Thursday, October 3, 2019

Resep Masakan Sehat dengan Happycall Asli

Happycall, siap yang tak kenal alat masak yang satu ini? Saya juga sudah lama mengidamkan Happycall, supaya jadi lebih cepat dan praktis dalam memasak. Selain itu, masakan juga lebih sehat karena meminimalisir penggunaan minyak goreng. Pola hidup sehat sekarang ini menjadi perhatian saya dan keluarga, karena saya mengalami kegemukan akibat suka makan gorengan. Sedangkan suami saya memiliki penyempitan pada pembuluh darah jantung akibat kolesterol. 

Siap memasak dengan Happycall Asli

Itu mengapa pada hari Sabtu, tanggal 28 September 2019 lalu, bertempat di Mecapan HQ Menteng Dalam Tebet, saya mengikuti Healthy Cooking Demo dalam rangka ulang tahun ke-6 The Real Food Homemade (@trfhomade) bersama Happycall. Begitu datang ke lokasi, tak menunggu waktu lama, saya mendapatkan resep masakan sehat dari Adetyaa, Owner TRFHomemade. Semua masakan ini dimasak dengan menggunakan Happycall. 

Masakan yang pertama adalah Ikan Saba Teriyaki. Ikan Saba? Ada yang sudah kenal? Saya baru pertama kali ini mendengar ada yang namanya Ikan Saba. Ternyata ini adalah ikan dari Jepang dan disebut juga dengan Makarel. Tahu sendiri kan yah laut Jepang itu kaya dengan ikan yang mengandung gizi tinggi, salah satunya ikan Saba ini. Di Indonesia, kita bisa membelinya di supermarket besar. Kalau sulit menemukannya, kita bisa menggantinya dengan ikan sarden tapi bukan yang kalengan ya. 

Mengapa menggunakan ikan Saba? Karena selain mengandung gizi yang tinggi dan sehat, juga aman dikonsumsi anak-anak. Durinya besar-besar, jadi bisa dikeluarkan dulu sebelum dimasak. Ikannya dimarinasi terlebih dahulu dengan menggunakan saus teriyaki. 

Berikut ini resepnya: 

Bahan-bahan Ikan Saba Teriyaki
Saus Teriyaki untuk Marinasi
Soy sauce organik (kecap asin)
Bawang putih cincang
Jahe cincang

Ketiga bahan tersebut dicampur menjadi satu. Tidak perlu takaran, secukupnya saja. Kemudian dituangkan ke ikan Saba yang sudah dibersihkan dan dikeluarkan durinya. Marinasinya dilakukan selama 5-10 menit, tapi kalau mau sausnya lebih meresap ya bisa semalaman. 

Tahapan Memasak Ikan Saba Teriyaki

Buat ibu-ibu yang mau membawakan bekal untuk anak sekolah atau suaminya, bisa memarinasi pada malam hari. Lalu, paginya tinggal dipanggang deh dengan Happycall. Cepat dan praktis lho. Sebelum dipanggang, tumis dulu bawang bombay yang sudah diiris-iris di Happycall Double Pan dengan menggunakan minyak kelapa. Masak ikan sambil dibolak-balik setiap 10 menit. Setelah kedua sisinya berwarna kecokelatan, baru diangkat deh. 

Untuk teman makan Ikan Saba Teriyaki, selanjutnya Adetyaa membuat Nasi Hainan khas Thailand. Apa sajakah bahan-bahannya? Siapkan bahan-bahan sebagai berikut ya:

Bahan-bahan Nasi Hainan
2 cup Beras organik
4 lembar Daun bawang dipotong 2
3 ruas Jahe 
5 siung Bawang putih
1 sdt Garam 
2 sdm Minyak kelapa 
3 sdm Kecap Asin 
500 ml Kaldu ayam organik 
4 buah dada atau paha Ayam organik 
350 ml Air sehat yang sudah matang

Untuk memasak berasnya, gunakan Happycall Vacuum Pot. Jadi, Happycall tidak hanya ada Double Pannya lho tapi juga ada Vacuum Pot yang bisa memasak nasi dengan cepat. Sambil memasak, Adetyaa menjelaskan bahwa peralatan memasak yang bagus itu adalah yang berat. Contohnya, Happycall ini. Mengapa? Karena semakin berat, maka panasnya semakin merata sehingga masakan pun akan matang dengan sempurna. 

Adetyaa dan Happycall  Vacuum Pot

Nah, bagaimana tahap-tahap memasak Nasi Hainan ini? 
  • Cuci beras, masukkan ke dalam Happycall Vacuum Pot
  • Potong-potong daun bawang, jahe, minyak kelapa, dan bawang putih, susun di atas beras.
  • Masukkan air kaldu ayam organik secukupnya. 
  • Masukkan dada ayam organik yang sudah dicuci 
  • Masak selama 30 menit
  • Tambahkan air sehat (Hydra Water)
  • Masukkan garam dan kecap asin secukupnya.
  • Masak lagi selama 15 menit sampai nasi matang.
Tahapan Memasak Nasi Hainan

Untuk sausnya, ada 3 versi yaitu:
  1. Saus Tiram, Kecap Asin, dan Madu
  2. Saus sambal ditambahkan dengan air lemon dan minyak ikan
  3. Saus wijen dari minyak wijen, jahe, dan madu.
Adetya menjelaskan tentang bahan-bahan masakannya yang semuanya organik. Bisa diperoleh di toko online. Adetyaa sudah kurang lebih dua tahunan menerapkan pola makan sehat karena sering sakit tipes akibat jajan sembarangan. Pola makan sehat ini bukan diet, meskipun bisa dapat bonus penurunan berat badan. Suami Adetyaa bahkan bisa menurunkan berat badan hingga 30 kilogram semenjak menerapkan pola makan sehat. 

Bahan-bahan makanannya harus yang organik, usahakan membeli produk pertanian lokal karena tidak membutuhkan pengawet yang banyak. Kalau impor, bisa dipikir ya pastinya butuh pengawet supaya tahan lama saat dipasarkan di Indonesia. Setelah menerapkan pola makan sehat, Adetyaa pun tidak lagi dirawat di rumah sakit karena tipes. 

Bento Ikan Saba Teriyaki dan Nasi Hainan 

Akhirnya, Nasi Hainan dan  Ikan Saba Teriyakinya sudah matang dan siap disantap. Teryata mudah ya membuat masakan sehat itu. Proses pemasakannya tidak lama, tentunya karena menggunakan Happycall asli. Eh, gimana maksudnya? Memangnya Happycall ada yang palsu? Hayo lhoo Bu Ibu, segera lihat Happycallnya apakah asli atau palsu? Bagaimana cara membedakan Happycall yang asli dan yang palsu ya?

Produk Happycall Asli

Happycall yang asli itu adalah buatan Korea, sedangkan yang palsu itu sebagian besar buatan China. Selebihnya tentang perbedaan keduanya, bisa disimak di sini ya: 

Berat
Nah, Happycall yang asli memiliki berat yang besar yaitu mencapai 5 kilogram. Saya sudah membuktikannya sendiri di acara demo masak itu dengan memegangnya. Memang berat euy. Kalau yang palsu, beratnya hanya sekitar 3 kilogram. Kenapa berat? Karena dilengkapi dengan lapisan anti lengket. Makanya kalau produk Happycall yang ada di rumah kita itu mudah lengket, berarti palsu tuh. 

Desain
Happycall Double Pan yang asli memiliki hak paten made in Korea yang bisa dilihat berupa tulisan timbul di pegangan pan. Kalau yang palsu pasti tidak ada. Selain itu juga ada karet silikon dan magnetic handle yang kuat dengan kerapatan yang sempurna sehingga tidak ada kebocoran asap dan cairan.

Memiliki Lapisan Titanium
Happycall yang asli dijamin tidak akan membuat masakan jadi lengket di pannya. Contohnya ikan saba Teriyaki yang sudah ditambahkan kecap manis itu, tidak lengket saat digoreng di pan. Masakan pun merata matangnya karena ada lapiran titaniumnya. 

Tingkat Kematangan
Masakan yang dimasak dengan Happycall asli akan matang dengan sempurna di luar dan di dalam. Berbeda dengan Happycall palsu. Masakan hanya matang di luar. 

Warna
Ini yang paling mudah untuk membedakan Happycall asli dan palsu. Warna Happycall asli saat ini adalah warna cokelat. Tahun 2006, saat Happycall dipasarkan di Indonesia, memang warnanya merah. Tapi saat ini, pan yang berwarna merah sudah tidak diproduksi apalagi didistribusikan di Indonesia sejak tahun 2017. Jadi, kalau Anda membeli Happycall merah setelah tahun 2017, berarti Anda membeli produk yang palsu.

Happycall Double Pan Asli


Produk Happycall asli hanya bisa dibeli di tempat rsmi yaitu SOGO, SEIBU, ruparupa.com, dan blibli.com. Untuk informasi lengkapnya, bisa dilihat di:

Instagram: Happycall_id




26 comments:

  1. hainannya mantap kali. alhamdulillah di rumah juga pake happy call dan gak perlu dicuci, dilap juga langsung bersih.

    ReplyDelete
  2. Resepnya mantaaabb nih Mak.
    Bisa buat re-cook di rumah.
    Apalagi masaknya pake HAPPYCALL
    Makin OYE!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Happy Call ini unik banget ya. Kalo tanda-tanda asli yang di atas dituliskan itu gak ada berarti ..... KW.

    ReplyDelete
  4. Saya lebih suka warna Happcall sekarang daripada yang dulu. Kalau yang coklat ini lebih elegan warnanya. Memang beda sih antara yang asli dengan palsu. Salah satunya gak bikin masakan lengket ke wajan. Males banget tuh kalau masakan udah lengket

    ReplyDelete
  5. akutu mupeng pengen punya happy call asli. moga bisa kesampaian dalam waktu dekat aamiin

    ReplyDelete
  6. Saya langsung googling, cari arti kata "marinasi", saya baru tahu ada istilah itu.

    Pengen juga punya happy call, tapi harus yang asli. Mesti nabung dulu

    ReplyDelete
  7. Waa kok jadi pingin punya Happy call yang asliii. Mupeng banget. Semakin bagus produk, maka semakin banyak yang bikin KW nya ya mbk..
    Aku simpen resep ikan sabanyaa

    ReplyDelete
  8. Harus jeli sebelum membeli ya, Mbak. Takut dapatnya Happy Call yang palsu malah berabe. Eh, aroma jahe dalam ikan terciuummm! Yummmiii....

    ReplyDelete
  9. Aku punya Happycall yang merah, Mbak. Beli 2017an dan masih awet. Tapi keknya capek dia, mesti adopsi adiknya nih yang warna cokelat. Praktis memang Happycall ini :)

    ReplyDelete
  10. masak apa ajah jd bisa ya. apalagi anti lengket loh, panggang ikan jd bagus gak rusak karena lengket. terus membersihkannya pun mudah

    ReplyDelete
  11. Aku jadi pengen cobain masak juga mbak... Tapi belom punya happy call dirumah.... Sudah sangat terkenal nie merk happy call ini

    ReplyDelete
  12. Kalau lihat kata Happycall, aku ingat mamaku nih yang sayang banget dengan Happycall ini soalnya dulu belinya mahal, kayaknya udah lama banget deh...dan masih awet di pakai adekku, memang sih masakannya beda kalau pakai Happycall, tapi yang terpenting zat gizinya masih optimal.

    ReplyDelete
  13. Ternyata Happy Call yang asli tuh berat banget ya. Beratnya ini karena mengandung bahan yang bisa bikin masakan matang merata dan enggak lengket. Nasi Hainannya menggoda banget nih, pengin juga nyontek. Tapi belum punya Happy Call-nya

    ReplyDelete
  14. Pengen banget makan ikan Saba, udah lama ga makan ikan ini heuheu jadi kangen jepang deh jadinya

    Btw aku juga punya Happycall mbak, tapi entahlah, aku belum buka lagi bungkusnya, hadiah dari temen ntar aku cek ah

    ReplyDelete
  15. wah aku baru tahu nih yang asli justru lebih berat yah mba padahal selama ini taunya kalau yang berat2 itu palsu hahaha cuss ah beli happy call asli

    ReplyDelete
  16. Aku tuh pengen bangeeeeet beli happycall yg asli tapi suka bingung dimana ternyata ada blibli juga to, abis kalo online takut palsu, dan dulu kan jualnya di home shopping tv, huhuhu emang tokcer pake happu call

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata produk happycall tiruan banyak dijual dipasaran yah mbak, dulu aku pernah lihat iklannya di lejel tetapi ketika aku mau beli, iseng nyari di onlineshop dann harganya murah banget, baru tahu kalau yang dijual murah itu palsu

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen punya Happcall ini deh. Pasti masak jadi semakin seru

    ReplyDelete
  19. Andalan banget aku kalau masak sering menggunakan Happy Call dan memang tahan lama bahkan sejak aku punya anak ke-2 8 tahun yang lal,

    ReplyDelete
  20. Andalah keluargaku mba. Aku punya happy call buat manggang ayam itu matangnya bisa merata gitu. Pengen beli yang lain yang buat presto

    ReplyDelete
  21. Langsung lapar Mbak lihat ikan saba teriaki dan nasi Hainan. Happycall ini alat masak idamanku yang belum kesampaian punya sampai sekarang huhuhu. Emang enak sih masak pakai happycall. Pernah lihat prakteknya. Lebih gampang dan makanan matang sempurna dengan cepat.

    ReplyDelete
  22. ow jadi Happy Call udah ga merah lagi tapi cokelat. Daripada beli yang abal-abal lebih baik beli langsung di distributor terpercaya. Masak pakai Happy Call kan lebih hemat minyak goreng dan lebih menyehatkan.

    ReplyDelete
  23. wah happy call memang bikin jadi happy ya

    ReplyDelete
  24. Ku pengen punya happycall vacuum potnya, udah punya satu happycall sih, tapi kok yang baru lebih canggih ya :)

    ReplyDelete
  25. Saya sempat kepincut sama alat panggang ini tapi belum terwujud karena kendala harganya yang lumayan.

    ReplyDelete
  26. Aku punya happy call jadul tp nyaris gk pernah dipake. Sayang emang, tar nyoba ahh

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...