Saturday, June 8, 2019

Layanan BPJS Kesehatan saat Libur Lebaran



Alhamdulillah tibalah kita di hari kemenangan. Mohon maaf lahir batin ya untuk teman-teman semua. Siapa yang mudik ke kampung halaman? Saya sudah sejak beberapa hari menjelang lebaran mudik ke rumah mertua.


Harapannya semoga saat mudik ini kita tetap sehat ya. Tapi kalaupun sakit di kampung halaman, jangan khawatir karena BPJS Kesehatan tetap melayani peserta JKN-KIS yang sedang ada di luar kota.

Kepala Humas BPJS Kesehatan, Bapak M. Iqbal Anas Ma'ruf menegaskan dalam Konferensi Pers "Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan," bahwa bagi para peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan membutuhkan pelayanan di luar kota, maka dapat mendatangi Faskes Tingkat Pertama meskipun tidak terdaftar di Faskes tersebut.

Daftar FKTP dapat dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau hubungi BPJS Kesehatan Care Centre di 1500 400. Jika ternyata tidak ada FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran atau butuh pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat. 

Pelayanan khusus bagi para peserta JKN-KIS di kantor cabang BPJS Kesehatan selama libur lebaran diberikan pada tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 dari pukul 08.00-12.00 waktu setempat.

Pelayanan khusus ini juga diberikan di seluruh Kantor Kabupaten/ Kota Utama di Pulau Jawa dan beberapa titik di luar Pulau Jawa. Jika Kantor Kabupaten/Kota tidak menyediakan pelayanan selama libur lebaran, maka kebutuhan peserta atas pelayanan administrasi dan denda dilakukan melalui koordinasi dan komunikasi antara PIC Rumah Sakit dengan Petugas Piket. 

Ada 7 Poin mengenai pelayanan BPJS Kesehatan selama libur lebaran ini: 

  1. Pelayanan ini berlaku dari H-7 sampai H+7 lebaran yaitu tanggal 29 Mei - 13 Juni 2019.
  2. Peserta JKN-KIS bisa mendapatkan pelayanan kesehatan sekurang-kurangnya 3 kali kunjungan.
  3. Jika tidak tersedia FKTP di wilayah yang dikunjungi, maka bisa dilayani di IGD Rumah Sakit.
  4. Dalam keadaan gawat darurat, semua fasilitas Kesehatan wajib memberikan pelayanan penangangan pertama kepada pasien JKN-KIS
  5. Untuk penderita penyakit kronis, maka bisa mengambil obat lebih awal. 
  6. Teknis pelayanan obat kronis yaitu: diberikan maksimum untuk 30 hari sesuai indikasi medis, jika jawalnya jatuh di hari lebaran maka obat dapat diambil lebih cepat, untuk obat Program Rujuk Balik (PRB) dapat diambil di apotek PRB, dan untuk obat penyakit kronis di FKRTL maka dapat diambil di Instalasi Farmasi Rumah Sakit yang bekerja bersama BPJS Kesehatan.
  7. Teknis pelayanan obat kronis dengan memberlakukan: Untuk peserta PRB, obat diambil di apotek PRB daerah tujuan dengan diresepkan oleh dokter FKTP di daerah tujuan dan membawa buku kontrol Program Rujuk Balik atau surat pengantar dari dokter di FKTP awal. Sedangkan untuk penderita penyakit kronis non stabil dapat mengambil obat di FKTRL daerah tujuan mudik dengan membawa Surat rujukan dari  FKTP setempat, diresepkan oleh dokter di FKTRL setempat, Surat rujukan berlaku untuk 1 diagnosa dan tujuan rujukan yang sama, dan maksimal kunjungan 1 kali sebulan.
Jangan lupa untuk mengunduh Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan di Appstore dan Playstore untuk mengecek status kepesertaan dan riwayat tagihan. Tersedia juga informasi-informasi penting di dalamnya. 

22 comments:

  1. semoga pelayanan bpjs semakin baik lagi. aku pengguna setia bpjs dan menurutku dari tahun ke tahun selalu ada perkembangan, contohnya aja masalah surat rujukan yang bisa dionlinekan. apalagi ini pas musim mudik ternyata bpjs sangat prepare dan melayani segenap masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

    ReplyDelete
  2. Aku udah lama ga ngecek ngecek akun bpjs ku masih aktif ga ya hehee brb download aplikasi bpjs di appstore, ku baru tau bpjs ada aplikasi nya. Jadi memudahkan buat liat tagihan ya

    ReplyDelete
  3. BPJSku pernah mati mbak waktu itu, eh ternyata ada kewajiban untuk diaktifkan lumayan juga perorang bayarnya. Tapi skr udah aktif lagi kok walaupun gak pernah dipakai buat jaga-jaga aja

    ReplyDelete
  4. Hari ini terakhir berarti, ya. Semoga layanan seperti ini akan selalu ada, ya. Pelayanan BPJS juga semakin baik lagi :)

    ReplyDelete
  5. Tetap siap siaga ya BPJS meski saat libur lebaran. Top banget lah pelayanannya. Semoga kepentingan peserta BPJS selalu diperhatikan seperti ini ya.

    ReplyDelete
  6. Jempol banget buat pelayanan BPJS deh. Bapak ibuku juga pake tiap bulan buat cek up rutin. Dan makin salut lagi kalau pas lebaran gini, pihak bpjs optimal dalam memberikan pelayanan ya

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah BPJS tetap buka layanan saat hari.besar ya.. Oya, aku sedang penasaran dg informasi peserta BPJS skg harus finger print nih..bener gak ya? Kasihan yg sepuh2 kalau butuh obat saja harus datang sendiri utk FP

    ReplyDelete
  8. Pelayanan BPJS semakin maksimal ya. Meski libur lebaran pelayanan tetap dioptimalkan. Semoga konsumen semakin senang.

    ReplyDelete
  9. Syukurlah BPJS kesehatan masih beroperasional kala libur lebaran soalnya akan sangat dibutuhkan masyarakat. Tindak medis dan darurat yang dibutuhkan selalu pada jangka waktu tak terduga. Bagaimanapun, masyarakat dengan gerak mobilitasnya yang tinggi kala lebaran masih membutuhkan layanan kesehatan. Adanya BPJS bisa memudahkan urusan mereka, apalagi jika menyangkut penanganan cepat dan ketersediaan dana
    Sayang saya bukan peserta BPJS. Kartu KIS (Keluarga Indonesia Sehat)n pun raib dari amplop untuk keluarga saya.

    ReplyDelete
  10. Syukurlah BPJS kesehatan masih beroperasional kala libur lebaran soalnya akan sangat dibutuhkan masyarakat. Tindak medis dan darurat yang dibutuhkan selalu pada jangka waktu tak terduga. Bagaimanapun, masyarakat dengan gerak mobilitasnya yang tinggi kala lebaran masih membutuhkan layanan kesehatan. Adanya BPJS bisa memudahkan urusan mereka, apalagi jika menyangkut penanganan cepat dan ketersediaan dana
    Sayang saya bukan peserta BPJS. Kartu KIS (Keluarga Indonesia Sehat)n pun raib dari amplop untuk keluarga saya.

    ReplyDelete
  11. Demi masyarakat, BPJS gak libur saat lebaran ya.
    Tapi semoga saja, masyarakat sehat dan selamat sampai tujuan, dan gak perlu dipakai BPJS-nya ya hehehe

    ReplyDelete
  12. Sedih juga kalau lebaran pas sakit. Tapi lebih sedih lagi kalau ga dirawat, aih. Semoga semua yg sakit segera sembuh, ya...

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah,
    Jadi semua orang tetap bisa menikmati layanan BPJS biarpun hari libur panjang.
    Karena sakit gak di prediksi.

    ReplyDelete
  14. Semoga bpjs makin ke sini makin baik ya pelayanannya. Banyak yg puas tp banyak jg yg kecewa pertanda hrs trs menerus meningkatkan pelayanannya..

    ReplyDelete
  15. dari awal hingga sekarang aku enggak pernah kecewa sama layanan BPJS, jempol deh

    ReplyDelete
  16. alhamdulilah yah meski libur lebaran kemarin tetap buka layanannya semoga makin mantap customer servicenya

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah mudik lebaran lancar, enggak perlu pakai layanan mudik BPJS Kesehatan tersebut. Buat jaga-jaga, aku selalu bawa kartu BPJS di dompet.

    ReplyDelete
  18. Aku kira BPJS libur pas lebaran, ternyata buka pelayanan nya ya. Anakku nih yang tinggal di Jogja pengen ngurus kepindahan kepersertaan BPJS dari Semarang.

    ReplyDelete
  19. Pelayanan BPJS ada juga ya pas lebaran. Makin bagus deh BPJS ini.

    ReplyDelete
  20. Mertuaku kan diabetes bun, pas puasa kemarin masuk RS ini sudah pemulihan
    tapi harus kontrol terus, aalhamdulillah kalo dari 13 juni udah aktip lagi mau meriksakan beliau lagi bun

    ReplyDelete
  21. Aku sih semoga sehat selalu mbaaa.. jangan sampai sakit yaa. But good to know BPJS banyak bantu

    ReplyDelete
  22. Wow bpjs mengikuti perkembangan banget ya dengan menyediakan aplikasi sehingga memudahkan siapa saja yang membutuhkan pengobatan walaupun libur lebaran, sukses bpjs

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...