Thursday, April 14, 2022

Menu Ramadan untuk Anak Semangat Puasa

Alhamdulillah, tahun ini adalah tahun kedua Salim berpuasa sampai Magrib. Tentunya butuh motivasi agar semangat puasa. Salah satunya dengan menu sahur dan berbuka yang sesuai selera. 

tempe mendoan



Sampai hari ini Salim masih konsisten berpuasa sampai Magrib dan nggak rewel minta buka. Kalau dia sudah mulai rewel, saya ajak tidur dan menjanjikan menu berbuka puasa yang disukainya. 


Salim masih termasuk picky eater, alias suka pilih-pilih makanan. Nggak banyak menu makanan yang disukainya. Kalau menu baru, pasti akan ditolak dulu. Anggapannya tidak enak. 

Untuk masakan rumahan, berikut ini adalah menu Ramadan untuk anak semangat puasa: 

Ayam Goreng Tepung 
Untuk resepnya sih saya pakai tepung bumbu instan saja supaya cepat. Ada dua jenis tepung, basah dan kering. Beli ayam paha bawah saja. Larutkan sebagian tepung dengan air dingin. Gulingkan ayam di tepung basah, lalu gulingkan di tepung kering sambil dicubit-cubit. Goreng sampai keemasan. 

ayam goreng tepung


Saya masak pakai api kecil dalam waktu agak lama supaya matang sampai ke dalam tapi nggak gosong. Soalnya ayam paha bawah ini sering kali bagian dalamnya masih ada darahnya. Minyaknya juga harus merendam semua permukaan ayam.

Tempe Mendoan
Fotonya sudah ada di atas itu ya. Salim memang suka tempe dan bakwan goreng. Agak sulit memang saat minyak goreng mahal hehehe. 

Adonannya menggunakan tepung mendoan yang dicampur irisan daun bawang. Iris tipis tempe, lalu rendam dengan irisan bawang putih, bubuk ketumbar, dan lada, garam. Diamkan sejenak.

Larutkan tepung mendoan instan, kemudian masukkan tempe yang sudah direndam bumbu tadi. Goreng sampai kekuningan. 

Baca Juga: Resep Masakan Sehat 

Daging Sapi Teriyaki 
Daging sapi teriyaki ala Hokben ini bisa membangkitkan semangat berpuasa. Cara masaknya juga sangat mudah. Mula-mula daging sapi setengah beku diiris tipis, lalu dimarinasi dengan jahe dan bawang putih halus, ketumbar, garam, kecap manis, dan saus teriyaki. Aduk rata, lalu simpan di kulkas semalaman. 

daging sapi teriyaki


Saat sahur, kita bisa langsung memasaknya dengan ditumis menggunakan satu sendok makan margarin. Tumis dulu dagingnya sampai agak berubah warna, tambahkan sedikit air. Baru kemudian dimasukkan bawang bombay yang sudah diiris. Setelah layu bawangnya, baru deh diangkat. Sajikan bersama nasi panas.


Boleh juga ditambah nugget supaya mirip dengan menu Hokben hehehe. Jangan lupa baca niat puasanya supaya kuat berpuasa sampai Magrib. 

1 comment:

  1. Aduh lihat ayam jadi lapar kan jam segini, mantep nih bisa dijadikan menu buka puasa. Gak sabar buat nunggu berbuka dan masak bareng di rumah. Momen paling ditunggu saat bulan ramadan ya momen seperti itu apalagi ngabuburit bareng.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...