Monday, October 1, 2018

Makan Kenyang di Bakoel Ussy Tanpa Khawatir Dompet Jebol



Makan di restoran yang nyaman, ber-AC, dan rasa makanannya maknyus tapi takut dompet jebol? Bakoel Ussy jawabannya. Meskipun berada di Jakarta, tepatnya di Jalan Dewi Sartika No 192, Cawang Jakarta Timur, restoran milik sepasang artis terkenal: Ussy Sulistyowati dan Andhika ini menjanjikan harga hemat khas warung Tegal.

Ah, masa? Yup. Saya sudah membuktikannya karena tanggal 26 September 2018 saya menghadiri Grand Launching Bakoel Ussy yang dihadiri oleh sepasang artis yang terkenal ramah itu. Berkonsep suasana tradisional Sunda, Bakoel Ussy siap menyambut para pelanggan dengan makanan khas Sunda yang menggoyang lidah. 

Ussy dan Andhika

Dua bulan sebelumnya, pasangan artis ini juga membuka Lurik Coffee & Kitchen di Lippo Super Mall yang berkonsep tradisional modern dengan hidangan khas masakan Ussy dimodifikasi oleh koki dari Lurik Coffee & Kitchen. Harganya masih tergolong murah untuk makanan ala restoran di mall.


Namun, untuk Bakoel Ussy ini harganya benar-benar menengah ke bawah dengan harga makanan yang termahal adalah Rp 55.000. Acara launching dibuka dengan pengajian dengan mengundang Yayasan Halimatussa'diyah Depok kemudian doa bersama yang dipimpin seorang ustaz. 

Ussy dan Andhika

Ussy dan Andhika melakukan pemotongan tumpeng kemudian gunting pita di pintu masuk Bakoel Ussy. Dalam jumpa pressnya, Ussy menjelaskan alasan dibukanya restoran keduanya ini yang lebih menyasar pada kelompok menengah ke bawah terutama mahasiswa dan pekerja kantoran di sekitar jalan Dewi Sartika. 

Pemotongan Tumpeng

Restoran Bakoel Ussy menetapkan harga makanan yang sangat murah khas warteg dan bisa mengambil makanan sendiri (prasmanan). Seperti yang sudah disebut di atas, harga menu termahal adalah Tongseng Rp 55.000. Nasi Liwet dan Nasi Oncom hanya Rp 10.000, Nasi Putih Biasa Rp 5.000, Cumi Lombok Ijo - Cumi Goreng - Udang Pete Rp 25.000. Selebihnya bisa dilihat di foto. 

Daftar Menu

Menu yang disajikan adalah masakan Sunda karena Ussy berdarah Sunda dan dia juga ingin menghidupkan masakan Sunda di Jakarta. Walaupun begitu, rasanya pas dengan warga Jakarta karena ada menu pete dan jengkol. Bahkan menurut saya, meskipun menu Sunda tapi rasa Jakarta. Pedasnya pas. 

Untuk lokasi dan tempat Bakoel Ussy sangatlah strategis karena berada di pinggir jalan raya. Dari stasiun Cawang hanya 10 menit. Di seberangnya ada kampus BSI sehingga para mahasiswa bisa nongkrong-nongkrong di Bakoel Ussy tanpa khawatir uang sakunya nggak kuat. 

Tempat Duduk Nyaman

Masakan harga warteg suasana restoran

Penyajian prasmanan

Andhika menambahkan bahwa dengan hanya Rp 50.000 sudah bisa makan kenyang di Bakoel Ussy. Restoran ini juga memberikan kenyamanan yang hakiki sehingga kita bisa berlama-lama tanpa perlu cepat-cepat makan. Parkiran luas, dijamin bisa parkir. Ruangannya ber-AC sehingga makan pedas pun nggak gerah. Jumlah kursinya juga cukup banyak, jadi tak perlu berebutan.

Jadi, jika ingin mengadakan gathering, meeting, atau arisan, bisa pesan tempat di Bakoel Ussy karena memadai. Disediakan juga toilet dan musala serta tempat foto-foto karena Ussy menjawab kebutuhan generasi Z yang butuh tempat-tempat instagrammable. 

Beberapa lauk favorit saya di Bakoel Ussy adalah:

Jengkol Balado 
Ada orang yang tak suka jengkol, tapi masakan ini adalah favorit saya karena sensasi yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Dari sekian banyak olahan jengkol, favorit saya adalah Jengkol Balado. Alhamdulillah, Bakoel Ussy menyediakannya jadi sudah pasti dong menu ini langsung masuk ke piring saya. Menariknya, bau jengkolnya itu nggak ada. Ini berarti tukang masaknya jago mengolahnya.  Rasa pedasnya sedang saja, bisa dinikmatk juga oleh orang yang nggak suka kepedasan.


Udang Pete
Masih menu yang pedas-pedas, karena saya suka pedas. Udang pete juga menghiasi piring saya. Udahnya besar-besar dan empuk. Petenya juga banyak. Rasa pedasnya juga masih kategori sedang.



Empal Gepuk
Pilihan saya berikutnya adalah Empal Gepuk yang dihargai cukup murah hanya Rp 25.000. Dagingnya empuk, jadi bisa dikunyah oleh orang yang giginya sudah jarang. Rasanya perpaduan manis dan asin.



Tumis Kangkung 
Nah ini dia yang juga menjadi favorit saya, tumis kangkung. Rasanya persis sekali masakan almarhumah ibu saya yaitu sedikit asin. Seperti tumis kangkung khas Betawi.



Tentunya masih banyak menu lain yang bisa dicoba yang akan mengingatkan kita akan masakan rumahan. Yang pasti, tempat ini sangat saya rekomendasikan untuk Anda yang ingin mengadakan gathering atau arisan. Makan kenyang di Bakoel Ussy tanpa khawatir dompet jebol.

Penasaran suasana Bakoel Ussy, tonton liputannya di youtube saya ya:


28 comments:

  1. Wah dekat rumah mpo, boekoel ussy apalagi menu menunya sunda jawa . cocok di kantong dan di lidah

    ReplyDelete
  2. Pengeen empal gepuk nyaa mbaak, harganyaa terjangkaau semua yaa untuk ukuran makanan di jakarta. Yakin deh makan puas ndak bikin kantong jebol hehehe

    ReplyDelete
  3. Wooow harganya pas banget buat makan2 enak bareng keluarga saat tanggal tuak :D

    ReplyDelete
  4. Tempatnya keliatan luas yaa. Harganya juga asyik, itu empal gepuk 25ribu aja? Huaaaa mauuu..

    ReplyDelete
  5. Tempatnya nyaman, harganya affordable, dan aku kabita sama jengkol baladonya hehehe...kayaknya enak nih, bisa lupa diet makan di sana

    ReplyDelete
  6. Duh empal goreng itu bikin ngiler deh �� kalo ke Jkt nanti pengen ke sana ah, siapa tau ketemu ertong heheh...

    ReplyDelete
  7. Duh Ya Allah mendadak laper liat menu2 hidangan di bakoel ussy. Enak semuaaaaa kayaknya. Kirain harganya mehong mbk, secara yg punya artis, etapi ternyata terjangkau ya mbk.

    ReplyDelete
  8. Huaaa, kapan ya ke Jakarta lagi.
    Mupeng iihh, pengen coba menu yg ada di Bakoel Ussy juga. Apalagi harganya gak menguras dompet gitu ya Mbak :D

    ReplyDelete
  9. Cumi Lombok Ijo, Cumi Goreng, Udang Pete per porsi 25 ribu murah ya mba. Menunya juga kompliit, menu nusantara

    ReplyDelete
  10. Ada jengkol jugaaaa, menu lengkap, tempat cozy, harga bersahabat. Wih paket komlit ini ya.

    ReplyDelete
  11. Saya gak cobain tumis kangkungnya karena keburu habis. Tetapi, memang makanan di Bakoel Ussy enak-enak. Saya juga suka

    ReplyDelete
  12. Menunya bikin betah makan disitu, bisa pesen macem2 dan banyak soalnya :))

    ReplyDelete
  13. Aku suka udangnya Mbak. Kalau masakan rumahan kayak gini dengan harga terjangkau mah aku mau banget

    ReplyDelete
  14. mbak itu udang pete segitu cuma 25K?
    mauuuu banget aku meluncur sesegera mungkin
    kesukaan bangttt
    kalo aku masa sendiri kok mahal ya hahha

    ReplyDelete
  15. Empal goreng kesukaanku bangeet, apalagi tempatnya juga oke gitu, nuansa Jawa ya sepertinya. Usaha mba Ussy dan mas Andika makin berkembang ya mbaa.

    ReplyDelete
  16. Jengkol balado, udang pete...makanan favoritku semua itu mbaak hehe

    ReplyDelete
  17. Mereka berdua memang serasi dan semoga bisnis kulinernya mereka ini bisa terus berjalan. Kapan-kapan akan mampir jika saatnya tiba.

    ReplyDelete
  18. Suka banget sama dress code mba Ussy, nge-branding banget sama kedainya ya!
    Harga makanannya juga, ga bikin kantong bolong.
    Masih terjangkau laaa :D


    ReplyDelete
  19. Waduuuuuuhhhh ada menu jengkol baladonya, i'm soooolddd....
    Harganya pun masih bisa dijangkau ya Mbak, seneng deh tambah lagi pilihan makan di Depok....

    ReplyDelete
  20. Pilihan makanan di Bakoel USsy emang enak enak banget. Apalagi kan aku suka pedas. Pas deh seleraku ama makanan di Bakoel Ussy. Soal tempat juga aksesnya mudah dicapai ya

    ReplyDelete
  21. Lhooo...aku kok liat fotonya mba Leyla aja udah nelen ludah...
    Ya Allah...menu masakannya "aku banget"

    ReplyDelete
  22. Wah harganya terjangkau ternyata ya. Boleh nih dicoba

    ReplyDelete
  23. Harganya standar ya dan gak buat kantong bolong. Ussy ini pinter banget ya buka bisnis2 baru

    ReplyDelete
  24. Harganya ramah, makanannya juga Indonesia banget ya. Keren euy Ussy.

    ReplyDelete
  25. Harganya ga mahal2 amat yaaa.. mana enak2 lagi. Menu2 khas Sunda bikin ngiler niiihh...
    Ussy lho kok kayak ga tua2 ya, kincloooong banget.

    ReplyDelete
  26. itu udang pete-nya sungguh menggugah seleraku euy. Kalo ke Jakarta, mudah-mudahan bisa mampir ke bakoel Ussy ini deh, apalagi harganya ramah banget di kantong mamak-mamak perhitungan macam saya, hehehe

    ReplyDelete
  27. Menunya tuuuh menyenangkaaaan sekali. Seperti menu rumahan ya mba..dan harganya juga ramal untuk kantong!

    ReplyDelete
  28. Di beberapa postingan tentang Bakoel Ussy, saya gak lihat ada menu ikan? Gak ada ya Mbak Leyla?

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...