Tuesday, July 30, 2019

Sehari Belajar Optimasi Youtube dan Keliling Kota Wisata Cibubur

Menjadi youtuber? Dulu pasti tidak terbayang di benak para orangtua kalau profesi Youtuber akan muncul dan menjamur di masak sekarang. Para youtuber terkenal dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah hingga miliaran rupiah per bulan. Tak percaya? Coba tanyakan saja ke Ria Ricis atau Atta Halilintar. Rumah dan mobil mewah yang berhasil mereka beli itu berasal dari konten youtubenya yang digandrungi remaja.
Kota  Wisata Cibubur Sport Club and SPA


Saya sendiri belum lama membuat akun Youtube dan belum banyak memproduksi video. Saat ini, Youtube masih sekadar konten pelengkap tulisan di blog. Aktivitas ngevlog itu bagi saya dapat melatih kemampuan berbicara di depan orang banyak. Ya, siapa lagi kalau bukan penonton video youtube, meskipun per video baru bisa mendapatkan ratusan penonton hehehe.... 

Video yang goyang menjadi salah satu kendala, karena peralatan membuat video masih seadanya. Saya masih merekam menggunakan kamera ponsel. Sepertinya saya masih harus banyak menimba ilmu nih dari para youtuber yang sudah ahli. Salah satunya, INIMASABI. Pemilik akun youtube dengan subscriber berjumlah 57K ini, spesialis membuat konten video review hotel, kuliner, tutorial, dan pelesiran ke mana saja. Bisa dibilang, travel vlogger gitu ya. 

Inimasabi

Dalam acara Blogger dan Vlogger Gathering Kota Wisata Cibubur, Inimasabi memberikan tips mengoptimasi youtube agar mendapatkan banyak penonton dan subscriber. Wah, saya mendapatkan banyak informasi mengenai pembuatan vlog yang selama ini belum saya ketahui nih. Acara ini diadakan pada tanggal 7 Juli 2019 di Kota Wisata Cibubur. 

Dari sekian banyak materi yang disampaikan oleh Inimasabi, berikut ini rangkumannya versi saya ya: 

Perhatikan Penampilan saat Ngevlog
Berbeda dengan ngeblog di mana kita bisa menulis pakai daster, saat ngevlog sudah tentu yah penampilan kita harus sesuai dengan video yang ingin direkam. Bisa saja sih pakai daster, kalau ceritanya tentang video lucu-lucu dengan memparodikan emak-emak berdaster. Tapi, kalau videonya bertema serius, jalan-jalan, review, dan sebagainya, penampilan harus kece dong. Kalau buat perempuan ya minimal pakai alis dan lipstik wkwkwk.... 

Mata melihat ke Kamera bukan ke Layar Handphone
Ngevlog itu kan biasanya kita pakai kamera depan atau kamera selfie. Saya pernah nih melihat video teman yang berulangkali dia membuat video tapi matanya melihat ke layar ponsel sehingga hasilnya ya matanya tidak fokus ke titik tengah kamera.  Memang agak sulit ini, sebab posisi kamera itu ada di atas bukan di tengah. Mata kita sering salah melihat ke layar ponsel. Jadi, harus latihan terus ya melihat ke kamera, bukan ke layar ponsel. 

Gunakan Musik Pengiring
Memang rasanya sepi sekali kalau ngevlog tapi tidak ada suara musiknya, alias hanya suara kita saja. Apalagi kalau suara kita lemah lembut dan bikin ngantuk. Dijamin deh orang bakalan langsung menutup video kita. Gunakan musik pengiring yang bebas copyright supaya videonya tidak ditangguhkan oleh Youtube. Soalnya, Youtube ini sensitif juga. Jika menggunakan musik yang memiliki copyright, cantumkan sumbernya di caption.

Suara itu Penting
Pernah nggak menonton video youtube yang hanya menampilkan gambar tanpa ada suara naratornya? Membosankan deh pastinya. Yup, suara narator itu penting yang berbicara tentang apa yang ingin disampaikan. Makanya, kita memang harus berlatih berbicara nih. Jika suara di lokasi kurang bagus, kita bisa rekam ulang menggunakan video recording. Jadi, otomatis ya kita harus belajar berbicara yang enak didengar. Nggak lemas seperti kurang gizi.

Konten dan Engagement itu Penting
Modal utama Youtuber adalah konten. Buatlah konten youtube yang menarik. Content is the King, Engagement is the Queen. Maksudnya? Ya, kita juga harus berinteraksi dengan penonton youtube kita. Kalau ada yang komen, segera dijawab. Jangan didiamkan saja. Pada awalnya, kita juga perlu berinteraksi dengan youtuber lain. Saling mengunjungi gitu. 

Pentingnya Editing
Video yang mau diunggah di Youtube juga sebaiknya diedit ya, seperti dipotong kalau ada video yang nggak bagus, ditambahi teks dan musik, dan lain-lain. Jangan lupa, buatlah tumbnail karena tumbnail itu bisa mempercantik bagian depan video dan memancing orang untuk menontonnya. 

Membuat Judul yang Menarik
Banyak kasus video Youtube yang biasa saja tapi judulnya membuat orang tertarik untuk menonton.  Coba belajar membuat judul dari video-video yang trending di Youtube. 

Untuk mengedit video diperlukan aplikasi edit video seperti KINEMASTER. Dalam acara ini, para blogger dan vlogger mendapatkan kesempatan berlangganan Kinemaster gratis selama 1 bulan. Saya pun mencoba mengedit video "Keliling Kota Wisata Cibubur" menggunakan Kinemaster. Awalnya memang agak kagok ya tapi ternyata langsung cepat bisa lho.

Saya mengedit video itu hanya butuh waktu sekitar 3 jam. Lumayanlah ya, nggak sampai seharian. Hasilnya bisa ditonton di bawah artikel ini ya. Memang masih banyak kekurangannya, makanya harus sering-sering mengedit video nih.

Nah, setelah belajar mengoptimasi Youtube, selanjutnya Ibu Liana dari Kota Wisata Cibubur memperkenalkan kawasan perumahan milik Sinarmasland ini. Kami pun diajak keliling Kota Wisata Cibubur menggunakan bus. Saya sudah lama mendengar tentang Kota Wisata Cibubur tapi belum pernah memasukinya. Jadi, saya penasaran juga nih seperti apa sih perumahan dan fasilitasnya.

Di sepanjang jalan, Ibu Liana menjelaskan mengenai kawasan perumahan yang sudah dibangun sejak tahun 1996. Wow, sudah lama sekali ya. Tapi, saat ini sedang dibangun lagi 3 Cluster, yaitu Nashville, New Visalia, dan Belwood. Harganya kisaran 1-5 M. Eit, tapi semua perabotan sudah tersedia di dalamnya. Kita tinggal bawa badan saja. Apalagi fasilitas-fasilitasnya juga membuat kita seolah tinggal di dalam kota. Makanya namanya Kota Wisata Cibubur. Tiap-tiap clusternya hanya tersedia 169 unit.

Liana dari Kota Wisata Cibubur 

Di sepanjang jalan, saya menyaksikan fasilitas yang disediakan seperti pertokoan, pendidikan, kafe dan restoran, fasilitas ibadah, pasar tradisional, pasar modern, bahkan taman kota. Bahkan ada rumah sakit juga. Pada akhir Juli ini, akan hadir Rumah Sakit Eka Hospital. Saat ini sedang ada pembangunan JORR 2 Cimanggis-Cibitung yang akan menjadi salah satu akses masuk ke Kota Wisata Cibubur.

Ada Hero Supermarket 


Cluster New Visalia
Cluster ini dekat dengan fasilitas pendidikan, bisnis, dan komersil. Konsep arsitekturnya bergaya klasik. Cocok dengan untuk keluarga muda dan modern yang tak mau jauh dari fasilitas.

Cluster Nashville
Nah, kami diajak untuk melihat Cluster Nashville nih yang bangunannya memiliki 2 lantai. Harga yang ditawarkan kisaran Rp 1,6 -3,2 M. Untuk rumah dua lantai di dekat Jakarta, harga segini sih masih masuk akal ya. Apalagi perabotannya juga sudah disediakan. Fasilitas lainnya ada taman petualangan, trek lari, dan arena bermain. Wuih, anak-anak bakal betah banget nih. Nggak usah main jauh-jauh, cukup di sekitar rumah saja. Konsep bangunannya adalah "The Future of Tropical Urban Living" sehingga akan banyak terlihat pohon-pohon hijau yang menyejukkan. 

Rumah Contoh Nashville 

Beli satu yuuk....

Selain itu, yang membedakan Kota Wisata Cibubur dengan perumahan lain ya di sini ada tempat wisatanya, salah satunya Kampung Cina. Bentuk bangunannya menyerupai benteng Cina. Di dalamnya ada pesona kebudayaan Cina yang bisa menambah wawasan kita nih, meskipun belum sempat ke Cina ((belum sempat)). Kita juga bisa membeli barang-barang produksi Cina dengan harga murah. 

Di dalam Kota Wisata Cibubur ini juga sudah ada JR Connection untuk memudahkan jalan ke Bandara Soekarno Hatta.  Berbagai restoran ternama ada di sini, sebut saja Dominos Pizza, Mc Donald, Burger King, dan restoran-restoran yang menyajikan menu tradisional. Jadi, nggak bakal susah cari makan di sini kecuali kalau kantong kita kering hehehe.... Nah, fasilitas ATM juga ada banyak dari berbagai bank seperti Bank Sinarmas, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, dll sehingga kita bisa langsung tarik tunai deh untuk kulineran.

Fasilitas pendidikannya itu komplit sekali. Ada SD dan SMPIT, sekolah negeri, dan sekolah nasrasi. Jadi, orangtua bisa memilih deh mau menyekolahkan anaknya di mana apakah sekolah umum atau berbasis agama. Fasilitas ibadah juga nggak kalah keren. Ada Masjid Darussalam yang berukuran cukup besar dan aktif mengadakan kegiatan.

Sekolah Fajar Hidayah 

Buat ibu-ibu yang masih punya balita dan suka mengajak anak-anaknya makan di taman, ada taman yang cukup besar untuk sekadar duduk-duduk santai sambil menemani anak bermain. Asyik dong ya kalau di sekitar tempat tinggal kita ada taman yang gratis, pasti betah. Kota Wisata Cibubur juga menyediakan taman itu.

Sepulang dari keliling Kota Wisata Cibubur, saya diajak makan siang di pasar tradisionalnya. Memang seperti pasar pada umumnya tapi lebih rapi dan nggak becek. Kami makan gudeg yang katanya terlaris di Kota Wisata Cibubur. Alhamdulillah, siap melanjutkan perjalanan lagi.

Gudeg di Kota Wisata Cibubur 

Pasar Tradisional  yang modern


Selengkapnya tentang Kota Wisata Cibubur, mendingan tonton saja di video Youtube saya ya: 

















28 comments:

  1. Huahahhaa..ku ngakak, bener banget kalo ngeblog mo pake daster or baju tidur ga kliatan ya, mbayangin kalo ngevlog kan kudu kecee, good looking. Seru banget mak acaranya jadi nambah wawasan soal ngevlog. Aku apalagi belom bisa maksimal bikin video, baru sebatas Ig aja itupun edit2 mengandalkan Kinemaster, sengaja beli yang pro biar enak. Btw itu komplet banget ya di kota wisata Cibubur, pengen atulah ke Cinaa sambil makan gudeg eehh..

    ReplyDelete
  2. Wuiiiiihhh....aku udah menikmati video Youtube mbak Leyla loh sampai kelar :) Bagus banget! AKu belum bisa bikin loh. Ajarin dong! Youtube-ku aja cuma penghias HP hahahaha. Oh jadi begitu ya cara pegang HP saat ngevlog biar ga goyang? Btw rumah2 di Kota Wisata Cibubur ini mulai 1,6 M ya. Terjangkau sih buat cluster sekelas ini. Ada Hero, sekolah, pasar tradisional dll komplit. Bungkus deh 1! :D

    ReplyDelete
  3. bahahaha belom pede dah aku ngevlog, entar layar kamera atau hape isinya muka aku semua, hahaha. Kudu ningkatin lgi kadar percaya diri d depan kamera nih, biar bs jd yutuber

    ReplyDelete
  4. sekarang aku ngedit video di hape, lumayan sih supaya lebih cepet, ga sanggup abisan kalo ngedit di laptop, mudah2an pnya channel yutub aktif deh aku

    ReplyDelete
  5. Banyak banget fasilitas yang disediakan ya. Cocok buat keluarga muda memang. Etapi kalau saya ke sana kayanya harus keluar lagi muter cari ATM. Soalnya ga ada "ATM bank kampung" ya? Itu yang ada ATM bank swasta keren semua hehehe....

    ReplyDelete
  6. Nah membuat judul menarik nih . Nggak ada pakem kan ya kak kita mau buat judul dulu atau sebaliknya konten dulu ya?

    ReplyDelete
  7. Sedih bener pas gathering ini tuh bentrok dg agenda keluarga. Kebayang kotwis yang sekarang makin berkembang dan aku belom eksplor juga semuanya. Seringnya ngelewatin aja pas mau ke bekasi

    ReplyDelete
  8. Duh, Maaakk, rumahnya cantik aneeettt, dan gudegnya ya ampyuun bikin ngiler pagi2
    Btw, sharing by Inimasabi bergizi bgt yaaak. Super LOVE!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Wah udah ratusan, saya kadang masih puluhan e. Enak ya ada pasar yang modern di Cibubur. Plus gudeg pula. Wong Jogja berasa di Jogja

    ReplyDelete
  10. Wah, asyik nonton videonya mbak Leyla Hana, serasa bunda lagi berkelili g di kota wisata cibubur. Baru tau tari postingan ini kl bikin vlog itu harus keceh dan hrs liat ke kamera ya, bukan ke layar hp. Penguasaan public speaking juga nih djperluin kayaknya buat bikin vlog. Bunda mah masih jauh deh ilmunya dlm blogging dan mempercantiknya dengan beragam skill blogging. Mau cari tutorial spa aja di blog mbak Hana nih.

    ReplyDelete
  11. lagi mikir-mikir juga nih, buat nge-vlog. Tapi kayanya masih krisis pede, padahal akun yutub udah ada

    ReplyDelete
  12. Seru banget ketemu inimasabi.. kita satu group di jakarta Google Local Guide :). Aku musti belajar lebih banyak soal vlogging.. waaupun masih iseng - iseng aja vloggingnya

    ReplyDelete
  13. Aku naksir deh sama rumah yang di cluster Nashville itu. Kalau ada uangnya di dompet udah aku beli deh itu unit. Mba Ley sempat masuk pasarnya ya kemarin? Penasaran kaya apa dalemnya

    ReplyDelete
  14. Mbak Leyla, vlognya keren banget. Runtut banget seperti tulisan Mbak di blog ini. Soal aplikasi Kinemaster, aku juga pakai aplikasi ini, malah baru sekali dan langsung cinta. Aku dapat yang gratisan sih, Mbak. Pun lumayan lengkap banget fiturnya.

    Oiya, di tengah-tengah video,tadi ada gambar yang agak blur, itu karena sinyalku atau memang ambil gambarnya pakai HP beda. Soalnya kelihatan beda banget.

    ReplyDelete
  15. Duhhh... materinya bagus banget ya... penting banget buat dipelajari nih, apalagi buat yang baru menggeluti pembuatan vlog. Yuk ah bikin Vlog sambil keliling Kota Wisata Cibubur... Thanks for sharing Mbak...

    ReplyDelete
  16. Effort ngevlog memang jauh lebih besar dari ngeblog, ya. Sampai penampilan aja harus diperhatiin banget. Belum lagi editingnya. Milih lagunya aja bisa lama. Tapi, tetap semangat belajar bikin vlog :)

    ReplyDelete
  17. Udah lama enggak main ke Kota Wisata mbak. Pasti banyak ilmu yang didapat apalagi cara buat vlog pasti seru banget ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Pengen banget belajar optimasi untuk youtube ini secara ilmu saya nol banget. tp belum dpt kesempatan

    ReplyDelete
  19. Aku lagi senang ngedit ngedit video 😄. Akhirnya bisa belajar lagi untuk dapatkan yang terbaik :)

    Kota Wisata ini emang bagus banget

    ReplyDelete
  20. Wah seru banget ya belajar menjadi vloger mau banget ini...semoga next ada di Bdg ah..

    ReplyDelete
  21. Nah itu aku belum pede ngomong di video makanya masih male ngevlog hihihi. Mbak Lelyal udah keren lah itu pede ngomong di muka umum

    ReplyDelete
  22. Serunya keliling perumahan nyaman di Cibubur sambil belajar YouTube. Jadi tahu tips optimasinya pula. Huhu, aku masih kudet dengan YouTube. Ajarin laaaah :D

    ReplyDelete
  23. Udah jadi beli mak 1 unit? ngarep banget ish bisa punya rumah di kota wisata cibubur, siapa tahu kita bisa tetanggaan ya mak, terus nanti aku mau belajar juga bikin video blog alias vlog.. mak ela udah keceh nih bikin vlognya.

    ReplyDelete
  24. Wah sangat menarik. Saya sendiri ada akun yutub dianggurin. Bener2 belum ada kepikiran untuk aktif ngevlog. Btw, Cibubur memang nyaman dan asri. Pastinya betah tinggal di situ

    ReplyDelete
  25. Ternyata buat video di youtube bisa ya pakai HP ga perlu pakai kamera yang gimana2 gt. Btw Kota Wisata Cibubur tempatnya enak ya , bahagia banget kayaknya tinggal disana soale fasilitasnya lengkap.

    ReplyDelete
  26. Jadi keingetan Youtube Channel aku terbengkalai. Perlu banget belajar optimasi. Sekarang pake hp dan aplikasi edit udah bisa mumpuni ya. Btw, emang enak di Cibubur, buat ngevlog asik juga.

    ReplyDelete
  27. perumahannya kelihatan nyaman banget, Mba. Btw, saya belum pede nih nge-youtube, selain gak pede ngomong depan kamera, skill juga belum nyampe, hehehe

    ReplyDelete
  28. Wah informasi soal vloggingnya bermanfaat banget Mba.

    Izin share di Twitter ya mba biar saya gampang bacanya hehehehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...