Saturday, January 14, 2023

Bedanya Mobile Banking dan Internet Banking dalam Perbankan

Mobile Banking
Sumber foto:https://www.freepik.com/free-photo/hands-holding-credit-card-using-laptop-computer-mobile-phone-online-shopping_1254914.htm#query=mobilebanking&position=11&from_view=search&track=sph?log-in=google




Seiring berkembangnya teknologi, seluruh masyarakat dapat mengakses layanan digital perbankan, seperti mobile banking. Manfaat mobile banking dapat memudahkan transaksi dan menghemat waktu penggunanya.


Mobile banking adalah platform keuangan digital yang disediakan oleh lembaga keuangan atau perbankan untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi di era digital. Manfaat mobile banking telah dirasakan oleh banyak orang, mulai dari pekerja, pebisnis, ibu rumah tangga, mahasiswa, dan sebagainya.

Sebelum hadirnya mobile banking, dulu masyarakat menggunakan teknologi internet banking. Kedua platform ini memiliki perbedaan. Mari kita simak lebih lengkap perbedaan mobile banking dan internet banking.

Manfaat Mobile Banking

Secara umum, mobile banking adalah aplikasi pengganti ATM yang bisa diunduh melalui handphone ataupun tablet. Saat ini, m-Banking digunakan oleh hampir semua bank yang ada di Indonesia dan tersedia untuk pengguna IOS dan Android. Nah, berikut beberapa kegunaan mobile banking untuk penggunanya:

1. Transfer ke Semua Rekening Lebih Mudah

Salah satu kegunaan mobile banking yang paling utama adalah transfer ke semua rekening hanya dari smartphone. Melalui satu aplikasi mobile banking, Anda bisa transfer uang dari mana saja dan kapan saja saat anda perlu bertransaksi.

Seperti halnya ATM, Anda bisa transfer uang ke bank yang sama ataupun bank yang lain. Biasanya saat Anda transfer ke bank yang berbeda, Anda akan dikenakan biaya potongan admin. Namun kini berbagai mobile banking telah menerapkan gratis biaya admin, seperti yang disediakan dalam platform keuangan digital PermataMobile X dari PermataBank.

2. Untuk Mengecek Saldo Uang

Sebelum ada mobile banking, Anda harus pergi ke ATM untuk mengecek saldo. Namun saat ini, anda tidak perlu repot pergi ke ATM. Anda bisa mengecek saldo hanya dari smartphone Anda melalui mobile banking. Untuk mengecek saldo, Anda hanya perlu login ke akun Anda saja, lalu anda dapat melihat jumlah saldo rekening anda.

3. Mengecek Riwayat Transaksi

Berikutnya, manfaat mobile banking adalah dapat mengecek riwayat transaksi rekening bank anda. Baik untuk transfer keluar maupun transfer yang masuk dalam rekening anda. Fasilitas mobile banking dapat memberi kemudahan bagi Anda untuk mengecek mutasi tanpa harus pergi ke kantor cabang atau ATM.

4. Membayar Tagihan

Berikutnya, saat menggunakan mobile banking Anda tidak perlu lagi membayar tagihan secara offline atau mendatangi kantor langganan anda. Anda juga tidak perlu antri membayar tagihan. Baik itu membayar tagihan listrik, PDAM, TV kabel, hingga pulsa. Anda cukup memanfaatkan fitur pembayaran tagihan pada mobile banking untuk untuk melakukan pembayaran secara online. Makanya, hadirnya mobile banking sangat memudahkan penggunanya.

Baca Juga: Cara Daftar M-Banking yang Aman

Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking

Internet-Banking
Sumber foto: https://www.freepik.com/free-photo/close-up-hand-holding-device_13130731.htm#query=mendaftar%20e%20banking&position=2&from_view=search&track=ais

Mungkin Anda masih bingung, apa perbedaan antara mobile banking dengan internet banking? Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni memudahkan transaksi penggunanya. Namun di era sekarang, penggunaan mobile banking jauh lebih menguntungkan dibandingkan internet banking.

Berikut beberapa perbedaan antara mobile banking dan internet banking:

1. Cara Penggunaan

Perbedaan pertama mobile banking dan internet banking adalah cara penggunaannya. Mobile banking menawarkan penggunaan yang lebih praktis dibandingkan internet banking. Mobile banking diakses menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet. Untuk bisa menggunakannya anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store atau App Store, lalu menginstalnya.

Sementara internet banking hanya dapat diakses melalui browser, baik dari smartphone maupun komputer. Berbeda dengan mobile banking yang berupa aplikasi sendiri yang terpasang di smartphone. Penggunaan internet banking tentu tidak lebih sederhana dan cepat dibandingkan mobile banking.

2. Limit Transaksi

Berikutnya, perbedaan mobile banking dan internet banking terlihat dari limit transaksi harian. Umumnya, transaksi harian pada internet banking limitnya lebih besar daripada mobile banking.

3. Perbedaan Layanan

Perbedaan selanjutnya pada mobile banking dan internet banking adalah pada layanan yang disediakan. Umumnya, mobile banking memiliki layanan atau fitur yang lebih lengkap dibanding internet banking.

Mobile banking menyediakan berbagai layanan untuk memudahkan kebutuhan transaksi di era digital. Salah satu fitur yang ada dalam mobile banking namun tidak ada pada internet banking adalah QR Pay. QR Pay adalah sistem pembayaran non tunai yang dilakukan melalui scan QR Code. Pembayaran ini dapat digunakan ketika melakukan transaksi di berbagai tempat, seperti mall, restoran, hotel, dan sebagainya.

4. Limit Mutasi

Perbedaan layanan mobile banking dan internet banking adalah pada limit mutasi rekening. Limit mutasi yang disediakan pada mobile banking umumnya sangatlah panjang. Misalnya mobile banking PermataMobile X dari PermataBank yang menyediakan limit transaksi hingga 12 bulan. 

Baca Juga: Cara Kelola Keuangan dengan Bijak

Kelebihan Mobile Banking

1. Keamanan Terjamin

Saat menggunakan mobile banking, Anda tidak perlu cemas tentang keamanannya. Sebab,  mobile banking, mempunyai sistem yang aman dan tidak perlu Anda khawatirkan lagi karena pihak bank memiliki keamanan berlapis. Bahkan, Anda akan mendapatkan keamanan jaringan maupun akses.

Setiap akun  mobile banking akan dibekali password dan PIN untuk mengakses akun Anda. Sehingga, Anda perlu menyimpan password dan PIN di tempat yang aman.

2. Tidak Termakan Biaya

Kelebihan mobile banking berikutnya adalah proses mengunduh dan mendaftar yang mudah. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan semua aplikasi dengan gratis tanpa biaya langganan dari pemakaian aplikasi. Sehingga, Anda tidak perlu cemas soal biaya untuk mengaksesnya. Karena Anda baru dikenakan biaya saat melakukan transaksi yang berkaitan dengan pihak ketiga.

3. Transaksi Praktis

Berikutnya, kelebihan mobile banking dapat memudahkan segala urusan Anda menjadi lebih praktis. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan energi untuk pergi ke ATM. Karena Anda hanya memerlukan jaringan untuk mengakses mobile banking. Sehingga, Anda tidak perlu terjebak dengan antrean yang panjang di perbankan.

4. Kegiatan Perbankan Lebih Simpel

Salah satu kelebihan yang ditawarkan  mobile banking adalah fleksibilitas. Karena Anda tidak perlu pergi mendadak ke ATM atau bank untuk bertransaksi. Pada saat yang mendesak, Anda bisa menggunakan layanan  mobile banking untuk bertransaksi. Misalnya, mentransfer keluarga karena kebutuhan mendesak.

5. Mempunyai Banyak Fitur

Kelebihan mobile banking yang dapat Anda rasakan adalah memiliki banyak fitur pendukung. Misalnya, Anda bisa melakukan pembayaran melalui nomor virtual saat berbelanja online atau membayar tagihan listrik hanya dari ponsel. Kelebihan ini akan Anda dapatkan dari aplikasi mobile banking PermataMobile X yang disediakan oleh PermataBank.

Ada ratusan fitur yang tersedia di dalam PermataMobile X yang memudahkan transaksi Anda. Sejumlah layanan tersebut, di antaranya cek saldo tanpa harus login, fitur Face ID dan Finger ID, transfer uang lebih cepat dan mudah hanya dengan nomor telepon, mobile cash, kartu kredit, whatsapp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, serta tarik tunai tanpa kartu di Permata ATM.

Tidak hanya itu, PermataMobile X juga menawarkan keunggulan lainnya berupa gratis biaya transfer. Menariknya lagi, ada sejumlah kelebihan yang bisa Anda nikmati, seperti program cashback, promo belanja, autodebet, dan sebagainya Informasi lebih lengkap mengenai syarat dan cara menggunakannya silakan baca di laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.  






1 comment:

  1. Sekarang itu urusan keuangan lebihh mudah dengan adanya m-banking, lewat digital transaksi jadi mudah dan aman memang. Apalagi tuh jadi enggak ribet kalau mau belanja secara online. Eh, tapi ada i-banking juga, jarang pake yang satu ini sih. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...