Saturday, September 14, 2019

Kantong Tak Lagi Jebol dengan Manajemen Keuangan Personal Ini


Terapkan manajemen keuangan personal ini agar hidupmu makin mapan dan stabil.

Kondisi finansial yang sehat lahir dari manajemen keuangan personal yang baik. Jangan harap hidupmu stabil dan terjamin kalau mengatur uang saja kamu masih kewalahan. Gaji sebesar apa pun juga tidak akan cukup kalau kamu sendiri tidak bisa mengaturnya. 


Ini tentu sangat disayangkan, sebab kondisi finansial yang stabil adalah salah kunci menuju kesuksesan hidup. Sebelum terlambat, yuk mulai atur keuangan pribadimu dengan cara-cara berikut.

Budgeting
Budgeting artinya catatan rinci mengenai daftar pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Catat dengan jelas berapa total penghasilan bulananmu, lalu berapa persen yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan, seperti biaya hidup, transportasi ke tempat kerja, tabungan atau investasi, dana darurat, entertainment, dll.

Dengan melakukan budgeting, kamu bisa lebih mudah mengontrol dan mengevaluasi arus finansialmu setiap bulannya. Biasanya orang melakukan budgeting dengan pembagian: 50% untuk kebutuhan, 30% untuk tabungan, dan 20% untuk dana darurat. Kamu tentu bisa mengubahnya sesuai kondisi dan kebutuhan.

Hindari Berutang yang Sifatnya Konsumtif
Jangan sekali-kali berutang atau mengajukan pinjaman yang sifatnya konsumtif. Misalnya kamu mengajukan kredit mobil hanya untuk jalan-jalan (bukan urusan pekerjaan). Utang hanya diperbolehkan jika digunakan untuk modal usaha, mengembangkan bisnis, membeli peralatan kerja, dsb.

Selain kurang berguna, kebiasaan meminjam dana untuk keperluan yang konsumtif juga akan memperburuk kondisi keuanganmu karena tidak ada pemasukan tambahan yang bisa dipakai untuk membayar angsuran tiap bulannya.

Pastikan Punya Tabungan dan Dana Darurat
Tabungan dan dana darurat akan sangat berguna di masa depan, saat terkena PHK, atau ketika kamu mendadak butuh uang dalam jumlah besar. Jadi pastikan kamu memiliki dana khusus untuk kedua pos ini.

Mulai sekarang, giatlah menyisihkan uang untuk pos tabungan/investasi dan dana darurat. Khusus dana darurat, jumlah minimal yang wajib kamu miliki adalah 6x penghasilan bulanan.

Singkirkan Gengsi
Gengsi adalah faktor terbesar yang menyebabkan kantongmu jebol. Hal ini biasanya banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Namun kalau kamu sendiri punya kontrol yang bagus, keinginan foya-foya sebesar apa pun takkan pernah berhasil menggodamu.

Maka dari itu, singkirkan gengsi dan gaya hidup yang hanya akan membuatmu miskin di tengah bulan. Hiduplah dengan sederhana sesuai bujet dan kondisi keuangan yang kamu punya.

Cari Tambahan Penghasilan
Merasa sudah hidup hemat tapi gaji tak juga cukup untuk menutup kebutuhan? Artinya kamu harus mencari penghasilan tambahan. Coba cari job sampingan yang sekiranya bisa dilakukan di waktu luang tanpa mengganggu pekerjaan utamamu, misalnya membuka jasa penerjemahan, menjadi driver ojol, berjualan online, dll.

Nah, dengan melakukan manajemen keuangan personal di atas, keuanganmu dijamin akan makin stabil. Kantong pun takkan lagi jebol di tengah bulan. Semoga bermanfaat, ya!

10 comments:

  1. paling gak tahan liat barang lucu..
    kalo ke mall bawaannya pengen beli. eh pas pulang baru yadar uang abis.
    kayaknya aku juga perlu banget mengontrol keuangan. akan dicoba untuk diterapkan.

    ReplyDelete
  2. Dari semua poin diatas, aku sepertinya harus mencari penghasilan tambahan lagi deh Mba, keringat dingin kalau keingetan biaya Sekolah Anak-Anak kedepannya, haha. Dan iya, sebaiknya hindari hutang konsumtif, biasanya bikin addict juga tuh, bahayaaaa.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah nggak gengsian aku hahahaha. Ambil kerjaan selagi halal hajar. Pas ambil rumah, nggak pake perhiasan lagi dan CC biar aja hahahhaah. Yang penting keuangan lancar pun besar/kecil tabungan atau pendapatan akan jadi relatif tapi jangan lupa nabung juga utama

    ReplyDelete
  4. Paling sudah itu di bagian dana darurat hehehe. Kadang masih kecolongan gara2 ada promo macam2 yang sale sampe 90% wakakakakak :) Ceritanya ditalangin dulu ntar dibayarin di bulan depan. Eh tau2nya di bulan depan ada urusan yang butuh uang lebih. AKhirnya dana darurat makin berkurang. Emang ya kita mesti disiplin sama perencanaan keuangan :)

    ReplyDelete
  5. Aku lagi pengen nyari usaha tambahan apa ya mba. Kayaknya seru nih bisa ada tambahan. KArena bagaimanapun tetap butuh dana buat masa depan ya mba

    ReplyDelete
  6. Manajemen keuangan personal nih yang aku cari.. bocor bocor halus setiap bulan pasti ada ajaa.. mau tau juga sih bisa mengelola apa ngga, secara sebagai menteri keuangan di keluaga juga tapi punya penghasilan personal juga..

    ReplyDelete
  7. Yang paling penting tidak berutang, kwatir si penagih malah nagih2 ke rumah ya mbak. Saya lagi mencoba bisnis sampingan, ya meskipun masih kecil2an

    ReplyDelete
  8. Tahun lalu aku diminta untuk ketat jaga pengeluaran sama cari ladang rejeki tambahan duh emang bingung cuma kalau usaha giat semoga banyak jalan terbaiknya

    ReplyDelete
  9. Aku nih sering gagal ngatur uang personal, terutana efek dari bocor halus yang tak terduga. Susah ya jadi ibu tuh

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...