Saturday, April 23, 2022

Investasi Reksadana Juga Cocok bagi Pendatang Baru, Simak Alasannya

investasi reksadana
Sumber foto: https://unsplash.com/photos/8gn_WhKv8Ns

Bagi pendatang baru, investasi Reksadana bisa menjadi pilihan yang paling tepat karena beberapa alasan. Reksadana sendiri merupakan sistem investasi dimana investor mempercayakan dananya kepada Manajer Investasi.


Modal para investor akan dikelola oleh Manajer Investasi ini untuk bisa memperoleh return atau keuntungan. Jenis Reksadana pun ada empat yaitu Reksadana Pasar Uang, campuran, saham dan pendapatan tetap. 

Baca Juga: Layanan Kirim Uang ke Luar Negeri

Sebelum Anda mulai investasi sebaiknya kenali apa alasan memilih Reksadana. Alasan ini pun bisa jadi motivasi diri agar tidak menunda untuk investasi lagi. Semakin lama menunda, keuntungan yang seharusnya diperoleh akan semakin sedikit.

5 Alasan Investasi Reksadana Tepat untuk Pendatang Baru

Tetapkan dari sekarang apa tujuan investasi Anda, baik itu untuk rencana pensiun, membeli kendaraan atau uang muka rumah. Usai mengetahui tujuannya maka akan lebih mudah memiliki investasinya.

Investasi Reksadana merupakan jenis investasi dengan jangka waktu mulai dari 1 hingga 3 tahun, ada juga 3 hingga 5 tahun atau lebih dari 5 tahunan. Lamanya jangka waktu ini bisa disesuaikan dengan tujuan investasi Anda tadi. Misalnya untuk membeli kendaraan, Anda bisa memilih investasi jangka menengah seperti Reksadana Campuran.

Baca Juga: Cara Mengajukan KTA Online

Bukan hanya fleksibilitas jangka waktu yang bisa dipilih, ada beberapa alasan lain mengapa pendatang baru harus memilih Reksadana sebagai berikut:

1. Pengelolaan Investasi Dilakukan Langsung Profesional

Kerap menunda investasi karena masalah aktivitas pekerjaan yang padat? Kini Anda tidak bisa menjadikannya alasan kembali. Karena semua aktivitas investasi akan dilakukan oleh Manajer Investasi.

Manajer inilah yang akan bekerja menanamkan modal Anda ke berbagai instrumen investasi. Tanggung jawab Manajer Investasi ini adalah sebagai pengambil keputusan soal waktu jual beli investasi dan meminimalisir risiko. Tujuannya agar dana para investor ini bisa memperoleh imbal hasil sesuai yang diharapkan.

2. Menggunakan Sistem Diversifikasi untuk Menghindari Banyak Kerugian

Alasan lain lebih baik beli Reksadana online adalah adanya sistem diversifikasi untuk setiap jenisnya. Sistem ini adalah pembagian dana investasi ke beberapa instrumen sekaligus. Jadi jika terjadi kerugian di salah satu jenis instrumen, maka penanaman modal di instrumen lainnya masih bisa memberikan keuntungan. 

Baca Juga: Cara Daftar M-Banking yang Aman

Jenis instrumen investasi yang biasa digunakan adalah obligasi, saham, dan pasar uang. Jumlah penanaman modal akan disesuaikan dengan jenis Reksadana yang telah dipilih.

3. Dana Dikelola secara Aman dan Transparan

Setiap kali hendak melakukan investasi Reksadana, Anda sebagai investor bisa mengamati prospektus dari produk. Segala jenis laporan keuangan hingga audit lengkap dijelaskan dalam prospektus, sehingga Anda bisa mempertimbangkan mana produk yang sebaiknya dipilih.

Itu artinya pengelolaan dana investor dilakukan secara aman serta transparan. Selama Anda memilih aplikasi investasi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan maka semua dana yang diinvestasikan memperoleh jaminan keamanan. 

Baca Juga: Tips Investasi Saham untuk Pemula

4. Akses Investasi Jauh Lebih Mudah

Proses beli Reksadana online, jual dan switching bisa dilakukan secara mudah dengan aplikasi. Semua akses yang berhubungan dengan informasi Reksadana bisa diperoleh hanya menggunakan smartphone saja.

Tinggal pilih aplikasi mana yang sesuai dengan kebutuhan investasi Anda di awal. Maka kemana saja pergi, aktivitas jual beli hingga switching langsung saja dilakukan selama kesempatan terbuka.

5. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Mendengar kata investasi sebagian besar orang pasti sudah memikirkan dana hingga puluhan dan ratusan juta. Padahal Anda tidak perlu melakukannya jika memilih Reksadana.

Modal yang Anda butuhkan cukup 100 ribu rupiah saja sudah bisa membeli produk investasi Reksadana. Lalu apakah aplikasi investasi terbaik yang bisa digunakan? Langsung saja cek berikut ini.

Aplikasi Investasi Reksadana Paling Pas Bagi Pendatang Baru
 

alasan investasi reksadana
Sumber foto: https://unsplash.com/photos/Dl6jeyfihLk
 

Aplikasi digibank by DBS paling pas digunakan oleh para pendatang baru dalam dunia investasi. Semua jenis investasi Reksadana tersedia lengkap sehingga Anda tidak perlu bingung memilihnya.

Ada beberapa jenis keuntungan yang bisa Anda peroleh dari digibank by DBS sebagai berikut ini.

1. Pilihan Produk Beragam dan Lengkap

Soal pilihan produk Anda tidak perlu khawatir karena digibank by DBS telah mempersiapkan 50 jenis produk lebih. Banyaknya produk ini mempermudah Anda untuk mencari secara teliti melalui prospektus mana produk yang sesuai.

2. Kategori Reksadana Pilihan

Mempermudah Anda mencari mana produk Reksadana terbaik, digibank by DBS telah menciptakan tiga kategori utama. Pertama adalah sesuai dengan kinerja yang terbaik, kedua Reksadana terpopuler, ketiga adalah Reksadana dengan scoring yang terbaik.

3. Pembelian Berkala Lebih Fleksibel

Anda juga bisa melakukan pembelian produk secara fleksibel dengan memanfaatkan fitur yang telah disediakan. Jadi Anda tidak akan ketinggalan untuk beli Reksadana online.

4. Investasi dari 100 Ribu

Kapan lagi Anda akan mendapatkan penawaran investasi mulai dari 100 ribu rupiah. Aplikasi digibank by DBS membuat pendatang baru hanya perlu mengeluarkan modal 100 ribu sambil mempelajari bagaimana tahapan investasinya. 

Baca Juga: Investasi untuk Masa Depan Keluarga

5. Pendaftaran SID atau Single Investor Identification, Jual, Beli dan Switch Bisa Lewat Aplikasi

Single Investor Identification (SID) dibutuhkan agar Anda bisa mulai melakukan transaksi investasi. Anda pun bisa melakukan pendaftarannya melalui Aplikasi digibank by DBS. Setelah itu transaksi jual, beli dan switching bisa dilakukan kapan saja.

Kehadiran digibank by DBS dalam bentuk aplikasi ini mempermudah masyarakat termasuk Anda untuk berinvestasi tanpa ribet. Semua proses dan informasi investasi sangat jelas dan Anda bahkan bisa transaksi sekarang jika sudah memiliki SID atau Single Investor Identification.

Investasi Reksadana di digibank by DBS sudah pasti bukanlah investasi bodong. Anda akan mendapatkan imbal hasil sesuai dengan jadwal, oleh karena itu pastikan untuk cek prospektus agar Anda memperoleh produk yang tepat. 

Baca Juga: Tips Memilih Investasi yang Tepat untuk Keluarga Muda

1 comment:

  1. Pemula hemm memang dulu sering terjadi investasi bodong apalagi belum ngerti sistemnya jadi takut aja mau dekat-dekat dunia investasi. Hehe, bisa dibicarakan kalau reksadana yang aman dan terpercaya, mantep nih terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...