Monday, July 18, 2022

5 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat Sekolah Tatap Muka

Tak terasa liburan sekolah anak-anak sudah mau berakhir nih, Ma. Anak-anak akan back to school. Tadinya saya sudah senang saat pihak sekolah menginformasikan bahwa di tahun ajaran baru ini akan PTM 100%. Kasus covid-19 sudah menurun dan anak-anak bisa sekolah offline lagi secara normal. Berhubung anak-anak saya di full day school, jadi sekolahnya sampai sore. Mereka bisa mendapatkan materi pelajaran yang lebih banyak dibandingkan saat PTM 50%.

Interlac+ D3



Sekolah offline itu memang banyak manfaatnya bagi anak-anak. Saya akui bahwa prestasi belajar anak-anak selama sekolah online ini sedikit menurun, karena materi pelajaran dan waktu belajarnya hanya sedikit. Di sisi lain, kurikulum sekolahnya tetap padat. Anak-anak pun dipaksa untuk menguasai seluruh materi kurikulum dengan hanya mendapatkan sedikit bimbingan dari guru-gurunya.

Semoga dengan PTM 100% di tahun ajaran baru ini, anak-anak bisa meningkatkan prestasinya kembali karena jam belajar dan materi pelajarannya sudah full lagi. Sayangnya, belakangan ini saya dengar kabar bahwa terjadi peningkatan kasus covid-19 dan ancaman varian virus covid yang terbaru. Duh, saya jadi cemas nih dan serba salah. 

5 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Di satu sisi, saya berharap anak-anak bisa PTM 100%, tapi di sisi lain saya pun khawatir jika tertular virus covid-19. Jadi, saya berusaha menerapkan 5 cara jaga daya tahan tubuh anak saat sekolah tatap muka, sebagai berikut:

Lengkapi Vaksinasi Covid-19

Alhamdulillah kalau soal ini ketiga anak saya sudah mendapatkan vaksin anak covid-19 yang lengkap, kecuali vaksin booster karena memang belum ada untuk anak-anak. Termasuk Salim yang tahun ajaran baru ini masuk kelas 4 SD pun sudah mendapatkan vaksin covid-19 yang pertama dan kedua.  Vaksin Covid-19 dapat mengurangi risiko terkena virus atau meminimalkan risikonya. Jadi kalau anak Mama belum mendapatkan vaksin covid-19 yang lengkap, sebaiknya segera dilengkapi ya Ma.

Persiapan Protokol Kesehatan

Sejak PTM 50% pun saya sudah membekali anak-anak dengan perlengkapan protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer. Saya juga memberikan edukasi kepada mereka agar selalu mengenakan maskernya dan mencuci tangan. Siapkan juga masker cadangan jika sewaktu-waktu masker yang dipakainya itu putus talinya.

Bekal Makanan Sehat

Untuk meningkatkan imunitas tubuh anak, selalu sediakan bekal makanan sehat untuk anak-anak. Biarpun anak-anak berangkat ke sekolah jam 5.30 pagi, saya berusaha menyiapkan bekal makan siangnya. Saya bangun jam 4 pagi untuk memasak sarapan dan bekal makan siangnya. Bahan-bahannya bisa disiapkan malam harinya, lalu simpan di kulkas. Untuk daging ayam atau sapi bisa diungkep dulu sebelumnya. Jadi paginya tinggal digoreng atau dibumbui lagi. Bekal makanannya sebisa mungkin mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, dan vitamin.

Biasakan Sarapan

Anak-anak saya terbiasa sarapan meskipun harus sarapan di dalam mobil kalau tidak sempat di rumah. Bisa juga sarapannya di sekolah kalau sampainya kepagian. Lebih baik sampai di sekolah lebih dulu daripada terlambat karena macet. Menu sarapan pun yang mudah dan sederhana saja, asalkan bernutrisi tinggi. Sarapan dapat membantu memberikan energi untuk  beraktivitas di pagi. Jangan sampai anak-anak tak sarapan karena terburu-buru berangkat ke sekolah.

Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Untuk menambah daya tahan tubuh anak, cukupi kebutuhan vitamin dan mineralnya juga. Sebenarnya vitamin dan mineral sudah tersedia di dalam makanannya tapi seringkali tidak cukup atau berkurang jumlahnya karena proses pemasakan. Oleh karena itu, anak-anak perlu diberikan vitamin dan mineral tambahan dalam bentuk suplemen.

imunitas tubuh anak


Imunitas tubuh anak di saat masih adanya ancaman varian virus covid ini perlu ditingkatkan dengan memberikan vitamin D3, yang memiliki banyak manfaat. Vitamin D3 ini sering disebut sebagai Miracle Vitamin. Fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga sistem imun, otak, dan saraf, memperbaiki fungsi  otak, menurunkan tekanan darah, dan banyak lagi manfaat lainnya.

Imunitas tubuh anak juga bergantung pada kesehatan pencernaannya. Ternyata 80% dari sistem imunitas kita itu ada pada sistem pencernaan. Jadi, untuk mendapatkan imunitas tubuh  yang baik, kita harus menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dibutuhkan bakteri baik atau Probiotik di dalam sistem pencernaan yang sehat. Jika sistem pencernaan anak tidak sehat, maka akan mudah terkena diare, sakit perut, dan sembelit yang pastinya akan menganggu proses belajar mengajar anak kita.

Jadi, pastikan anak-anak mendapatkan kebutuhan vitamin, mineral, dan probiotik yang cukup untuk back to school agar terhindar dari penularan virus covid-19 dan dapat menjalani proses belajar yang baik. 

Interlac+ Vit D3

Untuk menambah asupan vitamin D3 dan Probiotiknya, saya memberikan Interlac+ Vit D3 dengan dua kandungan utama yaitu Lactobacillus Reuteri DSM 17938 yang mengandung Probiotik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah terkena diare, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya, serta Vitamin D3 untuk menjaga imunitas tubuh anak, mengatur kadar insulin dan gula darah, dan menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otak.

booster imunitas

Interlac+ Vit D3 ini rasanya enak dan disukai Salim, karena memiliki rasa jeruk yang segar dan manis tapi tidak mengandung gula karena menggunakan xylitol sebagai pemanis yang aman. Ini adalah suplemen praktis karena berbentuk tablet kunyah yang bisa dimakan kapan saja satu kali hari. Jadi bisa dimakan saat anak sedang di perjalanan menuju ke sekolah karena tidak perlu didorong dengan air. Cukup dikunyah saja. Rasanya tidak pahit, sehingga anak-anak menyukainya.

Untuk mendapatkannya, Mama-mama bisa membelinya di apotek dan babyshop terdekat. Bila membeli di marketplace, hati-hati dengan barang palsu ya karena sedang marak penipuan. Beli saja di official storenya di Shopee yang sudah pasti terjamin keasliannya. Informasi lebih lengkap, bisa dibaca di instagram @interlacprobiotics.

kesehatan saluran cerna

Semoga proses belajar anak-anak kita saat back to school ini bisa berjalan lancar ya Ma. Anak-anak tetap sehat dan dapat meningkatkan prestasi, serta terhindar dari varian virus covid, dengan melakukan persiapan-persiapan tersebut di atas.


31 comments:

  1. Si anak lucu banget tubuhnya keliatan segar dan sehat, ceria lagi anaknya. Penting sekali menjaga imunitas walau virus corona sudah tidak terdengar, tapi banyak virus lain yang masih mengintai. Mantep ini bisa diterapkan tipsnya, terima kasih!

    ReplyDelete
  2. Interlac yang sekarang udah dilengkapi vit D3 yaa

    ReplyDelete
  3. Aamiin..iya Ma, semoga anak-anak kita bisa mengikuti kegiatan sekolah tatap muka dg lancar ya Ma..

    ReplyDelete
  4. Mantap nih persiapannya. Insyaallah tambah rajin belajar dan selalu sehat ya, Nak.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah proses belajar mengajar sudah diadakan di sekolah ya, Mbak. Dan memang harus saya akui. Belajar secara daring, membuat krucil saya tidak maksimal. Waktu terbatas, materi banyak, PR pun banyak. Nah, karena sudah belajar offline, maka kesehatan anak harus terus dijaga.

    ReplyDelete
  6. Betul sekali Mbak, menjaga imunitas anak saat ini sudah menjadi prioritas utama setelah pandemi Covid. Apalagi menjelang sekolah tatap muka.Dengan asupan Interlac, maka kita sebagai orang tua sudah mengambil langkah yang tepat untuk menjaga anak secara tidak langsung.

    ReplyDelete
  7. Setuju, Kak. Sekolah tatap muka tu jadi dilema buat kita. Gimana ya?
    Satu sisi pingin adik-adik tu dapat materi sekolah secara maksimal. Di satu sisi rasanya nggak rela mereka harus keluar rumah di tengah situasi dan kondisi yang nggak kondusif begini. Emang kudu sedia vitamin sih.

    ReplyDelete
  8. Wah sepertinya bagus juga nih buat ponakan daku, yang udah full belajar tatap muka.
    Karena jaga daya tahan tubuh memang harus dilakukan

    ReplyDelete
  9. Minimal usia berapa konsumsi ini kak..harganya terjangkau ya.. perlu ni sesekali minum suplemen ini

    ReplyDelete
  10. Interlac ini emang direkomendasikan banget untuk probiotiknya. Apalagi anak-anak yang sering ada keluhan kesehatan. Bener mba, kadang makanan yang dikonsumsi anak tuh kurang vitamin dan mineralnya. Apalagi anak yang banyak jajan.

    ReplyDelete
  11. Yeeyyy! Sehat2 selalu yaa kakak, adek isya juga masuk PAUD kemarin berbekal ini lhoo biar tetep sehat dan ceria selama sekolah tatap mukaa hihi.

    ReplyDelete
  12. Seneng ya bunn anak-anak sudah sekolah kembali, bye bye gadget atau laptop tentunya.

    Seneng banget anakku setiap pulang sekolah bercerita tentang kegiatan di sekolah.
    Untuk.menjaga imun tubuh anak penting ya, cocok nih interlax kandungannya lengkap.
    (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  13. karena disekolah akan bertemu banyak orang kudu banget mempersiapkan imunitas anak dengan suplemn. selain mengingatkan untuk prokes, perlu juga mengoptimalkan daya tahan tubuh anak

    ReplyDelete
  14. Bekal sarapan dan minum vit wajib itu kak buat kesehatan. Boleh nih vitamin nya, ijin share ke saodara ya kak.

    ReplyDelete
  15. Anak hebat tetap sehat terus ya. Semoga saat sekolah udah tatap muka lagi anak2 sudah siap fisik dan psikisnya. Suplemen bagus nih

    ReplyDelete
  16. Rasanya pengen ikut ngintip bekal makanan sekolahnya, kak Leyla..
    Anak-anak itu penuh semangat dan banyak cerita sepulang sekolah yaa.. Jadi orangtua juga semangat memberikan booster untuk selalu jaga kesehatan anak.
    Semoga ananda sehat-sehat selalu.

    ReplyDelete
  17. Waaah ini aku juga pakein ke anak mbak, kalau ke anakku ngaruh ke nafsu makannya juga malahan

    ReplyDelete
  18. memang mba karena udah masuk secara penuh, kesehatan anak perlu kita jaga ya. asupan vitamin c, d, kudu terus terpenuhi agar kesehatan mereka pun tetap stabil

    ReplyDelete
  19. Kayaknya Interlac ini booming banget yah kak. Temen-temenku yang anaknya pada persiapan masuk SD rekomendasiin ini semua, jadi penasaran pengen coba meski gada anak-anak huhu, biar imun makin baik juga kan ya

    ReplyDelete
  20. Penting bgt nih harus maksimal jaga daya tahan tubuh si kecil biar ga ganggung aktivitasnya balik lg sekolah ya

    ReplyDelete
  21. Tinggal kunyah praktis ya si kecil jg pasti doyan brarti itu bentuknya tablet ya Bun? Jadi ga ada drama minum vitamin nih

    ReplyDelete
  22. Harus jaga imun tubuh nih karena sekolah tatap muka tahun ajaran ini sudah dimulai.

    ReplyDelete
  23. penting banget ini multivitamin, banyak temen2 yg anaknya sakit bahkan sampai dirawat di RS, kalau anak udah sakit tuh biasanya kitanya ikut tumbang ya, makanya kesehatan anak itu bener2 harus dijaga

    ReplyDelete
  24. Masa sekolah offline sudah tiba di kondisi transisi seperti saat ini mesti harus tetap menjalani prokes secara benar
    Serta dijaga daya tahan tubuh juga imunnya bisa dgn asupan makanan bergizi yg dilengkapi kebutuhannya dengan vitamin/suplemen

    ReplyDelete
  25. Sekolah tatap muka jadi tantangan tersendiri sekarang ini. Ortu nggak cuma perlu menyiapkan bekal, tapi juga mengupayakan imunitas tubuh anak terjaga baik. Yang juga bikin cemas, belakangan banyak kabar tentang anak-anak yang jadi agresif setelah 2 tahun leluasa pegang gadget dan online.

    ReplyDelete
  26. Nah siap siap nih mom Ley untuk sekolah offline
    kudu banget ananda dikasih Interlac - atau vitamin C kalo saya karena kan ananda butuh suplemen

    ReplyDelete
  27. Udah gede aja si bujang Mbk Leyla, senang ya menyiapkan anak masuk sekolah lagi. Anakku juga heboh banget. Makanya disiapkan vitamin biar anak aktif tetap sehat dan terjaga kebutuhan nutrisinya.

    ReplyDelete
  28. Salah satu suplemen yang harus selalu sedia di rumah untuk kesehatan cerna anak dan jaga daya tahan tubuh. Apalagi anakku yang pertama juga udah mulai masuk sekolah tatap muka. Walaupun sudah diwanti-wanti untuk jaga kebersihan, rajin cuci tangan, dan bawa bekal dari rumah, ya namanya anak-anak kadang suka lupa kan.

    ReplyDelete
  29. Penting banget memang daya tahan tubuh yang tangguh untuk anak supaya bisa belajar fokus dan gembira. Makan sehat, rutin sarapan, dan konsumsi vitamin dngan benar. Sehat selalu utk kita semua.

    ReplyDelete
  30. Pas pandemi kemarin ,aku tuh ikut sedih liat anak anak kayak yg baru mau TK/SD ya kudu online, nah sekarang ikut gembira udah pada back to school. Pun ini akan jadi perhatian moms juga terutama buat prepare asupan anak anak ditengah sikon cuaca gini. Alhamdulillah ya ada Interlac

    ReplyDelete
  31. Musim hujan waspada imunitas anak menurun wajib mencoba interlac

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...