Friday, February 1, 2019

7 Tips Sehat di Masa Pancaroba

Bisolvon Kalahkan Batuk


Sebentar panas, sebentar hujan. Cuaca saat ini sulit diprediksi ya. Akibatnya bukan hanya jemuran yang tidak kering, tapi juga kita rentan terkena penyakit. Itu karena kita sedang berada di masa pancaroba, yaitu peralihan antara musim kemarau dan musim penghujan.


Di masa pancaroba ini, ciri-cirinya adalah terjadinya hujan yang sangat deras disertai angin kencang dan petir yang datang secara tiba-tiba, tetapi udara terasa panas. Banyak penyakit yang harus diwaspadai pada masa pancaroba ini, diantaranya: asma, sakit kepala, flu, batuk, dan nyeri sendi. 

Ketiga anak saya sudah mengalami sakit bergantian di masa pancaroba ini, sampai mereka harus tidak masuk ke sekolah selama seminggu. Sekolahnya memang melarang anak-anak masuk jika belum sembuh benar. Duh, jadi tertinggal banyak pelajaran deh.

Kalau anak yang satu sakit, pasti menular ke anak yang lain. Memang betul kalau penyakit itu menjauhkan yang dekat. Meskipun tinggal satu rumah, kami harus mengisolasi anggota keluarga yang sedang sakit agar tidak ketularan. Penyakit flu dan batuk, sudah tentu merupakan penyakit menular. 

Dalam rangka berbagi tips sehat di masa pancaroba, Bisolvon dan Fimeladotcom mengadakan Blogger Gathering tanggal 25 Januari 2019 di kafe 89 Kemang Jakarta dengan tema "Jangan Batuk Berdahak Jauhkan yang Dekat." Batuk berdahak adalah salah satu penyakit yang muncul di masa pancaroba ini dan membuat kita harus berjauhan dengan anggota keluarga yang terkena penyakit itu. 

Narasumber Bisolvon Blogger Gathering

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Adisti Nirmala, Head of Marketing Sanofi Consumer dan Ayu Kinanti, Editor in Chief Fimeladotcom. Menghadirkan narasumber diantaranya: Dr Riana Nirmala W, Mega Valentia, dan Amallia Sarah.

Faktanya, 1 dari 3 orang mengalami batuk berdahak dalam 3 bulan terakhir. Jika seseorang terkena batuk, mereka berusaha menjauh dari orang di sekitarnya karena takut menularkan penyakit. Mereka berharap bisa sembuh dalam 2-3 hari agar bisa kembali berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Namun, jika batuk hanya dibiarkan saja, maka akan lama sembuhnya. Batuk berdahak adalah jenis batuk yang sangat menganggu karena ada lendir yang keluar saat batuk. Walaupun lendirnya sudah keluar, masih saja ada lendir yang tertahan di tenggorokan. Belum lagi suara batuknya itu tidak enak didengar. 

Dr. Riana Nirmala W mengungkapkan bahwa pada masa pancaroba ini cuaca yang berubah akan mengubah tekanan udara, suhu, serta komposisi udara. Kondisi ini akan membuat kuman dan virus mudah berkembang biak, sehingga tak heran kalau kita mudah sakit. 

Tubuh bekerja keras menyesuaikan diri dengan temperatur udara itu sehingga kekebalan tubuh berkurang. Akibatnya, tentu saja kita semakin mudah terkena penyakit. Salah satunya tentu saja penyakit batuk yang sangat mengganggu. 

Mega Valentia, Brand Manager Bisolvon jelaskan alasan mengapa orang yang sedang batuk itu cenderung menjauh dari orang di sekitarnya meskipun sudah mengenakan masker. Mereka tetap khawatir menularkan penyakitnya kepada orang-orang. 

Dr. Riana menjelaskan bahwa jika ada satu orang terkena batuk, maka infeksi patogen akan menular sehingga harus cepat diobati. 

Bisolvon adalah obat untuk batuk berdahak yang berbeda dengan obat batuk lain. Ada 3 hal yang harus diperhatikan betul saat memilih obat yaitu: sudah terdaftar di Badan POM, direkomendasikan oleh dokter, dan teruji efektivitasnya. Bisolvon sudah hadir selama 45 tahun di Indonesia dan terbukti mengalahkan batuk berdahak. Ada 3 varian Bisolvon: 

Bisolvon Extra: Sirup obat batuk dengan 2 aksi yaitu Bromhexin (encerkan dahak) dan Guaifenesin (keluarkan dahak), untuk usia 2 tahun ke atas. 
Bisolvon Kids: Rasa Strawberry untuk anak-anak, sehingga mereka tidak takut minum obat. 
Bisolvon Solution: obat batuk bebas gula untuk penderita diabetes.

Varian Bisolvon

Selain dalam bentuk sirup, Bisolvon juga tersedia dalam bentuk tablet yang praktis dibawa ke mana-mana. 

Lalu, apakah 7 tips sehat di masa pancaroba dari Bisolvon? 

  1. Jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga.
  2. Perbanyak makan sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Banyak minum air putih agar tidak dehidrasi dan membuang racun di dalam tubuh. 
  4. Persiapkan diri terhadap perubahan cuaca. Misalnya, bawa jas hujan dan payung saat bepergian, siapa tahu tiba-tiba hujan.
  5. Gunakan masker saat keluar rumah untuk membentengi diri dari virus. 
  6. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan.
  7. Selalu sedia Bisolvon obat batuk, untuk pengobatan pertama bila terkena batuk berdahak. 




31 comments:

  1. Lagi parah banget ya mba cuaca sekrang. Ekstrim dimana2. Kl ga pinter2 jaga daya tahan tubuh ya tumbang juga. Makanya harus persiapan alat tempur ya mba. Salah satu nya ya bisolvon ini. Makasi mba share nya ...

    ReplyDelete
  2. Tipsnya tepat banget nih..di musim seperti ini memang riskan sekali utk kesehatan anak2 ya.. TFS mba..

    ReplyDelete
  3. harus selalu jaga kesehatan ya sekarang, apalagi buat para emak yang "haram" sakit.
    bisolvon harus tersedia utk jadi salah satu obat saat sakit menyerang.

    ReplyDelete
  4. Bisolvon rasanya pahit gak kak? heheh, suka gak minum obat sih kalau pahit, kecuali klu memang mujarab, dan seperti Bisolvon banyak yang suka. Noted ah

    ReplyDelete
  5. Kalau aku batuknya batuk berdahak dan beneran deh nggak ngenakin banget. Rasanya kalau dahaknya blum keluar dr tenggorokan tuh bikin ga nyaman. Btw aku belum pernah nyobain Bisolvon nih. Rasanya gimana mba? Pahit atau mint gitu? Kyknya mo coba beli deh buat jaga2 di rumah kalau ada yg batuk lagi.

    ReplyDelete
  6. Yang bikin sedih klo anak-anak yang sakit yah mba :( pengen rasanya cepat pulih dan beraktifitas bersama lagi.. cumn yah itu cuaca sekarang lgi ekstrim banget kadang hujan lebat ehh bentar terik lagi :((

    ReplyDelete
  7. Noted nih tipsnya. Sekarang anak-anak kayaknya kalau asupan makananya ga oke midah banget kena batuk. Harus sedia Bisolvon ya

    ReplyDelete
  8. iya nih, kadang hujan, kadang panas banget bikin tubuh mudah lelah.
    Eh kalau anak ga doyan sayur, gimana ya mbak?

    ReplyDelete
  9. Iya banget, di masa pancaroba kayak sekarang, flu dan batuk gampang banget mampir. Kalo gak sedia obat yang tepat, susah deh hilangnya si dua penyakit ini.

    ReplyDelete
  10. Paling gak enak memang batuk berberdakah, udah gak napsu makan trus aktivitas juga terganggu apalagi kalau sampai nularin anak kasihan juga

    ReplyDelete
  11. Gaya hidup ini yaa, kak Leyla...
    Ya Allah~

    Suka banget sama buah dan sayur, tapi giliran mau makan, adaaa aja alasannya.
    Abis baca tulisan kak Leyla, aku langsung ngupas apel sama pir niih...

    Bismillah~

    ReplyDelete
  12. Dengan cuaca yang kaya gini flu batuk cepet banget nyerang ya kalau badan ga fit langsung deh kena. Btw makasih mak tipsnya kayaknya kudu dijalanin nih biar bebas batuk dan flu selama pancaroba.

    ReplyDelete
  13. Ada ya obat batuk bebas gula dari bisolvon. Cocok baget buat suamiku yg turunan diabetes ni

    ReplyDelete
  14. Bener nih kudu bangt jaga kesehatan,, ubah untuk selalu sehat dg Jaga pola makan Dan olah raga rutin ya

    ReplyDelete
  15. Di rumah kami juga sedia Bisolvon, mba. Kemarin suami gantian batuk sama si sulung. Sedih lah karena rencana mau jalan-jalan ke pantai jadi batal

    ReplyDelete
  16. Jaga kesehatan leyla, kalo ibu rumah tangga drop lumpuh deh rumah tangga hehe

    ReplyDelete
  17. Cuacanya memang lagi luar biasa. Kudu rajin2 makn sayur & buah. Aku juga cocok pakai Bisolvon, tapi baru tau kalau ada yg tablet, besok cari ah.. lebih praktis buat dibawa2 yaa :)

    ReplyDelete
  18. Aku inget, dari kecil sudah kenal Bisolvon. Apalagi kemudian iklan Bisolvon di TV sering ditayangkan, jadi inget terus. Jadinya kalo batuk, ingetnya Bisolvon :)

    ReplyDelete
  19. Batuk memang menjadi penyakit yang sering terjadi di keluarga ya.. seringnya gantian.. habis adiknya lalu kakaknya terus emaknya deh huhu.. tapi memang batuk berdahak itu sangat mengganggu..jadi memang harus sedia obat batuk berdahak dirumah.. yang bisa kalahkan batuk berdahak seperti bisolvon ini ya

    ReplyDelete
  20. Pancaroba emang rawan bikin sakit, di rumah jg lagi ganti2an sakit.
    Kmrn dokter anakku jg rekomen bisolvon buat mengobati batuk anak2 alhamdulillah sih lbh mengencerkan dahaknya.

    ReplyDelete
  21. Reminder aku babget ini mbak. Aku selalu kaya melupakan kesehatan gitu padahal kalonsakit ya repot sendiri.

    ReplyDelete
  22. Musim yang gak menentu seperti sekarang gini, memang perlu diwaspadai ya, Mbak
    Penyakit yang paling sering muncul yaitu flu. Jadi harus jaga kesehatan sebaik mungkin

    ReplyDelete
  23. Aku lagi batuk nih mb Ela, belum coba bisolvon ntar ah stock di rumah bisa juga buat anak2 kan ya mba

    ReplyDelete
  24. Musim pancaroba memang mesti dilawan dengan stamina yang kuat ya. Orang tua saja kadang kena efek pancaroba, mungkin anak-anak juga lebih mudah kena ya.
    Aku sih siapin saja buah jeruk yang banyak, ahahah, nambahin stamina

    ReplyDelete
  25. Makasih bund, sudah diingatkan lagi dan terus
    aku makan sayur yang masih kurang sama air putih dan olahraga
    lingkungan juga mulai aku rutinkan ngepel ini bund, sama bebersihan debu.
    Semoga kita semua senantiasa dilindungi kesehatannya aamiin

    ReplyDelete
  26. aku punya juga di rumah nih mba, soalnya musim hujan gini jadinya sering batuk pilek dan daya tahan kita juga menurunh

    ReplyDelete
  27. Bener nih, banyak makan makanan yang bergizi dan cukup istirahat ini penting banget. Apalagi di musim pancaroba ya, ga menentu kondisinya. Bakalan gampang sakit kalau kurang istirahat dan makan asal aja.

    ReplyDelete
  28. Kalau pas pancaroba gini, per hari pasti ada yang tidak masuk, Mbak. Paling sebentar ya 3 hari nggak berangkat. Kadang malah ada yang seminggu lebih. Ya, aku selalu mengingatkan kepada orangtua mereka, kalau belum sembuh total jangan masuk dulu. Benar kata Mbak Leyla ntar bakalan nular.

    ReplyDelete
  29. Banyak ya mbak yang batuk tuh dibiarin trus ditunggu sembuh sendiri. Padahal nggak sadar kalau setiap batuknya mengeluarkan banyak bakteri.

    ReplyDelete
  30. penting ini ya, menyimpan obat-obatan musim pancaroba begini. Tenggorokan saya juga sedang masalah nih, gatal dan pengen digaruk (kalau bisa mah heuheu) moga gak jadi batuk. kalau emang batuk, udah tau solusinya. thanks mbak :)

    ReplyDelete
  31. seger banget mbak fotonya matching sama produknya ahahai
    btw saya dan anak kedua batuk2 banget inh
    ini bisa buat anak2 juga ya ternyata

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...