Wednesday, May 22, 2019

Susu dari Sapi A2, Minuman Sehat untuk Berbuka Puasa



Umat Islam memiliki satu bulan di mana kita ditempa untuk menahan hawa nafsu dari segala kenikmatan dunia. Aktivitas makan adalah salah satu kenikmatan dunia yang kini tak sekadar untuk mengenyangkan perut. Aneka ragam kuliner telah diciptakan demi memanjakan lidah. Sehingga, kita pun harus mampu menahan ujian dalam bentuk makanan di bulan puasa ini.


Selama berpuasa, kita dilarang untuk makan dan minum dari pagi hingga petang. Alhamdulillah, kita hanya diwajibkan berpuasa pada siang hari atau sekitar 12 jam. Saat azan Magrib, kita diperbolehkan untuk berbuka puasa dengan memakan apa pun yang kita sukai asalkan halal. Tak heran jika aneka ragam kuliner dijajakan di pinggir jalan menjelang waktu berbuka puasa. Justru jumlahnya lebih banyak daripada hari-hari biasa.

Orang-orang yang biasanya tidak berjualan kuliner, mendadak menjadi penjual takjil atau makanan berbuka puasa. Ya, sebenarnya tidak masalah. Terserah mereka mau mencari rezeki dengan berjualan kuliner. Pengendalian diri ada pada kita sendiri. Apakah mau memakan semua hidangan yang tersaji atau makan secukupnya asalkan lengkap nutrisinya?

Tidak semua hidangan berbuka puasa itu baik untuk pencernaan kita lho. Makanan yang terlalu manis atau terlalu pedas, justru berdampak tidak baik. Makanan yang banyak mengandung gula, akan membuat gula darah melonjak cepat, radang tenggorokan, bahkan kita akan mengalami kenaikan berat badan. Heran ya,  saat puasa kok berat badan kita malah naik? Sedangkan makanan yang terlalu pedas, akan membuat pencernaan terganggu, seperti terkena diare. Kalau sudah sakit karena salah pilih makanan, pastinya ibadah puasa kita jadi terganggu.

Berbuka puasa dengan susu bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang kaya nutrisi karena susu mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kita pun bisa melanjutkan berpuasa di keesokan harinya dengan tubuh yang bugar dan cukup nutrisi. Wah, apa tidak takut sakit perut minum susu saat perut kosong? Memang banyak orang yang beranggapan seperti itu. Alhamdulillah, saya mendapatkan informasi tentang susu yang tidak membuat sakit perut meskipun diminum dalam keadaan perut kosong.

maKIN Nyaman saat Ramadan 

Hari Kamis tanggal 16 Mei 2019 bertempat di Harlequin Bistro Kemang, Jakarta Selatan, saya menghadiri acara blogger gathering "Berbuka Bersama KIN Fresh Milk #maKINnyamansaatRamadan." Acara ini menghadirkan para narasumber, yaitu: 

dr. Rizal Alaydrus, MSc, seorang ahli Gizi.
Anton Budiharjo, Marketing Manajer KIN.
Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager KIN.
Astrid Satwika, Momfluencer.
Chef Eddrian Thjia.

dr. Rizal Alaydrus sebagai Ahli Gizi, memaparkan pentingnya mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi setelah  berpuasa selama 13-14 jam sehari. Sebab, seharian perut kita kosong dan tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Susu sapi dapat menjadi pilihan menu untuk berbuka puasa, karena saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong justru penyerapan gizinya lebih maksimal. Susu sapi mengandung gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 


dr. Rizal Alaydrus. Foto: Doc. KIN

Masalahnya, ada kondisi di mana seseorang merasa tidak nyaman ketika minum susu dalam keadaan perut kosong dan itu bukan karena intoleransi laktosa. Adakah yang merasakan sakit perut atau kembung setelah minum susu sapi saat perut kosong? Nah, kondisi itu lazim dialami oleh kita bila mengonsumsi susu yang terbuat dari Protein Sapi A1. Sebagian besar susu sapi yang beredar di pasar terbuat dari Protein Sapi A1.

Berbeda dengan KIN Fresh Milk yang terbuat dari susu dari sapi A2 yang hanya mengandung Protein A2 yang lebih baik sehingga mudah dicerna dan nyaman di perut, nggak bikin eneg atau kembung. Sapi A2 yaitu sapi yang telah melalui seleksi khusus tes DNA sehingga memproduksi protein sapi A2. Protein sapi A2 ini lebih mudah dicerna oleh tubuh, bahkan komposisinya menyerupai protein dalam ASI. Kita pun dapat meminum susu saat berbuka puasa, tanpa khawatir perut merasa mual dan kembung. 

Talkshow maKIN Nyaman saat Ramadan

Sementara itu, narasumber berikutnya yaitu Anton Budiharjo memaparkan perlunya minum susu sebagai salah satu alternatif minuman sehat untuk berbuka puasa. Jika perut merasa tidak nyaman setelah berbuka puasa dengan susu, maka cobalah minum KIN Fresh Milk, terbuat dari 100% susu segar, alami tanpa ada yang ditambahi atau dikurangi kandungannya, yang sudah terbukti nyaman di perut dan tidak menimbulkan mual dan kembung.

Tiffany Pratiwi Suwandi, selaku Brand Manager KIN menjelaskan tujuan dari kampanye KIN Fresh Milk di bulan Ramadhan ini, yaitu dengan mengadakan acara "Berbuka bersama KIN" sebagai acara pembuka dari rangkaian acara roadshow #maKINnyamansaatRamadan di Jakarta dan Bandung. PT ABC Kogen Dairy ingin mensosialisasikan manfaat dan kebaikan susu dari sapi A2, terutama untuk berbuka puasa. Sebab, KIN Fresh Milk ini adalah susu segar yang kaya nutrisi dan dapat menggantikan energi yang hilang selama berpuasa. Rasa manisnya juga alami dan protein sapi A2-nya tidak membuat mual dan kembung. 

Tiffany Suwandi. Foto: Doc. KIN

Tak hanya berbuka dengan yang segar dan manis tapi nyaman di perut, kita juga bisa sekaligus berdonasi Rp 1000 untuk setiap botol KIN yang dikembalikan pada saat roadshow itu dan akan didonasikan ke Rumah-Yatim.org. Wow, luar biasa ya. Kita bisa berbuka dengan minuman sehat dan nyaman sekaligus berdonasi  untuk anak yatim.

Acara Berbuka Bersama KIN ini juga menghadirkan Momfluencer, Astrid Satwika, yang suka mengonsumsi susu KIN. KIN Fresh Milk tersedia dalam 3 rasa, yaitu Full Cream, Chocolate, dan Coffee. Astrid suka yang rasa cokelat, sedangkan suaminya suka yang kopi.  Dan memang susu KIN, susu dari sapi A2 ini nyaman dikonsumsi, sama sekali tidak membuat  mual dan kembung. Kemasannya juga UV Light Barrier untuk menjamin kualitas produk, serta sama sekali tidak mengandung pengawet.

Astrid Satwika. Foto: Doc. KIN
Sebelum acara ditutup, Chef Eddrian Thjia membagikan resep membuat takjil sehat dengan menggunakan susu KIN, susu dari sapi A2, yang rasa cokelat. 

CHIA PUDDING AVOCADO
Bahan-bahan: 
Chia Seed
Susu KIN 
Granola

Bahan Topping
Delima
Goldenberries
Pumpkin Seed
Almond

Cara Membuat: 
Campur Chia Seed dengan KIN Fresh Milk, aduk sampai rata. Tunggu sesaat sampai mengembang. Jika Chia Puddingnya terlalu kental, tambahkan susu secukupnya. Jika terlalu encer, tambahkan Chia Seed. Kemudian, haluskan alpukat, campur dengan Olive Oil dan Madu. Masukkan aplukat ke dalam jar beserta granolanya dan Chia Seed, juga topping dengan bahan yang sudah disiapkan.

Chia Seed Pudding with KIN Fresh Milk 


Akhirnya, saat berbuka puasa pun tiba. Saya menikmati es buah dengan KIN Fresh Milk Full Cream. Tanpa tambahan gula, rasanya sudah enak dan segar. Terbukti juga, setelah saya berbuka dengan es buah KIN, perut saya tetap nyaman. Tidak timbul gejolak apa pun. Alhamdulillah. Tubuh yang lemas, langsung segar kembali.

Es Buah KIN Fresh Milk


Untuk informasi lebih lanjut mengenai KIN Fresh Milk, Susu Berkelas dari Sapi Teratas, dapatkan di: 
Website: www.kindairy.com
Instagram:  @kindairyid
Facebook: Kindairy ID





23 comments:

  1. Pekan lalu saya belikan Palung susu Kin untuk buka saum. Saya sempat cicip dan rasanya mengingatkan pada susu sapi segar murni tanpa tambahan seperti yang dulu pernah dibeli. rasanya juga bikin perut nyaman. Plaon yang netral.

    ReplyDelete
  2. aku lebih sering minum yoghurt kin nya...lebih enak dari merek lain :)

    ReplyDelete
  3. Betul mom tidak semua makanan minuman yg dijual baik bagi tubuh. Kudu pinter milih ta'jil yak.

    ReplyDelete
  4. Memang segar dan pas berbuka puasa dengan puding yang terbuat dari bahan yang fresh. Apalagi Susu A2 ini tidak menyebabkan kembung. Tarawih pasti lancar jaya dong

    ReplyDelete
  5. Langsung greget baca judul terus lanjut ke artikelnya. Dapat rekomen juga nih buat besok buka puasa selalu sedia susu KIN yang menyehatkan

    ReplyDelete
  6. es buah KIN seger bener itu..JUga puddingnya menggoda. Seneng kalau ada susu yang nyaman dan aman bagi perut, enggak bikin mual, eneg dan kembung kayak KIN ini. Jadi bisa diminum kapan saja termasuk saat buka puasa :)

    ReplyDelete
  7. Kin susu A2 memang cocok buat hidangan berbuka puasa. Ini nih yang akan napsu maka bertambah . Gurih hidangan berbuka. Mpo suka bikin puding susu

    ReplyDelete
  8. Duluuuu saya takut minum susu ketika buka puasa, takut sakit perut. Tapi setelah dewasa mahhh ayo ajaaa, apalagi diminum dingin, kan segerrr.. Btw anak saya juga biasa minum susu ketika buka puasa.

    ReplyDelete
  9. resepnya bisa dicoba nih mba. biar buka puasa menyantap yang sehat, sejak kemarin berbuka dengan gorengan terus

    ReplyDelete
  10. Wah serba biru. Seger banget ini buat buka puasa.

    ReplyDelete
  11. Sekarang ini, aku gak pernah lagi berbuka atau pun sahur meminum susu. Soalnya udahnya pasti eneg dan mules. Kalo waktu kecil rutin. Susu ini gak bikin eneg dan mules, ya? Kudu nyoba nih.

    ReplyDelete
  12. Aku setiap sahur doang minum susu, baru tau kalau buka puasa bisa langsung minum susu. Ternyata susu KIN tuh aman ya kak dikonsumsi kapanpun sekalipun perut kosong

    ReplyDelete
  13. Awal puasa kemarin aku kemaruk banget beli takjil segala es-es yang dijual buat buka, eh abis itu badan drop. Gak berani lagi deh buka pakai yang aneh-aneh tapi kalau cuma minum air putih kayak kurang nendang gitu.

    Gak kepikiran buat buka pakai KIN, ntar beli KIN Milk aja lah buat buka.

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah coba KIN karena agak sensi dengan susu sapi, mungkin bisa saya coba kali aja saya cocok dengan yang ini hehe :D

    ReplyDelete
  15. Anakku yang bungsu hafal banget sama iklannya nih hehehe jadi mau cobain susunya

    ReplyDelete
  16. Aku jadi ketagihan minum susu KIN saat buka puasa, sampai sekarang kalau buka sukanya pakai KIN ditambahkan dengan es batu.

    ReplyDelete
  17. Ada bedanya, nggak, rasanya susu sapi A1 dan susu sapi A2?

    ReplyDelete
  18. Jadi kepikiran bikin kreasi takjil dari susu KIN pake buah buahan seger. Hmm pasti yummy..

    ReplyDelete
  19. ini favorit aku sih, apalagi yang rasa strawberry, rasanya enak dan seger banget yaa, yang coklat juga sebenernya enak sih,

    ReplyDelete
  20. Wah jadi penasaran pengen coba sendiri kayak apa rasanya susu dari sapi A2. Ternyata bisa jadi tambahan puding juga ya. Resepnya ku simpan ah kapan-kapan praktekin.

    ReplyDelete
  21. Aku juga kemarin coba buka puasa pakai KIN. Emang enak yaaa. Ga bikin mual :D rasanya juga enak hihihi. Rio aja doyan

    ReplyDelete
  22. enak mbakkk diminum buka puasa apalagi pas keadaan dingin itu tuh seger buanget yaaa

    ReplyDelete
  23. Anakku yg besar sekarang lagi hobi bgt nih ke minimarket dpn komplek utk beli susu ini. Kadang dicampur potongan buah dan es batu. Enak katanya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...