Wednesday, September 11, 2019

Serunya Mengikuti Ajang Lari Tambora Run 5K

Assalamualaikum. Salam olahraga! Siapa yang masih rutin berolahraga. Ada banyak alasan mengapa orang malas berolahraga. Salah satunya, biaya. Yup, dipikirnya berolahraga itu harus di Klub Gym yang ada biaya bulanannya. Padahal, ada olahraga yang gratis. Apa itu? LARI. 

Di  garis Start Tambora Run 5K 

Eh, tapi kalau ikutan lomba lari juga bayar kan? Nah, ini ada ajang lari yang gratis. Malah pemenangnya bisa dapat hadiah jutaan rupiah. Tambora Run 5K yang diadakan oleh Trade Mall Seasons City dan Kecamatan Tambora. 

Hari Minggu lalu, tanggal 8 September 2019 adalah tahun ke-3 diadakan Tambora Run 5K. Jadi, Tambora Run sudah tiga kali diadakan dan selalu mendapatkan sambutan meriah. Bahkan, tahun ini pesertanya lebih dari 5000 orang dan sudah diikuti oleh anggota dari komunitas lari. 

Mulanya, Tambora Run hanya diikuti oleh warga dari Kecamatan Tambora. Tahun ini terbuka juga kuota hingga 2500 orang untuk warga di luar Kecamatan Tambora. Dalam event lari ini, peserta juga diajak melewati situs-situs bersejarah yang ada di sepanjang rute lari.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya 

Saat saya sampai di depan garis start jam 6.10 pagi, para peserta sudah siap mengerahkan seluruh daya dan tenaganya agar bisa sampai lebih dulu. Acara dibuka dengan sambutan dari Mualim Wijoyo, General Manager Trade Mall Seasons City. 

Tambora Run ini digelar sehari sebelum Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada tanggal 9 September 2019. Mualim Wijoyo menargetkan jumlah peserta tahun ini sebanyak 3500, tapi rupanya tercapai hampir 5000 peserta. Jauh lebih banyak daripada tahun 2018 yang hanya 2500 peserta dan tahun 2017 hanya 2000 peserta.

Ini membuktikan animo masyarakat sangat tinggi terhadap Tambora Run. Harapannya Tambora Run 5K bisa sebesar Jember Festival. Sebuah acara lokal yang menasional. Tambora Run hanya untuk kategori 5K dan pemenang terbagi dalam dua kategori yaitu umum dan pelajar. 

Starting Flag siap diturunkan 

Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi juga hadir dan memberikan sambutannya. Harapannya, dengan berlari melewati situs-situs bersejarah di Tambora, sekaligus memperkenalkan situs-situs tersebut ke masyarakat luas dan membuka kesempatan berkembangnya sektor pariwisata di Tambora. Sebab, para pelari yang mengikuti lomba selfie dan menang, akan mendapatkan hadiah Rp 200 ribu untuk 5 pemenang.

Usai sambutan dan doa bersama, Starting Flag pun diturunkan dan para pelari berbondong-bondong mencapai garis finish pertama kalinya. Untuk 200 orang pertama yang finish, akan mendapatkan medali. Setelah finish, semua peserta mendapatkan satu buah pisang dan air mineral. 

Sambil menunggu pengumuman pemenang, peserta kembali mengikuti senam aerobik di depan panggung yang digelar di halaman Seasons City. Ternyata walaupun sudah mengikuti lomba lari, mereka tetap bersemangat mengikuti gerakan senam.

Kemudian, mereka juga dihibur oleh Walikota Jakarta Barat yang menyanyikan lagu disertai melemparkan hadiah hiburan kepada para peserta. Semacam saweran. Seru banget melihat antusiasme peserta yang bersemangat memperebutkan hadiahnya.  Hingga sampailah pada pengumuman pemenang yang masing-masing mendapatkan hadiah jutaan rupiah. 

Walikota Jakarta Barat 


Situs bersejarah yang ada di Tambora salah satunya adalah Masjid Langgar Tinggi Pekojan. Dibangun pada tahun 1829 Masehi
dengan perpaduan gaya arsitektur Eropa, Tionghoa, dan Jawa. Masjid ini tentu saja telah menjadi saksi sejarah berbagai peristiwa penting di kawasan Tambora dan sudah ditetapkan menjadi cagar budaya oleh Pemerintah DKI Jakarta.

Bapak Rustam Effendi dan Mualim Wijoyo (tengah) 

Acara Tambora Run ini juga disponsori oleh brand sepatu lokal, 910. Para peserta yang menang juga mendapatkan sepatu lari 910 yang kualitasnya nggak kalah dengan sepatu impor. Nah, kalau mau memajukan perekonomian bangsa, beli dong sepatu lari lokal ini. 

Para pemenang kategori pelajar 

Harapannya, semoga saja tahun depan dapat kembali diadakan Tambora Run 5K dan menambah jumlah pesertanya. Dengan keikutsertaan komunitas lari di dalam event ini, membuktikan bahwa Tambora Run 5K bukan kegiatan lari yang asal-asalan tapi memang serius digarap secara professional. 

Bazaar

Di depan Seasons City juga dibuka bazar makanan dan minuman dari para UKM yang mereka meraup untung besar karena diborong oleh para peserta. Jika tertarik mengikuti acara ini tahun depan, tunggu saja informasinya di akun Instagram @seasons.city. 

Siap Lari

5 comments:

  1. Wah seru banget nih ya Mbak, apalagi itu lomba larinya gratis nih ya

    ReplyDelete
  2. Wah enak banget nih ya Mbak, olahraga malah dapat uang hihi.

    ReplyDelete
  3. Wah iya nih Mbak dengan berlari kita juga sudah berolahraga nih ya Mbak

    ReplyDelete
  4. Mbak Leyla aku baru nyadar langsingan dah, diet ya? bagi dong resepnyaaaa hihihihih aku susah euyyyy

    ReplyDelete
  5. Mba leyla berhasil lari brp km? Gimana rasanya mbaaaa? Acaranya tampak seruuuu

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...