Saturday, June 6, 2020

Tips Investasi Saham Untuk Pemula

Saham adalah salah satu investasi yang menjanjikan keuntungan besar. Tetapi, saham juga investasi dengan resiko paling tinggi. Bagaimana melakukan investasi saham khususnya untuk pemula.



Investasi saham merupakan hal yang sangat menggiurkan bila melihat keuntungan yang didapatkan, namun kegiatan ini dapat dikatakan susah susah gampang.

Dibutuhkan pengetahuan secara mendalam bila anda ingin terjun ke dalam dunia investasi saham tersebut. Bila anda tidak berhati hati dalam menjalankan investasi saham ini, Anda akan merasakan rugi besar. 

Sebelum terjun ke saham, Anda sebaiknya mempelajari dengan baik soal instrumen keuangan yang satu ini.

Persiapan yang baik akan memberikan hasil yang baik.

Tips Investasi Saham untuk Pemula
Menurut duwitmu.com, berikut ini beberapa tips untuk melakukan investasi saham. 

1. Memiliki Tujuan Keuangan
Tips kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan memiliki tujuan yang jelas. Bila anda melakukan investasi anda harus mengetahui tujuan investasi anda untuk jangka panjang, jangka menengah, atau jangka pendek.
Saya menyarankan anda untuk melakukan investasi dengan jangka panjang atau menengah. Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan balik modal dan juga keuntungan besar dari hasil investasi tersebut. 

Jangan lakukan investasi dalam jangka pendek karena akan membuat anda merugi karena harus membayar biaya broker yang diambil dari modal yang anda berikan. Oleh sebab itu, anda dapat memilih investasi dalam perusahaan dengan jangka waktu panjang atau menengah saja.

2. Mulai Investasi dengan Jumlah Kecil
Tips ketiga yang dapat anda lakukan adalah memulai investasi dengan jumlah kecil terlebih dahulu. Bagi anda yang akan melakukan investasi saham untuk pemula jangan pernah terburu buru dalam membeli saham dengan jumlah besar. Hal ini bertujuan agar anda tidak mengalami kerugian dalam bermain investasi. 

Bagi pemula yang akan terjun dalam dunia investasi, anda dapat mulai dari 5% terlebih dahulu. Seiring dengan berjalannya waktu, anda dapat bermain sambil mempelajari jalannya dunia investasi sebaik mungkin agar mendapatkan keuntungan besar. 

3. Pilihlah Perusahaan Blue Chip
Tips ketiga yang dapat anda lakukan adalah dengan memilih perusahaan blue chip. Perusahaan  yang tergolong dalam saham blue chip merupakan perusahaan yang banyak dikenal oleh masyarakat, jelas produk yang dijualnya, memiliki produk yang laku keras, manajemen yang transparan, bahkan tidak memiliki hutang atau terkesan mandiri.

Bila anda melakukan investasi dalam perusahaan blue chip ini, saya dapat menjamin anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Akan tetapi tidak mudah untuk melakukan investasi dalam perusahaan yang tergolong blue chip tersebut. Hal ini karena tidak dapat sembarang orang dapat menanamkan modalnya di sana. Sehingga harus dilakukan seleksi dengan sebaik mungkin. 

Anda tidak perlu ragu lagi untuk melakukan investasi pada perusahaan blue chip. Hal itu karena bilamana pasar saham dikoreksi, maka saham dari perusahaan blue chips juga akan dikoreksi. Kemudian bila pasar saham kembali pulih, maka saham blue chips juga akan mengalami kecepatan naik dari saham perusahaan yang lainnya.

4. Diversifikasi Investasi
Lakukan diversifikasi investasi ke dalam berbagai instrumen agar jika saham mengalami kerugian Anda masih memiliki aset di instrumen lain.
Diversifikasi sangat penting terutama di jenis investasi yang memiliki resiko tinggi, seperti saham.

Pastikan tidak semua uang, Anda tempatkan di saham.
Itulah penjelasan mengenai tips dalam menjalankan investasi saham untuk pemula dengan baik dan sukses. Selamat mencoba.

11 comments:

  1. Dari dulu aku pengen belajar soal investasi ini. Tipsnya bermanfaat banget mbak. Baru tau juga mengenai keunggulan perusahaan blue chip. Mau nggak mau sekarang harus banget diversifikasi investasi itu.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget, mulai dengan nilai yang kecil. Meskipun saya belum mencoba investasi saham, tapi memang ada niat untuk berinvestasi melalui saham. Terima kasih untuk pencerahannya.

    ReplyDelete
  3. belum coba investasi saham. hehehe. masih takut. tapi, memang layak dicoba, namanya juga investasi supaya hidup menjadi lebih berfaedah

    ReplyDelete
  4. Bener2.. poin 1 itu paling utama. Kita kudu punya tujuan keuangan dulu sebelum investasi apa pun

    ReplyDelete
  5. Selama ini yang ngurus tabungan, investasi dan segala macamnya tuh suamiku, daku manut saja.
    Tapi, ternyata kita perempuan juga harus paham literasi finansial termasuk investasi saham ini ya, biar nggak ketinggalan info dan menambah wawasan.

    ReplyDelete
  6. Para financial expert udah yang sering nasehatain nntuk mulai investasi. tapi sayangnya, sampai saat ini aku masih prefer di deposito, dan emas,

    ReplyDelete
  7. Biasanya iya, kalau untuk mainannya saham dan jumlahnya yang mau ditanam agak besar, ada penasehatnya.
    Ini selalu dipantau dan diinfokakan.
    Jadi enak yaa...mainan saham, hehee...asal kuat modalnya.

    ReplyDelete
  8. berbicara tentang investasi dan saham kok saya selalu merasa rumit. hehe. tapi diposting ini saya dapat sedikit gambaran hehe

    ReplyDelete
  9. aku masih deg-degan ini kalau mau saham. tipenya masih konservatif mak banget. belum berani yang begitu ihiy

    ReplyDelete
  10. Wuoo.. kalau investasi saham sebaiknya memang tabungan jangka panjang dan diketahui bisnisnya ya Mba... yang dulu beli bumi di 9.000 hari ini malah tinggal 50 per lembar saham... atau sebaliknya yang beli BRI sekarang sudah berkembang pesat... semangat... high risk high return

    ReplyDelete
  11. Wah benar-benar sangat membantu sekali untuk pemula seperti saya. Terimakasih banyak ya kak!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...