Sunday, October 13, 2019

#XperienceSeru di Taman Mini Indonesia Indah dengan Traveloka Xperience

Siapa yang tidak kenal Taman Mini Indonesia Indah atau TMII? Indonesia mini ini memang jadi salah satu tujuan wisata sebagian besar penduduk Indonesia karena sangat ikonik. Tak hanya menjadi tempat wisata yang menghibur tapi juga edukatif. Anak-anak sekolah pun banyak yang study tour ke sini demi menunjang pembelajaran mengenai budaya dan adat istiadat di Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah

Saya sudah beberapa kali ke TMII dan rasanya belum semua dijelajahi saking luasnya. Tujuan ke TMII bermacam-macam. Ada yang dalam rangka liburan, menemani anak study tour, menghadiri undangan acara, bahkan undangan pernikahan. Terakhir sekitar dua minggu yang lalu saya ke TMII.

Memang, TMII ini tempat wisata yang komplit sekali. Bahkan ada yang mengadakan resepsi pernikahan dan gathering keluarga besar di sini. Selain luas, peraturannya juga tidak ketat. Pengunjung diperbolehkan piknik seperti menggelar tikar lalu makan makanan dari rumah. Tak seperti di sebagian besar tempat wisata lain yang melarang membawa makanan dari luar.

Berlokasi di Jakarta Timur, TMII memiliki luas lebih dari 150 hektar. Berisi museum-museum hingga anjungan-anjungan daerah atau rumah-rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Untuk mengitari seluruh areanya, ada kereta mini. Kendaraan pribadi juga boleh masuk dan mengelilingi seluruh area TMII ini asal membayar biaya masuk kendaraan. 

TMII dibuka setiap hari jam 07.00 - 22.00 WIB. Berapa harga tiket masuknya? Untuk tiket masuknya Rp 20.000, kendaraan mobil Rp 15.000, dan motor Rp 10.000. Nah, itu baru tiket masuknya lho. Untuk menikmati berbagai fasilitas hiburan dan edukasinya pun dikenakan biaya tambahan. Jadi, dipilih-pilih saja mau ke mana ya. 

Supaya lebih hemat dan merasakan #XperienceSeru di TMII, lebih baik pesan tiketnya di Traveloka Xperience, fitur baru Traveloka yang memberikan banyak diskon tiket attractions, movies, event, entertainment, sports, beauty & spa, playgrounds, transports, tour, travel essentials, food & drinks, classes & workshop.

Traveloka Xperience


Untuk yang ingin melakukan Wisata Edukatif, bisa mengunjungi anjungan-anjungan daerah dan museum-museum. Ada sekitar 14 museum dengan biaya tiket masuk yang bervariasi antara Rp 2.000 - Rp 16.500. Bahkan ada yang bebas biaya lho, yaitu Museum Penerangan. Nah, kalau anak saya dulu Study Tour ke Museum Transportasi, Pusat Peragaan IPTEK, dan Penerangan.

Tak cukup sehari sih untuk mengunjungi museum-museum itu. Kita perlu beberapa kali datang ke TMII supaya bisa menjelajahi semuanya. Disesuaikan transportasi salah satunya Mobil Wisata Nusantara dengan biaya tiket Rp 10.000 untuk biaya transit. Tapi, kalau mau melihat satu per satu anjungan daerah, sebaiknya jalan kaki dulu.

Anjungan Sumatera Barat

Rumah Adat Sumatera Barat 

Di rumah-rumah adat itu kita bisa menjadikannya bahan edukasi pelajaran IPS untuk anak-anak kita. Biasanya kan mereka hanya melihat gambarnya saja. Nah, kalau melihat bentuknya langsung, mereka akan lebih mudah mengingatnya. Saya pun jadi lebih mudah hapal bentuk rumah-rumah adat itu dengan melihat aslinya.

Anjungan Sumatera Utara 

Jika mempunyai anak kecil atau balita, bisa diajak ke Istana Anak yang bangunannya benar-benar menyerupai Istana. Di dalamnya ada aneka permainan untuk anak Kereta Api Kelinci, Mandi Bola, Bumper Car, Airplane, Komedi Putar, dll. Harga tiketnya bervariasi dari Rp 10.000- Rp 15.000 tapi sebagian besar Rp 10.000. Sedangkan tiket pintu masuknya Rp 15.000.

Nah, biar lebih hemat lagi, tiket masuk ke Istana Anak juga bisa dibeli di Traveloka Xperience. Selain mudah dan cepat karena kita bisa memesannya via ponsel, juga harganya sering ada diskon. Lumayan kan apalagi kalau perginya sekeluarga besar.

Tiket Istana Anak di Traveloka Xperience

Ingin melihat TMII dari atas? Jangan lupa membeli tiket untuk kereta gantung. Kita bisa menikmati TMII dari atas. Indah sekali ya bisa sekaligus melihat semua anjungan itu tanpa harus berjalan kaki. Harga tiketnya kalau beli di lokasi Rp 50.000 tapi di Traveloka Xperience lebih murah dong.

Tiket Kereta Gantung
Jika ingin datang ke Taman Mini Indonesia Indah, saya sarankan mempersiapkan hal-hal berikut ini:


  1. Tentukan tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Jika anjungan daerah, tentukan maksimal 3 saja yang ingin dikunjungi. Begitu juga dengan museumnya. Maksimal 2 museum saja untuk dieksplorasi pada kunjungan pertama. Pilih yang paling menarik atau paling ingin diketahui. 
  2. Jika membawa anak-anak kecil, pilihlah wahana permainan yang akan disukai anak-anak, misalnya Istana Anak atau Kolam Renang. Di TMII ini ada kolam renang dan Snow Bay juga lho.  
  3. Bawalah bekal secukupnya apalagi kalau mengajak keluarga besar. Di TMII juga banyak tempat makan dan jajan, tapi barangkali mau menghemat pengeluaran. Lebih baik bawa dari rumah. Toh, tidak dilarang. 
  4. Datanglah sejak pagi supaya bisa menjelajahi TMII lebih banyak, karena sudah dibuka sejak jam 7 pagi sampai jam 10 malam. Kalau tidak capek, datang saja dari pagi sampai malam hehe.....
Sepertinya tak akan cukup satu artikel ini menceritakan tentang Taman Mini Indonesia Indah, karena saya pun harus datang berkali-kali baru bisa memotret semuanya. Lain kali saya sambung lagi ya ceritanya. Jangan lupa kalau mau #XperienceSeru ke Taman Mini Indonesia Indah, pesan tiketnya di Traveloka Xperience!

Artikel kembali ditutup dengan foto saya di depan Istana Anak hehe

2 comments:

  1. kalau ke tmii ini emang enaknya dari pagi sampai sore, biar puas. hehehe soalnya luas banget. pingin deh nyobain naik kereta gantungnya tmii, soalnya selama ini cuma nyobain punyanya ancol yg gondola

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah ke TMII, dulu aja udah bagus, apalagi sekarang ya, pasti banyak berubah. Paling ikonik itu castilenya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...