Thursday, December 8, 2022

Begini Caranya Penderita PCOS Bisa Hamil

Salah satu tujuan pernikahan adalah memiliki keturunan. Terlebih di negara Indonesia ini yang masih kuat tradisinya, setiap pasangan menikah pasti akan dibebani dengan pertanyaan kapan hamil. Saya sendiri pernah merasakan momen tersebut, karena tidak langsung hamil setelah menikah. Walaupun hanya sekitar 4 bulanan kosong, saya sudah cukup tertekan dengan pertanyaan dari mertua apakah saya sudah hamil. Nggak terbayang deh gimana kalau sampai bertahun-tahun belum hamil.

Penyebab Susah Hamil

 

Penyebab susah hamil itu bermacam-macam. Satu diantaranya adalah PCOS, singkatan dari Polycystic Ovarian Syndrome. Apakah penderita PCOS bisa hamil secara alami? Pertanyaan itu dijawab dalam acara Offline Talkshow with Mayapada Hospital dan Ovutest pada tanggal 3 Desember 2022 bertempat di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Para pembicara yang menjadi narasumber di acara ini diantaranya: Grace Tahir Direktur Mayapada Hospital, Co-founder Everest Media dan dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG(K)FER Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan. Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh dr. Fiktorius Kuludong, MM (Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan) dan Christian Eka (Sales and Marketing Director Danpac).

PCOS, Penyebab Susah Hamil

dr. Malvin menjelaskan mengenai PCOS, penyebab susah hamil, dan cara penanganannya. PCOS adalah suatu kelainan pada wanita yang ditandai dengan adanya hiperandrogenisme dengan anovulasi kronik dan tidak disertai kelainan pada kelenjar adrenal maupun hipofisis. Secara sederhana dijelaskan bahwa PCOS adalah gangguan hormon atau penyakit metabolik yang banyak diderita oleh wanita usia subur. Sekitar 3,4% wanita di seluruh dunia menderita PCOS dan dialami oleh wanita usia subur. 

dr Malvin Emeraldi
dr. Melvin Emeraldi


Untuk bisa mengetahui seorang wanita terkena PCOS, maka harus diperiksakan ke dokter kandungan. Apabila sudah menikah dan berhubungan seksual tanpa kontrasepsi selama dua tahun tetapi tidak juga hamil, maka sudah harus diperiksakan ke dokter kandungan. Diagnosis yang dilakukan meliputi anamnesis yaitu dari siklus haid dan gejala klinik, pemeriksaan fisik meliputi ukuran pinggang lebih dari 88 cm, hirsutisme (memiliki rambut berlebih akibat kelebihan hormon pria), berjerawat banyak, suara serak, dan pemeriksaan penunjang yang dilakukan di laboratorium dan USG.

Jadi, apabila seorang wanita itu mengalami obesitas sehingga ukuran pinggangnya lebih dari 88 cm dan memiliki pertumbuhan rambut yang berlebih di beberapa tempat seperti di area wajah, dada, dan punggung, lalu mengalami susah hamil, bisa diduga terkena PCOS. Untuk lebih pastinya ya harus diperiksakan ke dokter. Apalagi kalau siklus haidnya tak menentu, seperti hanya haid sebentar, beberapa bulan sekali, atau bahkan tidak menstruasi sama sekali.

Sebab, wanita dengan PCOS ini menjadi tidak subur karena tidak ada sel telur yang matang. Kalau tidak sel telur, bagaimana sperma bisa membuahi? Keberhasilan reproduksi itu dipengaruhi oleh sel telur (70%) dan sperma (10-15%). Jadi sel telur itu sangat berpengaruh terhadap kehamilan. Lalu, bagaimana dong solusinya supaya wanita dengan PCOS bisa hamil alami?

Kesuburan wanita itu akan menurun dari mulai usia 35 tahun. Itu kenapa disarankan wanita sudah pernah hamil pertama kali di usia sebelum 35 tahun. Ada tiga cara untuk bisa hamil yaitu dengan senggama di masa subur, Inseminasi Intra Uterine (IIU), dan IVF (bayi tabung). Prosedur IIU dan IVF ini membutuhkan biaya yang sangat besar.

Hamil secara alami yaitu melalui senggama di masa subur. Sperma dapat hidup di dalam rahim selama 3-5 hari, sedangkan masa hidup sel telur hanya 24 jam. Itu kenapa saat wanita sedang dalam masa subur, harus cepat dibuahi jika ingin hamil karena dapat memperbesar kemungkinan hamil antara 14-23%. Sayangnya, proses ini kemungkian besar hanya berhasil pada wanita yang baru menikah kurang dari 2 tahun dengan usia kurang dari 35 tahun, kedua tuba dapat menghasilkan sel telur, rongga rahim normal, dan tidak ada masalah kesuburan pada suami.

Bagaimana dengan penderita PCOS? Jika belum hamil juga setelah dua tahun menikah, segera periksakan ke dokter kandungan untuk mencari penyebabnya. Apabila terbukti PCOS, maka bisa dilakukan saran-saran dari dokter, seperti menurunkan berat badan, menjaga pola makan, dan berolahraga teratur. Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita PCOS. Itu semua akan dijelaskan oleh dokter.

Grace Tahir pun menceritakan pengalamannya susah hamil anak kedua dan divonis menderita PCOS. Saat itu memang Grace mengalami obesitas dan siklus menstruasi tidak teratur. Grace pun menurunkan berat badannya. Terlihat sekali perubahannya dari gemuk menjadi langsing. Ia juga mengatur pola hidup dan rajin berolahraga. Akhirnya saat ini beliau sudah memiliki 3 anak dan hamil alami, meskipun sebelumnya menderita PCOS. Jadi, penderita PCOS pun bisa hamil alami lho. 

Grace Tahir
Grace Tahir/ Foto: dok. Desy Yusnita


Untuk memeriksakan kesuburan dan terapi kesuburan, bisa ke rumah sakit terbaik Mayapada Hospital yang terletak di Jakarta Selatan, Tangerang, Bogor, dan Bandung yang memiliki dokter spesialis kandungan dan kebidanan. 

Nah, itu dia sebagian ilmu yang saya dapatkan dari acara offline bersama Mayapada Hospital Jakarta Selatan dan Ovutest mengenai PCOS, penyebab susah hamil dan kemungkinan hamil alami.  Dapat disimpulkan ya bahwa penderita PCOS masih bisa hamil alami dengan melakukan terapi di dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Setelah melakukan terapi, lakukan senggama di masa subur untuk memperbesar kemungkinan hamil. Sebab, masa hidup sel telur ini hanya 24 jam. Jadi saat masa subur, harus langsung kasih kode-kode ke suami dong.

Jangan lupa juga untuk menjaga pikiran dari stres dan terus berdoa agar diberi keturunan, ya.


24 comments:

  1. Baru dengar istilah PCOS, tapi udah dibuat cemas apalagi ini menimpa perempuan. Alhamdulillah bisa diobati dengan terapi. Apalagi di masa sekarang yang diharapkan dari seorang perempuan pasti momongan, jadi harus waspada dan memahami masalah ini. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Artikel yang sangat bermanfaat, terimakasih Mbak

    ReplyDelete
  3. walaupun gak ngerasain PCOS, tapi adik ipar aku begitu, jadi butuh usaha lebih ya untuk hamil. Yang paling penting memang gak boleh sampai stress, tapi gimana gak stress kalau ditanyain terus kapan punya anaknya -_-

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah banget ya mbak, sekarang semakin banyak edukasi seperti ini jadi para calon ibu juga bisa belajar banyak untuk mempersiapkan dirinya. Biar semakin banyak juga nih perempuan yang aware sama kesehatannya.

    ReplyDelete
  5. Sekarang sudah banyak teknologi medis yang bisa menolong pasangan yang sulit punya anak, dan aku baru tau soal PCOS ini sih, thanks infonya Mba Leyla

    ReplyDelete
  6. Baru ngeh seputar PCOS akutu, penyebab dan cara mengatasinya. memang pejuang garis dua mesti waspada dan segera berusaha agar bisa hamil ya..Di antaranya mengikuti promil terkait atasi PCOS di Mayapada Hospital ini

    ReplyDelete
  7. beberapa kali aku pernah berobat dan melakukan medical check up di Mayapada Hospital, fasilitasnya lengkap lalu rumah sakitnya juga bersih, rapi serasa di mall kitu

    ReplyDelete
  8. Menarik sekali ini mbak acaranya, adik iparku penderita PCOS...jadi treatmentnya harus terapi, selalu kontrol ke dokter. Haidnya nggak lancar, kadang haid 2 bulan lebih :(

    ReplyDelete
  9. Kalau siklus haid tidak teratur harus udah warning ya berarti mba. Aku punya sahabat PCOS memang dia dulu kalau haid nggak teratur lalu cek ke dokter supaya tau kenapa belum hamil. Alhamdulillah bisa diatasi..kudu ke dokter ya untuk lebih lanjutnya. Smoga yg sedang menunggu diberikan keturunan, bisa secepatnya amiin

    ReplyDelete
  10. Jadi tahu bahwa meski didiagnosis PCOS dengan kelebihan hormon yang tidak seharusnya, tetap bisa di terapi dengan bantuan ilmu medis dan dokter ahli. Rutin menjalani terapi hingga bisa hamil alami.

    ReplyDelete
  11. Bagus banget infonya mbaa,bermanfaat sekali ini,para ibu yang merencanakan kehamilan jadi lebih aware dalam program kehamilannya :)

    ReplyDelete
  12. Perihal kehamilan menjadi topik yg cukup sensitif dibahas apalagi bagi pasangan yg blm dikarunia momongan. Baiknya segera konsultasi ke dokter sehingga bisa segera mendapat penanganan serta diagnosa yg tepat

    ReplyDelete
  13. PCOS bisa tetap hamil dengan cara alami ya mbak
    Selama didampingi oleh ahlinya
    Ini juga dialami temanku, dia bisa hamil setelah berjuang selama 6 tahun mbak karena PCOS ini

    ReplyDelete
  14. Sepupuku penderita PCOS juga, alhamdulillah sekarang sudah bisa hamil setelah 6 tahun gak bisa hamil. Mayapada Hospital makin lengkap ya

    ReplyDelete
  15. Diburu-buru hamil saat menikah tuh pasti gak enak dan bikin stres. Mbakku sempat lama kosongnya. Gak pernah nanya gimana biar dia gak pusing. Toh udah usaha juga ke dokter dan lainnya termasuk terapi kesuburan. Alhamdulillah gak menderita PCOS sih

    ReplyDelete
  16. Ada orang yang mudah punya anak, ada pula yang diminta menunggu dulu. Salah satu penyebabnya krn PCOS ini ya. Tapi dengan ikhtiar insyaAllah akan selalu ada harapan untuk pejuang garis dua. InsyaAllah di waktu yang tepat akan dikasi anak.
    Oh RS Mayapada ternyata ada di Bogor dan Bandung jg ya.
    Lengkap nih RS-nya, bisa periksa dan promil jg ya

    ReplyDelete
  17. Good things I have read more and more about PCOS . Banyak orang yang akan terbantu dengan program seperti ini

    ReplyDelete
  18. Berarti di Mayapada Hospital ini pasangan yang belum dikaruniai keturunan juga bisa melakukan program kehamilan ya mba?

    ReplyDelete
  19. Banyak juga ya penderita PCOS ini, 3,4% penduduk wanita di dunia.
    Alhamdulillah ada kabar baik, ternyata penderita PCOS pun bisa hamil secara alami. Semangat untuk para pejuang dua garis

    ReplyDelete
  20. dulu pernah juga nih dengar istilah PCOS ini dan biasanya tandanya itu haidnya nggak teratur ya, mbak. alhamdulillah ya sekarang ilmu kedokteran sudah maju jadi PCOS bisa diatasi dan ibu bisa hamil secara alami

    ReplyDelete
  21. Betul mba, ini kejadian temanku juga yang mengalami PCOS, alhamdulillah dia bisa hamil dan sekarang anaknya sudah 2

    ReplyDelete
  22. edukasi yang bagus nih untuk para calon ibu dan para orangtua. Persiapan untuk kehamilan yang sehat dan aman

    ReplyDelete
  23. Aku tau PCOS pas ikut talkshow ini. Dan banyak bulu di wanita ternyata salah satu tandanya.

    ReplyDelete
  24. Perlu banget mengedukasi masyarakat terutama perempuan untuk menjaga kesehatan dan berupaya untuk menghindari hal-hal yang menjadi pencetus PCOS

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...