Wednesday, October 3, 2018

Jual Emas Antam : Mengetahui Perbedaan Emas Antam dan Emas UBS



Berinvestasi adalah hal yang sederhana, namun sebenarnya dampaknya besar bagi kehidupan di masa depan. Berinvestasi adalah kata lain dari menabung, namun skalanya besar. Selain itu, berinvestasi lebih luas, karena tidak berupa uang. Jika memiliki uang lebih, ada baiknya Anda membeli emas di Bukalapak. Di marketplace ini banyak pelapak yang jual emas Antam.


Emas memang menjadi salah satu barang berharga yang dapat dijadikan sebagai alat investasi. Apa lagi harga emas cenderung cepat meningkat sehingga tepat sekali jika Anda membeli emas untuk dijadikan investasi. Jenis emas yang biasa dimanfaatkan sebagai investasi adalah emas Antam dan emas UBS.

Perbedaan emas Antam dan emas UBS 

Apabila Anda memiliki kedua jenis emas ini, maka sudah bisa dikatakan bahwa Anda telah mulai berinvestasi. Lantas apa sih sebenarnya perbedaan antara emas Antam dan emas UBS tersebut? Berikut ulasannya. 

Emas Antam memiliki berat yang berbeda-beda. Ada yang beratnya 1 gram sampai dengan 1000 gram. Emas UBS pun demikian, namun yang membedakan adalah emas UBS tidak memiliki berat 250 gram. Jadi, Jika ingin meningkatkan investasi berat emas UBS dari 100 gram langsung ke 1000 gram.

Dari segi asal usulnya, emas UBS adalah produk dari PT UBS atau perusahaan swasta, sedangkan emas Antam adalah produk dari Badan Usaha Milik Negara. Walaupun berbeda, namun keduanya sama-sama memiliki nilai yang semakin tinggi. 

Perbedaannya hanyalah pada produsennya saja. PT. UBS ini adalah PT swasta yang juga memproduksi perhiasan. Namun untuk BUMN hanya memproduksi emas batangan saja sebagai investasi. 

Dari bentuk sertifikatnya. Pada saat akan menjual emas antam, Anda harus menunjukkan sertifikatnya berupa kertas yang masuk jadi satu dalam wadah emas Antam. Sertifikatnya tidak melekat pada emas, seperti pada emas UBS. Namun fungsi sertifikatnya pun sama, yakni untuk menunjukkan keaslian emas. 

Selain itu, sertifikat pada emas Antam tidak dimiliki oleh semua emas Antam, melainkan hanya emas Antam yang bernominal 50 gram dan 100 gram. Itu pun hanya untuk yang tanggal produksinya di tahun 2015. 

Emas Antam dan emas UBS memiliki kadar yang sama, yakni 99,99%, namun untuk membelinya, ada perbedaan antara keduanya. Emas Antam bisa dibeli jika memesan terlebih dahulu. Jarak pemesanan dan pembelian adalah 1 bulan. Berbeda lagi jika kita berinvestasi dengan membeli emas UBS. Kita bisa membeli kapan saja karena PT UBS adalah pihak swasta yang juga memproduksi perhiasan, sehingga produksi emas batangan ikut berjalan. 

Emas Antam memiliki seri tahun, saja dengan mata uang. Emas Antam akan diendapkan dengan tahun pembuatannya dan tertera pada permukaan emas. Berbeda lagi pada emas UBS yang tidak ada seri tahunnya sama sekali, sehingga tidak ada bedanya dengan emas UBS yang sudah ada sebelumnya. 

Bentuk Emas Antam bervariasi. Tidak seperti emas batangan UBS, sehingga dalam penyimpanan emas Antam tidak serapi emas UBS. Selain itu, dilihat dari air dimensinya, emas Antam akan lebih kecil daripada emas UBS. 

Perbedaan selanjutnya adalah pada pangsa pasarnya. Anda bisa menjual emas antam di mana saja di lingkup Indonesia. Berbeda dengan emas UBS yang hanya bisa dijual di beberapa kota saja, seperti misalnya Jakarta. 

Demikianlah informasi seputar perbedaan emas Antam dan emas UBS. Keduanya sama-sama mempunyai keunggulan. Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan, namun tidak perlu bingung harus membeli di mana, sudah ada Bukalapak yang jual emas Antam dengan berbagai pilihan, lengkap dengan sertifikatnya.

6 comments:

  1. Betul banget tuh mba, emas itu memang barang yang cocok banget untuk investasi.

    ReplyDelete
  2. Wah emas antam ini ternyata cara jualnya tidak seribet emas UBS ya.

    ReplyDelete
  3. Bukalapak ini mamang benar-benar memudahkan kita banget ya, untuk membeli emas saja kita bisa tinggal klik-klik :D

    ReplyDelete
  4. Jadi langsung pengen berburu emas nih hihi.

    ReplyDelete
  5. kalo emas memang sudah jadi rahasia umum untuk berinvestasi.. kunjungi balik blogku ya

    ReplyDelete
  6. Aku pernah punya emas antam ini mba. Dan memang aku ngerasa lebih enak sih punya ema santam karena bersertifikat juga kan ya :). Aku pernha beli di Pulogadung dan di Kantor Antam di TB SImatupang

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...