Friday, February 1, 2019

5 Ciri Anak Sehat, Orangtua Wajib Tahu




5 Ciri Anak Sehat, Orangtua Wajib Tahu. Ketika bidan mengatakan bahwa saya positif hamil, ada dua doa yang selalu saya panjatkan selepas salat. Saya meminta agar anak saya lahir sehat dan fisik sempurna. Tidak kuranag satu apa pun. Adalah hal yang wajar jika orangtua berharap anaknya tumbuh sehat. 


Kesehatan adalah kunci dari kesuksesan. Anak yang tubuhnya sehat, akan lebih mudah menyerap pelajaran di sekitarnya. Stimulasi yang diberikan oleh orangtua pada masa tumbuh kembang anak, akan lebih optimal jika tubuh anaknya itu sehat. 
Apa sajakah 5 ciri anak sehat? Berikut ini saya rangkum dari berbagai sumber, termasuk dari Kementerian Kesehatan RI: 

Anak Tumbuh dengan Baik 
Pertumbuhan berat badan dan tinggi tubuhnya proporsional. Setiap orangtua yang punya balita dan sering membawanya ke Posyandu pasti diberikan KMS (Kartu Menuju Sehat) di mana di dalamnya termuat informasi berat badan, umur, dan jenis kelamin. 

Setiap bulan, anak akan ditimbang dan dipantau tumbuh kembangnya melalui KMS. Jika berat badannya berada di bawah garis merah, itu berarti anak tersebut kurang gizi dan tidak sehat. Tapi jika berada di garis hijau, artinya anak itu mendapatkan gizi yang normal dan tergolong sehat. Tingkat perkembangan tubuh anak yang sehat ini sesuai dengan umurnya.

Kondisi Fisiknya Baik
Dilihat dari matanya yang bersih dan bersinar, bibir dan lidah segar, serta kulit dan rambutnya tidak kering. Kondisi itu menandakan anak telah mendapatkan gizi yang cukup, sehingga tubuhnya segar, tidak lemah dan layu.  

Memiliki Nafsu Makan yang Baik
Orang yang sedang sakit, pasti tidak nafsu makan. Begitu juga dengan anak yang tidak sehat, akan memperlihatkan kondisi tidak nafsu makan. Anak yang sehat memiliki nafsu makan yang baik. 

Cerdas dan Mudah Menangkap Stimulasi di Sekitarnya 
Anak yang sehat akan mudah menangkap rangsangan di sekitarnya. Misalnya, saat ibunya berbicara atau bernyanyi, dia bisa menirunya. Dia juga suka meniru gerakan orang-orang di sekitarnya. 

Aktif Bergerak, Gesit, dan Selalu Tampak Gembira 
Hayo, siapa Bu Ibu yang punya anak aktif banget dan sering dibuat kelelahan karena tingkah anaknya? Oops, ternyata anak yang aktif itu indikator kalau anak kita sehat lho Bu. Seharusnya kita senang ya anak kita lari-lari dan memberantai rumah sambil tertawa jahil, daripada dia hanya tiduran karena sakit. Memang kita lelah, tapi kalau anak kita sehat ya kenapa tidak? 



Rumah saya itu berantakannya luar biasa. Terkadang saya putus asa membereskannya. Salim sangat aktif bergerak, sampai-sampai saya tak tahu lagi harus bagaimana. Keringatnya banyak mengucur, menandakan bahwa metabolisme tubuhnya sangat bagus. Kalau diajak ke tempat bermain pun, Salim akan menggunakan fasilitas bermainnya itu sepuas-puasnya. Alhamdulillah dong ya, Salim aktif bergerak. Menandakan bahwa dia anak yang sehat. 

Untuk mendapatkan anak yang sehat dan aktif, tentunya dibutuhkan nutrisi yang cukup di dalam tubuhnya. Nutrisi itu berasal dari makanan bergizi. Selain memberikan makanan dengan gizi seimbang, saya juga menambahnya dengan susu. Salim mendapatkan ASI Eksklusif. Setelah usia di atas setahun, dia masih minum ASI tapi saya juga memberikannya tambahan susu. Susu UHT adalah susu selepas ASI yang saya berikan kepada Salim. 



Susu Indomilk UHT Kids Full Cream menjadi pilihan saya untuk menambah asupan gizi Salim agar tetap sehat dan aktif. Mengapa saya memilih Susu Indomilk UHT Kids Fulk Cream? 

Kemasan Praktis 
Bagi ibu-ibu yang malas menyeduh susu, pilihannya sudah tentu Susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini karena tinggal kita tusukkan sedotan ke dalamnya dan anak pun bisa meminumnya dengan mudah. Ukurannya 115 ml, sehingga pas untuk anak sekali minum. Anak usia 1-5 tahun kan takaran minum susunya tak sebanyak anak yang lebih besar. Susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini juga bisa dijadikan tambahan bekal sekolah anak di playgroup atau taman kanak-kanak,  mudah dimasukkan ke dalam kotak bekal. 

Mengandung Nutrisi dan Kalsium Tinggi
Susu Indomilk UHT Kids Full Cream adalah susu untuk anak 1 tahun ke atas yang mengandung kalsium yang tinggi untuk membantu kepadatan tulang dan gigi. Juga ada Vitamin D untuk mempermudah penyerapan kalsium dan Vitamin A untuk mempertahankan keutuhan lapisan permukaan mata. Masih banyak lagi kandungan vitamin dan mineral penting  lainnya di dalam susu ini yang bisa dibaca di samping kemasannya. 



Bebas Gula dan Garam
Diabetes dan Obesitas kini juga sudah menyerang anak-anak lho Bu. Itu karena susu dan cemilan anak mengandung gula. Susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini tidak mengandung gula, sehingga kita tidak khawatir lagi anak terkena diabetes. Susu UHT ini juga susu tanpa garam, rasanya pun tetap segar dan gurih tanpa membuat tenggorokan kering. 

Apakah ibu-ibu juga punya pengalaman memberikan Susu Indomilk UHT Kids Full Cream untuk anak-anaknya? Yuk, ikutan blog competition berhadiah jutaan rupiah ini. Informasinya bisa dibaca di mommyasia.id.

Minum #IndomilkUHTKidsFullCream karena #AktifItuSehat



20 comments:

  1. Memang kalau punya anak yg sehat2 itu menyenangkan..., apalagi saya sangat suka sama anak2.

    ReplyDelete
  2. Aku punya anak usia 2 tahun lepas susu botol aku coba uht. Bingung cari merek apa karena rata2 kandungan gula nya cukup tinggi semua, pas ketemu indomilk ini agak beda karena fresh milk dan rendah gula.

    ReplyDelete
  3. ini susu kesukaan anak-anak saya, susunya cenderung tawar karena tanpa gula garam jadi saya meraasa aman memberikannya ke anak-anak.

    ReplyDelete
  4. Anak sehat harus diimbangi dengan asupan gizi yang cukup melalui makanan dan minuman tiap harinya. Kayak dikasih susu UHT Indomilk fullcream ini...

    ReplyDelete
  5. Wah, ini susu kesukaan anak-anak saya sejak beres disapih. Cocok dan enak. Praktisnya yang bikin saya seneng. Gak usah nyeduh-nyeduh lagi deh kalo anak-anak kepengen minum susu.

    ReplyDelete
  6. Keluargaku pembawa gen diabetes Mbak, jadi mesti hati-hati dengan pola makan termasuk untuk anak-anakku. Memilih susu yang tidak mengandung gula seperti Indomilk UHT Kids Full Cream adalah solusinya. Praktis dibawa, nutrisi terpenuhi sehingga anak tetap aktif dimana saja.

    ReplyDelete
  7. Rumah berantakan itu pasti jadi bagian tak terpisahkan bagi kita yang punya anak kecil ya mba, apalagi cowok. Aku malah 2 cowok semua hehehe...aktiiif banget. Untung mereka juga susu minum susu jadi tenaganya terganti.

    ReplyDelete
  8. Indomilk ini susu kesukaan ponakanku nih mbak, paling suka kalau dalam keadaan dingin.. Alhamdulillah sehat dan cerdas.

    ReplyDelete
  9. Hihi indeed, anak aktif itu walau bkin ibunya geleng geleng kepala tapis esungguhnya adalah anak yg sehat 😅

    ReplyDelete
  10. sama mb Ela rumahku baru diberesin bentar ditinggal mandi bentar wes kayak kapal pecah suka sakit kepala liatnya hahaha tapi gpp krn tandanya anak sehat klo pada sakit ya rumah rapi mulu

    ReplyDelete
  11. Baru tahu ternyata, susu indomilk uht kids full cream enggak mengandung gula ya mbaa. Wah, boleh juga nih mbaa biar si kecil enggak kena sugar rush lantaran kebanyakan konsumsi gula, khususnya dari produk susu

    ReplyDelete
  12. Aku sampe beli susu indomilk uht kids full cream sekarton hehee.. Ini mah biar irit aja klo buat bekal anak anak sama cemilam sore sore

    ReplyDelete
  13. Anak2 juga minum susu indomilk yang full cream ini. Sengaja juga milihin yang bebas gula garam, tapi meski plain anak2 suka, mungkin krn kerasa susunya banget jd gurih enak gtu.

    ReplyDelete
  14. Sama kayak anakku nih minumnya uht Indomilk, tapi emang aku biasa suka stok dirumah juga. APalagi sekarang ini lagi aktif-aktifnya dan lagi banyak kegiatan, suka aku bekelin uht didalam tasnya

    ReplyDelete
  15. Aku setuju mbak leyl, emang yang namanya anak sehat itu wajib aktif bergerak ya. That's why aku jarang banget ngasih gadget ke anak-anak, khawatir mereka jai pasif dan enggak aware sama lingkungan sekitar.

    Anyway, susu ini favorit anakku juga mbak. Enak sih

    ReplyDelete
  16. heheh sama mbaaa.. aku kalo liat anak aktif berantakin rumah tuh rasanyaaa.. cenat cenut ini kepala. hahaha.Tapi ga papa lah ya yang penting anak sehat. Anaku juga suka mba minum susu UHT Indomilk Full Cream ini, saya sengaja ngasih yang plain biar ga manis dan ngerusak gigi.

    ReplyDelete
  17. Alhamdullillah anakku ada semua sama yang disebutkan di atas. Nah kalo masalah susu UHT kita emang dari kecil minum ini karena indomilk mudah di dapatkan di warung dekat rumah juga plus gak repot undah gitu 100% Indonesia pula

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah senang jika anak-anak kita sehat dan cerdas

    ReplyDelete
  19. Kandungan gizi dalam susu indomilk cocok untuk anak anak pada masa pertumbuhan

    ReplyDelete
  20. Aku sudah ikutan kompetisinya mba, hehe. Karena pas kebetulan anakku doyan, alhamamdulillah

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...