Tuesday, May 14, 2019

Keutamaan Ibadah Umroh bagi Umat Islam

Paket Umroh Desember menjadi pilihan untuk Anda yang ingin berangkat di bulan Desember. Siapa yang tidak ingin beribadah di Mekkah dan Madinah? Naik Haji, sebagai salah satu rukun Islam, menjadi impian cita-cita umat Islam di seluruh dunia. Sayangnya, kuota haji yang terbatas membuat kita harus melalui waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan giliran berangkat haji. Waktu tunggunya mencapai 8 tahun dari sejak mendaftar haji. Subhanallah. Semoga Allah memberikan kita umur panjang dan kesempatan untuk berhaji.



Bagi orang yang diberikan harta yang cukup, maka bisa melakukan perjalanan umroh dalam rangka menunggu giliran berhaji. Umroh adalah haji kecil yang waktu pelaksaannya sepanjang tahun. Di bulan Desember, kita juga bisa melakukan ibadah Umroh karena memiliki banyak hari libur. Daripada menggunakan hari libur akhir tahun untuk pesta-pesta yang tidak jelas, lebih baik berangkat umroh dan beribadah di tanah suci Mekkah. 

Mengapa ibadah umroh? Ibadah umroh memiliki keutamaan-keutamaan, sebagai berikut: 

Ibadah Umroh dapat Menghapus Dosa-dosa
Tidak ada manusia yang terlepas dari dosa, kecuali Rasulullah Saw. Saya pun sudah tentu banyak sekali dosanya. Dosa-dosa itu sebagian dapat dihapus dengan ibadah yang kita lakukan dengan ikhlas, salah satunya ibadah Umroh. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud Ra, Rasulullah Saw bersabda, "Lakukan ibadah haji dan umroh dengan sering, karena dapat menghilangkan dosa-dosa dan kemiskinan.  Seperti seorang pandai besi yang dapat menghilangkan karat-karat pada besi, emas, dan perak. Imbalan untuk haji mabrur adalah surga." (HR. Tirmidzi). 

Ibadah Umroh memang dapat menghapus dosa-dosa, tetapi kita tetap harus bertaubat dan tidak mengulangi perbuatan dosa itu lagi. Jangan umroh, lalu berbuat dosa yang sama lagi. Kemudian, jika dosa kita itu ada kaitannya dengan orang lain, misalnya menzalimi orang lain. Maka kita harus meminta maaf dulu kepada orang itu. Intinya, sepulang dari ibadah Umroh, kita harus berusaha menjadi muslim yang lebih baik lagi dan tidak mendekati perbuatan dosa yang pernah kita lakukan maupun yang tersaji di depan mata kita.

Ibadah Umroh dapat Memperlancar Rejeki
Setiap ada keluarga atau teman yang akan berangkat haji, ada sajamenitipkan doa agar disampaikan di depan Kabah. Mengapa? Sebab, ada tempat-tempat yang mustajab untuk berdoa ketika kita melakukan haji atau umroh. Insya Allah doa-doa kita akan mudah dikabulkan. Tempat-tempat itu adalah Multazam, Hijir Ismail, Rukun Yamani, di dalam Kabah, di belakang makam Ibrahim, Muzdalifah dan Minna, serta di Raudhah. 

Daripada menitip doa, lebih baik kita berdoa sendiri di delapan tempat tersebut. Itu artinya kita berangkat umroh sendiri. Biayanya memang mahal, tetapi jika dibandingkan dengan manfaat yang kita dapatkan, tentu tak ada artinya. Yup, kita juga bisa berdoa meminta dilancarkan rejekinya di delapan tempat tersebut. Insya Allah, Allah mengabulkannya sebagaimana yang sudah dijanjikan. Rejeki bukan hanya harta lho ya, bisa juga berupa jodoh (pasangan hidup), memiliki keturunan (bagi pasangan yang sulit hamil), dan lain-lain. 

Sarana Jihad bagi Kaum Wanita dan Orang Lemah
Pada zaman Rasulullah Saw ketika masih banyak perang, kaum wanita dan orang lemah tidak bisa ikut berperang. Padahal, pahala jihad itu sangat besar, yaitu surga. Jihad yang utama adalah berperang. Nah, agar tetap bisa mendapatkan pahala jihad itu, Rasulullah Saw menyuruh kaum wanita dan orang lemah untuk melaksanakan ibadah umroh. 

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Saw bersabda, "Jihadnya orang-orang lanjut usia, anak-anak yang belum baligh, orang-orang lemah dan wanita, adalah haji dan umroh." (HR Nasai dengan sanad Hasan)

Jadi, bagi kaum wanita dan orang lemah, melakukan ibadah umroh akan mendapatkan pahala berjihad. Masya Allah. 

Kalau punya rejeki lebih, sebelum pelesiran ke negara-negara lain, utamakan beribadah umroh terlebih dahulu melihat keutamaannya yang besar itu. Bisa juga dengan memanfaatkan umroh promo yang ditawarkan oleh Travel Umroh yang terpercaya. Semoga kita diberikan kesempatan oleh Allah Swt untuk menjalankan ibadah haji dan umroh. Aamiin....



1 comment:

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...