Thursday, April 7, 2022

5 Menu Sehat dan Praktis di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan ini saatnya berpuasa dan menahan diri dari hawa nafsu, salah satunya ya nafsu makan. Sejujurnya ini berat, karena saya pecandu kuliner. Dulu waktu kecil, kalau buka puasa itu maunya semua dimakan. Sekarang setelah jadi ibu, ternyata cukup menyiapkan menu sehat dan praktis untuk berbuka dan sahur. 


Nasi goreng enak



Mengapa? Sebab, di siang hari kita berpuasa dan lemas kalau harus masak aneka makanan yang susah-susah. Saat sahur, kita punya waktu terbatas untuk memasak. Memang sih ada ibu-ibu yang bangun sahur jam 2 pagi untuk masak. Sayangnya, saya tidak termasuk. Saya bangun sahur jam 3, pernah juga jam 4. 


Dalam waktu sesempit itu, saya harus cepat-cepat memasak. Jadi, menu-menu yang praktis ini sangat membantu sekali. Apa saja menunya? 

Nasi Goreng 
Ini sih menu yang sangat mudah dan gampang sekali memasaknya. Kalau bangun sahur mepet waktu, cus langsung cepat-cepat masak nasi goreng pakai telur dan sosis. Dalam sekejap pun jadi. Syaratnya, pastikan ada nasi di dalam rice cooker ya. Kalau nggak ada ya ambyar. 

Sebelum tidur, saya memang mengecek dulu apakah nasi masih ada. Kalau sudah habis, saya masak dulu supaya saat sahur itu tidak terburu-buru memasak. Nasi goreng praktis versi saya cukup dengan irisan bawang, telur, sosis, kecap, garam, dan kalau ada ya bumbu nasi goreng instan. Kalau nggak ada ya nggak apa-apa. 

Jangan lupa tambah sayuran juga seperti tomat dan mentimun untuk seratnya ya. Bisa juga lalapan lain. Kalau masih kurang pedas, tambahkan pula irisan cabai rawit. Tapi kalau untuk anak-anak sih nggak usah. Fotonya ada di atas ya.


Pasta 
Menu praktis lain adalah pasta, bisa dalam bentuk spaghetti, macaroni, atau fusilli sebagaimana yang ada di foto ini. Ini adalah fussili pedas yang masak untuk berbuka puasa kemarin. Cepat sekali memasaknya karena hanya tinggal direbus lalu tiriskan.

pasta pedas


Kemudian saya haluskan bumbu cabai, bawang merah, dan putih. Tumis bersama irisan sosis. Baru kemudian masukkan pastanya dan selanjutnya tambahkan saus cabai, kecap, dan cabai bubuk. Wuih, mantap banget deh pedasnya. 

Gurame Asem Manis 
Menu yang satu ini bisa langsung dimakan bersama nasi hangat. Masaknya juga gampang dan cepat. Saya beli ikan gurame ukuran kecil di tukang sayur Rp 20.000. Kalau dibandingkan dengan menu restoran, harganya bisa nyari Rp 100 ribu per ekor. 

gurame asem manis


Mula-mula bersihkan ikan gurame, rendam dengan garam dan perasan jeruk nipis atau lemon. Diamkan sejenak, goreng sampai matang. Lalu, tumis bawang bombay dan bawang putih. Tambahkan air, saus tomat, dan saus cabai. Larutkan tepung maizena. Masukkan ikan gurame dan larutan tepung maizena. Bisa tambah garam dan gula. Masak sampai agak mengental.


Sosis Brokoli Saus Tiram  
Menu yang satu ini cara masaknya sama dengan gurame asam manis. Bedanya ini pakai brokoli, wortel, dan sosis. Mula-mula tumis dulu bawang bombay, kemudian masukkan irisan wortel dan disusul dengan potongan sosis. Tambahkan air. Setelah wortel empuk, tambahkan irisan brokoli, larutan maizena, garam, gula, dan saus tiram. Masak sampai agak mengental.

brokoli saus tiram

Omelette 
Nah ini kesukaan anak saya. Masaknya juga cepat dan gampang. Mula-mula rebus mie, lalu tiriskan. Iris wortel, daun bawang, dan daging ayam yang sudah dikukus. Campur rata semuanya bersama dua butir telur, garam, lada, dan penyedap. Dadar di wajan anti lengket. Angkat dan sajikan bersama saus sambal. Mudah sekali, kan? 

omelette

Itu dia 5 menu sehat dan praktis di bulan Ramadan yang boleh dicoba lho buat mama-mama semuanya. 


2 comments:

  1. paling neka di bulan puasa ini pilih menu yang praktis

    ReplyDelete
  2. Ini memang menu sehat, tapi tetap enak di lidah apalagi gak meninggalkan makanan favorit seperti mie, telur, ikan, dan sosis. Lengkap ada sayurnya pula, complit sudah kalau buat buka praktis tapi bergizi.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...