Sunday, December 18, 2022

Navya, Bus Otomatis Pertama di Indonesia ada di The Breeze BSD City

Bus otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze BSD City lho! Bus ini ramah lingkungan karena bertenaga listrik. Kawasan BSD Green Office Park di BSD City memang dikonsep sebagai kawasan hijau sehingga Sinar Mas Land sebagai pengembang kali ini meluncurkan si biru mungil berkapasitas 15 orang ini. Masyarakat bisa mencoba bus ini secara gratis di kawasan BSD Green Office Park mulai tanggal 27 Agustus 2022 sampai 5 Januari 2023. 

First Autonomous Vehicle at Green Office Park BSD City

Kita bisa menyebut bus otomatis pertama di Indonesia dengan nama Navya. Kehadiran Navya melengkapi kawasan GOP yang telah mendapatkan sertifikat Green Mark District pertama di Indonesia yang diberikan oleh Building Construction Authority (BCA) Singapura. Memang seluruh gedung perkantoran di sini sudah mendapatkan sertifikat Green Building dari Green Building Council Indonesia. Ditambah lagi dengan bus listrik Navya, kawasan hijau ini pun semakin ideal.

Sebab, polusi dari asap kendaraan itu menjadi penyumbang kerusakan lingkungan. Salah satu cara menguranginya adalah dengan menggunakan autonomous electrik vehicles. Navya sudah melakukan uji coba pertama pada bulan Mei sampai Juli lalu. Nah, sekarang adalah tahap uji cobanya yang kedua. Navya digerakkan oleh listrik dan battery pack dengan kapasitas 33 kWH yang dapat bertahan selama 9 jam. 

Navya adalah autonomus vehicles yang artinya dikemudikan tanpa awak.  Tentunya menggunakan teknologi tinggi yaitu sensor GNSS (Global Navigation Satellite System) dan sensor LIDAR (Light Radar). Juga digabungkan dengan kamera beresolusi tinggi untuk big data analysis yang diproses oleh komputer  berspesifikasi tinggi yang ditanam di dalam mobil. 

Jadi, jangan khawatir deh. Walaupun tanpa awak tapi bisa melakukan akselerasi, navigasi, dan mendeteksi keadaan di sekitar termasuk kalau ada halangan di jalan. Bus ini bisa berhenti secara otonom. Wuih, keren banget yah. Secara penampilan juga cantik lho. Busnya mungil tapi muat 15 orang dengan 11 orang duduk dan 4 orang berdiri.  

Autonomous Vehicles

 

Autonomous vehicles ini kemarin mengikuti acara Electric Vehicles Exhibition yang menjadi official side event G20 Nusa Dua Bali. Diadakan oleh Kementerian Perhubungan dari tanggal 11-16 16 November 2022. Navya adalah wujud solusi dari kendaraan rendah emisi karbon untuk hidup berkelanjutan. Kalau kita mau mencegah terjadinya global warming, memang harus mulai menciptakan teknologi ramah lingkungan.

Navya terwujud berkat kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, dan juga didukung oleh pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. Dengan fitur smart technologynya, Navya bisa dijadikan kendaraan alternatif untuk mobilitas masyarakat.

Kalau penasaran mau coba bus otomatis pertama di Indonesia ini, buruan deh ke The Breeze BSD City. Kita bisa menaiki Navya dari lobby utama The Breeze dengan memberikan survey mengenai Autonomous Vehicles di aplikasi OneSmile. Kemudian kita bisa naik tanpa dipungut biaya apa pun lho.

Navya bisa dicoba pada hari Selasa - Minggu mulai pukul 10.00 - 17.00 WIB sampai dengan tanggal 21 Desember 2022. Masih ada waktu untuk mencobanya nih. Nantinya akan dipamerkan di dalam area The Breeze dari tanggal 22 Desember 2022 - 4 Januari 2023. Anak-anak juga bisa ikut naik dengan syarat memiliki tinggi badan minimal 120 cm.  

Yuk, cobain First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City ini! Penasaran kan seperti apa bus bertenaga listrik itu?

 

22 comments:

  1. Bentuk busnya lucu banget. Compact gitu. Tapi, ternyata punya teknologi canggih juga ya. Semoga aja keberadaan bus ini bisa menjadi solusi transportasi umum

    ReplyDelete
  2. Pengen merasakan naik gratis tapi garus install dulu aplikasi OneSmile nya dulu ya? Semoga ada waktu dan kesempatan main ke BSD

    ReplyDelete
  3. Navya. Hihihi namanya unik dan manis.
    Belum pernah aku mbak mencoba bus ini. Kapan2 pengin juga cobain bus otamatis pertama di Indonesia ini. Apalagi dibilang juga ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  4. Kesan pertama melihat bentukan bus otomatis ini unik banget, bikin penasaran dengan dalamannya.
    Harus dijadwalkan nih buat liburan ke The Breeze BSD buat nyobain busnya

    ReplyDelete
  5. Wah keren banget di ibu kota mulai ada bus automatis. Bukan basa-basi, saya ingin sekali lho berapa hari gitu tinggal di Jakarta. wkwk.. Merasakan hidup di ibukota, walau sebagai turis lokal dari Jawa Tengah. Tentunya dengan suasana healing dan tanpa beban hidup haha

    ReplyDelete
  6. Uwooo keren abis ini bis nya
    Bisa tanpa awak gitu
    Kalau main ke BSD city harus coba in bis ini ya mbak

    ReplyDelete
  7. Lucu banget desainnya, saya belum pernah cobain. saya yang takut naik bus kalau misalkan bisnya midel begini betah dan merasa aman. penasaran pengen cobain

    ReplyDelete
  8. pernah liat bus ini dikonten salah satu youtuber, seru juga deh dan jadi pengen naik...karena memang baru ada pertama kali kan di Indonesia

    ReplyDelete
  9. Wah sampai besok nih ya mencoba bus gratis ini. Asiknya kendaraan ini ramah lingkungan ya sehingga membuat nyaman berkendara

    ReplyDelete
  10. Satu lagi produk kendaraan listrik yang keren. Ternyata juga ada ya bis dengan tenaga listrik. Apalagi ini adalah kendaraan automomous alias tanpa supir. Makin canggih dan efisien pastinya.

    ReplyDelete
  11. Wah keren banget inovasinya Sinar Mas Land, coba kalau ada di seluruh kota ya kak wkwkwkw *ngarep banget ini

    ReplyDelete
  12. Bus otomatis ini bakalan dirilis lagi gak ya buat kota lain. Bagus soalnya dan perlu diperbanyak. Biar jalanan bebas polusi udara

    ReplyDelete
  13. Sayangnya masih terbatas di wilayah tertemtu ya, Kak. Apalagi di Indonesia jalannya tahu sendiri. BTW kok cuma sampai Januari 2023 kenapa ya mbak?

    ReplyDelete
  14. Waah kereen acaranya pasti seruu ada hadiahnya.
    Mupeng oengen atraksi lain

    ReplyDelete
  15. Bentuk bus otomatis Navya ini lucu ya, apalagi kita bisa naik gratis. Bener-bener bisa jadi solusi untuk kendaraan yang rendah karbon dan mengurangi polusi udara

    ReplyDelete
  16. Baruu tauu busnya lucuu banget pengeen cobain pas libur sekolah anak kek.gini ramai yaa pastinya. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  17. Wah keren banget ini busnya. Btw kalau tanpa awak gini, gimana caranya dia tahu tujuan kita mau kemana?
    Jadi penasaran pengen coba naik Navya deh

    ReplyDelete
  18. seru juga nih kayanya nyoba naik navya ini yang diklaim sebagai bus otomatis pertama di Indonesia, sekarang memang jamannya orang concern sm lingkungan yaa jd banyak produk ramah lingkungan kaya gini

    ReplyDelete
  19. Iiih, padahal kemarin baru dari BSD, cuma ga mampir ke the breeze sih, lewatin doang 😄. Pengeeen juga ngerasain kendaraan tanpa awak gini.

    Dan semoga setelah ini lancar, nantinya juga bakal ada transportasi tanpa awak lain yang bisa mengangkut lebih banyak penumpang.

    ReplyDelete
  20. Manrik banget mencoba bis pertama tanpa awak dan ramah lingkungan.
    Rasanya gimana naik Navya ini yaa..?
    Semoga semakin meluas ya.. gak hanya di BSD aja..

    ReplyDelete
  21. Lucu banget sih busnya. Kayak di film kartun. Semoga semakin berkembang dan bisa meluas ke berbagai kota lainnya.

    ReplyDelete
  22. Wah keren nih busnya, dari desain aja udah kelihatan unik dan lucu; namanya juga mudah dihapal. Semoga ke depannya Navya bisa ada juga di kotaku

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...