Tuesday, May 21, 2019

Salad Buah, Menu Buka Puasa SKIPPY



Assalamualaikum. Tak terasa kita sudah sampai di pertengahan bulan Ramadhan. Ramadhan kali ini terasa berbeda karena saya berusaha menerapkan pola makan sehat yaitu dengan memperbanyak makan buah dan sayur. Jujur, kedua jenis makanan itu semula hanya menjadi tambahan dan seringkali terlewatkan dalam menu makanan sehari-hari. Alasannya ya karena saya tidak terbiasa makan banyak buah dan sayur.


Bulan Ramadhan memang identik dengan buah-buahan ya, karena banyak orang yang berbuka dengan buah kurma dan es buah. Alasannya sudah tentu karena selama sehari berpuasa, kita akan merasakan haus. Berbuka dengan buah-buahan akan terasa sangat segar di tenggorokan, apalagi kalau buahnya dalam keadaan dingin. Yummy.... Berbuka puasa dengan buah kurma juga disunahkan oleh Rasulullah Saw. Beliau berbuka dengan 3 butir kurma dan segelas air putih. 

Selain es buah, kita juga bisa berbuka puasa dengan Salad Buah. Sayangnya, untuk mendapatkan Salad Buah tak semudah Es Buah ya. Penjual Es Buah di tempat saya ada banyak sekali. Tinggal pilih deh mau beli di mana. Membuat Es Buah sendiri juga mudah. Nah, kalau penjual Salad Buah itu satu pun tidak ada di tempat saya. Padahal, menu buka puasa yang ini juga tak kalah hits. Barangkali hanya kurang familiar di lidah orang Indonesia ya. 

Akhirnya, saya membuat Salad Buah sendiri, karena ternyata caranya mudah banget. Salad Buah yang saya buat ini barangkali berbeda dengan yang ada di pasaran, karena saya menambahkan Skippy Peanut Butter yang Creamy.

Berikut ini bahan-bahannya: 
Buah-buahan yang dipotong dadu: 
Buah Naga, secukupnya
Buah Pepaya, secukupnya
Buah Semangka, secukupnya
Buah Nanas, secukupnya
Buah Kurma, 3 butir dan buang bijinya.

Untuk buah-buahannya, bisa ditambah dengan aneka buah lainnya seperti Mangga, Apel, Pir, dan lain-lain ya. Berhubung di kulkas saya kemarin hanya ada buah-buahan tersebut di atas, maka sudah cukuplah ya. 

Saus untuk Salad Buahnya: 
Mayonaise, 3 sendok makan
Selai Skippy, 3 sendok makan
Susu Kental Manis, 3 sendok makan

Bahan-bahannya

Buah-buahan yang sudah dipotong dadu, susun di dalam piring. Saya hanya membuat satu porsi yaitu untuk saya sendiri, karena anak-anak kurang suka makan buah. Kalaupun suka, hanya buah tertentu seperti Apel dan Pisang. Yah, namanya juga anak-anak, masih pilih-pilih makanan. 

Campur semua bahan untuk saus, aduk rata. Kemudian tuangkan di atas buah-buahan yang sudah disusun. Tambahkan dengan keju parut secukupnya. 

Campur Mayonaise, Kental Manis, dan Selai Skippy

Nah, mudah sekali bukan membuat Salad Buah, Menu Buka Puasa SKIPPY? Hanya butuh waktu 10 menit deh, yang agak lama hanya memotong buah-buahannya. Bagaimana dengan rasanya? Ternyata rasanya enaaak bangeet. Sausnya itu yang enak sekali dengan tambahan Selai Skippy. Wah, wah, saya sampai susah berhenti mengunyah. Tak terasa, sepiring Salad Buah pun dapat saya habiskan. Padahal, tadinya saya susah lho memakan buah-buahan. 

Salim yang ikut mencicipi ternyata juga suka rasanya. Pasti karena sausnya itu yang memang enak sekali karena ada tambahan Selai Skippy. Kapan-kapan saya mau buat sambal rujak pakai Selai Skippy juga, karena sepertinya bisa digunakan untuk sambal rujak juga nih. Tidak perlu lagi mengulek kacang tanah. Tinggal tambahkan Skippy dan bumbu cabainya. Selai kacangnya benar-benar creamy. Skippy Creamy Peanut Butter ini juga sudah Halal MUI, jadi tidak khawatir mengonsumsinya. Saya membelinya di minimarket terdekat, relatif mudah didapatkan. Kandungan proteinnya sangat tinggi, karena mengandung 85% kacang tanah.


Makan buah di bulan puasa ini dapat melancarkan pencernaan, sehingga terhindar dari sembelit. Sebab, yang namanya orang puasa itu kan kurang minum ya, sehingga rentan terkena sembelit. Makanya saat berbuka, usahakan makan buah-buahan juga karena mengandung banyak serat. Alhamdulillah, selama bulan puasa ini, saya belum pernah terkena sembelit. Apalagi ditambah dengan protein yang terkandung dalam Selai Skippy, Salad Buahnya pun jadi komplit deh kandungan gizinya. Selamat mencoba juga yaaaa.....

16 comments:

  1. Nyam nyam nyaaammm, ini enaaaakkk bgt ya Mak
    Pengin coba jugaaakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. wow asik banget salad buah seger begitu, emang aku juga kurang buah nih, kebanyakan lontonh gorengan jadi panas dalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah puasa tahun ini beli lontong dan gorengan bisa dihitung jari wkwk

      Delete
  3. Nah, salah satu camilan sehat kesukaanku tuh salad buah. Pakai Skippy, pasti makin yummy tentunya. Sepiring bisa habis sendirian ini wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
  4. Eiya yaa salad buah dressing-nya bisa pake Skippy juga ya.. Cara bikinnya gampang dan cepat ya Mak Ela... Aku juga belom pernah nih bikin salad ditambahin kurma. Coba aaah.. :D

    ReplyDelete
  5. Pantes aja yaaa anaknya laki semua, tubuhnya kurang buah sayur, macam saya.. hahaha.. eh enak juga ya kalau pakai skippy utk dressing salad. Coba tambah youghrt, Mba.. lebih mantul deh rasa dressingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yogurtnya gak nemu yang plain di minimarket. Takut kebanyakan gula karena udah ada kental manis wkwk

      Delete
  6. Aku nggak pernah nyampur salad buah ama selai kacang. Kayaknya bakalan nyobain deh. Kebetulan aku kan suka salad buah :)

    ReplyDelete
  7. Mayonais nya merk apa.sih mba kalau mau yg enak? Aku kok kalau bikin salad buahnya masih belum cocok sama mayonaisenya. Bayangan aku yg paling enak tuh saladnya pizza h*t, hehe... btw, skippy emang enak ya mau diapa2in juga, cokelatnyaaa bikin eces

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayonaisenya yang MamaSuka nih, lagi diskon kemarin wkwk

      Delete
  8. Oh dicampur dengan mayonise.. awalnya aku kira selai kacang skippy aja.. itu rasanya pasti meriah ya mba.. aku hapal banget rasa mayonise.. ditambah rasa kacang pasti dapat sensasi baru makan salad buah.. ditambah serutan keju.. maknyuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasanya enak banget mba, bikin kaget aku saat mencobanya ternyata enak.

      Delete
  9. Waahh gak pernah kepikiran nih Skippy buat salad. Kebiasaan digadoin aja enaaakkk.. apalagi yg chunky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jadi kepikiran mau gadoin Skippy juga wkwk

      Delete
  10. Jadi inget salad buahnya mba Ade Ufi. Tapi nggak dipakein Skippy sih. Menu yang ini boleh dicoba juga.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...