Friday, July 26, 2019

Bye, Mata Kering dengan Insto Dry Eyes! Kenali Penyebab dan Gejalanya, Yuk!

Insto Dry Eyes, Solusi Mata Kering. Duh, tenggat waktu tulisan sebentar lagi tapi mata pegal dan tak sanggup menatap layar komputer. Adakah yang senasib dengan saya? Tak hanya sering mengalami mata pegal, saya juga sering mengalami mata sepet akibat menatap smartphone terlalu lama. Pekerjaan sebagai blogger dan influencer membuat saya harus menatap laptop dan smartphone sepanjang hari. Paling hanya berhenti saat saya tidur, mandi, dan salat. Bahkan, saat sedang makan pun, saya menatap smartphone. Khawatir ada tawaran pekerjaan yang lepas kalau terlambat menjawab pesan. 


Insto Dry Eyes
Sedia Insto Dry Eyes sebelum bekerja 

Berhubung udara Citayam tempat tinggal saya, sangat panas, AC di kamar pun sering dinyalakan. Akibatnya, mata pun terasa kering yang ditandai dengan mata perih. Kalau sudah begitu, tentu rasanya tidak enak. Saya harus mengucek-ucek mata tapi semakin dikucek malah semakin perih. Saya basuh dengan air, tak begitu membantu. Risiko pekerjaan yang sangat mengandalkan mata, ya begini ini. Ternyata semua itu adalah gejala mata kering yang harus segera diatasi tak cukup dengan membasuhkan air. 

Mata kering adalah suatu kondisi di mata mata kita tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata. Bisa dikatakan, "kehabisan air mata." Padahal, gunanya air mata ini kan untuk mengusir debu, kotoran, dan benda-benda asing lainnya yang masuk ke dalam mata sehingga mata kita tetap bisa berfungsi dengan nyaman. Coba kalau ada benda asing yang masuk ke mata dan tidak bisa keluar secara otomatis oleh air mata, pasti mata kita rasanya tidak enak. 

Jangan dianggap sepele masalah mata kering ini, karena rupanya termasuk ke dalam kategori penyakit mata yaitu keratoconjunctivitis atau dalam bahasa Indonesia disebutnya "Sindrom Mata Kering." Yang mengejutkan lagi, kaum wanita seperti saya ini lebih banyak menderita mata kering di bandingkan kaum pria. Lho, kok bisa ya? Apa karena wanita lebih sering menangis, sehingga mudah kehabisan air mata? Hohoho.... 

Dari berbagai sumber, saya menghimpun penyebab mata kering pada wanita diantaranya karena: 

  • Pemakaian Lensa Kontak 
Ternyata, memakai lensa kontak bisa mengakibatkan mata kering akibat iritasi. Jadi diperhatikan betul ya do and don't saat mengenakan lensa kontak. Sebaiknya sih jangan terlalu sering memakai lensa kontak. 

  • Adanya Perubahan Hormon
Wanita sering mengalami perubahan hormon, misalnya saat kehamilan, menjelang atau saat menopouse, dan ketika menggunakan pil KB. Nah, perubahan hormon ini rupanya dapat memicu mata kering. 

  • Akibat Penuaan, Penyakit, dan Obat-obatan
Dengan bertambahnya usia, produksi air mata pun berkurang. Jadi berisiko terkena penyakit mata kering. Apalagi bila mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, lupus, gangguan tiroid, dan lain-lain dapat menyebabkan mata kering. Ditambah dengan efek samping dari beberapa jenis obat yang dapat memicu mata kering.

  • Lingkungan dan Kegiatan yang Dilakukan
Nah, penyebab mata kering ini bisa dialami oleh kita semua meskipun belum berusia tua dan sakit-sakitan. Yaitu, ketika melakukan kegiatan yang sangat mengandalkan mata atau mata jarang berkedip. Misalnya, menatap layar komputer, smartphone, atau membaca buku sehingga mengakibatkan mata lelah. Sudah begitu, kita berada di lingkungan yang kering, seperti ruangan ber-AC, banyak debu, angin, cuaca panas, dan sebagainya.

Insto Dry Eyes
Insto Dry Eyes, Menemani Bekerja 

Bagaimana cara mengetahui apakah mata kita terkena penyakit mata kering? Biasanya, gejala mata kering itu diantaranya mata terasa panas, merah, sensitif, berair, terasa ada lendir di dalam mata, penglihatan kabur, perih, dan seperti ada yang mengganggu di dalam mata. Jika gejala tersebut sudah nampak, harus segera dicegah dan diobati yaitu dengan: 

Menggunakan Kacamata
Ketika beraktivitas di luar rumah, boleh juga gunakan kacamata supaya debu tidak mudah masuk dan juga bisa memperlambat penguapan air mata. Kalau pakai lensa kontak, bagaimana? Nah, usahakan untuk tidak terlalu lama menggunakannya.

Menggunakan Alat Pembersih  Udara
Jika berada di dalam rumah atau ruangan, bisa gunakan alat pembersih udara supaya ruangannya bersih dari debu. 

Hentikan Kebiasaan Menggosok Mata
Memang sih mata terasa perih dan panas saat mata kering, tapi jangan digosok karena hanya akan memperparah keadaan.

Banyak Minum Air dan Makan Makanan Bergizi
Ini adalah pencegahan dari dalam untuk menjaga kelembapan selaput lendir pada mata kita. Terutama konsumsi makanan yang dapat menjaga kesehatan mata. 

Sering Beristirahat saat Beraktivitas yang Menggunakan Mata
Meskipun ada banyak tenggat waktu tulisan, kita tetap perlu sesekali beristirahat dari melihat layar laptop dan smartphone. Nah, ini juga menjadi catatan buat saya karena memandang layar smartphone itu memang candu sekali ya. Susah untuk mengistirahatkannya. Kalau sudah begitu, teteskan obat tetes mata untuk mata kering. Saya menggunakan Insto Dry Eyes.

Pakai Insto Dry Eyes saat mata kering

Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif untuk mengatasi kekeringan pada mata dan bisa digunakan sebagai pelumas mata lho ketika kita tidak bisa berhenti melakukan aktivitas yang menggunakan mata, seperti menulis dan membaca. Insto Dry Eyes ini berfungsi sebagai air mata buatan dan juga memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri yaitu Hydroxyprophil dan Methylcellulose. Tersedia dalam  ukuran 7.5 ml. Harganya juga terjangkau dan mudah ditemukan di minimarket. 

Jadi, dengan Insto Dry Eyes... Bye, Mata Kering!
Insto Dry Eyes
Insto Dry Eyes, Solusi Mata Kering 






32 comments:

  1. Mata kering tapi kerjaan segabruk?
    Tidak masalaaahh! Serahkan aja sama INSTO ye Mak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Setuju.. Kalau ga sadar suka ngucek-ngucek pas mata lagi sepet, ternyata enggak boleh yah..

    ReplyDelete
  3. Gagal fokus ama fotonya yang terakhir, cakep banget sih mbaaa :*
    Saya butuh insto nih, sering banget saya ngabisin waktu berjam-jam di depan laptop karena kerjaan segabruk hiks

    Sampai-sampai mata saya makin buram rasanya pas melihat dan bengkak serta panas

    ReplyDelete
  4. Kemasannya mungil ya..jadi mudah dibawa kemana-mana, persediaan saat tiba2 gejala mata kering terjadi..

    ReplyDelete
  5. Insto ngebantu banget ini buat mata kering, kalau nenekku bilang insto itu kecer mata hehe.

    ReplyDelete
  6. Mata kering karena depan layar terus ditambah depan ac, fix perih banget rasanya. Untung sedia insto ya mbak buat kerja.

    ReplyDelete
  7. Aku biasanya kalo naik sepeda mba, kena ngin langsung perih mungkin karna debu masuk yaa, aku juga sedia rotho dirumah

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata bahan aktif dalam insto dry eyes memang efektif bikin mata istirahat dan sensasi dingin di mata bikin adem.

    ReplyDelete
  9. insto eajib dibawa kemana mana yah, soalnya packagingnya lucu dan nggak ribet lalu bawanya juga nggak keberatan pokoknya friendly buanget, dan yg paling penting kita jadi nggak khawatir

    ReplyDelete
  10. Wah iya emang mata kering bisa juga tentang kegiatan yang dilakukan. Kayak aku tuh sering lihat komputer :D

    ReplyDelete
  11. Byeee.. Mata kering udah ga berani mampir ya karena sedia selalu insto dry eyes

    ReplyDelete
  12. Mbak Ela selalu tampil kece, tapi jangan kelamaan di depan laptop ya
    Eh tapi nggak apa juga ding, banyak job, banyak duit, asal udah sedia Insto di rumah dah aman deh

    ReplyDelete
  13. Wah, harus menyiapkan Insto Dry Eyes juga nih karena aktivitas di depan laptop hampir tidak pernah berhenti ya. Ga mau dong punya mata kering, makanya harus siap2 sediaan Insto Dry Eyes di rumah.

    ReplyDelete
  14. aku pakai kacamata setiap hari tapi tetap aja kering nih mba matanya. Mungkin factor AC dan juga letih karena dipakai teruuus ya. Untung ada eye drop ini

    ReplyDelete
  15. Aku baru sadar, kenapa mata aku sering sekali gatal, salah satunya mata aku kering ya.. bener banget, hampir semua penyebab mata kering ada di aku.. harus sedia insto dry eyes dirumah ya.. supaya mata ngga kering lagi

    ReplyDelete
  16. Baca2 ttg ini tu jd serasa diingatkan untuk lebih menjaga mata kita..

    ReplyDelete
  17. Insto dry eyes ini slalu kubawa kemana aja mba, dan emang bener banget berada di ruangan berAC apalagi menatap layar laptop atau hape aja bikin mata cepet kering.

    ReplyDelete
  18. kalau aku seringnya mata kering dulu karena pemakaian softlense yang terlalu lama mba huhuhu ga cuman kering, pedih, sepet tpi sampe merah dong :( untung yah ada insto dry eyes

    ReplyDelete
  19. Nih lagi bw aku istirahat dulu sampe ketiduran mbak hehehe, tapi biar gak kena mata kering ya harus istirahat dulu atau ditetesin aja pakai Insto Dry Eyes

    ReplyDelete
  20. Benar banget mbak, Insto selalu bisa mengatasi mata kering. Apalagi sekarang Insto Dry Eyes ini nyaman di mata dan dingin. Abis pemakaian langsung segar kembali.

    ReplyDelete
  21. Baru tau kalau hormon juga bisa bikin mata jd bermasalah mbak.
    Insto ini salah satu obat yg dibutuhkan oleh org yang sehari2nya bergelut ma laptop atau gadget lainnya yaa

    ReplyDelete
  22. Aku lho kalau mata gatel kadang lupa dan suka gosok mata. Padahal gak boleh kan ya. kalau apa paling sering kena Mata Kering karena sering natap layar sama berkendara. Debunya euy! Banyak

    ReplyDelete
  23. Mata kering dan sepet memang tidak enak. Kami kemana mana selalu naik motor, kerap mengalami mata kering ini. Akhirnya sering berhenti drpd bahaya. Sekarang setelah ada Insto, Alhamdulillah lumayan banyak membantu masalah mata kami inj

    ReplyDelete
  24. selama ini kalau mata kering kebanyakan liat layar laptop, obatnya cuma merem sebentar dan wudhu, hehehe.
    insto boleh dicoba nih buat melembabkan mata kembali :D

    ReplyDelete
  25. Beneran kak Leyla, kerasa banget deh bedanya pas masih belum punya anak dulu (aka. muda, hehehe)
    Sekarang,
    Kalau perjalanan jauh plus kerjanya melototin jalan (nyetir) pasti deh...mata mendadak pegel.
    Harus selalu sedia Instro Dry Eyes di dashboar.

    ReplyDelete
  26. iya banget mba. aku pakai lensa kontak, kerja depan laptop dan gadget juga makanya matanya suka kering. abis itu tetesin insto deh

    ReplyDelete
  27. Iya banget, lama di depan layar gadget bikin mata perih dan kering. Kudu sedia Insto nih biar mata selalu seger

    ReplyDelete
  28. iyaaa waktu masih rajin pakai lensa kontak, secara penampilan oke tapi mata ga nyaman karena mudah kering. Baiknya sedia insto yaa supaya mata tetap lembab.

    ReplyDelete
  29. Pebting banget nih untuk mata kering, rasanya mata saya sering perih karena kering... Produk insto memang bagus dari dulu:)

    ReplyDelete
  30. Meskipun uda pakai kacamata sering banget mata gampang lelah mbaak apalagi kalau ngadep laptop terus-terusan, insto bisa jd andalan ya mbak hehehe suksess mbak lombanyaa aamiin

    ReplyDelete
  31. Sekarang saya sedang mengalami mata lelah akibat sering begadang, Mba. Harus ditetesin insto juga nih kayaknya

    ReplyDelete
  32. kelamaan menatap layar komputer/laptop dan handphone memang gak bagus pada kesehatan mata yaa, Mba. Harus sedia insto nih untuk mengatasi mataa perih karena kebanyakan menatap layar pc dan handphone

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...