Wednesday, May 29, 2019

Menu Buka Puasa ala Jurus Sehat Rasulullah dengan Blender Cosmos Blenz


Blender Cosmos Blenz membantu saya membuat menu buka puasa ala Jurus Sehat Rasulullah. Semua buah-buahan dapat diblender sampai halus dan lumat, bahkan buah semangka sekaligus bijinya! 

blender cosmos blenz
Blender Cosmos Blenz

Assalamualaikum. Puasa tinggal beberapa hari lagi nih. Di satu sisi, saya senang karena akan berhari raya dan bertemu dengan keluarga besar. Di sisi lain, saya sedih karena harus berpisah dengan bulan Ramadan. Bulan yang menggembleng hawa nafsu saya terutama nafsu makan. 


Jujur, saya itu suka banget dengan makanan. Yah, bisa dibilang saya pecinta kuliner. Waktu kecil, kalau ada makanan lauk pauk di meja yang tidak habis, almarhumah Mama saya pasti menyuruh saya untuk menghabiskannya. Ketika saya kuliah di kota lain, Mama bilang, "Udah gak ada Ela yang ngabisin makanan, makanannya jadi terbuang deh." Jiyaah.... 

Perut saya adalah tong sampah makanan. Saat muda sih tak khawatir makan banyak karena badan tetap langsing. Setelah menikah dan punya anak dua, badan saya juga masih langsing lho. Nah, setelah melahirkan anak ketiga nih, baru terlihat Grow Spurt-nya. Padahal, saya sempat membatin. Kok saya tidak gemuk-gemuk ya? Eh, ternyata langsung dikasih oleh Allah. Saya menggemuk! 

Total pertambahan berat badan saya sejak baru menikah sampai sekarang adalah 25 kilogram. Wow. Buat saya sih itu wow ya, karena dari fotonya saja terlihat sekali. Dulu pipinya tirus, sekarang tembam. Bukan hanya itu. Dari segi kesehatan juga terasa sekali. Saya mudah merasa tidak enak badan, kram, kesemutan, pegal-pegal, dan sebagainya.

Setelah mencoba beberapa jenis diet, akhirnya saya merasa nyaman dengan pola makan Jurus Sehat Rasulullah (JSR) yang diperkenalkan oleh Dr. Zaidul Akbar. Meskipun saya belum total 100% ya karena masih memakai garam biasa untuk penyedap makanan. Sebenarnya, ini bukan metode diet tapi hanya pola makan yang mengikuti cara Rasulullah Saw. 

blender cosmos blenz
Blender Cosmos Blenz

Makanan yang kita makan hanyalah Real Food, atau makanan asli yang bersumber dari alam tanpa modifikasi, seperti buah-buahan, sayuran, umbi-umbian, dll. Makan daging juga boleh asalkan pengolahannya minim minyak goreng, santan, dan zat aditif lainnya yang dibuat oleh pabrik. Pokoknya, kita boleh makan apa saja selama masih Real Food, atau tidak melalui pengolahan yang beraneka ragam.

Di JSR, saya tetap boleh makan makanan yang mengandung karbohidrat, tapi yang berasal dari buah, sayur, dan umbi-umbian.  Kira-kira sudah 2 minggu lebih saya menerapkan Jurus Sehat Rasulullah ini. Efek pertama yang langsung terasa adalah setelah 3 hari saya makan hanya dengan buah-buahan dan sayur dan minum infuse water dari buah-buahan, saya mendapatkan menstruasi. 

Siklus menstruasi saya tidak teratur. Biasanya 1,5 bulan sekali saya baru dapat menstruasi (42 hari). Saya sudah haid dua minggu sebelumnya, eh setelah menerapkan JSR, saya haid  lagi. Itu berarti siklus menstruasi saya jadi benar. Tidak perlu menunggu 1,5 bulan.  Badan saya juga terasa enteng dan terutama  bagian perut tidak begah. 

Alhamdulillah ya saya mulai menerapkan JSR ini saat bulan puasa, jadi terasa amat mudah. Nah, berikut ini saya akan memberikan dua menu buka puasa ala Jurus Sehat Rasulullah: 

Jus Semangka, Pepaya, dan Kurma
Di dalam JSR, kurma adalah makanan wajib yang harus dimakan setiap hari. Apalagi kalau kita memilih untuk tidak makan nasi, baik itu nasi putih maupun merah. Saya mencoba untuk tidak makan nasi. Kurma mengandung sumber energi yaitu karbohidrat sebanyak 75% yang dibutuhkan untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Jadi, kurma bisa menjadi pengganti nasi. 

blender cosmos blenz
Blender Cosmos Blenz

Kurma juga mengandung zat besi yang tinggi untuk mencegah anemia. Selama puasa kan sebagian dari kita rentan terkena anemia. Nah itu bisa dicegah dengan makan kurma saat berbuka puasa dan sahur. Kurma bisa langsung dimakan, bisa juga direndam di air sebagai infuse water selama 6-12 jam, dan bisa dicampur dengan jus. 

Jus buah yang akan saya buat ini adalah Jus Semangka, tanpa tambahan gula lho ya. Sebisa mungkin saya menghindari pemakaian gula pasir. Di dalam semangka juga sudah ada gula alami. Buah Semangka membantu memenuhi gizi harian, karena ada kandungan Vitamin C, Vitamin A, Kalium, Magnesium, Vitamin B, dll. Biji semangka juga harus dimakan karena mengandung asam amino yang baik untuk kesehatan. Jadi, kalau beli Semangka harus yang ada bijinya. Bagaimana supaya bijinya bisa dimakan? Ya, diblender dong.

Sedangkan buah Pepaya kita sudah tahu ya manfaatnya sangat bagus untuk melancarkan pencernaan. Bagi kamu yang terkena sembelit di saat puasa, makan saja buah Pepaya. Dijamin deh BAB-nya jadi lancar tanpa harus minum obat-obatan.

Berikut bahan pembuatan Jus Semangka, Pepaya, dan Kurma: 

Buah Semangka dengan bijinya, secukupnya.
Buah Pepaya secukupnya.
3 butir kurma (atau 5,7, dan bilangan ganjil lainnya). 
Air putih suhu normal, secukupnya. 

Potong-potong semangka dan bijinya, lalu blender bersama pepaya dan air dalam suhu normal. Untuk blendernya, saya menggunakan Cosmos Blenz CB 801 BL warna biru toska yang cantik. Kalau blendernya cantik begini, saya jadi senang membuat jus terus. Blender Cosmos Blenz ini punya beberapa kelebihan yang membuat saya tercengang. 

  • Teknologi Canggih, bisa berhenti sendiri. Kita tidak perlu menunggui blendernya sampai jusnya lumat. Blendernya akan berhenti sendiri setelah jusnya lumat. Jadi kita bisa mengerjakan pekerjaan lain. 
  • Bisa Ngeblenz Sendiri, tidak perlu diaduk-aduk secara manual. Blender lain kan ada alat pengaduknya ya. Blender Cosmos ini tidak ada, karena bisa mengaduk sendiri. 
  • Plastik Goblet berkapasitas besar 1, 5 liter.
  • 2 in 1 Mill, ada untuk penggiling bumbu kering dan basah.
  • Ada Lampu Indikator, sebagai tanda bahwa blender sudah siap digunakan.
  • Memiliki Thermostat Overheat Protection, untuk melindungi motor dari panas berlebih sehingga lebih aman dan awet. 
  • Safety Lock System, ada kunci pengaman sehingga jika blender belum terpasang dengan benar, maka blendernya tidak akan memutar.
  • Motor 100% gulungan tembaga, sehingga lebih kuat dan tahan lama. 
  • Listrik hanya 250 watt.
  • Anti Slip (karet hisap), sehingga blender tidak berpindah saat sedang memblender. Aman deh meskipun kita tinggalkan. 
  • Ada dua pilihan warna yang cantik: Biru Toska dan Pink.
Bagaimana hasil dari blender buah Semangka sekaligus bijinya ini?  Bijinya juga jadi lembut sekali, sampai saya tak percaya kalau itu benar-benar jus Semangka plus bijinya. Sama sekali tak terasa ada serat-serat kasar dari biji Semangka. bijinya juga tidak pahit. Eit, sebelum diminum jusnya, potong-potong dulu kurmanya lalu masukkan ke dalam jus buah Semangka dan Pepayanya. Gula yang ada pada kurma membuat rasa Jus Semangka lebih manis tanpa tambahan gula pasir. 

blender cosmos blenz
Blender Cosmos Blenz


Ati Ayam Rebus Balado
Nah, sekarang untuk makanan utamanya ya. Yah, kalau masih lapar setelah minum Jus Semangka dan Kurma, bisa ditambah dengan Ati Ayam Rebus Balado. Ati ayamnya harus direbus, supaya tidak perlu menggunakan banyak minyak goreng. Sedangkan untuk sambal baladonya, saya siapkan: 

5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit 
3 buah bawang merah
1 buah tomat
Garam secukupnya.


blender cosmos blenz
Blender Cosmos Blenz

Untuk penggunaan garamnya sih sebenarnya disarankan pakai garam Himalaya yang masih asli tanpa penambahan zat aditif, tapi karena saya belum punya jadi saya pakai garam biasa asalkan tidak berlebihan. 

Nah, dulu sebelum menggunakan Blender Cosmos Blenz, saya memblender bumbu dengan ditambah air supaya bisa digiling. Sekarang, saya tak perlu menambahkan air. Bumbunya sudah halus sekali. Wow, makin jatuh cinta saja nih dengan blender ini. Untuk memblender bumbu menggunakan tabung yang kecil ya, jangan dicampur dengan blender untuk buah-buahan. 

blender cosmos blenz
Blender Cosmos Blenz

Setelah bumbunya halus, tinggal ditumis dengan sedikit saja minyak goreng. Lalu, masukkan Ati Ayam rebus. Masak deh sampai matang. Kemudian kita makan untuk menambah asupan nutrisi setelah berpuasa seharian. Ini saya makan tanpa nasi.


blender cosmos blenz


Alhamdulillah, tanpa makan nasi dan  karbohidrat  yang berat, saya tetap kuat menjalankan ibadah puasa. Sebagai praktisi JSR, saya wajib punya blender dan Blender Cosmos Blenz itu sudah yang terbaik deh untuk membantu saya agar konsisten memakan buah dan sayur. Produk Cosmos bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, dan bisa juga beli online lho di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee (Official Store Cosmos). 

Nanti akan keluar seri terbaru dari Blender Cosmos, yaitu Cosmos Blenz CB-812 G dengan Glass Goblet berkapasitas besar 2 liter dan dua mata pisau penghancur es sehingga dapat melumat lebih halus. Wow, saya jadi tertarik juga nih dengan seri terbarunya, karena harus pakai Blender Terbaik nih untuk menghasilkan jus buah dan sayur yang halus tanpa membuang serat-seratnya.

Kalau ingin tahu lebih banyak tentang produk Cosmos, kunjungi saja website www.cosmos.id karena akan ada banyak resep dan tips yang bermanfaat. Oya, masih belum percaya dengan kehebatan dari Blender Cosmos ini, tonton deh reviewnya di video youtube saya ini:




40 comments:

  1. Untuk mengikuti pola JSR ini harus mempersiapkan waktu untuk ngeblender yah. Sip, noted. Makasih Mbak

    ReplyDelete
  2. Tempat kecil buat blender bumbunya juga dapat dari blender cosmos nya ya Mbak? Eah praktis enggak perlu ngulek pakai cobek. Hehe. Iya Mbak Leyla kayaknya segeran, ternyata sedang diet ya. Semoga tercapai target penurunan BB dan kesehatannya

    ReplyDelete
  3. Bismillah ya mba, dengan menu buka puasa ala jurus rasululla ini selain bisa menambah keberkahan juga menyehatkan, karena rasulullah memang mengajarkan kebaikan untuk umatnya.. jadi siapa yang mau kebaikan ya ikutin ajaran rasulullah, termasuk menu berbuka puasa ya

    ReplyDelete
  4. Saya baru tahu konsep JSR. Makanan bisa menjadi racun bagi tubuh jika kita tak atur pola makan yang benar. Saya juga punya masalah dengan tubuh, kurus tetapi seperti kurang sehat. Ada banyak sembarang makanan yang telah saya santap, rasanya harus buang racun dengan pola JSR. Dari dulu pengen punya blender Cosmos setelah lihat iklannya di TV. Pengen bikin jus untuk keluarga. Dan melumat bumbu pakai Cosmos bikin kerjaan ringan.

    ReplyDelete
  5. blender cosmos kualitas nya bagus juga ya. perlu banget nih buat di rumah. hehehe

    ReplyDelete
  6. saya baru tahu ada pola JSR, bagus banget buat kesehatan ya Mba.. siip makasih mba infonya

    ReplyDelete
  7. Saya baru mencoba resep2 infuse waternya mba.. Nabeez ternyata enaaaak .. ni baru akan coba nanas+kayu manis..hehe.. resep jus dari mba Lela akan saya coba juga ah..

    ReplyDelete
  8. Wah ini hebat bange mbak, jusnya mau halus bisa berhenti sendiri. Sepertinya cocok untuk MPASI si kecil sebentar lagi.

    ReplyDelete
  9. Aku kalo masak balado juga memilih bumbunya diblender aja, terutama kalo bikin agak banyakan. Capek deh kalo nguleg bumbu, wkwkkk

    ReplyDelete
  10. Eh toss pake blender Cosmos
    Kalau saya sudah pakai kurang lebih 3 tahun ini. Awet dan suami bisa stay fit selalu dengan jus homemad pakai Cosmos

    ReplyDelete
  11. Pake Blender Cosmos jadi makin rajin masak ya bun. Nge jus, bikin sambel, alusin bumbu ah semua jadi gampang deh.

    ReplyDelete
  12. Wah kebetulan blender di rumah rusak. Pengen beli lagi sih cosmos bagus ya..

    ReplyDelete
  13. Kuat banget ya Ela makan balado ati ga pake nasi. Kalau aku pasti sudah berpiring2 nasinya hahahaa... Kudu latihan JSR juga nih aku kayaknya agar makin sehat meski usia terus beranjak. Bikin aneka jus bakalan makin praktis pake blender dari Cosmos ini ya. Nggak perlu diaduk2 dan ditungguin. Tau2 udah jadi aja jusnya.

    ReplyDelete
  14. Blender tuh ngebantu banget deh terutama menghaluskan bumbu soale aku males ngulek juga hehe. Btw kok warnanya bagus ya biru muda gitu jadi makin semangat masak inj mah.

    ReplyDelete
  15. Andalan buat aku tuh ya blender. Masak jadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, produknya Cosmos kan emang terkenal bagus bagus :)

    ReplyDelete
  16. Wah ada ya terapi JSR ini, memang kan dianjurkan untuk makan buah satu jam sebelum makan ya, jadi bagus untuk detox pencernaan ya. Btw cakep banget ya blendernya mbak, warnanya saya suka

    ReplyDelete
  17. Kereen juga nih alatnya. Aku berbuka dengan buah dan kurma.. seling gorengaaan juga hehehe

    ReplyDelete
  18. Wiiiiwww blender baru, alhamdulillaah... Tuk dipakai di hari raya.... :D
    mantep ya Mbak blender Cosmosnya? Kayaknya aku mau beli in aja deh buat hadiah Mama. :))

    ReplyDelete
  19. multi fungsi banget ya mba blender nya, aku pun pakai nih di rumah, cepet banget menghaluskan bumbu sama jus nya, cukup sekali pencet doang hehehe

    ReplyDelete
  20. pantes keliatan lebih segar mbak di foto2nya, ternyata sedang diet ya :) semoga semakin sehat ya mbak

    ReplyDelete
  21. Ngeblendernya asik ya mba, jadi lebuh halus juga tetap terlihat segar. Beli ini ah, soalnya blender di rumah udah ada tanda2 mau rusak :(

    ReplyDelete
  22. Baru tau resep jus ini. Mudah juga ya bahan2 nya, apalagi tanpa gula. Jadi pengen coba juga deh^^

    ReplyDelete
  23. Jus pepaya kurmanya ditambah madu gak mba? Kalo ngikutin menu Nabi Muhammad SAW insyaa allah sehat.

    ReplyDelete
  24. waah liat ini jadi langsung inget kalo dirumah juga ga punya blender nih, beberapa waktu lalu rusak hehehe, jadi pengen beli blender deh <3

    ReplyDelete
  25. Hehehe orang dewasa juga ngalamin growth spurt ya mba, bisa aja tapi ko iya ya ku juga begitu ekwkwk.. btw dirumah ku juga pakai blender cosmos loh, terbaique

    ReplyDelete
  26. Uhuuyy yang lagi semangat diet karbo.
    Btw blendernya sama nih kyk punyaku mbak. Bagus mata pisaunya kuat kalau mau ngeblend dan hancurin es batu.

    ReplyDelete
  27. Kak kalau pakai metode makan ala Rasulullah gini, karbohidrat nya jadi makan kentang gt ya? Atau nasi masih gpp? BTW blender cosmos biasanya harganya lebih murah dr yg lain, tp tetep awet yah kak?

    ReplyDelete
  28. Kurmanya aku kira salak, kak...
    MashAllah~
    Nikmatnya ada blender yang bikin hidup sehat...bonusnya, langsing.

    **duh...kok aku jadi sensi banget kalo ngomongin berat badan...wkkwkw...

    ReplyDelete
  29. Waaah toss mbak, samaan nih aku juga lagi kepoin JSR-nya dr Zaidul Akbar. Banyak banget tips sehatnya dari beliau. Kemarin pas Ramadan pak suami juga cobain jus ini lho mbak. Enak siih cuma karena nggak biasa aja jadi rada-rada aneh gitu pas minumnya. Kalau bikinnya pakai blender Cosmos mungkin bisa lebih halus lagi yaa hasilnya jadi diminumnya juga lebih gampang.

    ReplyDelete
  30. Aku jadi pengen juga mencoba resep jurus sehat Rasulullah ini, aku dulu beli juga nih Mbak blender Cosmos tapi sekarang udah rusak

    ReplyDelete
  31. Suka deh smaa blender nultifungsi gini. Bikin jus sehat bisaa. Bikin makanan enak juga bisa. Paket lengkap buat ibuk ibuk

    ReplyDelete
  32. Ngeblender apa aja makin praktis yaaa karena ga perlu ditungguin. Ntar klo udah halus dia berhenti sendiri. Bisa ditinggal mengerjakan hal2 lain sekaligus.

    ReplyDelete
  33. Bagus ya blendernya bisa sampe halus banget gitu. Harganya berapa yaa? Jadi pingin beli juga nih kalo harganya terjangkau :)

    ReplyDelete
  34. Praktis ya mba udah ga perlu pakai pengaduk karena bisa aduk sendiri. Di rumahku juga pakai blender dari cosmos ni mba, tapi dirumah aku blm pakai yang tipe ini hehe

    ReplyDelete
  35. Biji semangkanya bener-bener bisa halus gitu ya mbak dengan menggunakan blender Cosmos ini. Wah, patut coba nih untuk berkreasi ngebikin jus-jus lainnya.

    ReplyDelete
  36. Mantap banget ya ini blendernya, halus buat ngeblender bumbu. Jadi praktis gak perlu nguleg lagi

    ReplyDelete
  37. Mantep banget tuh blender nya jadi pengen punya deh hehe biar membantu mamaku kalo buat bumbu

    ReplyDelete
  38. Jadi enak deh mau blender apa aja. Ya kan mba?? Rekomen buat beliin kado ultah mamah nanti nih

    ReplyDelete
  39. Jadilah jutawan mendadak sekarang juga hanya bermain di sentapoker,com. Hanya deposit 15ribu kamu sudah bisa mendapatkan bonus 10ribu dan berkesempatan memenangkan hadiah ratusan juta hingga milliaran Rupiah! Jangan sampai ketinggalan dengan bonus yang akan datang nantinya hanya di sentapoker,com

    WHATSAPP : +6285921063064
    BBM : SENTA88
    LIVE CHAT : SENTAPOKER,COM

    AGEN POKER TERPERCAYA
    SITUS POKER ONLINE RESMI

    ReplyDelete
  40. Terimakasih untuk infonya, sukses terus..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...