelete
  27. Aku dulu hobby lari nih, sekarang udah lama gak lari. Mana efek dari lahiran kemarin gak aku sabukin, eh perut jendol ihiks

    ReplyDelete
  28. wah ini pasti seru banget bisa lari2an bareng sambil berkegiatan positif.
    tapi klo aku mungkin ga bisa sampe garis finish ini kwkwkw

    ReplyDelete
  29. Iya sih, semua orang pasti ingin sehat. Tapi juga harus disertai dengan langkah nyata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelebihan berat badan memang mengundang banyak penyakit ya. Moga aku bisa lebih rajin olahraga ��

      Delete
  30. Aku seneng banget olahraga lark dibandingkan yang lain mbak leyla. Meskipun bukan atlet, alhamdulillah rutin tiap minggu. Hehehe

    ReplyDelete
  31. Lari itu, olah raga yang paling mudah dan ringan. Tapi meski begitu, kok susah banget ya, mau konsisten olah raga lari hihihi .. padahal demi kesehatan juga ya :))

    ReplyDelete
  32. Duh...aku sudah gak kuat nih kalau lari.. Paling bisa jalan sehat deh..hehe.. Semoga sukses acaranya y..

    ReplyDelete
  33. Sekarang daku sukanya zumba dan jalan kaki, semoga Istiqomah hihi..keren ya acaranya Sunlife biar sehat warga Indonesia..

    ReplyDelete
  34. Wahhh..asyik tu ada Family Run, hanya 1,5 km pula.
    Pasti seruuu ya, mba..
    Jadi dapat bahagianya, dapat pula sehatnya :)

    ReplyDelete
  35. Tahun ini bertekad live healtier lives, apalagi usia jelang jelita, hihihi
    Btw, csr sun life ini keren ya, membantu pasien diabet

    ReplyDelete
  36. Saya Maaak. Resolusi tahun ini ingin hidup lebih sehat �� semoga tercapai deh, bismillah, habis baca Sun Life ini semangat membara kembali ��

    ReplyDelete
  37. Saya dari dulu punya resolusi hidup sehat tapi banyak godaan banget salah satunya malas hehe jadi wee jarang olahraga hehe. Btw asik ya event lari gini kita jadi dah GT ada kategori family run pula.

    ReplyDelete
  38. Aku.. akuu! Semua orang pasti pengem sehat ya mbaa hihi. Sebetulnya tahun 2018 sudah sempat memulai hidup sehat, tapi karena hamil jadi agak terhambat lagi nih. Moga2 abis gini bisa kumulai lagii agendanya sehatnya :)

    ReplyDelete
  39. Nah lho, resolusi hidup sehatnya ternyata samaan juga kayak aku, tapi ya gitu deh hehe.

    Emang obesitas dan diabetes penyakit serem dan harus kita lawan dengan cara mengubah pola hidup nih. Hayuk atuh ehe ehe

    ReplyDelete
  40. Ini nih, pola hidup sehat ini yang sering jadi pembicaraan di berbagai talkshow dan workshop ya. Mesti punya tekad dan komitmen yg kuat agar bisa berubah ke arah yang lebih baik dan sehat :)

    ReplyDelete
  41. wah...ada dua pilihan, 5K dan 10K.
    kalau yg ga kuat mending ambil yang 5k aja ya. bisa aja temen2 nih biar bisa balapan.

    ReplyDelete
  42. Sebetulnya saya kurang kuat kalau olahraga lari. Makanya lebih milih jalan kaki. Tapi, sesekali pengen lah cobain keseruan event lari. Kenapa harus event? Karena kalau ramai-ramai biasanya lebih semangat. Siapa tau jadi senang dan kuat dengan olahraga ini

    ReplyDelete
  43. Pasti animonya besar juga kalau diadakan di Surabaya.
    Semoga saja ada karena kantor SunLife di sini lumayan besar juga.

    ReplyDelete
  44. Wah keren nih acara yg ngajak utk hidup sehat sekalian berbuat baik pada sesama

    ReplyDelete
  45. Kalau pemula 5k oke lah ya. Emang kudu pendinginan sih mba. Ak peenah cidera seminggu badan kaku semua. Hiks.

    Resokllusinya bagus banget. Aku dukung

    ReplyDelete
  46. Wah seru ya acara kayak gini memang kesadaran nasyarakat indonesia masih rendsh walauoun mulai meningkat dr tahun tahun sebelumnya. Semoga sun life punya gebrakan event yg lebih seru lagi buat ngajak masyarakat indonesia lebih aware sama kesehatan

    ReplyDelete
  47. Aku kira lari itu bisa tinggal cusss aja, kan mudah dan murah ya...Tapi ternyata benar juga harus ada persiapannya biar enggak cedera. Apalgi kalau ikut lomba harus ada latihannya juga.
    Acara yang keren, semoga ada lagi nanti dimana-mana biar makin semangat sehat rakyat Indonesia

    ReplyDelete
  48. Bener banget, Mbak, apalah artinya kesuksesan kalau kita sakit. Aku mengalaminya di tahun 2018 lalu. Aku tak bisa apa-apa dan justru kegagalan demi kegagalan yang kudapatkan.

    ReplyDelete
  49. udah lama nih kak gak pernah lagi olahraga apalagi lari-lari kecil di pagi hari, wah jadi merasa jleb sendiri baca ini. Btw acaranya seru yah kak, kapan yah ada di Makassar juga hihi

    ReplyDelete
  50. Kalo lepas baca begini begini semangat banget Mak buat idup sehat. Tapi begitu bacaan ditaruh, udah lupa lagi dah. Hahaha...

    ReplyDelete
  51. Suka kepikiran kalau ikut kompetisi lari kira-kira bakalan kuat nggak ya fisiknya? Udah lama banget nggak olahraga, jadi memang mesti latihan dulu kali ya biar ga jungkel, keren nih sunlife mengadakan event ini dan concern dengan masalah kesehatan

    ReplyDelete
  52. berasa diingatkan lagi baca ini untuk terus hidup sehat, apalagi usia sudah semakin mature dimana rawan penyakit degerenerasi

    ReplyDelete
  53. Aku nih jarang banget olah raga huhu mulai berasa sih pinggang seeing sakit..

    ReplyDelete
  54. Iya mba hyuhh buktikan resolusinya ingin sehat Dan Langsing akupun dah mulai giat olah raga ini

    ReplyDelete
  55. Nhaa iya ini, mba Leyla...
    Suka banget bikin resolusi, "Rajin olahraga dan makan buah-sayur".

    Tapi seiring berjalannya waktu, banyak banget pemakluman.
    "Ah...sehari iniiii aja, gak makan sayur."

    Lalu,
    Keterusaaan deeh...

    Hiiks~

    ReplyDelete
  56. Resolusi hidup sehatnya jangan hanya jadi resolusi yaa hehehe.. ayo semangaat

    ReplyDelete
  57. aku tim hore aja deh kalau acara lari-larian hehehe.. semangat yukkk buat semua para peserta 👍

    ReplyDelete
  58. Aku terakhir kali ikut acara lari kalau ga salah tahun 2014 apa 2015 mbak hahaha udah lama banget. Jadi pengen ikut lagi deh, tapi harus latihan dan pemanasan yang bener dulu. Noted buat tipsnya mbaak :)

    ReplyDelete
  59. Hiks aku sejak punya bayi lagi udah jarang banget olah raga. Terutama lari ! Padahal penting banget yaa buat cardio dan menjaga jantung biar tetap kuat. Thanks for reminder mba

    ReplyDelete
  60. Program dari asuransi seperti ini keren banget... Mereka secara tidak langsung mengajak kita hidup sehat...

    ReplyDelete
  61. Wahh 20 januari lalu donk? Pasti seru bangett. Seneng budaya lari di Indonesia makin dekat dengan masyarakat ya mba. Olahraga pun jadi terasa menyenangkan.

    ReplyDelete
  62. Pengen ikutan larinya Mba. Tapi apalah daya sekarang harus banyak istirahat. Bagus nih ya dari Sun Life

    ReplyDelete
  63. Aku sadar diri banget nih setelah baca kalau sedang menjalani pola hidung yang gak sehat, makan 'asal', jarang olahraga, sering begadang :'(

    ReplyDelete
  64. Serem juga, ya. Penyakit diabetes ini penyakit yang paling saya takuti. Semoga kita semua sehat walafiat

    ReplyDelete
  65. Hal paling susah adalah istikamah, Mbak. Awal-awal semangat olahraga, di tengah dan di akhir kendor bahkan tidak brolahraga lagi. Begitu pula soal pola makan yang kadang tak seimbang dan tak teratur. Hidup sehat itu memang enggak gampang, ya?!

    ReplyDelete
  66. Wow... acara Sun Life ini ketjeh bingits bikin orang2 pada sehat �� Makanan bergizi kudu seimbang dg olahraga ya. Aku mungkin cocok yg family run aja karena ga terbiasa lari wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  67. Pas baca tulisan harus minum air yang banyak, langsung nih mba Leyla aku minum airnya. Hehhehe. Senang banget nih ada kegiatan kece yang dilakukan Sunlife agar banyak orang yang melakukan gaya hidup sehat ya mba

    ReplyDelete
  68. Sellau mupeng deh lihat event lari kayak gini. Tapinya, sekarang boro2 bisa ikut event, lari keliling lapangan deket rumah aja ngosngosan banget. Ihiks...

    ReplyDelete
  69. Keren ya acaranya...ngga cuma lari tapi juga ada donasinya. semoga makin banyak acara seperti ini yaa...

    ReplyDelete
  70. Iya nih tiap taun baru pasti resolusinya mau olahraga, trus gak dilakonin.. heuheu.. Bagus ya acaranya.. Sekarang makin banyak lomba lari kayak gini.. Apalagi ini ternyata sebelumnya pernah diselenggarakan di beberapa negara ya mba, kereeen.. Aku suka Kelly Tandiono.. Iyaa keliatan healthy banget ya orangnya.. Kecee pas lagi modeling pun..

    ReplyDelete
  71. Olahraga lari sekarang makin bnyk penggemarnya. Selain relatif lebih murah,bisa dilakukan dimana saja sih. Dan lebih flexible waktunya. 2019 ini smoga semakin sehat

    ReplyDelete
  72. Sehat terus yuk mba ela mulai atur pola makan sehat dan olahraga rutin ya.. semangat

    ReplyDelete
  73. olahraga lari itu hobi suamiku tapi akutu kurang suka kalau lari berasa dengkul mau copot gitu mbak. Hehehe, mungkin karena teknik larinya salah kali yaa. Tapi ini jadi pengingat agar aku lebih rajin olahraga. Semoga 2019 ini bisa konsisten olahraga.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...