Thursday, January 10, 2019

Aksi Anak Aktif Bikin Lebam? Atasi dengan #AksiFlashBunda

Salim bermain halang rintang 


Bruk! Huwaaa....
Punya 3 anak lelaki yang aktif membuat saya sering mendengar suara-suara itu setiap hari. Kalau bukan karena jatuh, ya karena sedang pukul-pukulan atau berkelahi.

Memang benar, tubuh anak lelaki itu tidak bisa steril dari lebam. Mereka akan mengalami lebam sejak bisa berguling di kasur. Ya kira-kira usia 6 bulan ke atas. Jatuh dari kasur adalah kecelakaan pertama yang biasanya dialami oleh bayi.

Nah, setelah mereka bisa merangkak, berdiri, berjalan, dan berlari, akan lebih banyak lagi "kecelakaan" yang dialami. Saya bukan menakut-nakuti ya, tapi memang benar. Walaupun seorang ibu atau pengasuh anak sudah benar-benar memperhatikan si kecil sampai susah mau ke kamar mandi, tetap saja ada kejadian kecelakan kecil yang tak terhindari.

Main flying fox gak takut lebam 

Beberapa kecelakaan yang menimpa anak-anak saya ini, sulit saya lupakan karena dulu memang membuat panik bukan main. Jadi benar ya, seorang ibu juga harus memiliki kemampuan mengobati. Ibu adalah dokter rumah yang memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan. Setidaknya, ibu harus tahu bagaimana menangani luka atau sakit pada anak sebelum dibawa ke dokter klinik atau rumah sakit.

Ismail Jatuh dari Mobil-mobilan
Di usia 2 tahun, Ismail jatuh dari mobil-mobilan yang dinaikinya. Saat itu saya berada sekitar 200 meter di belakangnya. Saya mengawasinya bermain, tapi tiba-tiba dia jatuh. Wah panik sekali melihatnya terluka. Beberapa lebam muncul di tubuhnya seperti dengkul dan jidat. Sedangkan giginya patah dan berdarah.

Saya menyesal sekali karena posisi saya kurang dekat dengannya. Tapi belakangan saya menyadari bahwa yang namanya kecelakaan pada anak-anak memang sulit dihindari karena tubuh mereka masih kurang koordinasi. Istilahnya, remnya belum kencang untuk meminimalisir jatuh. Sebagai ibu ya tugas kita selanjutnya adalah segera memberikan pertolongan pertama.

Sidiq Jatuh dari Tangga Rumah Tetangga 
Kali ini adiknya Ismail yang saat itu berusia sekita 1 tahun dan baru bisa jalan. Kami sedang duduk di depan gang, seperti biasa kalau pagi saya mengajak anak-anak jalan-jalan. Di samping tempat saya duduk itu, sekitar 100 meter ada rumah tetangga yang sepi karena semuanya sedang pergi.

Sidiq melompat tinggi pun gak takut lebam

Rumahnya baru saja dipasangi tangga untuk naik ke teras, karena posisi rumahnya itu lebih tinggi dari jalan. Tangganya sih tidak tinggi, tapi rupanya bahaya juga kalau anak umur setahun itu naik tangga dan itu adalah anak saya yang langsung menggelinding ke bawah karena tangganya licin.

Nangis? Sudah tentu. Tapi yang bikin cemas adalah luka di dahinya yang cukup parah. Malah sempat dikira bekasnya tak akan hilang. Alhamdulillah, tidak berbekas meskipun dulu hilangnya lama.

Salim Jatuh dari Motor 
Setiap harinya, saya menjemput anak-anak pulang sekolah. Salim, anak bungsu saya, duduk di depan. Suatu ketika, kami mengalami kecelakaan ringan. Jatuh dari motor akibat jalanan licin bekas hujan. Alhamdulillah, kakak-kakak Salim yang duduk di belakang, tak mengalami cidera apa pun. Hanya saya dan Salim yang mengalami luka lebam di tangan dan kaki.

Salim menangis dan sedikit trauma. Kalau hujan dan jalanan licin, dia pasti akan melarang saya mengendarai motor terlalu cepat. Luka lebamnya juga lumayan banyak ya meskipun lebih banyak saya. Intinya, kecelakaan dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. 

Nah, itu baru tiga kisah tentang kecelakaan yang menimpa anak-anak saya saat sedang bermain dan beraktivitas. Aslinya ya masih banyak cerita lain yang juga membuat mental saya sebagai ibu semakin kuat. Seprotektif apa pun kita berusaha menjaga anak-anak, pasti ada saatnya kecolongan. Yang penting kita tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama. 

Biasanya kalau terjatuh itu anak-anak akan mengalami memar atau lebam yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah. Luka tersebut berwarna kemerahan bahkan biru, yang terasa sakit dan berdenyut. Pastinya Ibu tak tahan dong mendengar anak menangis dan rewel akibat lebam.

Saya saja yang mengalami lebam akibat jatuh dari motor itu merasakan kesulitan berjalan akibat luka lebam di area paha dan kaki.  Kalau tidak diobati, ya pasti akan mengganggu aktivitas dan membuat tubuh tak nyaman.

Berikut #AksiFlashBunda untuk memberikan pertolongan pertama pada luka lebam: 

Kompres Lebam dengan Air Dingin
Saya sering melihat adegan di film-film saat terjadi lebam karena terjatuh, mereka akan langsung meletakkan kain yang diisi dengan es batu ke atas luka tersebut. Ternyata benar lho, air dingin dapat meredakan luka lebam karena menghentikan terjadinya pendarahan di bawah kulit.

Kompres Lebam dengan Air Hangat 
Hari berikutnya, kompres lebam dengan air hangat untuk melancarkan peredaran darah sehingga tidak akan membeku di bawah kulit.

Oleskan Thromboflash 
Nah, kalau ingin lebih cepat mengobati lebam karena si kecil sangat rewel akibat lukanya terasa menyakitkan, lakukan #AksiFlashBunda yaitu dengan mengoleskan Thromboflash.

Bahan aktifnya adalah HEPARIN SODIUM 200 IU yang berfungsi untuk melarutkan gumpalan darah di bawah kulit akibat lebam, mengurangi peradangan, juga melancarkan peredaran darah agar memarnya lekas hilang.


Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskan tipis-tipis Thromboflash sebanyak 2-3 kali sehari pada lebam. Atau bisa juga dioleskan di kain kasa, lalu kain kasanya ditempelkan pada luka lebam. Jangan digosok-gosok pada lukanya ya, cukup dioleskan saja. Juga jangan dioleskan pada luka yang terbuka, semisal darahnya keluar atau ada goresan. Thromboflash untuk luka dalam/memar/lebam. 

Oleskannya tipis-tipis saja ya karena ini obat keras dan hanya untuk pemakaian luar. Jangan dimakan atau diminum. Simpan pada suhu di bawah 30 derajat celsius dan jika kemasannya sudah dibuka, maka hanya boleh dipakai tidak lebih dari 24 bulan.

Proses penyembuhannya berapa lama tergantung pada besar kecilnya luka. Pada umumnya, dalam waktu seminggu itu luka lebam sudah membaik. Thromboflash ini ada 2 ukuran yaitu 10 gram dan 20 gram.

Harga dan Tempat Membeli 
Saya membeli Thromboflash dengan ukuran 10 gram seharga Rp 37.000 di apotik K-24.

Thromboflash HALAL 
Berhubung saya seorang muslim, maka jika ada dua produk dengan manfaat yang sama tapi yang satu ada label halal dan yang satu belum ada label halalnya, saya akan memilih produk yang sudah ada label halalnya.

Logo Halal 


Apalagi kandungan Heparin dalam obat lebam ini bisa berasal dari 2 sumber yang diekstrak dari mucosa hewan. Yaitu, Porcine (diekstrak dari mucosa hewan babi) dan Bovine (diekstrak dari mucosa hewan sapi.

Nah, Thromboflash ini terbuat dari Heparin yang mengandung Bovine. Thromboflash telah bersertifikasi HALAL sehingga aman dan nyaman untuk pengguna yang muslim seperti saya.

Dikarenakan seringnya terjadi kasus jatuh seperti 3 kasus di atas di dalam keluarga saya, maka Thromboflash wajib ada di kotak P3K. Untuk berjaga-jaga bila suatu saat dibutuhkan. Thromboflash adalah sahabat keluarga dan bikin kita gak takut lebam.





29 comments:

  1. Dulu aku pernah habis kecelakaan dan mengalami lebam di bagian tubuh. Sama dokter dikasih Thromboflash.

    Beneran enak pisan pas dioles soalnya adem gitu di kulit, hehhe.

    ReplyDelete
  2. duh itu Sidiq jatuh dari tangga kebayang da mba Ela pasti panik soalna anakku jatuh dari kasur aja aku udha deg-degan bangets

    ReplyDelete
  3. Kalau melihat anak udah lebam biasanya suka pengen melarang supaya jangan aktif. Udha duduk manis aja, deh. Tetapi, kan juga gak bagus kalau begitu. Jadi memang sering dikasih tau aja supaya berhati-hati. Kalaupun sampai lebam udah tau P3Knya apa :)

    ReplyDelete
  4. bahahah, sesama punya anak 3 laki emang deh paling "langganan" nabrak, jatoh, kejedot, kudu punya obat lebam di kotak P3K emang

    ReplyDelete
  5. Punya anak laki-laki emang gitu ya mba..si abang aja pulang main suka tiba2 lebam gitu entah jatuh dari aepeda atau lari-larian..aku baru tau nih mba,,harus sedia di rumah ya buat jaga2 kalo anak lebam lagih..

    ReplyDelete
  6. Anak2 memang paling sering lebam, yg kejedot lah, jatuh lah, berantem lah, pasti ujungnya biru2 di badan. Makanya aku juga selalu sedia thromboflash buat pertolongan praktis setiap anak2 lebam :)

    ReplyDelete
  7. Kalau anak kejedot trus lebam rasanya gimana gitu ya nggak tega lihat anak kesakitan, apalagi kadang lebamnya suka lama hilangnya. Aku juga mau nyetok Thromboflash ini buat ponakan.

    ReplyDelete
  8. Mbaa, aku udah kebayang betapa mendebarkan punya tiga anak laki yang usianya nggak berjauhan. jadi kalau aktif kayak gitu memang wajib sediakan tromboflash ini :)

    ReplyDelete
  9. Salah satu obat yang mesti ada di tas karena selain mudah dibawa ke mana-mana, yang namanya biru lebam gitu kadang muncul di tangan, kaki, paha, atau lutut. Saya sering nih begini. Tiba-tiba ada kayak memar gitu warna biru tapi nggak tahu apa penyebabnya. Seingat saya, saya nggak jatuh, nggak terbentur, atau cedera dalam bentuk apa pun.

    Selama ini sih dibiarin aja cuma rasanya kok malah jadi nggak tenang kayak sengaja ngebiarin luka ringan. Khawatir nanti jadi parah, mending dipakein salep kayak gini ya. Makasih sudah sharing alternatif obat yang praktis begini. :)

    ReplyDelete
  10. Pas jatuh itu kadang kala ada lebam yang langsung kelihatan ada juga yang perlu waktu ya
    Apalagi saat kejadian biasanya adrenalin otomatis melindungi, jadi belum terasa segala nyeri-nyeri.
    Biasanya setelah 1x24jam barulah mulai terasa ya.
    ... dan lebam-lebam mulai bermunculan di mana-mana.

    Penting banget menyediakan obat lebam seperti ini di kotak P3K apalagi kalau sudah ada sertifikat halal, makin yakin deh memakainya, tanpa was-was.

    ReplyDelete
  11. Aku sampai heran kenapa kedua anakku sering banget jatuh dan lebam, mungkin karena cowok yah..aku jadi punya solusinya nih berkat informasi dari mba

    ReplyDelete
  12. kalau masih punya anak yang aktif dan sering beraktivitas, memang perlu siap sedia produk seperti ini ya mba. Karena memang perlu untuk jaga-jaga yaa Mba

    ReplyDelete
  13. Kebayang anak laki-laki tiga, pada lincah-lincah, trus kalau anak laki kan mobilenya pasti lebih ya? Mamaknya sering marah enggak sih? ahahah
    Aku suka lebam mba, kalau pas cape, gunakan thromboflash cocok enggak ya?

    ReplyDelete
  14. Ya ampun mba kok sama banget sih dasar ya dramanya punya anak laki-laki mah gak jauh-jauh dari jatoh terus memar, seringnya jatoh di lantai atau kejedot tembok kalau aku. Maklum anaknya gak bisa diem sukanya tabrak menabrak tembok hahaha...

    ReplyDelete
  15. Penting banget ada halalnya ya kalau obat yg mengandung hepanim ini..krn bs saja terbuat dari babi krn lebih murah biaya produksinya..

    ReplyDelete
  16. thromboplash cucok banget ini ya mbak. atasi lebam dengan mudah, nyaman, aman, halal

    ReplyDelete
  17. Salep andalan ini, Mbak. Untuk luka memar pas banget. Adem dan cepat sembuhnya. Saya pernah jatuh tabrakan motor, lututku memar parah. Dipakein ini cepet sembuh. Alhamdulilah

    ReplyDelete
  18. Aku bisa mbayangin gimana hebohnya anak2 mb Ela di rumah soalnya aku juga paunya anak laki2 . Dan mereka tuh ga pernah diem gerak aja perasaan. Makanya harus sedia obat lebam di kotak obat.

    ReplyDelete
  19. Kebayang deh mbak Leyla dikelilingi anak laki-laki yang aktifnya pas barengan..Bener banget nih kudu sedia obat pereda lebam tuk jaga-jaga.

    ReplyDelete
  20. Punya anak 3 jagoan semua, hahaha bunda Leyla yang paling cantik deh ini
    dan anak laki-laki mesti lebih gesit lebih aktif ya bund, syukurlah kalau ada thromboflash yang ngatasin kalau mereka kena lebam jatuh. Allhamdulillah

    ReplyDelete
  21. Wah ternyata ada bahan mucosa yang dari sapi ada juga yang dari babi ya. Pilih Thromboflash aja deh kalau gtu soalnya udah jelas bahannya halal dr mucosa sapi TFS.

    ReplyDelete
  22. Anak-anak di rumahs semua sering lebam nih, ga mba lintang, ga pijar dan pendar, jadi harus sedia ini ya biar lebamnya cepat sembuh

    ReplyDelete
  23. Produk obat2an ternyata tersentuh bahan dari babi juga yaa, duh, untung skrg makin banyak produk halal utk dipilih dan bisa dilihat dsri labelnya

    ReplyDelete
  24. Thromboflash ini dijual di apotek-apotek biasa juga kan yaa, mba?
    Pingin beli juga...

    Karena anakku yang pertama lumayan lasak anaknya.

    ReplyDelete
  25. Aku bisa bayangin ya punya anak lelaki semua dan aktif semua gitu, bawaannya deg-degan melulu, takut mereka jatuh lah, terantuk atau kejedot, atau hal-hal yang bisa bikin mereka lebam-lebam gitu. Untung ada thromboflash ya, jadi ga khawatir lagi untuk penanganannya.

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah ya Mbak, Thromboflash yg beredar itu dari sapi. Udah ada sertifikat Halal nya pula kan ya jadi bisa lega. Wajib ada di rumah ini mah.

    ReplyDelete
  27. Thromboflash emang daru zaman dulu hingga kini paling yahuud. Jadi jangan lupa utk menyimpan stok di rmh karena lebam itu bisa menyerang segala usia.

    ReplyDelete
  28. artikel yang bagus, jangan lupa mampir untuk bermain
    Judi Online IG Poker
    Asia's most favourite online poker, domino, ceme & blackjack Get your best experience ever with us

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...