Friday, October 18, 2019

Menu Masakan Nusantara di Bakoel Ussy

Siapa yang suka masakan tradisional Indonesia? Saya suka sekali, terutama masakan yang bisa menuntaskan kerinduan pada tempat-tempat yang pernah saya singgahi dulu. Misalnya, Semarang. Saya pernah kuliah selama 4 tahun di Semarang. Salah satu masakan Semarang yang saya rindukan adalah Ikan Mangut Pari.


Di Jakarta dan sekitarnya, agak susah menemukan warung makan yang menyediakan Ikan Mangut Pari sesuai rasa di daerah asalnya. Makanya saat saya memakannya di Bakoel Ussy, wow saya terkejut karena rasanya persis sama dengan yang ada di Semarang. Sudah tahu Bakoel Ussy, kan? 

Saat pembukaannya dulu, saya pernah menuliskannya juga di blog ini. Tak terasa kemarin di bulan September, Bakoel Ussy sudah berusia satu tahu. Selamat untum Ussy dan Andhika, pasangan artis yang sukses mengelola Bakoel Ussy sehingga bisa bertahan di usia setahun ini. 
Nah, pada syukuran ulang tahunnya kemarin tanggal 11 Oktober 2019, saya diperkenalkan dengan konsep dan menu baru Bakoel Ussy. Ussy Sulistiawaty, artis artis yang sekarang lebih fokus di wirausaha ini mengungkapkan adanya perubahan konsep dan menu Bakoel Ussy.

Seperti biasa, acara syukuran dibuka dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng. Ussy juga mengundang anak-anak yatim supaya usahanya lebih berkah. Setelah itu, Ussy memaparkan apa saja perubahan konsep dan menu baru Bakoel Ussy di usianya yang pertama ini.

Bakoel Ussy 1 Tahun

Kali ini Ussy tidak didampingi oleh Andhika karena sibuk syuting. Bakoel Ussy yang semula mengusung konsep masakan Sunda, kini diubah menjadi masakan nusantara agar bisa menjangkau semua selera pelanggan. Makanya, menu Ikan Mangut Pari pun bisa ditemui di sini. 

Beberapa menu lama juga dihapus, misalnya menu jengkol karena bau. Digantikan dengan menu-menu seperti Asam-asam Iga, Iga Penyet, Iga Bakar, Ayam Bakar Madu, Ayam Cabai Rempah, Ayam Kuning, Ayam Penyet, dan Gurame Pecak.

Menu Nusantara di Bakoel Ussy

Masakan Sunda juga masih ada  kok, yaitu Nasi Bakar Kecombrang, Telur Dadar Bakoel, Tumis Kangkung, Tumis Genjer, dan Tahu Bomb. Selain menu utama, ada cemilannya juga lho. Yaitu, Colenak, Pisang Bakar, dan Es Lodeh Buah. 

Untuk penyajiannya pun berubah. Jika semula pelanggan bisa mengambil sendiri karena prasmanan, kali ini tidak. Sama seperti warung makan lagi, pelayan akan membawakan pesanan ke meja pelanggan. Hal itu supaya masakannya tetap segar dan hangat sehingga baru dimasak kalau ada pesanan. 

Namun, untuk harganya tidak berubah yaa. Tetap murah dan terjangkau. Harga makanan mulai Rp 7000-59000 dan minuman Rp 10000-29000. Saya pun mencicipi beberapa menu tersebut dan rasanya mantap sekali.

Harga Menu Bakoel Ussy 


Es Lodeh Buah
Ini semacam es buah dengan isi yang sedikit berbeda dengan es buah pada umumnya, karena ada suwiran jagungnya. Kalau saya sih suka saja ya rasanya, karena saya penyuka segalanya.

Es Lodeh Buah



Asam-asam Iga
Daging Iga dengan kuah asam segar, rasanya mantap sekali. Daging iganya empuk. Favorite saya banget deh.

Asam-asam Iga 


Ikan Mangut Pari
Demi apa, saya terkesima dengan rasanya karena seakan-akan saya sedang memakannya di Semarang. Benar-benar mengobati kerinduan akan masakan Semarang. 

Ayam Penyet 
Sambalnya pas deh pedasnya. Ayamnya juga empuk. Membuat saya ingin kembali lagi ke Bakoel Ussy.

Ayam Penyet


Colenak
Ya ampun, Colenak bisa seenak ini padahal kalau saya beli di Garut ya biasa aja rasanya. Tapi Bakoel Ussy bisa mengolahnya menjadi tak terlupakan. Colenak ini tape dibakar lalu disiram gula merah.

Colenak


Pisang Bakar
Pisangnya empuk bangeeet.... Ini cemilan yang pas banget untuk ngobrol bersama teman. Apalagi kalau sambil minum kopi.

Pisang Bakar


Nah, buat kamu yang sedang pelesiran ke sekitar Jalan Dewi Sartika No 192, Cawang, jangan lupa mampir ke Bakoel Ussy. Juga menerima pesanan untuk acara-acara tertentu dan melayani pesan antar melalui Gofood. Reservasinya bisa hubungi 082261005757.


3 comments:

  1. ini dia makanan rakyat yang bikin ngiler. duhhh kak ussy masih cantik aja ya...
    sukses deh buat usahanya...

    ReplyDelete
  2. keren mbak bisa foto bareng Ussy.

    ReplyDelete
  3. Waaaaaa, beruntung banget cipicip bisnisnya Ussy + foto bareng :D

    Ayam penyetnya menggoda ya ampon :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...