Thursday, December 29, 2022

Merawat Kebaikan Kolektif karena Ini Tentang Kita

Akhir tahun ini seperti sudah menjadi kebiasaan di Indonesia akan terjadi banyak bencana. Bencana tsunami di Aceh, gempa besar di Yogyakarta, dan tsunami di Anyer adalah tiga bencana besar yang terjadi pada tahun-tahun belakangan. Sedangkan tahun ini terjadi gempa besar di Cianjur yang menyebabkan banyak orang mengungsi. 

Ini Tentang Kita



Alam Indonesia memang indah, tetapi memiliki banyak pemicu bencana seperti gempa, tsunami, dan gunung meletus. Saya ingat dulu ketika terjadi bencana di suatu daerah saat saya masih kecil, ibu saya langsung mengumpulkan barang-barang apa saja yang bisa disumbangkan, selain memberikan sejumlah uang. 

Ketika suatu daerah terkena bencana, kepada siapa lagi berharap bantuan selain dari orang-orang yang tinggal di luar daerah bencana?  Bagi saya sendiri, memberikan bantuan tidaklah rugi. Justru akan kembali kebaikan dan keberkahannya kepada kita. Saya merasakannya sewaktu pendarahan saat hamil anak ketiga dan dirawat di rumah sakit. Saya sisihkan sedikit rezeki untuk bersedekah. Alhamdulillah, anak ketiga saya bisa selamat dari kelahiran prematur dan lahir sesuai HPL (Hari Perkiraan Lahir). 

Saya dan suami berprinsip bahwa zakat, infak, dan sedekah bisa mencegah dari musibah apa pun. Pernah kami mengalami tabrakan kecil di jalan sehingga harus mengeluarkan uang untuk ganti rugi. Lalu suami teringat bahwa dia belum mengeluarkan zakat penghasilan sebagaimana yang dia lakukan setiap bulan. 

Namun, tentu saja tujuan sedekah, zakat, dan infak tak hanya itu. Melainkan juga sebagai cara untuk memanusiakan manusia atau Humanesia. Kita saling membantu sesama agar mereka bisa keluar dari kesulitan. Bisa jadi nantinya kita yang membutuhkan bantuan. Maka bila saat ini kita sedang dalam kondisi lapang, alangkah baiknya untuk membantu sesama yang sedang kesusahan. 

Humanesia: Ini Tentang Kita 

Sejalan dengan hal itu, Dompet Dhuafa memperkenalkan program Humanesia: Ini Tentang Kita sebagai program Humanesia 2022. Dompet Dhufa telah lama konsisten mengajak kita untuk merawat kebaikan kolektif dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah. 

Terlebih dalam kondisi sekarang ini di mana banyak daerah yang terkena bencana. Kebaikan kita akan sangat dinantikan oleh mereka yang terkena musibah. Lalu, apa makna dari tagline Ini Tentang Kita? 

Maknanya adalah kita semua hendaknya terlibat dalam merawat kebaikan kolektif. Baik itu donatur, relawan, tim Dompet Dhuafa, dan penerima manfaat. Tanpa ada salah satunya, tentu kebaikan kolektif ini tidak akan berjalan. 

Program Humanesia 2022: Ini Tentang Kita diperkenalkan pada acara dwimingguan hari Jumat tanggal 9 Desember 2022. Bertempat di Gedung Philanthropy Jakarta Selatan. Dalam acara talkshow yang diisi oleh Maya Nuraini Ketua Humanesia 2022, Utammi S. Lestari Wakil Ketua Humanesia 2022, dan Ade Herina Tim Assesment Disaster Manajemen Centre pada gempa Cianjur.

Tahun ini Humanesia difokuskan pada tema #IniTentangKita untuk mengajak semua pihak agar terlibat dalam kebaikan kolektif. Sekecil apa pun usaha kita untuk merawat kebaikan kolektif ini, insya Allah akan memberikan dampak yang besar. 

4 Program Humanesia Ini Tentang Kita 

Untuk program Humanesia Ini Tentang Kita difokuskan pada 4 program, yaitu: 

Indonesia Siap Siaga 

Ini berhubungan dengan bencana yang sering terjadi pada akhir tahun seperti gempa Cianjur. Warga Cianjur yang terkena bencana masih belum bisa pulang ke rumahnya. Meskipun beritanya sudah surut, tetapi para korban masih berada di tenda pengungsian. 

Butuh waktu bertahun-tahun untuk memulihkan kondisi mereka, berdasarkan pengalaman bencana yang lalu. Oleh karena itu, kita sebaiknya ikut menyumbang donasi untuk membantu mereka. Melalui Indonesia Siap Siaga ini, donasi bisa dimulai dari Rp 10 ribu saja. 

Pembayaran donasinya pun sangat mudah, karena bisa menggunakan transfer bank dan dompet digital. 

Kado Anak Yatim

Program yang kedua adalah kado anak yatim. Kita bisa ikut berkontribusi membantu kebutuhan sehari-hari dan sekolahnya. Donasi yang terkumpul akan dibelikan peralatan sekolah, pakaian, dan sembako. 

Anak yatim adalah anak-anak yang sudah ditinggalkan oleh bapaknya sebagai pencari nafkah dan kepala keluarga. Jika ibunya tidak bekerja, maka kehidupan anak yatim akan terancam bila tidak dibantu. Membantu kehidupan anak yatim juga termasuk bagian dari ajaran Islam. 

Untuk membantu anak yatim ini pun bisa dimulai dari Rp 10 ribu saja dan ditransfer menggunakan dompet digital maupun transfer bank. 

Perempuan Tangguh 

Program ketiga adalah Perempuan Tangguh. Donasi akan diberikan kepada para perempuan yang bekerja sebagai pencari nafkah utama dikarenakan ketiadaan suaminya. Mereka akan mendapatkan bantuan modal untuk pemberdayaan sehingga bisa mencari nafkah untuk biaya hidup sehari-hari. 

Kita bisa ikut berdonasi juga kepada mereka dengan minimal transfer Rp 10 ribu. Nggak berat kan? Hanya seharga secangkir kopi, kita sudah membantu perempuan tangguh untuk menghidupi keluarganya. Bayangkan kalau perempuan itu adalah ibu kita sendiri. 

Wakaf untuk Bunda 

Selanjutnya Wakaf untuk Bunda, ini adalah wakaf dengan mengatasnamakan ibunda kita sebagai salah satu berbakti. Pahalanya akan menjadi tabungan yang tak putus-putus. Sama seperti yang lainnya, kita bisa mulai berwakaf dengan Rp 10 ribu. 

Wakaf untuk Bunda



Uang wakaf itu akan digunakan untuk membuat sarana prasarana yang produktif dan bermanfaat untuk masyarakat luas. 

Itulah empat program dalam Humanesia: Ini Tentang Kita oleh Dompet Dhuafa yang bisa diikuti. Mari merawat kebaikan kolektif melalui program ini. 








17 comments:

  1. keren nih dompet dhuafa yaa mba, semoga selalu istiqomah terdepan dalam memberi bantuan ketika ada bencana alam di indonesia.. dan semakin banyak yang nitip juga via DD

    ReplyDelete
  2. Dari dulu Dompet Dhuafa memberikan banyak kebaikan buat masyarakat. Sudah selayaknya kita dukung dan sebar luaskan kampanyenya

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah, salut dengan program-program Dompet Dhuafa, memanusiakan manusia, Humanesia.
    bahkan mulai dengan Rp 10.000 kita sudah bisa membantu sesama ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya kehadiran Dompet Dhuafa benar2 memberikan manfaat nyata baik bagi yang menerima maupun yang memberi. Mantaplah program2nya termasuk program TENTANG KITA ini

      Delete
  4. Benar sekali, Mbak. Saya juga mengamati bencana yang melanda itu akhir tahun. Tapi terlepas dari itu, ini sudah jadi kehendak Ilahi. Di sisi lain, kita pun harus mulai memperhatikan alam. jangan sampai alam rusak dan terjadi bencana baru. Alhamdulillah, Dompet Dhuafa banyak memberi sumbangsi dengan menjadi jembatan untuk berbagi. Dan benar sekali, sedekah itu tidak hanya soal berbagi, tapi juga menjauhkan kita dari marabahaya.

    ReplyDelete
  5. Selalu angkat topi dengan lembaga yang mau menyalurkan bantuan. Amanahnya besar lho itu.

    ReplyDelete
  6. Mendukung dan turut mensukseskan program Humanesia dari Dompet Dhuafa karena menyalurkan ke pos-pos yang sesuai dengan amanah dana masyarakat Indonesia. Menyalurkan zakat, sedekah dan infak kini tidak perlu khawatir, karena Dompet Dhuafa memiliki pemetaan yang tepat dalam menyalurkan bantuan.

    ReplyDelete
  7. Program kemanusiaan yang bagus ini dari DD. Sehingga masyarakat yang ingin membantu dapat turut berkontribusi di sini

    ReplyDelete
  8. membantu sesama itu memang sudah seyogyanya dilakukan setiap orang ya, mbak. bahkan juga di setiap agama juga mengajarkan hal tersebut

    ReplyDelete
  9. Barakallah semoga dompet dhuafa semakin maju di tahun 2023, banyak yg ikut menjadi donatur dan banyak yg mendapatkan bantuan dr Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  10. masyaAllah keutamaan wakaf mengalir yaa kak. Semoga DD semakin kereen nih di tahun ini

    ReplyDelete
  11. Aku baru tahu ada program Humanesia, mbak. Semoga kita dimudahkan menjadi manusia yang konsisten ikut merawat kebaikan kolektif dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah ya. Amiin

    ReplyDelete
  12. insya allah amanah ya DD ini, beberapakali ikutan programnya dan laporannya tuh up to date, bahkan selalu kirim report meskipun kita ga donasi rutin

    ReplyDelete
  13. Maa syaa Allaah, mantap sekali programnya Dompet Dhuafa yang berkaitan Tentang KITA ini, pastinya manfaat berbagi bukan hanya dirasakan yang menerima manfaatnya saja ya tapi juga yang memberikan

    ReplyDelete
  14. kebaikan kolektif, menarik jg nih istilahnya, semoga tahun 2023 ini kita semua ada rejekinya ya buat ikutan berbagai program donasi dari DD si hijau

    ReplyDelete
  15. Program Dompet Dhuafa sungguh mulai untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan ya kak. Semoga program ini selalu lancar dan banyak yang ikut menjadi donatur untuk menebar kebaikan yang lebih luas lagi

    ReplyDelete
  16. Nggak cuma sekadar donasi macem banyak lembaga yak, Dompet Dhuafa selalu punya campaign yang relate dan down to earth banget

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...