Saturday, September 14, 2019

Kantong Tak Lagi Jebol dengan Manajemen Keuangan Personal Ini


Terapkan manajemen keuangan personal ini agar hidupmu makin mapan dan stabil.

Kondisi finansial yang sehat lahir dari manajemen keuangan personal yang baik. Jangan harap hidupmu stabil dan terjamin kalau mengatur uang saja kamu masih kewalahan. Gaji sebesar apa pun juga tidak akan cukup kalau kamu sendiri tidak bisa mengaturnya. 


Ini tentu sangat disayangkan, sebab kondisi finansial yang stabil adalah salah kunci menuju kesuksesan hidup. Sebelum terlambat, yuk mulai atur keuangan pribadimu dengan cara-cara berikut.

Budgeting
Budgeting artinya catatan rinci mengenai daftar pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Catat dengan jelas berapa total penghasilan bulananmu, lalu berapa persen yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan, seperti biaya hidup, transportasi ke tempat kerja, tabungan atau investasi, dana darurat, entertainment, dll.

Dengan melakukan budgeting, kamu bisa lebih mudah mengontrol dan mengevaluasi arus finansialmu setiap bulannya. Biasanya orang melakukan budgeting dengan pembagian: 50% untuk kebutuhan, 30% untuk tabungan, dan 20% untuk dana darurat. Kamu tentu bisa mengubahnya sesuai kondisi dan kebutuhan.

Hindari Berutang yang Sifatnya Konsumtif
Jangan sekali-kali berutang atau mengajukan pinjaman yang sifatnya konsumtif. Misalnya kamu mengajukan kredit mobil hanya untuk jalan-jalan (bukan urusan pekerjaan). Utang hanya diperbolehkan jika digunakan untuk modal usaha, mengembangkan bisnis, membeli peralatan kerja, dsb.

Selain kurang berguna, kebiasaan meminjam dana untuk keperluan yang konsumtif juga akan memperburuk kondisi keuanganmu karena tidak ada pemasukan tambahan yang bisa dipakai untuk membayar angsuran tiap bulannya.

Pastikan Punya Tabungan dan Dana Darurat
Tabungan dan dana darurat akan sangat berguna di masa depan, saat terkena PHK, atau ketika kamu mendadak butuh uang dalam jumlah besar. Jadi pastikan kamu memiliki dana khusus untuk kedua pos ini.

Mulai sekarang, giatlah menyisihkan uang untuk pos tabungan/investasi dan dana darurat. Khusus dana darurat, jumlah minimal yang wajib kamu miliki adalah 6x penghasilan bulanan.

Singkirkan Gengsi
Gengsi adalah faktor terbesar yang menyebabkan kantongmu jebol. Hal ini biasanya banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Namun kalau kamu sendiri punya kontrol yang bagus, keinginan foya-foya sebesar apa pun takkan pernah berhasil menggodamu.

Maka dari itu, singkirkan gengsi dan gaya hidup yang hanya akan membuatmu miskin di tengah bulan. Hiduplah dengan sederhana sesuai bujet dan kondisi keuangan yang kamu punya.

Cari Tambahan Penghasilan
Merasa sudah hidup hemat tapi gaji tak juga cukup untuk menutup kebutuhan? Artinya kamu harus mencari penghasilan tambahan. Coba cari job sampingan yang sekiranya bisa dilakukan di waktu luang tanpa mengganggu pekerjaan utamamu, misalnya membuka jasa penerjemahan, menjadi driver ojol, berjualan online, dll.

Nah, dengan melakukan manajemen keuangan personal di atas, keuanganmu dijamin akan makin stabil. Kantong pun takkan lagi jebol di tengah bulan. Semoga bermanfaat, ya!

2 comments:

  1. paling gak tahan liat barang lucu..
    kalo ke mall bawaannya pengen beli. eh pas pulang baru yadar uang abis.
    kayaknya aku juga perlu banget mengontrol keuangan. akan dicoba untuk diterapkan.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...