Monday, December 19, 2022

Dana Darurat, Asuransi atau Investasi, Mana yang Lebih Penting?

 

Dana Darurat
Sumber foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-orang-yang-menulis-di-notebook-834897/


Menata keuangan sejak dini adalah langkah bijak untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Anda bisa mulai dengan buka rekening online dan mengalokasikan dana untuk keperluan darurat. Hal ini akan membantu Anda untuk mencapai kemerdekaan finansial lebih cepat dari rencana. 

Dana darurat merupakan dana yang bisa Anda pakai untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan darurat. Anda bisa mempersiapkannya lewat investasi maupun asuransi. Mari cari tahu perbandingan keduanya di sini!

Pentingnya Dana Darurat

Apa yang membuat dana darurat ini begitu penting untuk dipersiapkan? Kita semua tahu kalau banyak hal bisa terjadi dalam hidup ini. Bahkan kita mungkin sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi. Bisa saja sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang membuat Anda harus mengeluarkan uang. 

Baca Juga: Jenis Reksadana yang Cocok untuk Dana Darurat 

Bagaimana jika uang yang harus dikeluarkan tadi cukup besar? Jika Anda tidak punya dana darurat khusus maka secara otomatis Anda akan mengambil uang dari akun rekening biasa. Uang tersebut bisa saja uang yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kondisi ini jelas tidak bagus untuk finansial Anda. 

Lain halnya jika Anda punya dana darurat. Saat terjadi hal-hal di luar dugaan dan Anda harus mengeluarkan uang, maka tidak perlu pusing. Anda bisa langsung mengambil uang dari simpanan dana darurat tadi. Jadi uang yang ada di rekening masih utuh dan bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Asuransi untuk Dana Darurat

Anda bisa menyimpan dana darurat dalam bentuk asuransi. Pada dasarnya fungsi penting dari asuransi memang untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya darurat. Contoh paling mudah adalah asuransi kesehatan. Dana asuransi bisa dipakai jika sewaktu-waktu Anda mengalami masalah kesehatan dan butuh rawat inap. 

Sama halnya dengan asuransi kendaraan. Jika sewaktu-waktu Anda mengalami kecelakaan dan harus menanggung biaya perbaikan mobil, maka ada asuransi yang bisa dipakai. Itulah mengapa Anda sangat disarankan untuk memiliki jenis asuransi yang tepat sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Merencanakan Masa Depan dengan Asuransi Jiwa Terbaik 

Saat ini ada banyak sekali layanan asuransi yang bisa Anda jadikan pilihan. Asalkan Anda memilih perusahaan asuransi yang tepat dan layanan yang sesuai kebutuhan, maka aman-aman saja. 

Saat menggunakan asuransi, Anda harus membayar biaya premi secara berkala sesuai ketentuan yang berlaku. Biaya premi ini dibayarkan sedikit demi sedikit dan Anda tidak akan merasa keberatan. Coba bayangkan jika Anda harus membayar biaya rumah sakit dalam satu waktu tanpa asuransi, pasti akan terasa jauh lebih berat bukan?

Asuransi Dana Darurat
Sumber foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-wanita-meja-tulis-laptop-461077/


Investasi untuk Dana Darurat

Bagaimana dengan investasi? Apakah ini aman digunakan sebagai simpanan dana darurat? Sama halnya dengan asuransi, investasi juga banyak dijadikan pilihan untuk menyimpan dana darurat. Investasi ini tidak hanya menyimpan uang Anda namun juga membuatnya bekerja. 

Uang yang Anda investasikan akan dikelola lagi sehingga menghasilkan cuan. Cuan ini bisa Anda gunakan untuk berbagai hal dan salah satunya sebagai simpanan dana darurat. 

Tentunya ada banyak sekali jenis produk atau instrumen investasi yang bisa Anda gunakan. Mulai dari Reksadana, saham, obligasi dan masih banyak lagi. Pilihlah instrumen investasi yang paling sesuai dengan profil risiko disesuaikan juga dengan jangka waktu investasi itu sendiri. 

Baca Juga: Investasi Reksadana untuk Pendatang Baru 

Sekarang investasi juga semakin mudah untuk dilakukan. Bisa melalui aplikasi online yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Itulah kenapa Anda disarankan untuk buka rekening online agar bisa melakukan transaksi investasi kapan saja secara fleksibel. 

Melalui investasi, Anda bisa mengumpulkan sedikit demi sedikit uang. Nantinya uang tersebut bisa diambil kalau memang ada keadaan darurat yang sifatnya mendesak. Tapi jangan pernah menggunakan uang tersebut jika memang belum ada kondisi darurat yang terjadi di dalam hidup Anda. 

Mana yang Lebih Baik? 

Kira-kira mana yang lebih baik untuk dijadikan dana darurat? Apakah investasi atau asuransi? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat ingin memilih investasi atau asuransi:

Sesuaikan dengan Kondisi Finansial

Pertama-tama, sesuaikan dulu pilihan Anda dengan kondisi finansial. Jika memang memungkinkan untuk memiliki asuransi dan membayar preminya maka tidak masalah. Lalu, bagaimana dengan investasi? Apakah memungkinkan bagi Anda untuk mulai berinvestasi? 

Lakukan secara Seimbang

Tidak masalah jika ingin melakukan keduanya secara seimbang. Lagipula asuransi dan investasi sama-sama bisa memberikan simpanan dana darurat yang aman bagi Anda. Asalkan direncanakan baik-baik dan pahami profil risiko Anda. 

Pilih Layanan yang Tepat dan Aman

Usahakan untuk memilih layanan yang tepat. Jika memang ingin memiliki asuransi maka pilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Jika ingin berinvestasi pastikan Anda berinvestasi di platform yang tepat dengan instrumen yang bisa diandalkan. 

Kesimpulannya tidak ada yang jauh lebih baik karena semua orang punya pertimbangan berbeda. Namun keduanya bisa lebih mudah untuk dijangkau jika Anda punya rekening online yang mudah diakses dari mana saja. 

Buka Rekening Online untuk Mengumpulkan Dana Darurat 

Alokasi dana darurat memang sangat penting demi finansial yang lebih stabil. Anda bisa mulai mengumpulkan dana darurat di layanan digital banking digibank by DBS. Cara membuat rekening online di platform ini sangatlah mudah. Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis keuntungan. 

  • Transaksi lengkap, aman dan mudah  
  • Memiliki beragam investasi dan asuransi
  • Tersedia penawaran pinjaman dan kartu kredit

Kini Anda bisa mulai mengumpulkan dana darurat demi finansial yang lebih baik di masa depan. Jika Anda punya dana darurat sejak dini maka beban finansial di masa depan bisa terasa jauh lebih ringan. Saat terjadi peristiwa darurat yang membutuhkan dana, Anda tidak perlu ribet lagi mempersiapkannya. 

Buka rekening online di digibank by DBS untuk mendapatkan beragam keuntungan. Lebih mudah juga bagi Anda untuk mulai mempersiapkan dana darurat melalui layanan perbankan digital ini. Langsung saja klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...