Tuesday, October 13, 2020

Pengalaman Salim Belajar Mengaji bersama Alif Iqra

Assalamualaikum, Mom. Bagaimana pengalaman mengajari anak-anak belajar di rumah selama masa pandemi ini? Pasti banyak suka dukanya ya. Salah satunya, belajar mengaji. Memang benar-benar luar biasa perjuangannya mengajari anak mengaji, karena tidak semudah pelajaran biasa. Walaupun sudah dibantu dengan pelajaran mengaji dari sekolah yang dilakukan secara daring, saya masih kesulitan membimbing Salim. Saat ini dia sudah mengaji tingkat Pra Tahsin 2 yaitu membaca huruf hijaiyah sambung, tapi huruf hijaiyahnya masih sering lupa. 

Alif Iqra

Pelajaran mengaji dari sekolah pun waktunya terbatas, hanya 10-15 menit per anak. Sebab, satu orang guru mengaji harus mengajarkan 10 anak dalam waktu satu jam. Bisa dibayangkan ya, tidak banyak materi yang menempel di otak anak. Nah, untuk membantu pelajaran mengaji, Salim belajar Al Quran Online Class juga bersama Alif Iqra. Alif Iqra adalah platform aplikasi  yang dikelola oleh PT Sahabat Alif Indonesia untuk mempertemukan murid dan guru mengajinya. Jadi, Salim belajar mengaji secara privat bersama guru dari Alif Iqra. 


Alif Iqra sudah dirintis sejak tahun 2018 dan sekarang sudah ada di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Pekanbaru, Makassar, Medan, Denpasar, Palembang, dan Balikpapan. Untuk mencari guru mengaji privat yang kompeten dan berpengalaman, langsung saja unduh aplikasi Alif Iqra di Google Play dan App Store. Guru-gurunya ini dipilih dengan prosedur yang ketat ya Mom, bisa dipastikan tidak terafiliasi dengan aliran keagamaan yang sesat. Jadi, jangan khawatir deh anak kita dididik dengan ajaran agama yang menyimpang. Rekomendasi tempat mengaji privat yang tepat hanya di Alif Iqra. 

Hari Sabtu yang lalu, Salim mengaji bersama Miss Fitri dari Alif Iqra. Berhubung sedang masa pandemi virus corona, proses pembelajarannya bisa memilih melalui daring (oline) atau tatap muka. Kalau di masa normal, belajarnya dengan tatap muka, yaitu guru datang ke rumah.  Sekarang Mom bisa memilih mau belajar via daring atau gurunya tetap datang ke rumah dengan protokol kesehatan yang ketat. Kemarin saya memilih belajar via daring yaitu melalui zoom, karena daerah Depok ini masih zona merah covid. 

Aplikasi Alif Iqra

Jika belajar dengan tatap muka, gurunya datang dengan protokol kesehatan yang ketat ya. Guru menggunakan transportasi pribadi (bukan angkutan umum), dibekali dengan masker, faceshield, dan hand sanitizer. Setelah sampai di rumah murid, guru akan mengganti pakaian dan mencuci tangan dulu sebelum belajar. Interaksi dengan murid juga berjarak dan tetap menggunakan faceshield. Guru juga akan membawa flashcard, produk dari Alif Iqra untuk membantu belajar membaca.

Al Quran Learning Class
Belajar Mengaji bersama Miss Fitri


Bagaimana pengalaman Salim belajar mengaji Online Learning Alif Iqra bersama Miss Fitri dari Alif Iqra? Jam belajarnya sendiri nyaris 2 jam tapi Salim sangat menikmatinya. Bayangkan Mom, biasanya Salim malas-malasan belajar mengaji padahal hanya 15 menit. Nah kemarin itu belajar bersama Miss Fitri hampir 2 jam, tapi Salim sangat menikmati. Miss Fitri membuka pembelajaran dengan pertanyaan yang jawabannya itu adalah ucapan salam dan basmalah. Maksudnya, sebelum memulai pembelajaran harus didahului dengan salam dan basmalah.

Al Quran Online Learning
Membaca Huruf Hijaiyah


Metode pembelajaran Aliq Iqra ini menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan Indonesia. Jadi, Miss Fitri juga mengajak Salim berbicara dalam bahasa Inggris. Setelah membaca doa belajar, Salim diajak membaca huruf hijaiyah yang mirip tapi berbeda. Tak terasa sudah hampir satu jam belajar membaca huruf hijaiyah, selanjutnya adalah Fun Learning, yaitu bermain permainan edukatif melalui zoom, salah satunya bermain ular tangga. Wah, seru sekali lho, sampai Salim tidak sadar kalau sudah lama belajar. 


Tempat Belajar  Mengaji Online
Fun Learning 


Ketika diminta mengungkapkan perasaannya setelah belajar bersama Miss Fitri, Salim menjawab "HAPPY." Alhamdulillah, saya juga happy nih kalau Salim jadi senang belajar mengaji. Miss Fitri memang pembawaannya ramah dan menyenangkan, sehingga Salim merasa senang diajari mengaji. Tidak membentak-bentak atau memerintah anak dengan kasar, karena anak-anak bisa trauma ya Mom kalau diajari dengan cara dibentak-bentak. 

Jadi, kalau mau mau mencari guru Privat Mengaji Online Jabodetabek, langsung saja cari di aplikasi Alif Iqra ya. Mom bisa memilih yang domisilinya dekat dengan rumah Mom. Kalau memilih Al Quran Online Class, berarti bisa memilih guru yang berdomisili di mana saja. Bagi saya sendiri, manfaat online learning di masa pandemi ini sangat banyak:

Anak Tetap Sehat

Alhamdulillah, selama kurang lebih 6 bulan menjalani online learning, Salim belum pernah sakit sama sekali. Baik itu sakit panas, demam, flu, pilek, dll yang biasanya pasti kena kalau belajar di sekolah. Mungkin karena Salim tidak terpapar debu dan virus di jalanan atau tertular penyakit dari temannya. Jadi, sampai hari ini Salim masih sehat dan terhindar dari virus corona. 

Mendekatkan Hubungan Orangtua dan Anak

Dulu orangtua bertemu dengan anak-anak hanya di sore hari sepulang sekolah dan kantor. Sekarang, orangtua bersama dengan anaknya selama 24 jam, karena saya dan suami sama-sama bekerja dari rumah. Suami mengikuti aturan PSBB di kantornya, sehingga hanya seminggu sekali ke kantor. Alhamdulillah dengan begitu, kami bisa mendekatkan hubungan dengan anak-anak karena bertemu 24 jam. Kami merasakan sendiri peran orangtua sebagai guru anak-anak. 

Menguasai Teknologi

Pembelajaran online membutuhkan penguasaan teknologi internet. Dulu saya tidak bisa menggunakan zoom dan google clasroom, sekarang saya jadi bisa menggunakannya. Banyak juga orangtua murid lainnya yang bertambah keahlian memanfaatkan teknologi. Semua itu karena belajar via online yang disampaikan oleh guru-guru di sekolah. 

Begitu juga dengan belajar mengaji. Tetap bisa dilakukan meskipun dari rumah saja. Ada teman saya yang mengeluhkan karena tempat les mengaji di dekat rumahnya ditutup akibat pandemi. Saya berikan rekomendasi tempat ngaji yaitu Alif iqra yang melayani Al Quran Online Class bagi para orangtua yang ingin privat ngaji online Jabodetabek. Jangan sampai anak-anak berhenti belajar mengaji ya Mom, gara-gara tempat mengajinya ditutup selama pandemi. 

Untuk materi Alif Iqra sendiri ada dua nih Mom, yaitu Materi Toddler (3-5 tahun) dan Materi Kids dan Teen (6-15 tahun). Jadi, anak usia balita juga sudah bisa ya belajar mengaji bersama guru-guru di Alif Iqra. Materi Toddler ada pengenalan huruf hijaiyah, hafalan doa-doa dan surat pilihan, pembentukan karakter (kisah islami dan moral), praktik ibadah (wudhu dan salat), dan kreasi hijaiyah (kaligrafi dan crafting). Anak-anak tidak hanya belajar membaca huruf hijaiyah, tapi juga pengenalan agama Islam lainnya. 

Sedangkan Materi Kids dan Teen ada Baca Tulis Al Quran, hafalan doa dan surat pilihan, pembentukan karakter  (kisah islami dan moral), akidah dan fikih ibadah, praktik ibadah (wudhu dan salat), dan kreasi hijaiyah (kaligrafi dan krafting). Alif Iqra juga memberikan les privat ngaji untuk dewasa, yaitu yang berusia di atas 15 tahun. Informasi lengkapnya, bisa langsung hubungi saja Alif Iqra ya Mom. 

Berapa sih biaya les privat ngaji di Alif Iqra? Ini dia biaya untuk Jabodetabek ya Mom: 

Trial (1x kedatangan) Rp 150.000

Regular (4x sebulan) Rp 637.500

Intensive (8x sebulan) Rp 1.275.000

Untuk pembayarannya mudah sekali karena bisa dilakukan melalui internet banking dan bank transfer, indomaret, dan alfamart terdekat. 

Ingin mencoba les privat mengaji di Alif Iqra? Bisa hubungi kontak berikut ini ya Mom: 

Telepon dan whatsapp: 08119844113

Website: www.alifiqra.id

Instagram: https://www.instagram.com/alifiqra


Alif Iqra








 


22 comments:

  1. Sama bun. Kalo dulu tiap selesai ngaji si kakak lanjut ngaji di masjid sampe isya' sekarang udah beda lagi. Masjidnya deket rumah jadi tiap maghrib & isya' tetep ke masjid tapi ngajinya di rumah karena sementara ini ngaji bareng di masjid terpaksa dipending dulu. Dulu awal-awal emaknya agak kewalahan juga sih karena sambil ngurus si kecil & lainnya. Sekarang dengan berbagai aplikasi pendukung alhamdulillah terbantu banget. Si kakak juga lebih semangat ngajinya.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, pandemi bukan halangan untuk terus belajar.. banyak kemudahan yang Allah berikan, tinggal kitanya aja yang mau apa tidak.

    ReplyDelete
  3. Belajar terus ya Teh, ga ada alasan berhenti walaupun pandemi. Terbukti teknologi sangat memudahkan, ga ada halangan buat tambah ilmu apalagi buat si kecil yang sedang semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru karena pandemi ini kita bisa lebih kreatif. Ehm, tepatnya dipaksa kreatif. Hihihi.

      Delete
  4. Alhamdulillah ya mba, dengan alif iqra salim jadi lebih mudah belajar mengaji. Pandemi ini mengajarkan para org tua utk bisa mencari cara spy anak tetap bisa belajar juga mengaji

    ReplyDelete
  5. Bagus sekali alif iqra ini karena mengikuti perkembangan zaman. Ga ada lagi alasan ga ngaji karena pandemi ya ka

    ReplyDelete
  6. Kunci belajar bersama anak memang haus menyenangkan. Kalau hal itu udah dapat, 2 jam belajar pun anak akan tetap betah

    ReplyDelete
  7. Whoaaa, ngajari ilmu agama termasuk membaca al-Qur'an itu super duper challenging!
    Jauuuhh lebih challenging ketimbang ngajari matematika :D
    Alhamdulillah ada aplikasi ini ya Mak.
    Semoga anak2 Semakin semangaaattt mendalami kalam Illahi

    ReplyDelete
  8. Teknologi semakin memudahkan ya mba, saat pandemi ini belajar mengaji pun dimudahkan dengan adanya aplikasi Alif Iqra ini, alhamdulillah

    ReplyDelete
  9. waaa canggih banget yaaa, kece niiih, mau aku infoin juga aaah buat keponakan aku nih, jadinya praktis banget yaa dengan ini hihii

    ReplyDelete
  10. Pokoknya.. meski dirumah aja, kita harus produktif dan gak berhenti belajar ya mbak.. Mas Salim usia berapa? ntuk belajar ngaji, kebetulan karena dari dulu saya dan suami dirumah terus, jadinya gak ada banyak perubahan. Tapi mungkin cara ini bisa saya praktekin ke anak ke 2 yang rada susah juga hehe

    ReplyDelete
  11. Waw mantap banget nih. Kebetulan lagi nyari guru ngaji tapi galau gegara pandrmi. Makasih share nya mbak

    ReplyDelete
  12. Keren banget kak. Sekarang aku mau infoin ke ponakanku yang lagi semangat2nya mau belajar nyaji. Ini mah sangat inovatif kak. Meningkatkan minat belajar juga yah kak

    ReplyDelete
  13. Wah itu Salim keliatan sekali antusias dan semangat buat mengaji walau online ya. KOndisi kayak gini tetap harus dukung semangat anak buat tetap mengingat Allah

    ReplyDelete
  14. Masya Allah, meski PJJ dan di rumah aja untuk ngaji Salim tetep rajin ya dan lebih mudah lagi ya Mama bisa langsung dampingi juga. Kalau Kezia sendiri sudah sekolah ngaji offline nih tp dibatasi muridnya yang dateng.

    ReplyDelete
  15. Wah asyik ya bagus nih jadi bisa PJJ, saya anak sdh besar besar jadi sudah tidak perlu ngajar anak di rumah, palingan anak tetangga aja dibatasi ada beberapa yang belajar ngaji dan bahasa Inggris di rumah...

    ReplyDelete
  16. Wah baru tahu nih ada les buat belajar ngaji online gini. Dan lokasinya juga ternyata ada di Makassar ya... Bisa nih jadi referensi kalau saya mau nyari guru ngaji buat anak saya nanti

    ReplyDelete
  17. Waah...aplikasinya keren banget.
    Semakin semangat anak belajar mengaji dengan metode pembelajaran yang menyebabkan.

    ReplyDelete
  18. Aplikasinya keren banget Mbak, apalagi bisa belajar bahasa inggris juga sekalian yaa :)

    ReplyDelete
  19. Aplikasinya bagus semoga si kecil makin senang belajar ya Mbak untuk memahami Alquran

    ReplyDelete
  20. Jadi tertarik nih. Karena les legonya si kakak pun jadi online krn pandemi. Sekolahnya jg hijrah ke HS tp karena pertimbangan papanya yang bisa dimutasi ke daerah lain. Kalau online bisa belajar darimana saja.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah, anak jadi happy ya mengajinya jika gurunya sebaik Miss Fitri gini. Ternyata ada permainannya juga gitu, jadi anak tidak bosan ya. Semoga makin lancar mengajinya ya Salim.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...