Wednesday, February 20, 2019

Oryza Grace, Minyak Goreng Sehat dari Bekatul

oryza-grace-rice-bran


Kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup kita. Setiap tahun, kita ingin menjadi lebih sehat. Di tahun 2019 ini, saya juga ingin jadi lebih sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang baik. Saya mengurangi makanan yang diproses dengan minyak goreng alias makanan yang digoreng.

Konon katanya terlalu banyak memakan makanan yang digoreng itu tidak baik. Benarkah? Sudah tahu alasannya apa? Namanya juga "minyak" ya sudah tentu mengandung lemak. Yup, minyak goreng itu adalah sumber lemak. Kebayang kan kalau kita banyak makan gorengan, berapa banyak lemak yang mengendap di tubuh kita? 

Setidaknya, ini beberapa hal mengapa minyak goreng disebut berbahaya bagi kesehatan: 

Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Degeneratif
Di antaranya penyakit diabetes, kolesterol, jantung koroner, dan stroke. Penyakit-penyakit tersebut sudah banyak memakan korban meninggal dunia di Indonesia, padahal bukan penyakit menular. Itu karena makanan yang digoreng begitu mudah kita temukan di mana-mana. 

Makanan yang digoreng dengan kandungan minyaknya itu jika terlalu banyak dikonsumsi akan menimbulkan penyumbatan aliran darah yang berpotensi menyebabkan serangan penyakit jantung koroner dan stroke. Berdasarkan hasil penelitian dari Harvard School juga disebutkan bahwa semakin banyak makan makanan yang digoreng, maka prosentase terkena penyakit diabetes melitus tipe 2 pun semakin meningkat. 

Dapat Meningkatkan Risiko Kegemukan
Nah, setelah tadi disebutkan bahwa minyak goreng itu sumber lemak, sudah tentu kalau terlalu banyak makan gorengan akan meningkatkan risiko kegemukan. Jangan salah lho, meskipun hanya makan 2 potong tahu yang digoreng tapi kalorinya tinggi karena mengandung lemak dari minyak goreng.

Beberapa waktu lalu ada seorang ibu rumah tangga yang memiliki berat badan hampir 300 kg sehingga tak bisa bangun dari tempat tidur. Ternyata ibu itu suka makan gorengan. Makan nasinya sih tidak banyak, tapi makanan gorengannya yang banyak. Memang saya akui bahwa gorengan itu enak buat ngemil. Kita menganggapnya bukan makanan berat, padahal kalorinya tinggi.

Sebagai ibu yang juga tukang masak di rumah, makanan yang digoreng itu juga lebih mudah dimasak seperti tempe goreng dan ayam goreng. Tinggal dikasih bumbu, lalu digoreng. Lebih enak pula dikonsumsi daripada makanan yang direbus.

Dapat Menjadi Sumber Lemak Jenuh
Lemak Jenuh adalah lemak jahat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Jika terlalu banyak akan menumpuk di dalam darah dan menghambat aliran darah ke jantung dan otak sehinga berisiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Lemak jenuh ini ada pada minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak yang dipanaskan berulang kali. Minyak yang dipanaskan berulang kali ini juga berbahaya, karena sudah mencapai tahap berasap atau smoke point maka akan mengeluarkan racun penyebab kanker. Itu kenapa sebaiknya minyak goreng hanya dipanaskan sekali dan maksimal 2 kali.

Jadi, adakah minyak goreng sehat yang dapat kita gunakan dan aman untuk pembuluh darah dan jantung? Jawabannya: ORYZA GRACE RICE BRAN OIL. Minyak goreng yang terbuat dari bekatul padi. Wow, memangnya ada yah minyak goreng dari Bekatul Padi? Ternyata ada dan saya sudah mencobanya.



Oryza Grace Rice Bran Oil ini minyak goreng alami yang dibuat dari bekatul padi sehinga bernutrisi tinggi. Minyak ini diekstrasi dari lapisan cokelat luar beras keras, disebut juga sekam. Apa yang membedakannya dari minyak goreng lain?

Tahan Panas Tinggi hingga 254 derajat celsius
Kelebihan dari minyak bekatul/ minyak dedak padi ini adalah memiliki titik asap (smoke point) yang tinggi dibandingkan minyak goreng lain, sehingga minyak ini baru akan berasap kalau dipanaskan hingga 254 derajat celsius. Lemak baiknya tidak rusak dan berubah menjadi lemak jahat saat digoreng, karena titik asapnya yang tinggi ini.

Tidak Membuat Batuk
Minyak yang tahan panas ini tidak akan membentuk zat akrolein penyebab batuk. Jadi kalau makan gorengan yang digoreng dengan minyak ini, tidak akan batuk. Sering kan kalau batuk, kita dilarang makan gorengan. Ya karena kalau pakai minyak biasa, gorengan itu menyebabkan batuk.

Rendah Lemak Jenuh
Oryza Grace ini konfigurasi lemaknya hampir mendekati rekomendasi dari American Heart Association alias rendah lemak jenuh sehingga aman bagi jantung.

Dapat Digunakan untuk Merawat Kulit
Ternyata minyak bekatul ini mengandung Gamma Orizanol yaitu antioksidan kuat untuk menangkal serangan radikal bebas dan penuaan dini. Cara penggunaannya misalnya dicampur dengan bubuk masker, lalu dioleskan ke wajah.



Hemat dan Tetap Melezatkan Masakan 
Dapat digunakan hingga 3 kali, warnanya tidak banyak berubah setelah 3 kali pemanasan. Rasa masakan juga tetap lezat.

Oryza Grace Rice Bran ini sudah halal dan memiliki label BPOM. Didistribusikan oleh PT Hero Intiputra. Kita dapat membeli healthy oil ini di outlet-outlet:

  • Healthy Choice
  • Hero
  • Giant
  • Carrefour 
  • Lotte Mart
  • Hari Hari Swalayan
  • Ranch Market
  • Farmer Market
  • Superindo
  • FoodHall
  • Hypermart
  • Food Mart
  • dll 
Harganya untuk 1 liter Rp 79.900 dan 5 liter Rp 377.900. 

Pengalaman Mencoba 
Saya sudah mencoba menggoreng dengan Oryza Grace Rice Bran ini, dan ternyata memang minyak tak berubah warna setelah dipanaskan. Gorengan juga lebih enak, serta tidak seret di tenggorokan. Mengingat ini adalah minyak goreng sehat, saya tak khawatir ketika anak-anak menghabiskan tempe goreng yang saya masak karena rasanya enak, gurih, dan renyah setelah menggunakan Oryza Grace Rice Bran Oil.



Ingin tahu informasi lebih lengkap tentang minyak goreng sehat ini, segera dapatkan di media sosialnya:

Website: www.oryzagrace.com
Facebook: www.facebook.com/ricebranoil
IG: www.instagram.com/oryzagrace


30 comments:

  1. Baru tau ada minyak (selain olive oil) yg bisa merawat kulit, oke juga nih mak! Apalagi lebih sehat & tahan panas dibanding minyak lain, secara ada beberapa minyak goreng yg cepet banget panasnya bikin masakan gosong semua :D

    ReplyDelete
  2. wah, aku baru tahu mbak ada minyak goreng dari bekatul padi. Tahunya dulu kalau yang sehat itu minyak dari kepala gitu. aku biasanya masih sering dikasih sama keluarga dari kampung. Tapi emang susah nyarinya. Ini seru neh karena udah bermerk dan berkemasan bagus ya

    ReplyDelete
  3. Wah, bisa dipakai sampai 3x menggoreng nih warna minyak ga berubah ya. Inovasi hebat canggih nih. Baru tersedia di supermarket2 ya, semoga menyusul ada di minimarket dekat rumah. Harganya cukup tinggi ya 1 liternya hampir 80K tapi kalau demi kesehatan dan ada uang, kenapa ga? :)

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu ada minyak yang terbuat dari bekatul. Sampai sekarang aku masih pake minyak kelapa, nih. Pengen beralih ke minyak bekaltul deh

    ReplyDelete
  5. Aku baru tahu juga nih mba ada minyak dari bekatul. Kayaknya kalau masak pakai minyak ini masakan lebih sehat dan enak deh. Apalagi masak tiga kali pakai ini tetap sehat ya :)

    ReplyDelete
  6. Saya juga pakai minyak Oryza Grace ini mbak, rasa makanan tetap enak dan saya jg jadi gak perlu khawatir lagi buat mkan gorengan ataupun makanan yg berminyak lainnya

    ReplyDelete
  7. Jadi penasaran pengen pakai minyak goreng ini deh, beli ah

    ReplyDelete
  8. Ak baru denger loooh ada minyak goreng seperti ini bahannya dari bekatul..penasaran jadinya kayak apa kalau dipake

    ReplyDelete
  9. Aku udah sebulan pakai soalnua sekarang masak terus untuk bekal suami n Babam wakaka sok rajin nih. bagi resep ya next artikel

    ReplyDelete
  10. Selama ini taunya paling minyak jagung, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak biji bunga matahari, tapi kalau minyak bekatul baru pertama kali dengar. Jadi penasaran pengen lihat n nyobain. Masih belun terlalu populer tapi ya.

    ReplyDelete
  11. Inovasi baru ya ini, minyak goreng dari bekatul padi. Wah, pengen nyoba deh. Tapi entahlah di tempatku sudah ada atau belum. Banyak juga ya manfaatnya buat kesehatan. TFS, Mbak :)

    ReplyDelete
  12. minyak goreng sehat gitu ya mak? Harganya untuk 1 liter Rp 79.900 dan 5 liter Rp 377.900 >> lumayan uga ya, lantas kuberpikir kudu kerja model apa biar bisa bikin dapur ngebul sehat terus hahahah

    ReplyDelete
  13. Yang sehat2 gini harganya lumayan2 ya.. hahaha...padahal bekatul tadinya paling buat pakan ternak.. ini bisa jadi bahan bernilai tinggi.. saluttt!

    ReplyDelete
  14. Pagi ini suami komplain. Katanya suruh ganti minyak goreng. Beliau kan lagi batuk, nah saya goreng telur pakai minyak yg banyak. Maksudnya biar krispi kriuk2 gitu. Eh malah batuk. Kata suami...minyaknya yg jelek nih. Kudu ganti minyak bekatul ini deh kayaknya

    ReplyDelete
  15. Minyak2an ini emang harus pilih2 dan diatur porsinya ya mba biar gak kolesterol.. jauh dari penyakit. Huss huss..

    ReplyDelete
  16. Inovasinya keren. Sekam padi bisa dibuat minyak goreng. Selama ini sekam padi dibuang begitu ajakan. Kalau dijadikan minyak tentu lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Berkah oryza grac nih, makanan di rumah jadi sehat dan lezat
    Mau nggak mau harus mengakui inovasi dari sekam padi jadi minyak goreng
    mantep banget penemuannya.

    ReplyDelete
  18. Wah inovasinya keren ini, minyak goreng dari bekatul.
    Harganya lumayan mahal ya mbak.

    ReplyDelete
  19. Mba itu apa bedanya ama minyak goreng yang satu itu loh, aku ga sebut merek, kecuali mau ngasih masakannya yaaak. Btw itu kok aku naksir kacang panjangnya yaak

    ReplyDelete
  20. Bekatul yang sering diejek orang ini ternyata banyak banget manfaatnya.. Titik didihnya itu lho yang nggak bikin khawatir jadi cepat gosong.

    ReplyDelete
  21. Bekatul padi saya tahu dan memang bernutrisi tinggi. Dulu umumnya dibuat bubur atau bahan pangan. Tapi untuk minyak, wah ..bagus kalau ada seperti Oryza Grace ini. Jadi enggak khawatir kalau bikin goreng-menggoreng. Sehat dan alami:)

    ReplyDelete
  22. Bekatul itu yang kulit arinya beras bukan ya mbak? Soalnya aku taunya dulu bekatul tuh nutrisinya banyak. Seneng banget sekarang udah dibuat minyak Oryza Grace dan gampang didapetin ya.jadi mau minya sehat untuk keluarga udah gampang

    ReplyDelete
  23. Boleh dicoba nih. Tapi kayaknya di tempatku belum ada yang jual atau aku kurang jauh mainnya. Hehe.

    ReplyDelete
  24. Bisa jadi bahan pilihan buat hidup sehat ya, mbak. Secara sekarang penting bgt memulai hidup sehat mengingat penyakit udah macam2 dan bikin takut juga

    ReplyDelete
  25. Aku dimasakin dong kak Leyla, bagus bangey ya si Oryza ini. Ini sudah bisa dibeli di supermarket? Penasaran pengen nyobain soalnya.

    ReplyDelete
  26. Minyak gorengnya kok masih belum ada di superindo ya. Aku selama ini pakai minyak jagung atau canola untuk masakan menu suami. Sejak kena serangan jantung, makanannya harus jadi prioritasku menentukan menu harian. Kalo ada minyak yang tidka panas meski dipanaskan, bagus juga ya

    ReplyDelete
  27. Rasa penasaran tentang minyak goreng Oryza ini,tuntas juga dengan baca blogpost ini. Cocok buat diet makanan berminyak ya.

    ReplyDelete
  28. ((Kagum lihat dapurnya kak Leyla, rapi beud soalnya..))

    Oh..jadi tergantung dari minyak juga yaa..
    Asa serem yaa..kalo uda mulai obesitas.

    ReplyDelete
  29. Paling enggak harus ke superindo ini ya belinya, di minimarket yang ada di deket perumahan itu ga ada ya?
    Bagus sih kalau kita bisa memilih minyak goreng dengan beberapa kelebihan di atas, salah satunya ya kadar titik asapnya lebih tinggi dari minyak goreng biasa, alias tidak mudah rusak saat digunakan untuk menggoreng beberapa kali.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...